Cara Mendaftar Beasiswa Bidikmisi Agar Cepat Diterima

Cara Mendaftar Beasiswa Bidikmisi Agar Cepat Diterima

cara mendaftar bidikmisi

Kosngosan membahas seputar beasiswa bidikmisi yang sudah mulai diincar oleh sebagian dari kamu yang saat ini duduk dibangku sekolah menengah atas (sma) untuk mendapatkan program bantuan Bidikmisi ini. Nah bagaimana cara supaya bisa sukses diterima bidikmisi? Kali ini mimin akan memberikan panduan nya untuk kalian.

Kalian yang sedang duduk dibangku sekolah menengah atas semester akhir tentunya berharap bisa melanjutkan pendidikannya di bangku kuliah. Tingginya biaya kuliah saat ini mengharuskan kamu untuk memutar otak mencari schoolarship atau beasiswa untuk membantu finansialmu selama berstatus jadi mahasiswa.

Seperti apa Bidikmisi itu? Bagi kalian yang masih tidak tahu, mimin akan menjelaskan secara singkat mengenai bidikmisi. Program beasiswa milik pemerintah ini merupakan bantuan biaya pendidikan yang dicairkan melalui Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi (Ditjen Dikti) sejak 2010 silam. Bidikmisi ini diberikan untuk para mahasiswa yang memiliki potensi akademik cemerlang namun terkendala oleh finansial.

Baca juga : Cara Mendapatkan Kuliah Pertanian Gratis

Mekanisme bidik misi sendiri itu diberikan ketika calon mahasiswa dinyatakan lulus dalam Perguruan tinggi dan mampu menyelesaikan perkuliahannya delapan semester lamanya untuk program Diploma IV atau S1, dan enam semester untuk Diploma III. Pemberian bantuan ini hanya untuk mahasiswa aktif dan dinilai patut untuk mendapatkannya.

Oke, setelah kamu mengetahui sekilas mengenai bidik misi, kamu bisa melakukan beberapa tahapan dibawah ini untuk segera mendaftarkan diri. Karena untuk mendapatkan beasiswa ini kamu harus bersaing dengan seluruh calon mahasiswa seluruh Indonesia, dan bila kamu dapat, akan sangat membantu finansial kedua orang tuamu kelak.

Tata Cara Pendaftaran Bidikmisi 2018

Persyaratan untuk mendaftar Bidik Misi tahun ini adalah sebagai berikut :

  • Siswa Sekolah Menengah Atas/Kejuruan/Agama yang lulus pada tahun ini
  • Siswa yang lulus tahun lalu, yang bukan penerima Bidikmisi
  • Indonesia Pintar dan sejenisnya serta pendapatan kotor orangtua sebesar 3 juta per bulannya. 
  • Pendidikan orantua maksimal adalah S1
  • Mendapatkan rekomendasi dari kepala sekolah karena dinilai berpotensi secara akademik
  • Usia maksimal adalah 21 tahun
  • Kondisi tidak mampu secara ekonomi dibuktikan dengan : penerima Beasiswa Siswa Miskin, Kartu 
  • Memilih salah satu perguruan tinggi PTN atau PTS melalui jalur penerimaan SNMPTN, SBMPTN, PMDK-PN, UMPN, Seleksi Mandiri PTN atau PTS
Pendaftaran Bidikmisi oleh pihak sekolah


Sekolah mendaftar sebagai instansi pemberi rekomendasi kepada peserta bidikmisi melalui laman yang sudah disediakan (bisa mengunjungi situs dikti). Jika sekolah pernah mendaftar dan mempunyai akun Bidikmisi, bisa segera login dengan memilih "sudah terdaftar" namun bila Sekolah belum pernah mendaftar sebelumnya, pilih "belum terdaftar"

Pengisian data sekolah dengan melampirkan hasil scan beberapa berkas pendaftaran berupa identitas dan prestasi sekolah untuk mendapatkan nomor Kode Akses Sekolah. Kemudian Dikti akan memverifikasi dalam waktu sehari. Setelah selesai, sekolah bisa melakukan login pendaftaran. 

Setelah pihak ssekolah mendaftarkan peserta Bidikmisi, maka kemudian akan mendapatkan nomor pendaftaran dan kode akses untuk setiap siswa peserta yang sudah dipilih (direkomendasikan). Kemudian sekolah memberikan nomor pendaftaran dan kode akses kepada peserta yang selanjutnya digunakan untuk mendaftar bidikmisi.

Pendaftaran Bidikmisi oleh pihak siswa
  • Siswa membuka situs resmi pendaftaran Bidikmisi oleh Dikti (bisa kamu lihat di google)
  • Siswa melakukan login menggunakan nomor pendaftaran dan kode akses siswa yang telah diberikan oleh pihak sekolah sebelumnya.
  • Siswa melakukan pengisian biodata diri secara lengkap
  • Print kartu tanda peserta bidikmisi
Setelah itu, kamu bisa melakukan pendaftaran untuk mengikuti seleksi jalur nasional atau mandiri sebagai persyaratan diterimanya beasiswa bidikmisi-mu. Beberapa jalur penerimaan resmi perguruan tinggi seperti SNMPTN, SBMPTN, PMDK dan jalur Mandiri.

Adapun berkas persyaratan yang harus kamu penuhi setelah dinyatakan lulus secara online dan administratif adalah :
  1. Kartu peserta dan formulir pendaftaran bidikmisi yang dicetak dari portal bidikmisi
  2. Surat keterangan lulus dari sekolah
  3. Salinan rapor semester 1 sampai 6 yang dilegalisir kepala sekolah
  4. Salinan ijazah yang dilegalisir kepala sekolah
  5. Salinan nilai ujian akhir nasional yang dilegalisir kepala sekolah
  6. Salinan kartu keluarga dan atau surat keterangan tentang susunan keluarga
  7. Salinan rekening listrik terakhir dan atau struk pembayaran pajak bumi bangunan dari orang tua atau wali.
  8. Surat keterangan prestasi serta bukti pendukung lainnya di bidang akademik juga ekstrakurikuler yang juga dilegalisasi kepala sekolah
  9. Surat keterangan penghasilan orang tua atau wali atau surat keterangan tidak mampu yang dikeluarkan kepala desa (lingkungan) tempat orang tua bekerja
Berbagai persyaratan diatas menyesuaikan kembali pada permintaan dari pihak Dikti atau kebutuhan yang diminta oleh pihak sekolah. Kamu sebagai siswa harus mampu menyediakan berkas tersebut dengan lengkap. 

Berdoa Sembari Menunggu Pengumuman

Banyak dari kamu mungkin menyepelekan kekuatan doa. Berdoa dapat membuat hati menjadi sejuk dan tidak mudah gelisah apalagi bila kamu sedang menunggu pengumuman penerimaan Bidikmisi setelah mengirim berkas berkasnya.  Dengan berdoa pula kita akan melibatkan Tuhan dan bisa lebih ikhlas dalam menerima hasil apapun yang terbaik nantinya.

Ada baiknya kamu juga tetap mengunjungi website bidikmisi resmi dari dikti untuk mendapatkan informasi ter-update mengenai beasiswa ini. Pada akhirnya mimin turut mendoakan kamu agar lulus dalam bidikmisi tahun ini. 

Semoga dengan membaca dan mengikuti pembahasan kosngosan kali ini mengenai Cara Mendaftar Beasiswa Bidikmisi Agar Cepat Diterima, kamu bisa segera lulus, mendapatkan beasiswa ini dan bisa mengenyam pendidikan di bangku kuliah yang kamu ingin kan. Jangan lupa untuk memberikan komentar dibawah ini ya.

Buka Komentar