Cara Supaya Cepat Diterima Lamaran Kerja oleh HRD

Cara Supaya Cepat Diterima Lamaran Kerja oleh HRD

Cepat Diterima Lamaran Kerja

Bila kamu adalah pencari kerja yang selama ini menganggur, bisa mengikuti pembahasan kosngosan kali ini tentang Cara Supaya Cepat Diterima Surat Lamaran Kerja oleh HRD. Bagaimana tips nya agar bisa langsung di respons oleh pihak perekrut perusahaan? Oke mari kita bahas satu per satu.

Banyak orang menginginkan surat lamarannya cepat ditanggapi oleh pihak perusahaan. Namun tidak sedikit yang membuat surat lamaran seadanya, sehingga walaupun kamu memiliki skill yang dicari oleh perusahaan, tidak lantas membuatmu menjadi cepat diterima atau dilirik oleh perusahaan bersangkutan.

Sebenarnya ada banyak faktor dalam proses rekrutmen pekerjaan. Kamu sebagai pencari kerja mesti jeli dan cepat melihat peluang seberapa persen dalam penerimaan tenaga kerja. Pastikan terlebih dahulu kuota karyawan yang diterima, persyaratan keahlian dan latar belakang pendidikan yang dicari, serta faktor lain yang mempengaruhi.

Perhatikan. Ada ratusan berkas yang diterima oleh tim HRD ketika merekrut karyawan baru. Mereka hanya melihat berkasmu dalam beberapa detik. Bayangkan, kamu yang sudah cape cape membuat berkas seperti CV dan Surat Lamaran, harus menghadapi kenyataaan tersebut.

Nah, apa yang pertama yang harus diperbaiki adalah melalui surat lamaran dan daftar riwayat hidup yang kamu kirim. Buatlah kedua dokumen ini seprofesional mungkin melalui penggambaran diri secara detail dan terlihat menarik untuk dipandang.

Baca juga : Cara Mengirim Lamaran Lewat Email dan Online
Cara Mengirim Lamaran Lewat Kantor Pos dan Po Box

Namun ternyata selain itu, ada juga faktor eksternal yang kebanyakan mempengaruhi lama waktu penerimaan kerja. Untuk mempersingkat diterimanya kamu bekerja, kosngosan mempersiapkan beberapa tips dibawah ini agar kamu perhatikan sebelum mengantarkan surat lamaran kerja tersebut. Apa saja? Mari kita simak satu per satu :

1. Akses Orang Dalam

Terdengar klise, namun ini adalah salah satu senjata rahasia orang orang zaman dulu dalam mendapatkan pekerjaan dengan cepat (bahkan mungkin tanpa surat lamaran dan cv). Hal ini memang sedikit terlarang dalam norma, namun jelas sekali ada banyak praktek nepotisme dalam banyak kasus perekrutan karyawan.

Bila kamu adalah seorang yang kompeten dibidang yang akan kamu lamar, dan kamu memiliki kenalan ataupun dalam bahasa lapangannya "orang dalam" maka kamu bisa mencobanya. Mungkin untuk langkah awal kamu tetap akan memasukkan surat lamaran, namun itu tidak akan menjadi patokan lagi, karena tim rekrutmennya sudah dimintai tolong agar menerima kamu untuk bekerja di perusahaan tersebut.

Berbeda hal bila kamu adalah orang yang tidak kompeten. Mungkin kamu akan diterima bekerja pada awalnya, namun seiring berjalannya waktu, kamu tidak akan mampu bekerja secara optimal dan hasil kerjamu akan mengecewakan. Tentunya ini akan mencoret nama baik kenalanmu di perusahaan tersebut.

2. Perpendek Jalur Pengiriman

Memperpendek jalur atau metode pengiriman surat lamaran kerja sama hal nya dengan prinsip jalur perdagangan. Semakin pendek jalurnya semakin menguntungkan. Begitu pula dengan alur penerimaan lamaran kerja. Carilah metode yang sependek mungkin dan mempersingkat waktu tunggu surat lamaran kerjamu.

Seperti misalnya bila ada perusahan memberikan dua opsi jalur penerimaan lamaran kerja, pertama adalah pengiriman email dan kedua adalah mengantarkan nya langsung ke bagian HRD perusahaan. Tentunya kamu harus memilih cara yang kedua. Walaupun sedikit repot harus keluar rumah dan menuju kantor nya langsung, tetapi ini lebih baik ketimbang mengirim email yang sering mengalami gangguan, masuk ke kotak spam, menumpuk dan tenggelam bersama email lain dan masalah teknis lainnya.

Jadi dengan memperpendek jalur pengiriman surat lamaran, diharapkan kamu akan mendapatkan kesempatan untuk di-"perhatikan" surat lamarannya lebih lama. Dengan begitu kesempatan diterima kerja juga lebih besar.

3. Waktu Pengiriman Surat Lamaran Kerja

Kenapa waktu pengiriman surat lamaran kerja dinilai penting terhadap kesuksesan diterimanya kamu dalam perusahaan? Ini karena waktu yang tepat akan membawa kesempatan lebih besar untuk di terima dan diperhatikan lebih lama oleh tim rekrutmen.

Mimin melansir dari laman Business Insider waktu terbaik untuk melamar ke perusahaan adalah di antara rentang waktu jam 08.00 pagi hingga jam 10.00 pagi. Kemudian lamaran yang kamu kirim pada pukul 03.00 hingga 05.00 sore akan memiliki kesempatan paling kecil untuk diterima atau dilanjutkan ke sesi interview.

Hal ini terlihat logis. Ketika kamu mengantarkan surat lamaran lebih cepat dari kebanyakan orang lain, maka kamu akan mendapatkan kesempatan diperhatikan lebih lama dari lainnya. Surat lamaran kerja, CV, Ijazah dan berkas lainnya akan disimpan dan berkemungkinan lebih besar untuk dibuka pertama kali dan lebih lama.

4. Perbaiki Berkas

Berkas yang dimaksud disini adalah segala lembaran dokumen yang menjadi persyaratan penerimaan kerja. Umumnya dalah surat lamaran, curriculum vitae (daftar riwayat hidup), Ijazah, Transkrip Nilai, Kartu Tanda Penduduk, Surat Sehat, Surat Keterangan Baik, dan dokumen lain.

Perhatikan, kamu harus membuat Surat Lamaran dan Daftar Riwayat Hidup yang Baik dan Benar. Dalam postingan tersebut mimin sudah menjelaskan mengenai langkah langkah membuat dua dokumen paling urgent tersebut agar diterima oleh pihak HRD.

Pastikan tata letak dari CV diatur dengan rapi, Surat Lamaran dan CV menggunakan bahasa yang baku dan sesuai EYD, ringkas dan tidak bertele tele. Arsipkan semua berkas tersebut kedalam maps kuning dan berikan label alamat serta posisi yang akan kamu lamar.

5. Metode Pengiriman Surat Lamaran Kerja

Ada banyak cara pengiriman surat lamaran, seperti pengiriman lewat kantor pos, lewat PO BOX, lewat email atau langsung menyerahkan nya ke HRD perusahaan terkait. Dan secara logikanya, yang paling cepat untuk diproses adalah dengan menyerahkan nya langsung ke pihak HRD nya.

Selain itu, biasanya berbagai perusahaan juga senang mengadakan open recruitment melalui jalur kampus atau sekolah sekolah, memperkenalkan profil perusahaan mereka. Yang terpenting adalah kamu harus mencari cara atau metode pengiriman surat lamaran sependek mungkin, dalam artian surat kamu cepat sampai ke pihak penerima tanpa memakan waktu yang cukup lama.

Untuk proses pengiriman surat lamaran melalui online (email atau portal penerimaan loker) kamu harus jeli melihat waktu kosong. Waktu yang ideal untuk mengirim surat lamaran online adalah pagi sebelum pukul 10. Pilih waktu yang benar benar sepi agar pesaing juga sedikit, dan surat lamaran mu lebih cepat ditanggapi tentunya.

6. Berdoa

Tidak jarang kita melalaikan kegiatan yang satu ini. Kebutuhan rohani yang patut untuk dilakukan sesering mungkin, walaupun tidak sedang menunggu pengumuman pekerjaan, berdoa bisa menenangkan hati dan pikiran. Berdoa mampu melepaskan stress ketika sedang menunggu pengumuman penerimaan bekerja.

Dengan berdoa pula kita akan melibatkan Tuhan dalam setiap aktifitas yang ada. Sehingga nanti bisa lebih ikhlas menerima apapun hasil yang didapatkan.

Demikianlah pembahasan mengenai Cara Supaya Cepat Diterima Surat Lamaran Kerja oleh HRD kali ini, semoga dapat memberikan inspirasi buat kamu yang selama ini mencari pekerjaan. Semoga disegerakan untuk mendapat pekerjaan idamannya. Jangan lupa untuk memberikan komentar ya.

Buka Komentar