Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Informasi Jadwal Penerimaan Jalur Mandiri PTN yang Masih Buka Tahun Ini

Kamu sedang mencari informasi mengenai penerimaan mahasiswa jalur mandiri di berbagai perguruan tinggi negeri yang ada di Indonesia? Mungkin jalur ini adalah cara terakhir kamu untuk bisa masuk ke perguruan tinggi favorit mu, bukan? Setelah bersusah payah melalui jalur penerimaan lainnya. well, tidak ada salah nya juga mencoba, asalkan kemampuan finansial mu mencukupi.

Kali ini kosngosan akan memberikan informasi terkait Jadwal Jalur Mandiri PTN yang Masih Dibuka pada Tahun 2018/2019 ini. Bagi kamu yang sedang mencari kapan pendaftaran terakhir untuk ujian mandiri pada masing masing perguruan tinggi negeri di tanah air, maka kamu harus menyimak betul pembahasan kosngosan dibawah ini.

jadwal jalur mandiri ptn

Berbeda dengan ujian SBMPTN atau seleksi masuk SNMPTN yang diadakan serentak di berbagai kota di Indonesia, Jalur Mandiri memiliki jadwal dan syarat yang berbeda beda sesuai dengan PTN yang mengadakannya.

Karena pada peraturan Dikti yang menyatakan bahwa bolehnya seleksi mandiri dilaksanakan oleh masing-masing PTN dengan memanfaatkan nilai hasil tes SBMPTN, maka PTN sudah mulai banyak yang mengubah jalur seleksinya, dari tes tertulis menjadi tanpa tes dengan mengacu pada nilai SBMPTN.

Sebelum memberikan informasi mengenai jadwal jalur mandiri, ada baiknya kita membahas mengenai jalur mandiri itu terlebih dahulu. Bagi kamu yang gagal (mimin tidak mengharapkan ini) dari seleksi yang sudah diadakan, maka cara terakhir agar kamu dapat diterima di perguruan tinggi idamanmu adalah melalui jalur mandiri

Baca juga : Tips Lolos dan Sukses Seleksi SBMPTN

Jalur mandiri adalah alternatif lainnya untuk seleksi masuk PTN selain SBMPTN dan SNMPTN. Berbeda dengan seleksi yang lain, jalur mandiri dilakukan oleh masing-masing PTN. Biaya pendaftarannya juga berbeda antara satu PTN dengan PTN lain.

Kamu yang sudah mendaftar jalur mandiri boleh memilih dua atau tiga jurusan yang sesuai dengan bakatmu. Sama halnya dengan seleksi yang lain, kamu juga akan dikelompokkan menjadi tiga kategori yakni IPA, IPS dan Campuran sesuai dengan jurusan yang diminati.


Informasi Jalur Mandiri PTN


Nah berikut mimin akan memberikan informasi kepadamu mengenai jadwal seleksi mandiri masing masing PTN terkenal di Indonesia, dan untuk informasi yang lebih lengkapnya dan update, kamu bisa langsung mengunjungi laman webnya yang juga akan mimin berikan dibawah ini :

1. Jalur Mandiri UGM

Jalur mandiri di Universitas Gadjah Mada ini berupa ujian tertulis untuk menyaring calon mahasiswa program sarjana. Untuk materi seleksinya meliputi potensi akademik, kemampuan dasar, tes kemampuan sosial humaniora dan atau kemampuan sains teknologi.

Kamu bisa langsung ke TKP dengan mengunjungi web : goo.gl/Eagwdn

2. Jalur Mandiri UI

Universitas Indonesia menjadi salah satu favorit kampus yang pastinya kamu pilih. Untuk mengikuti jalur mandirinya yang bernama Seleksi Masuk Universitas Indonesia (SIMAK UI) yang bertujuan untuk menyeleksi mahasiswa program sarjana Paralel, Vokasi dan, program sarjana Kelas Khusus Internasional.

Kamu bisa meluncur di TKP dengan mengunjungi situsnya di : simak.ui.ac.id

3. Jalur Mandiri IPB

Institut Pertanian Bogor menggelar Ujian Talenta Masuk (UTMI) IPB yang merupakan salah satu cara penerimaan mahasiswa program sarjana IPB yang berbasis kepemimpinan, kewirausahaan, dan cinta pertanian.

 Metode seleksi yang digunakan adalah ujian tulis. Kamu bisa langsung kepoin informasi dan update beritanya di : admisi.ipb.ac.id/p/single/utm

4. Jalur Mandiri UNDIP

Seleksi Mandiri Universitas Diponegoro (UNDIP) adalah jalur masuk untuk mahasiswa baru yang bisa kamu kepoin jadwal dan update informasinya di sini : um.undip.ac.id

5. Jalur Mandiri UNHAS

Jalur mandiri di Universitas Hasanuddin bernama Penerimaan Mahasiswa Jalur Non-Subsidi (PM-JNS) yang merupakan salah satu jalur seleksi mandiri yang diselenggarakan oleh Universitas Hasanuddin untuk menjaring calon mahasiswa yang mempunyai prestasi akademik di samping kemampuan finansial.

Kamu bisa mengunjungi halaman : goo.gl/y8hkSf

6. Jalur Mandiri USU

Universitas Sumatera Utara merupakan kampus terbaik di provinsi sumut yang juga menyediakan berbagai jalur alternatif selain SBMPTN, salah satunya jalur mandiri, atau yang disingkat SMM USU (Seleksi Mandiri Mahasiswa USU).

Kamu bisa cek langsung informasinya di situs resmi penerimaan USU : penerimaan.usu.ac.id

7. Jalur Mandiri UNAND

Universitas Andalas merupakan salah satu kampus terbaik di provinsi sumatera barat, kota Padang. Kamu bisa mendaftar lewat jalur mandiri yang sudah disediakan oleh kampus ini dengan mengunjungi situs resmi PMB universitas andalahas

Klik disini : pmb.unand.ac.id

8. Jalur Mandiri UNRI

Universitas Riau juga menyelenggarakan jalur mandiri yang ditujukan untuk penerimaan D3 dan transfer D3 ke S1. Selain itu UNRI juga mengadakan penerimaan bernama PBUD (Penelurusan Bibit Unggul Daerah) yang diambil dari rekomendasi sekolah sekolah di daerah.

Untuk jalur mandiri kamu bisa mengunjungi : um.unri.ac.id
Untuk jalur PBUD kamu bisa mengunjungi : pbud.unri.ac.id

9. Jalur Mandiri ITB

Siapa sih yang tidak ingin kuliah di salah satu kampus terbaik di Indonesia ini? Institut Teknologi Bandung juga menerima jalur mandiri untuk berbagai latar belakang siswa di berbagai daerah. Tentu saja nominal biaya untuk kuliah bagi mahasiswa jalur mandiri di ITB juga mehong mehong sih.

Langsung saja kamu bisa kepoin informasi penerimaan jalur mandiri di situs resmi ITB : usm1.itb.ac.id/wp/

10. Jalur Mandiri UNPAD

Untuk program sarjana, universitas padjajaran juga menerima jalur mahasiswa mandiri untuk berbagai jurusan di kampusnya. Calon peserta yang akan mendaftar harus memperhatikan beberapa hal. Kamu bisa lihat dengan mengunjungi situs resminya langsung disini : smup.unpad.ac.id

Baca juga : Tips Mengatur Uang Bulanan Mahasiswa Baru Agar Bertahan Sampai Akhir Bulan


Kesimpulan



Selain itu ada banyak juga seleksi mandiri yang diadakan oleh PTN terkait. Kamu hanya perlu searching di google dengan kata kunci "Jalur Mandiri --- (Nama Perguruan Tinggi Incaranmu)" atau dengan mengunjungi langsung situs resminya.

Demikianlah informasi mengenai Jadwal Jalur Mandiri PTN Masih Dibuka Tahun baru kali ini, semoga dapat bermanfaat bagi kalian. Jangan lupa share informasi ini kepada kawan kawan kalian. Terakhir berikan komentar di kotak komentar dibawah ini ya.
Reza Harahap
Reza Harahap Reza Harahap adalah owner kosngosan. Suka belajar bisnis, finansial, ekonomi, pendidikan dan pekerjaan. Sembari membagikan ide usaha untuk entrepreneur. Blog ini berisi rencana bisnis, strategi investasi, persiapan keuangan dan lainnya