Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Membuat Email Kampus Ac.id Secara Gratis

Bagaimana cara membuat email kampus dan mendapatkan ekstensi ac.id gratis? Email bagi perguruan tinggi seperti Universitas, Institut, Sekolah Tinggi atau Akademi menjadi sangat penting untuk kebutuhan surat-menyurat dan media interaksi dengan lembaga lain.

Adanya email akan memudahkan bisa kampus dalam memperbaiki layanan yang dimilikinya. Bagaimana cara membuat email gratis untuk kampus menggunakan berbagai platform yang saat ini sangat populer, maka kali ini kita akan membahas mengenai hal tersebut.

Penggunaan email menjadi salah satu fitur yang penting untuk konsumsi internet. Bagaimana tidak, surat elektronik ini begitu membantu setiap proses pengiriman surat, memperpendek jalur pengiriman surat, melampirkan file secara daring, berkirim pesan, dan sebagai identitas kita dalam memakai beberapa layanan di internet.

Mengirim surat menggunakan Electronic Mail tidak perlu menunggu berhari-hari seperti halnya mengirim dokumen biasa melalui kantor jasa pengiriman surat atau dokumen seperti di kantor pos.

Tanpa email mungkin kita tidak bisa berbuat apa apa di internet kecuali googling semata. Karena ini merupakan pusat aktifitas pengguna internet. Segala sesuatu layanan online di internet meminta alamat email.

Nah email kampus yang akan kita buat kali ini merupakan email dengan ekstensi AC.ID yang merupakan standar domain yang dikhususkan untuk perguruan tinggi di Indonesia.

Pembuatan email ini sesungguhnya bukanlah gratis, karena kita tetap harus mengeluarkan biaya sewa domain per tahun kepada pihak penyedia register domain. Hal yang gratis satu satunya adalah biaya maintenance, hosting atau space yang menggunakan hosting dari google sendiri.

Cara ini sebenarnya sama dengan cara membuat email pribadi di yahoo atau google. Karena kita memakai layanan google apps for education yang menyajikan banyak fitur khas google untuk pendidikan seperti perguruan tinggi.

Email ac.id ini gratis biaya hosting, karena menggunakan layanan Google Apps For Education. Berikut adalah langkah langkah untuk membuat email ac.id secara gratis, silahkan simak dengan baik baik :

Baca juga : Cara Membuat Email Sekolah sch.id secara gratis


Cara Membuat Email Kampus Ac.id pakai Gmail Custom Domain

contoh email ac.id kampus


Untuk mendapatkan ekstensi ac.id pada email, kamu harus memenuhi beberapa syarat dan melakukan beberapa langkah berikut:
  • Syarat: kamu harus merupakan mahasiswa, dosen, atau karyawan dari sebuah institusi pendidikan yang memiliki ekstensi ac.id.
  • Hubungi pihak IT di institusi pendidikan kamu untuk meminta pembuatan email dengan ekstensi ac.id. kamu akan diminta untuk menyediakan beberapa informasi seperti nama, nomor identitas, dan alamat email yang akan digunakan.
  • Setelah informasi kamu diterima, pihak IT akan membuat email baru dengan ekstensi ac.id dan mengirimkan instruksi untuk mengaktifkan dan mengatur email tersebut.
  • Ikuti instruksi yang diterima untuk mengaktifkan dan mengatur email baru kamu. Pastikan untuk mengubah password default dan mengatur pengaturan privasi sesuai keinginan kamu.
  • Setelah email kamu berhasil diaktifkan, kamu dapat menggunakan email tersebut untuk berkomunikasi dengan rekan kerja, dosen, atau mahasiswa lain di institusi pendidikan kamu.


Langkah 1

Silahkan membeli domain AC.ID ke pihak penyedia domain lokal, seperti niagahoster, domainesia dan lainnya. Domain yang bisa kamu beli seperti "namakampus.ac.id" Setelah memiliki domain ini, lanjut ke langkah berikutnya.


Langkah 2

Kunjungi "eduproducts.withgoogle.com" tanpa tanda kutip. Klik "Contact Sales" dan mulailah mengisi formulir biodata pengajuan layanan google pendidikan. Tunggu email balasan dari google untuk mengaktifkan layanan ini untuk mu.


Langkah 3

Selanjutnya adalah melengkapi persyaratan tambahan yang akan dikirim email oleh The Google Team yang masih meminta data tambahan. 

Maka kita perlu membalas dengan menyertakan data-data yang diminta. Harap perhatikan syarat apa saja yang diperlukan dan jangan sampai salah dalam melampirkan berkas.


Langkah 4

Sekali lagi kamu harus menunggu email balasannya. Setelah menunggu beberapa hari, email akan datang berisi approve diterimanya perguruan tinggi mu memperoleh layanan Google Apps for Education.


Langkah 5

Masuk ke dasbor google aplikasi, pilih service setting untuk bagian Email. Lalu lakukan konfigurasi email menggunakan domain ac.id yang telah kamu sewa sebelumnya.

Setelah itu kamu sudah memiliki email kampus dengan ekstensi @namadomain.ac.id dibelakangnya. Dengan menggunakan layanan Google Apps for Education ini, pihak kampus hanya akan fokus pada materi, metode dan media pembelajaran untuk mahasiswa saja. 

Kita tidak lagi dipusingkan dengan biaya hosting per tahun yang biasanya cukup mahal, apalagi untuk level perguruan tinggi yang memiliki mahasiswa lumayan banyak.

Akan tetapi hal yang perlu diperhatikan disini adalah, cara ini hanya untuk kampus atau perguruan tinggi yang memang baru dirintis. 

Untuk kampus yang sudah besar dan memiliki ribuan mahasiswa, layanan ini sepertinya tidak cocok lagi. Karena akan mengurangi profesionalitas, juga full control tidak sepenuhnya ada di pihak kampus. Mengenai potensi kebocoran data juga tidak ada jaminan terhindar. 

Maka dari itu, menggunakan hosting sendiri, domain sendiri dan mengelola sendiri adalah hal terbaik dan teraman untuk pihak kampus yang sudah besar, walaupun membutuhkan biaya yang tidak murah.



Kata Penutup  

Setelah membaca pembahasan kali ini mengenai cara membuat email kampus secara gratis, mimin berharap akan berguna untuk kamu yang diberi tanggung jawab untuk membuat email lembaga pendidikan. 

Bila kamu ada pertanyaan seputar langkah teknisnya, kamu bisa mencurahkan unek-uneknya di kolom komentar di bawah ini. 

Katakan juga nama dan email agar dapat mempermudah Mimin dalam membalas setiap pertanyaan yang masuk. Terima kasih telah mengunjungi kosngosan kali ini
Reza Harahap
Reza Harahap Reza Harahap adalah owner kosngosan. Suka belajar bisnis, finansial, ekonomi, pendidikan dan pekerjaan. Sembari membagikan ide usaha untuk entrepreneur. Blog ini berisi rencana bisnis, strategi investasi, persiapan keuangan dan lainnya