Cara Membuat Email Baru Lewat HP Android dan iOS Gratis

Cara Membuat Email Baru Lewat HP Android dan iOS Gratis

Baca juga :

mendaftar email lewat hp
Penggunaan email memang sudah tersebar luas untuk berbagai kepentingan, termasuk untuk pendaftaran berbagai akun media sosial dan sebagai identitas dasar kita untuk berselancar di dunia maya. Tingginya tren penggunaan smartphone juga membuat kita semakin dipermudah untuk membuat akun email. Seperti pada pembahasan berikut ini kosngosana akan memberikan panduan berupa langkah menciptakan akun email baru melalui platform Android dan juga iOS secara gratis. Ikuti terus pembahasannya.

Cara buat email termudah memang adalah dengan smartphone Android. Apalagi email yang akan kita buat adalah gmail, yang merupakan salah satu layanan gratis milik google. Sebenarnya kita membutuhkan gmail ini untuk memanfaatkan fitur didalam android seperti playstore dan juga berbagai aplikasi bawaan dari google lainnya.

Baca juga : Cara Membuat Email sch.id Sekolah Terbaru

Tapi sebelumnya, tahukah kamu mengenai sejarah penggunaan email dunia? E-mail pertama kali dimanfaatkan oleh Ray Tomlinson tahun 1971. Ini adalah bentuk pengembangan dari sebelumnya yang hanya bisa mengirim pesan menggunakan mesin  yang  sama. Penggunaan tanda "@" adalah untuk identifikasi tujuan pengiriman. Hingga sekarang, penggunaan email sudah merambah ke berbagai kepentingan, seperti pendaftaran akun, pengiriman berkas surat, media tukar informasi dan sebagainya.

Ada banyak platform penyedia layanan email gratis di internet. Sebut saja yahoo yang terkenal dahulu dengan akhiran @yahoo.com nya. Dan sekarang karena kejayaan Google sebagai salah satu raksasa perusahaan teknologi, maka produk email mereka yang diberi nama @gmail.com kin sudah banyak dipakai oleh banyak orang di dunia.

Berikut adalah beberapa cara yang bisa kamu lakukan untuk membuat email gmail dari google ini secara gratis dengan hanya menggunakan perangkat smartphone mu. Check these out!

1. Langkah Membuat Email Gmail Lewat Android Melalui Pengaturan

Cara Membuat Email Baru

Langkah 1 : Pergi setting utama, pilih account, add "google"

Langkah 2 : Pada pilihan Add your account pilih bagian bawah "Or create a new account"

Langkah 3 : Isi pilihan nama depan dan nama belakang, seperti mengisi data email pada umumnya, pilih "Next"

Langkah 4 : Pada bagian Basic information, pilih tanggal lahir, bulan dan tahun beserta jenis kelamin. Pilih "Next"

Langkah 5 : Pada bagian "How you'll sign in, pilih alamat email yang kamu suka dan masih tersedia, gunakan karakter huruf dan angka. Nantinya email yang akan kamu dapatkan akan seperti ini "namaemail@gmail.com"

Langkah 6 : Pada bagian "Create password" isikan kata sandi untuk digunakan sebagai alat keamanaan untuk masuk pada akun email. Direkomendasikan untuk menggunakan kombinasi dari huruf dan angka. Lakukan konfirmasi ulang sandi dibawahnya.

Langkah 7 : Pada bagian "Add phone number" isikan nomor handphone yang akan digunakan untuk mengirim kode konfirmasi nantinya setelah email berhasil dibuat. Ini adalah opsional, kamu bisa memilih "Skip" untuk melewatinya.

Langkah 8 : Pada bagian "Privacy and Terms" baca berbagai syarat dan ketentuan dalam penggunaan email. Setelah itu pilih "I AGREE"

Pada tahap ini kamu sudah berhasil membuat email gmail melalui smartphone android secara gratis. Yang menjadi kelebihan cara ini adalah kamu tidak perlu memasukkan nomor handphone untuk membuat akun gmail. Akan tetapi bila kamu membuka akun email ini pada perangkat lain seperti dekstop misalnya, kemungkinan besar kamu tetap akan dimintai untuk memasukkan nomor handphone untuk langkah keamanan.

Email gmail ini bisa kamu gunakan untuk email facebook, email twitter, email instagram dan email media sosial lainnya. Penting juga untuk mengingat kata sandi emailmu. Karena ini menjadi kunci utama bila suatu waktu kamu lupa dengan sandi media sosialmu, maka kamu tetap bisa melakukan upaya mengubah sandi baru melalui email mu ini.

2. Cara membuat email baru melalui perangkat iOS Melalui Pengaturan

cara buat gmail di iphone

Langkah 1 : Pergi ke pengaturan utama, pilih mail, contact, calender pada pengaturan

Langkah 2 : Pilih fitur "Add account" kemudian akan muncul beberapa platform penyedia email gratisan, pilih Google.

Langkah 3 : Hampir sama dengan langkah pembuatan email melalui android seperti yang ada diatas, masukkan data diri mu selengkapnya sesuai yang diminta.

Langkah 4 : Lalu masukkan alamat email dan password pada kotak yang telah disediakan.

Langkah 5 : Bila sudah dibuat, akan ada pilihan untuk mengizinkan iPhone untuk mengakses data email kepunyaanmu tersebut.

Langkah 6 : Pilih simpan dan akun gmail mu sudah bisa digunakan. Akan ada pemberitahuan bahwa email yang sudah ditambahkan berhasil masuk pada perangkat iOS mu.

Pada tahap ini kamu juga sudah memiliki akun email baru secara gratis. Begitulah beberapa cara untuk membuat email yang menjadi bagian dari akun google tersebut. Karena smartphone dirancang untuk mempermudah aktifitas manusia, maka email juga bisa kita manfaatkan kegunaan nya melalui perangkat canggih ini. Melalui surel atau surat elektronik ini, kita akan termudahkan untuk bekerja sehari harinya.

Sekian artikel berjudul Cara Membuat Email Gmail Baru Lewat HP Android dan iOS Gratis kali ini, semoga dapat bermanfaat bagi kalian yang membutuhkan petunjuk singkat bagaimana melengkapi persyaratan dalam pembuatan email melalui hp ini. Berikan komentar mu dibawah ini sebagai masukan untuk mimin dalam pengembangan blog kosngosan. Sekian terimakasih telah berkunjung.

Buka Komentar