Solusi Verifikasi PIN Google Adsense Pakai Kartu Domisili Pengganti KTP

Solusi Verifikasi PIN Google Adsense Pakai Kartu Domisili Pengganti KTP

verifikasi pin adsense kartu domisili
Siapa yang tidak kenal Google Adsense? Bagi para blogger sekaligus publisher, GA merupakan jenis media periklanan dari raksasa mesin pencari yang memang terbukti membayar dengan nilai CPC diatas rata rata penyedia iklan sejenis lainnya. Namun proses dan syaratnya yang terbilang cukup ketat membuatmu sedikit frustasi untuk menggunakannya kedalam blog atau website milikmu. Namun demikian, sebenarnya bila kita mengikuti Kebijakan Program Google Adsense, tidak akan ada yang namanya banned permanen yang menjadi momok yang paling ditakutkan oleh para blogger ini.

Kali ini mimin akan memberikan sharing pengalaman mengenai verifikasi kode pin adsense yang terbilang penuh drama. Kenapa, karena mimin sendiri sudah mendapatkan notifitikasi pengiriman pin 3 bulan sebelumnya. Setelah saldo mencapai 120 k pada balance adsense. Nah mengapa bisa sampai lama begitu?

Kamu yang sering mengalami pengiriman PIN Adsense yang menunggak hingga lebih dari 3 bulan, maka kamu diharuskan melakukan verifikasi memakai kartu tanda identitas. Fungsi pin google adsense itu sendiri adalah sebagai metode verifikasi google terhadap publisher-nya, sehingga google bisa memastikan kevalid-an data dan menghindari aksi penipuan.

Disinilah mimin mengalami kegalauan. Sudah mengikuti cara minta pin adsense yang baik dan benar. Tetapi masih saja belum sampai. Kegalauan terus belanjut bukan karena mimin belum memiliki KTP dan berusia dibawah 17 tahun, akan tetapi KTP mimin yang aktif sekarang masih menggunakan alamat lama di kampung, sementara mimin sudah tinggal di kota Pekanbaru selama hampir 5 tahun lamanya. Alhasil alamat pada pengiriman pin adsense juga masih menggunakan alamat domisili di pekanbaru.

Baca lainnya : Bisnis Google Adsense Untuk Mahasiswa dan Pelajar

Tentunya alamat KTP lama tidak akan sesuai dengan alamat domisi yang sudah terlanjur mimin isi pada form pengisian alamat pada surat pin adsense. Saat itu mimin masih menunggu dan rutin melakukan pengecekan ulang ke kantor pos. Namun nihil. Dan ternyata setelah diselidik, ada beberapa penyebab lambatnya PIN Adsense mu sampai. Penasaran?

Penyebab Keterlambatan PIN Adsense Sampai Ke Rumahmu


penyebab keterlambatan pin adsense

Langkah dan prosedural verifikasi pin baik adsense blogger, admob maupun youtube sebenarnya hampir sama. Kapan pin adsense dikirim itu tergantung dari beberapa faktor seperti dibawah ini :

1. Kelengkapan dan kejelasan alamat yang dimasukkan

Alamat menjadi faktor terpenting seberapa cepat pin mu sampai. Kamu harus mengisi alamat pada form yang sudah disediakan khusus oleh google adsense. Usahakan selengkap mungkin, mulai dari nomor rumah, kompleks, kilometer berapa, nama jalan, gang, desa, rt/rw, kelurahan, kecamatan, kabupaten/kota, provinsi hingga kode pos.

2. Keteledoran pihak kantor pos

Ini menjadi salah satu faktor x yang tidak bisa kita tentukan. Mungkin kamu sudah mengisi alamat dengan sebenar dan selengkap lengkapnya, akan tetapi belum juga datang pin adsensenya. Mimin sarankan kamu harus rutin mencek nya langsung ke kantor pos terdekat yang sesuai dengan kode post mu. Tanya pada bagian yang khusus menerima surat surat dari google. Ada kalanya mereka lupa, terselip atau memang malas mengantarkannya ke alamat mu.

3. Faktor X

Ada berbagai faktor lain yang masih belum bisa dijelaskan kenapa pin adsense begitu misteri, ada yang cepat sampai dan ada pula yang tidak sampai-sampai. Hal ini lah yang menimpa mimin. Mimin tidak tahu penyebab pasti tidak sampainya pin adsense yang sudah mimin request 3 kali (sekali sebulan). Alamat sudah lengkap dan mimin sudah langsung menceknya ke bagian karyawan pos yang khusus menangani surat menyurat dari google.

Bila ternyata PIN Google adsense itu tidak datang dan sudah 3 kali diminta serta memang sudah habis waktunya, maka di dashboard adsense mu akan muncul pemberitahuan segera menverifikasi lewat cara berbeda. yaitu verifikasi melalui aplot kartu identitas alias KTP.

Verifikasi PIN Adsense Pakai Kartu / Surat Domisili, Bisakah ?

Jawabannya: Sangat Bisa. Ada banyak sumber yang menjelaskan mengenai cara dan langkah Verifikasi adsense menggunakan KTP di internet. Tetapi jarang yang membahas mengenai metode verifikasi selain KTP yang bisa menjadi alat verifikasi. Pada dasarnya, google adsense memperbolehkan kamu untuk mengunggah berbagai jenis surat atau dokumen yang terkait dengan identitas aslimu, dengan syarat :

  • Dokumen / surat itu menggunakan bahasa yang didukung oleh GA (Bahasa indonesia termasuk salah satu bahasa yang didukung oleh GA)
  • Mengandung informasi mengenai identitas asli publisher
  • Mengandung informasi sesuai dengan alamat dan kontak dari publisher yang sebelumnya telah dimasukkan pada metode pengiriman surat.

Bila ketiga syarat ini sudah terpenuhi, maka kamu bisa mengajukan atau mengaplot dokumen tersebut melalui Settings > Account > Account Information. Lalup upload hasil scan dokumennya di lampiran dan jangan lupa klik tombol Kirim

Karena mimin sudah membuktikan mengapload hasil scan Kartu Domisili milik mimin yang didapatkan dari pendaftaran melalui kepala lingkungan di daerah tempat tinggal mimin. Maka cara ini terbukti berhasil 100%. Berikut adalah bukti email konfirmasi dari adsense mengenai keberhasilan verifikasi akun GA.

bukti verifikasi kartu domisili adsense

Email diatas mimin dapatkan tidak sampai 1 jam pasca mengunggah scan kartu domisili. Bila hasil scan yang dikirim jelas, data juga sesuai dan tidak ada pelanggaran, maka kamu bisa segera terverifikasi tanpa menunggu beberapa hari ke depan.

Baca juga : Kelebihan dan Kekurangan Blog Wordpress dan Blogger

Demikianlah pembahasan mengenai Solusi Verifikasi PIN Google Adsense Pakai Kartu Domisili Pengganti KTP kali ini, semoga kamu yang sudah berhasil verifikasi pin bisa segera mencapai ambang batas untuk pencairan, sehingga bisa gajian di awal bulan. Bagi kalian yang punya permalasahan lain, bisa konsultasikan kepada mimin melalui kotak komentar dibawah ini. Terimakasih telah berkunjung.

Buka Komentar