Cara Agar Artikel Blog AMP Cepat Terindex Oleh Google

Cara Agar Artikel Blog AMP Cepat Terindex Oleh Google

Baca juga :

Blog AMP (Accelerated Mobile Pages) merupakan blog dengan customize script pada halaman blog dengan akses puluhan kali lebih cepat load-nya ketimbang blog mobile friendly dan googleweblight. Kenapa kamu harus menggunakan AMP? Halaman AMP memuat lebih cepat dan terlihat lebih baik di perangkat seluler daripada halaman HTML standar. Setidaknya begitulah Google berpendapat.

Kali ini kosngosan akan membahas mengenai Panduan Supaya Artikel Blog AMP milikmu bisa lebih Cepat Terindex Oleh Google dengan langkah yang terbilang sederhana. Karena AMP sendiri memang membutuhkan penanganan khusus (apalagi bagi kamu yang menggunakan platform blogspot) berbeda dengan pengguna Wordpress CMS yang cukup menginstall Plugins AMP.

Baca juga : Cara Posting Artikel Blog Dengan Cepat Menggunakan Aplikasi Android

Pada dasarnya setiap postingan yang barusan dipublish memang harus di submit URL-nya ke google submit. Hal ini berguna untuk men-colek atau memberitahu google bahwa kita punya artikel baru yang siap untuk dirayapi (crawling) oleh googleboot. Akan tetapi bagaimana dengan artikel dari blog AMP sendiri?

Sudah banyak sekali para penjual template blog yang menjual Template khusus AMP, sebut saja mas Adhy sang pemik Kompi Ajaib. Mimin punya salah satu template buatan beliau dan terbilang sangat fast load dan super SEO.

Ada banyak perbedaan antara blog AMP dan Non AMP. Seperti misalnya pada penulisan di bagian posting, harus meniadakan yang namanya script DIV dan segala javascript yang bisa memperberat load. Bagi kamu yang baru hijrah menuju blog AMP, mimin sarankan agar membaca petunjuk dari google ini : AMP Project Detail

Cara Agar Artikel Blog AMP Cepat Terindex Oleh Google


Lalu pertanyannya, ada kah trik khusus untuk mempercepat artikel kita bisa diakses dengan simbol petir tersebut? Pada dasarnya google sudah memberikan fasilitas itu, hanya saja kebanyakan blogger pemula masih tidak mengetahuinya.

Langkah pertama 


yang perlu kamu lakukan adalah mengunjungi laman AMP test atau kamu bisa mengunjunginya di "search.google.com/test/amp" milik google ini.

Pada halaman ini, kamu bisa memasukkan url homepage maupun url postingan blog AMP milikmu untuk ditest apakah valid AMP atau tidak. Selain itu, pada bagian footer terdapat 3 kolom yaitu informasi mengenai AMP, Panduan AMP untuk Google Penelusuran dan juga Lihat status AMP situs saya.

Langkah kedua


silahkan masukkan URL postingan blog kamu yang baru selesai di publish. Klik tombol "Jalankan pengujian". Tunggu beberapa saat sampai laporan akhir dari google muncul.



Langkah ketiga


ketika pemberitahuan muncul "Halaman AMP yang Valid" maka kamu bisa langsung memilih tombol "Kirim ke Google". Maka pemberitahuan seperti dibawah akan muncul. Tekan OK.


Jika yang muncul adalah "Halaman AMP tidak Valid" maka ada script yang tidak memenuhi syarat AMP pada postingan blog mu. Silahkan cek kembali menggunakan mode HTML dan carilah kode seperti div dan javascript.

Selesai. Fungsi ini sebenarnya hampir mirip dengan URL Submit. Hanya saja fitur ini khusus untuk blog AMP. Pihak Google akan mempertimbangkan setiap URL postingan yang kamu kirimkan tersebut untuk ditampilkan pada pencarian google dengan icon petir.

Update terbaru!

Untuk saat ini, google sudah memperbaharui sistem pengindeks an AMP - nya dan menutup fitur yang sudah dibahas diatas. Sementara ini kamu bisa mengindeks dengan memanfaatkan fletch as google di google webmaster seperti biasanya.

Demikian artikel mengenai Cara Agar Artikel Blog AMP Cepat Terindex Oleh Google kali ini, semoga dapat membantumu dalam mengelola blog AMP yang baru kamu bangun. Mari semangat ngeblog demi mendapat pundi2 penghasilan. Bagikan URL tulisan ini kepada teman teman blogger lainnya ya. Dan jangan lupa berikan komentar dan pengalamanmu di kotak komentar dibawah ini. Terimakasih telah berkunjung.

Buka Komentar