Persiapan tips menjawab soal USBN untuk pelajar dengan nilai tinggi

Persiapan tips menjawab soal USBN untuk pelajar dengan nilai tinggi

soal usbn

Ujian Sekolah Berstandar Nasional atau biasa disingkat dengan USBN merupakan ujian yang diadakan oleh pihak sekolah baik tingkat sekolah menengah pertama (SMP) dan sekolah menengah atas (SMA/SMK). Ujian ini adalah pengganti Ujian Nasional sebelumnya. Dan untuk pembuatan materinya sendiri diserahkan kepada pemerintah provinsi untuk jenjang SMA dan SMK serta pemerintah kota atau kabupaten untuk jenjang SMP. Kali ini kosngosan akan membahas mengenai yang namanya bocoran kunci jawaban soal usbn terbaru yang sebentar lagi akan dibahas dibawah ini.

USBN atau UASBN merupakan ujian yang diselenggarakan oleh pihak sekolah menengah dalam rangka untuk menilai pencapaian kompetensi lulusan secara nasional di seluruh Indonesia yang terdiri dari mata pelajaran berupa Bahasa Indonesia, Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (IPA).

Kamu yang hendak menjalani ujian ini, pastinya akan mempersiapkan diri untuk melewatinya dengan mulus dan mendapatkan nilai yang memuaskan. Bagi kamu yang sedang mencari bocoran jawaban untuk soal soal yang akan diberikan pada tahun ini, maka kali ini kosngosan akan membahasnya.

Baca juga : Cara Mendaftar Beasiswa Bidikmisi Agar Cepat Diterima

Persiapan yang matang akan membuat ujian sekolah berstandar nasional mu akan lebih mudah dihadapi, terlebih bila kamu sudah belajar dengan giat sebelum ujian tiba. Banyak yang menyepelekan tips dan kiat sederhana seperti dibawah ini. Namun bila dilakukan secara konsisten, maka nilai usbn mu akan memuaskan.

Bagaimana persiapan menjawab soal USBN untuk Pelajar ? 


persiapan usbn

Adapun bocoran kunci jawaban usbn pada tahun ini sebenarnya merupakan akumulasi pembahasan dari soal - soal yang telah ada, bisa dari soal USBN tahun lalu atau pengembangan dari soal yang sudah ada. Disini tidak akan membahas mengenai soal bahasa indonesia, matematika dan ipa secara teknis, namun kali ini akan dibagikan beberapa tips dan trik mengenai bagaimana cara menghadapi USBN dengan sukses.

Berikut adalah beberapa langkah yang harus kamu persiapkan untuk mendapatkan nilai usbn yang memuaskan :

Persiapan mental dan fisik yang cukup sebelum ujian


Hadapi USBN dengan tanpa beban. Menghadapi ujian memang membutuhkan persiapan matang, namun ini bukan berarti mengharuskan kamu untuk belajar secara tak henti henti atau mengerjakan soal dengan terburu buru. Karena hal itu sangatlah tidak baik. Ada baiknya kamu istirahat semalam sebelum ujian tiba.

Selain itu kamu harus fokus untuk belajar dan membaca materi terlebih dulu. Bila perlu catat kembali materi yang kamu hapal seperti rumus, trik memecahkan masalah dan sebagainya. Kamu harus belajar dengan rajin dan disiplin agar berguna untuk kamu yang akan menghadapi ujian sekolah. Intinya rutinitaskan belajar bila perlu secara otodidak.

Memahami mekanisme soal dan cara menjawab


Biasanya setiap mata pelajaran akan diberikan kisi kisi kepada kalian, kamu bisa mempelajari semua kisi kisi soal yang di berikan, karena apa yang diberikan biasanya tidak akan jauh dengan yang keluar nantinya pas ujian sekolah tiba.

Nah, yang perlu kamu ketahui adalah ketika mengerjakan soal jangan seali kali memiliki pikiran untuk menyontek teman sekelilingmu. Ketika kamu fokus menyontek, kamu akan kehilangan waktu untuk menjawab soal, sehingga waktu mu terbuang percuma hanya untuk mengharapkan sesuatu yang jelas-jelas merugikan dirimu. Jadi fokus saja mengerjakan soal yang ada dihadapanmu dan abaikan di sekelilingmu.

Kerjakan soal yang lebih mudah terlebih dahulu untuk mengefisiensikan waktu


Kamu harus mengatur waktu dalam mengerjakan ujian sekolah ini. Jangan sia siakan waktumu pergunakanlah waktu dengan sebaik baiknya untuk menjawab soal yang paling mudah terlebih dahulu. Skip soal yang lebih sulit dan akan menyita banyak waktumu. Kerjakan nanti setelah kamu menyelesaikan soal yang mudah itu.

Fokus dan konsentrasilah menjawab setiap poin soal yang diberikan


Berkonsentrasi dalam mengerjakan soal dan fokus untuk menyelesaikannya secepat mungkin adalah hal yang harus kamu lakukan ketika ujian nanti. Jangan buyar terhadap temen yang meminta jawaban atau terhadap suara-suara berisik dari sekelilingmu. Jangan juga menatap pengawas terlalu sering supaya tidak menimbulkan kecurigaan terhadap mu.

Jangan sungkan untuk meminta petunjuk apabila kamu kesulitaan dalam mengerjakan soal atau terdapat soal yang berbeda atau salah secara teknis. Nantinya setelah selesai mengerjakan semua soal, maka kamu bisa meneruskan langkah dibawah ini.

Cek jawaban sebelum dikumpulkan kepada pengawas


Sebenarnya ujian sekolah berstandar nasional ini juga sama dengan ujian ujian lain yang mengharuskan kamu untuk melakukan pengecekan terlebih dahulu sebelum menyatakaan selesai dna memberikan lembar jawabanmu ke pengawas atau meninggalkan ruangan.

Bila waktu memungkinkan dan masih sempat, kamu wajib mencari jawaban yang kamu rasa masih ganjil atau membuat keraguan. Sebelum meninggalkan ruangan ujian, pastikan terlebih dahulu tidak ada jawaban yang kosong, tertukar atau kurang jelas ketika diperiksa nantinya. Setelah yakin, maka silahkan meninggalkan ruangan secara tertib dan tidak tergesa-gesa.

Menunggu pengumuman dengan berdoa dan meminta restu orangtua


Setiap siswa dan pelajar yang budiman selalu melibatkan Tuhan dan Orangtua dalam setiap langkahnya. Oleh karena itu sembari menuggu pengumuman kelulusan dari pihak sekolah, kamu bisa melakukan kegiatan yang positif, meningkatkan ibadah dan juga menyenagkan hati orangtua mu di rumah. Doa orang tua merupakan doa yang paling sering dikabulkan, jadi oleh karena itu mintalah restu dari orang tua baik sebelum maupun setah ujian sekolah.

Baca juga : Bocoran Kunci Jawaban Soal UNBK Pelajar Sekolah Menengah

Demikian artikel kosngosan mengenai Bocoran Kunci Jawaban Soal USBN Pelajar Sekolah Menengah kali ini, semoga dapat bermanfaat bagi kalian yang memang hendak menghadapi Ujian pada saat yang akan datang.

Semoga dapat membantumu dalam menjawab soal dan mendapatkan nilai yang memuaskan. Bagikan tulisan ini kepada teman-teman mu yang lain bila kamu rasa bermanfaat. Jangan lupa untuk berkomentar dibawah ini. Terimakasih telah berkunjung.
Buka Komentar