Cara agar artikel blog versi mobile cepat terindex google

Cara agar artikel blog versi mobile cepat terindex google


Platform Blogger atau Blogspot banyak digunakan oleh para pemain blog di Indonesia. Selain gratis, server yang tangguh (karena dimiliki oleh Google sendiri) menjadi pilihan banyak orang. Blogger memiliki jenis URL mobile atau smartphone yang berbeda dengan versi dekstop-nya. Dengan akhiran "?m=1" -pada setiap URL-nya membuat kamu harus melakukan submit dua kali agar proses indeks lebih cepat oleh google. Kali ini kosngosan akan membahas nya mengenai tips supaya artikel postingan website versi mobile cepat terindeks oleh mesin pencari google. Simak pembahasannya dibawah ini.

Kamu pasti sering mendengar istilah mobile friendly bukan? Ya, hingga saat ini penggunaan template baik blogger dan wordpress yang mobile friendly sudah menjadi suatu kewajiban. Namun kamu tahu tidak apa pengertian mobile friendly tersebut?

Mobile friendly adalah istilah yang mengarah ke responsifitas suatu template platform yang dapat menyesuaikan tampilannya sesuai dengan ukuran layar dari perangkat pengakses. Mobile Friendly merupakan fitur yang berguna menyesuaikan tampilan blog sebagaimana ukuran layar smartphone saat ini. Mobile Friendly juga berarti menampilkan blog yang responsif atau menyesuaikan dengan ukuran layar.

Baca juga :  Cara Agar Artikel Blog AMP Cepat Terindex Oleh Google

Berbeda dengan Wordpress CMS (website) pada umumnya, platform blogspot memiliki versi permalink yang berbeda ketika diakses lewat smartphone. Kalau kamu seorang blogger wordpress cms, pasti tidak akan merasakan kesulitan indeks pada versi mobile. Akan tetapi, berbeda dengan blogspot yang proses indeks dekstop bisa berbeda dengan indeks versi mobile-nya.

Lalu bagaimana cara supaya blog platform blogspot bisa lebih cepat diindeks baik dalam versi dekstop dan juga versi smartphone atau mobile? Mari lihat langkah - langkahnya dibawah.

Cara Agar Postingan Blog Versi Mobile Cepat Terindeks Google


Sebenarnya google sudah memberikan fitur lengkap kepada publisher untuk mempercepat proses pengindeks an pada artikel baru di blog miliknya. Sebut saja fitur "Submit URL" dan "Fetch As Google" yang pada kali ini kita coba manfaatkan.





Langkah pertama, seperti pada gambar diatas pergi menuju Google Webmaster Console, kemudian pilihlah tab Crawl atau Perayapan.

Setelah itu akan ada tampilan Fetch Google. Pada bagian kolom isikan URL postingan yang baru saja kamu terbitkan. Perhatikan, URL tersebut tidak termasuk domain utama, cukup berisi karakter setelahnya saja.

Misalnya URL postingan kamu adalah "https://www.kosngosan.com/2018/06/cara-agar-postingan-blog-versi-mobile.html"  maka untuk versi mobile ini, kamu cukup mengetik "2018/06/cara-agar-postingan-blog-versi-mobile.html?m=1"

Lihat ada penambahan ?m=1 untuk versi mobilenya. Jadi setiap ada postingan baru, kamu harus melakukan fetch google dua kali, satu kali untuk versi dektop dengan url normal, dan versi mobil dengan url tambahan pada akhiran seperti diatas.

Jangan lupa untuk mengganti tab dibawahnya dengan mode "Mobile:Smartphone", kemudian pilih tombol "Fetch" hingga muncul pilihan seperti dibawah ini.


tips cepat indeks postingan mobile


Setelah selesai tes Captcha, Pilih Crawl only this URL kemudian "Go". Setelah itu Google akan mengindeks postingan baru kamu dalam versi mobile.

Begitu juga, selanjutnya kamu bisa melakukan Submit URL dengan menambahkan ?m=1 pada akhiran URL postingan kamu. Kemudian tunggu beberapa menit sampai google selesai mengindeksnya.

Apa ciri-ciri artikel yang sudah diindeks oleh Google? Well, bagi kamu yang seorang publisher adsense, ciri-cirinya adalah iklan adsense sudah mulai tayang di artikel baru mu tersebut.

Pada banyak kasus seperti yang mimin alami selama ini, bila kamu tidak melakukan submit url dan fetch google dalam versi mobile ini, ada rentang waktu yang cukup lama iklan adsense muncul pada desktop (diakses lewat komputer atau PC) namun bila diakses pada versi mobile (lewat smartphone) iklan masih kosong alias masih belum diindeks oleh google.

Hal ini tentu merugikan kita bukan? Padahal hampir 75% pengunjung kosngosan itu berasal dari mobile atau smartphone. Akan sangat riskan bila seorang publiser menghiraukan tips sederhana ini.

Demikianlah pembahasan mengenai Cara Agar Postingan Blog Versi Mobile Cepat Terindeks Google kali ini, bagi kamu yang seorang blogger semoga membantu dalam mempercepat pengideksan artikel mu. Bila merasa bermanfaat, silahkan bagikan link tulisan ini. Bila ada pertanyaan, ajuka di kotak komentar dibawah  ini. Terimakasih telah berkunjung.

Buka Komentar