Menonaktifkan fungsi tombol back browser pada blog untuk mengurangi bounce rate

Menonaktifkan fungsi tombol back browser pada blog untuk mengurangi bounce rate

Pernah tidak kamu mengunjungi situs atau blog, kemudian setelah selesai pada saat kamu tekan back atau tombol kembali dibrowser untuk menuju hasil pencarian google ternyata tidak bisa sama sekali dan kamu harus membuka tab baru atau mengetik kembali pencarian baru? Nah mungkin pemilik blog tersebut sudah memasang script anti back pada blog miliknya yang mana akan mencegah pengunjung kembali pada pencarian awal mesin pencari.

Kali ini kosngosan akan memberikan script yang bisa digunakan untuk mematikan fungsi tombol back pada browser (disable tombol back) ketika pengunjung mengakses blog mu. Bagaimana script ini bekerja? Script yang menggunakan javascript ini cukup mudah untuk digunakan. Namun pertama kita bahas terlebih dahulu mengenai apa itu bounce rate.

Bounce rate atau rasio pentalan adalah suatu satuan yang banyak digunakan oleh mesin analisis blog yang menerangkan waktu rata - rata kebanyakan pengunjung ketika mengakses satu halaman blog. Tingginya bounce rate dinyatakan dalam persentase. Semakin tinggi bouce ratenya maka semakin buruk kualitas blog nya.

Apa yang bisa mempengaruhi bounce rate? Mimin pasti katakan adalah konten. Isi dari blog adalah raja. Logikanya semakin berkualitas isi blog mu, maka orang akan dengan senang hati menghabiskan waktu membaca di blog mu yang secara otomatis akan menyumbangkan rasio pentalan yang kecil.

Lihat juga : Tips mendapat nomor hp gratis untuk mendaftar adsense US

Nah bagaimana rasio pentalan ini dilihat ? Kapan dia akan dihitung dan berakhir? Rasio pentalan dihitung dari lamanya rata rata pengunjung membuka situs kita. Jadi pengunjung akan dihitung berakhir masa akses nya ketika mereka :


  • Mengklik tombol back pada browser
  • Mengetikkan URL yang baru pada browser
  • Menutup window / tab browser pada halaman yang dikunjungi
  • Melakukan klik iklan
  • Melakukan klik link eksternal


Pertanyaan selanjutnya adalah apa perbedaan antara rasio pentalan dengan rasio keluar? Dari laman forum google yang mimin kutip, untuk semua tayangan laman untuk laman tersebut, Rasio Keluar merupakan persentase yang terakhir di sesi.

Sementara itu Untuk semua sesi yang dimulai pada laman, Rasio Pentalan merupakan  persentase yang merupakan satu-satunya pada sesi. Rasio Pentalan untuk laman hanya didasarkan pada sesi yang dimulai pada laman tersebut

Bagaimana cara mematikan fungsi tombol back pada blog untuk mengurangi bounce rate?


Kenapa tombol back pada browser bisa meningkatkan bounce rate? Hal ini dikarenakan kebiasaan pengunjung yang dengan cepat akan menekan tombol back ketika selesai membaca atau mengunjungi blog mu.

matikan tombol back blog


Kamu bisa lihat salah satu perhitungan berakhirnya waktu kunjungan pengguna adlaah ketika mereka menekan tombol back pada browser. Dan itu bisa kita minimalisir dengan memasang script anti back dibwah ini.

Langkah 1 :

Masuk ke halaman dashboar blogger milikmu. Pilih tab thema atau tema kemudian pilih edit HTML

Langkah 2 :

Masukkan kode javascript berikut tepat dibawah <head> atau pun </head>. Bila thema yang kamu pakai sudah diparse terlebih dahulu, cari kode &lt;head&gt;  atau &lt;/head&gt;&lt;!--<head/>--&gt;


<script type = "text/javascript" >
    history.pushState(null, null);
    window.addEventListener('popstate', function(event)
    {
        history.pushState(null, null);
    });
</script>

Seperti yang kamu lihat pada gambar dibawah ini :

disable back

Disable tombol back untuk pengguna blog wordpress cms


Untuk pengguna wordpress cukup menambahkan plugin yang bernama disable back button yang ada pada halaman plugin resmi wordpress. Cara memasang nya adalah sebagai berikut :

Langkah 1 :

Setelah mendownlaod plugin, masuk ke dashboard wordpress dan pilh tab plugins. Klik tambah plugin dan pilih upload plugin (bila kamu download langsung dari situs wordpress org) atau kamu bisa langsung search di tombol pencarian worpress dengan kata kunci "disable back button"

Langkah 2 :

Install dan pasang plugin. Selesai. Kamu sudah berhasil mematikan fungsi back pada browser ketika pengunjung sedang mengunjungi blog wordpress milikmu.

Kesimpulan


Walaupun pada dasarnya pengunjung masih bisa meninggalkan halaman blog kita dengan membuka tab baru dan meng close tab lama atau meninggalkan tab lama dengan mengetik lagi pencarian baru di tab url browser, tetap saja tidak secepat menekan tombol back pada browser.

Dengan kata lain ini akan sedikit mengurangi bounce rate blog mu yang pada awalnya memiliki persentase tinggi. Namun apabila blog mu maish memiliki bounce rate antara 0 - 50% maka itu masih dianggap normal. Bahkan ada yang mengatakan untuk batasan maksimal 80% saja itu masih normal. Dan apabila sudah diatas 80% maka kamu perlu mencoba script diatas.

Lihat juga : Mematikan safesearch pada google untuk mencari konten sensitif

Demikian artikel mengenai Menonaktifkan fungsi tombol back browser pada blog untuk mengurangi bounce rate kali ini, semoga bisa membantu kalian dalam meningkatkan performa blog kesayangan yang kalian miliki. salam blogger!
Buka Komentar