Cara Membuat Jurnal Skripsi yang Baik dan Benar

Cara Membuat Jurnal Skripsi yang Baik dan Benar

cara membuat jurnal skripsi
Bagi mahasiswa, jurnal merupakan karya tulis yang sama pentingnya dengan skripsi. Biasanya jurnal akhir dibuat dari skripsi dan diterbitkan melalui media online website atau kumpulan jurnal. Seperti misalnya Jurnal Online Mahasiswa (JOM) yang menerbitkan jurnal skripsi diwebsite dan bisa diunduh oleh banyak orang. Kali ini kosngosan akan membahas mengenai Cara Membuat Jurnal Skripsi yang Baik dan Benar. Mari simak pembahasannya dibawah ini.

Jurnal merupakan sebuah publikasi periodik dalam bentuk artikel. Umumnya, jurnal di terbitkan dalam waktu berkala seperti tiap 4 bulan atau 1 tahun sekali. Jurnal di buat dengan tujuan untuk mengembangkan sebuah penelitian yang telah di tuliskan. Selain itu, jurnal juga di buat untuk menjadi acuan oleh para peneliti yang sedang melakukan penelitian sejenis.

Baca juga : Contoh Jurnal Penelitian Skripsi, Cara Penulisan yang Baik dan Benar

Jurnal skripsi dibuat dengan memasukan point – point penting dalam setiap strukturnya. Dalam membuat jurnal skripsi yang baik, kalian juga harus menyusunnya dengan benar. Susunan jurnal skripsi terdiri dari :

  • Judul
  • Abstrak
  • Pendahuluan
  • Bahan dan Metode
  • Hasil
  • Pembahasan
  • Kesimpulan
  • Daftar Pusaka

Berikut ini, adalah langkah – langkah yang bisa kalian gunakan dalam membuat jurnal skripsi dengan benar.

1. Judul


Setiap jurnal skripsi pastinya harus memiliki judul yang baik dan benar. Hal ini akan sangat membantu para pembaca untuk mengetahui inti dari jurnal yang akan kalian buat. Selain itu, judul yang baik juga akan memudahkan para pembaca dalam menemukan jurnal yang akan anda buat.

Judul jurnal yang baik adalah yang dapat mengutarakan inti dari jurna tersebut hanya dalam beberapa kata. Seperti contohnya “ Jenis Data Pada Pentium dan Power Suply “. Dengan begitu, para pembaca akan tahu bahwa jurnal yang mereka lihat akan membahas data pada Pentium dan power supply.

2. Abstrak


Abstrak adalah sebuah uraian atau ikhtsar lengkap dari sebuah karya tulis. Abstrak harus di buat secara lengkap dan memuat segala permasalahan, metode penelitian, hasil, dan kesimpulan. Bagian ini di tulis dengan menggunakan bahasa Inggris dan bahasa Indonesia. Keduanya di tulis dalam 300 kata dan di lengkapi dengan 3 kata kunci.

3. Pendahuluan


Pendahuluan adalah bagian pada jurnal yang berfungsi sebagai pengantar sebelum membahas inti permasalahan. Sesuai namanya, bab pendahuluan di simpan pada bagian awal dalam jurnal skripsi. Umumnya, bagian ini terdiri dari latar belakang masalah, ruang linkup, tujuan, waktu pelaksanaan, dan sumber informasi yang anda ambil.

4. Bahan dan Metode


Bagian ini, berisi tentang segala hal yang terjadi pada percobaan tengah di laksanakan. Penelitian menjelaskan desain dari percobaan, peralatan dan jenis penanganan, dan mode pengumpulan data.
Bila penelitian di lakukan di alam bebas atau di luar ruangan, maka bagian ini di isi dengan lokasi dimana penelitian di lakukan, daerah percobaan, dan metode atau pekerjaan yang di lakukan.

Untuk jurnal skripsi dan jurnal ilmiah, bagian ini harus di tulis dengan jelas dan rinci sehingga para pembaca dapat mengerti teknik dan metode yang di gunakan selama penelitian.

5. Hasil


Pada bagian ini, kalian akan menyajikan data yang ringkas dengan menggunakan table, teks naratif atau gambar. Namun, kalian tidak perlu menuliskan semua interpretasi data dan kesimpulan yang ada. Kalian hanya perlu menuliskan  hasil dari penelitian yang telah di lakukan dalam bentuk teks naratif atau gambar saja.

6. Pembahasan


Bagian pembahasan, merupakan bagian inti atau isi dari semua jurnal yang di tulis. Pada bagian ini, kalian harus menjelaskan data dan pola yang telah kalian amati. Kalian juga harus menyertakan hipotesis dan penjelasan yang berbeda terhadap setiap percobaan yang terkait.

7. Kesimpulan


Bagian kesimpulan merupakan bagian yang di simpan pada akhir jurnal skripsi. Bagian ini menuliskan setiap data yang telah di sajikan berhubungan kembali pada pernyataan yang di tuliskan pada bagian pendahuluan.

8. Daftar Pustaka


Di bagian yang paling akhir, setiap jurnal skripsi harus di lengkapi dengan daftar pusaa. Bagian ini akan sangat memudahkan para pembaca dalam menentukan kata kunci dan pembahasan yang ada di dalam jurnal. Daftar pusaka pastinya harus disusun dengan benar sesuai abjad.

Demikianlah pembahasan mengenai Cara Membuat Jurnal Skripsi yang Baik dan Benar kali ini, semoga dapat membantumu untuk membuat jurnal atau mengubah skripsi menjadi jurnal. Bila kamu merasa artikel ini bermanfaat, silahkan bagikan kepada teman temanmu untuk mendapatkan manfaat nya juga. Terimakasih telah berkunjung.

Buka Komentar