Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

11 Cara Mempercepat Jaringan Smartfren Unlimited

Bagaimana cara mempercepat jaringan Smartfren unlimited? Smartfren adalah operator seluler yang cukup terkenal di Indonesia dan banyak digunakan oleh pengguna internet karena menawarkan paket internet 4G unlimited terbaik dengan kualitas mumpuni. Akan tetapi yang namanya operator pastinya pernah mengalami gangguan sinyal, lemot atau lelet yang tentunya bisa membuat bete para penggunanya. 

Oleh karena itu kali ini kosngosan akan memberikan beberapa tips mengatasi gangguan tersebut. Simak dibawah ini. Perusahaan telekomunikasi ini sudah support 4G di banyak kota besar di Indonesia. Tingginya persaingan terutama pada harga dan tarif kuota menjadikan smartfren dipilih karena kekhasan nya

Operator ini sering menawarkan paket unlimited tanpa batasan kuota. Namun sebelumnya, kita bahas terlebih dahulu mengenai jasa layanan telekomunikasi berbasis CDMA yang satu ini.


Sejarah singkat Smartfren

Tahukah kamu sejarah berdirinya Smartfren hingga terus eksis hingga kini? Kita akan mengulas secara singkat mengenai sejarah berdirinya Smartfren di Indonesia. PT Mobile-8 Telecom didirikan di bulan Desember tahun 2002. Setahun kemudian, Perseroan mengakuisisi dua operator telepon selular berlisensi, yaitu Komselindo dan Metrosel, memberikan jasa selular menggunakan basis teknologi CDMA.

Ini merupakan cikal bakal berdirinya PT Smartfren Telecom yang berbasis teknologi CDMA serta memiliki lisensi selular dan mobilitas terbatas (fixed wireless access). Smartfren juga memiliki ekspansi jaringan CDMA EV-DO (jaringan mobile broadband setara 3G) terluas di Indonesia, dan saat ini pengembangan untuk jaringan 5G juga sebentar lagi akan kita rasakan.

Cara Mempercepat Jaringan Smartfren Lemot

Mengatasi Sinyal Smartfren Lemot

Bagaimana? selanjutnya kita akan membahas mengenai masalah utamanya, bagi kalian yang sering mengalami sinyal smartfren yang lelet, bisa melakukan beberapa langkah dibawah ini. Berikut adalah beberapa langkah sederhana untuk memperkuat sinyal smartfren pada smartphone mu :

Mengatur ulang APN pada Smartphone

APN atau Access Point Name menjadi hal paling penting untuk akses internet smartfren. Kamu tinggal masuk pada pengaturan smartphone, pilih pengaturan jaringan dan koneksi, lalu pilih opsi jaringan internet dan terakhir APN.

Isilah APN dengan data :

Nama : Smartfren4G
APN : Smartfren4G
Proxy : Kosong
Port : Kosong
Nama Pengguna : smartfren
Sandi : smartfren
Server : Kosong
MMSC : Kosong
Proxy MMS : Kosong
Port MMS : Kosong
MCC : Kosong
MNC : Kosong
Jenis autentikasi : PAP atau CHAP
Jenis APN : default,supl,xcap
Protokol APN : IPv4/IPv6
Protokol roaming APN : IPv4/IPv6
Operator : Tidak ditentukan
Jenis MVNO : Tidak ada


Khusus untuk APN Smartfren Unlimited, kamu bisa setting berikut ini :

Nama : APN Smartfren Unlimited 4G
APN : smartfren4g
Proxy : Kosong
Port : 80
Nama Pengguna : smartfren
Sandi : smartfren
Server : Kosong
MMSC : 10.17.27.250
Proxy MMS : 10.17.27.250
Port MMS : 8080
MCC : 510
MNC : 09
Jenis autentikasi : PAP atau CHAP
Jenis APN : default,supl,xcap
Protokol APN : IPv4/IPv6
Protokol roaming APN : IPv4/IPv6
Operator : Tidak ditentukan
Jenis MVNO : Tidak ada

Simpan lalu reboot smartphone milik mu. Maka jaringan baru smartfren akan lebih baik dibandingkan yang sebelumnya (kamu juga bisa googling untuk setting APN lainnya)

Jaringan 4G Sudah Stabil di Tempatmu

Memastikan bahwa jaringan 4G sudah support di daerahmu, juga smartphone mu support dengan jaringan ini mejadi sangat penting. Apalagi saat ini jaringan smartfren sudah merata, dan sudah memasuki era 5G juga.

Jaringan 4G yang banyak diberikan oleh paket smartfren harus didukung pula pada daerah yang support 4G serta perangkat smartphone yang support 4G.

Bersihkan Cache, file dan Aplikasi

Mengatasi Sinyal Smartfren Lemot

Cache merupakan memory kecil yang sifatnya temporary. Baik Cache, history, file sampah dan aplikasi yang jarang dipakai adalah faktor yang membuat smartphone memiliki kinerja buruk, termasuk kemampuan menangkap sinyal.

Hapus juga pesan lama yang menumpuk di inbox aplikasi gmail mu. Karena semakin banyak pesan email mu, aplikasi tersebut akan memakan cukup banyak ruang untuk kinerja hp. Apalagi kamu membuat email baru di HP yang sudah ada email-nya.

Kamu harus cepat menghapusnya dengan aplikasi pembersih yang bisa kamu install di google play atau apple store secara gratis. Jangan biarkan kinerja smarphone mu lelet hanya karena faktor yang sepele tersebut. Kamu juga bisa menjaga kinerja smartphone dalam jangka panjang

Inovasi alat penguat sinyal

Terakhir bila memang jaringan masih bermasalah juga, kamu bisa berinovasi membuat atau membeli sejenis perangkat yang bisa memperkuat sinyal di smartphonemu. 

Ada berbagai jenis perangkat seperti stiker penguat sinyal (bisa kamu beli di internet atau konter terdekat) juga antena wajan penguat sinyal modifikasi yang bisa kamu lihat tutorial pembuatanya di youtube atau internet.


Reset Ulang Jaringan pakai Mode Pesawat


Caranya mudah, sobat kosngosan cukup mengaktifkan mode pesawat, lalu tunggu beberapa detik dan matikan kembali mode pesawat. Ini akan me-refresh atau restart jaringan smartfren di perangkat smartphone mu. Jaringan tersebut akan berganti IP dan mencari IP yang baru. Hal ini, bisa membantu mempercepat jaringan smartfren kamu.


Pindah ke Area yang jaringan Smartfren nya Bagus


Penyebaran sinyal smartfren memang tidak semerata operator merah. Kaerna pada beberapa daerah memang dirasa masih lemot dan tidak stabil. Jika di smartphone mu jaringannya tidak full bar maka hal itu berpengaruh dengan seberapa cepat koneksi internetmu nantinya

Oleh kaerna itu, opsi terakhir yang hanya bisa kamu lakukan adalah dengan berpindah tempat untuk menemukan titik dimana tempat tersebut memiliki jaringan yang kuat atau lebih bagus

Hubungi CS Smartfren untuk melaporkan masalah jaringan

Kamu bisa menghubungi pihak Smartfren untuk segera mendapatkan solusinya. Kamu adalah konsumen yang punya hak dalam melaporkan setiap permasalahan yang terjadi seputar jaringan. Kamu bisa menghubungi pihak Customer service-nya dibawah ini :

Halaman contact resmi : smartfren.com/id/contact-us
Melalui nomor smartfren : 888
Melalui PSTN : 021-50100000
Melalui nomor ponsel lain : 08811223344
Melalui nomor fax : 021-31900303

Baca juga : Cara Mengatasi Sinyal XL Axiata Lemot di Smartphone


Kata Penutup

Demikian pembahasan mengenai Cara Mengatasi Sinyal Smartfren Lemot pada Smartphone kali ini, semoga dapat membantu mu dalam ber internet ria menggunakan kartu smartfren unlimited. Jika kamu merasa artiel ini bermanfaat, silahkan share ke teman teman mu yang lainn
Oleh rezaharahap