6 Cara Memilih Pekerjaan Sesuai dengan Bakat dan Minat

Mencari pekerjaan merupakan hal yang gampang-gampang sulit. Carilah pekerjaan yang cocok dan sesuai dengan potensi dirimu agar kedepan bisa berkembang dalam meniti karir. karir jika didukung oleh minat kemampuan dan bakat maka akan melahirkan masa depan yang sukses. Oleh karena itu kamu harus menggali potensi dirimu sendiri dan mengembangkannya sehingga mendapatkan pekerjaan yang sesuai dengan potensi mu.

Proses pencarian kerja memang tidak mudah. Kamu dituntut untuk aktif dalam mencari setiap kemungkinan adanya lowongan kerja yang bisa berasal dari berbagai sumber seperti misalnya dari portal berita, koran, media sosial hingga langsung dari perusahaan terkait.


Tips Berburu Pekerjaan

Kali ini kosngosan akan membahas seputar langkah - langkah apa saja yang bisa kamu ambil dalam mencari pekerjaan secepat  mungkin. Untuk mempersiapkan diri, ketika dipanggil dan mengikuti proses rekrutmen yang ada.

Karena bagi seorang fresh graduate, pekerjaan menjadi tujuan utama. namun terlebih dahulu kita harus mengetahui apa beberapa faktor yang mempengaruhi pekerjaanmu nantinya, yaitu minat dan bakat.

Karena bekerja merupakan tuntutan hidup untuk mendapatkan penghasilan, maka para pencari kerja haruslah mempersiapkan diri sebelum diterima oleh perusahaan. Semakin ketatnya persaingan rekrutmen tenaga kerja, menjadikan seleksi penerimaan pegawai juga semakin sulit.


Lalu langkah apa saja yang harus kamu ambil sebagai pencari kerja? Selain sifat pantang menyerah dalam melamar pekerjaan, kamu harusnya memilih pekerjaan yang sesuai dengan passion mu, bukan? dengan demikian kamu akan enjoy dalam bekerja. Berikut beberapa penjelasan terkait minat dan bakat.

Pengertian minat dan bakat


Minat merupakan kecenderungan untuk memilih aktivitas tertentu yang dapat diarahkan dan muncul dari dorongan perasaan. jika tidak diikuti dengan pemikiran maka minat akan mudah berubah seiring dengan perubahan perasaan.

Sementara bakat merupakan faktor kodrat yang dianggap telah ditetapkan dalam struktur genetik seseorang sejak masih dalam kandungan, ditentukan oleh kekuatan Nalar dan daya serap Indra terhadap hal tertentu dan condong pada suatu kemampuan alamiah.

Sekalipun kondisi negara perekonomian dan dunia industri sedang bermasalah, kebutuhan akan tenaga kerja tetap akan diperlukan. masalahnya adalah Jumlah pengangguran yang tidak seimbang dengan kebutuhan pasar tenaga kerja, ditambah dengan munculnya angkatan kerja baru yang jumlahnya cukup besar.

Strategi mencari pekerjaan dengan cepat


strategi mencari pekerjaan

Lalu bagaimana strategi kita untuk memasuki dunia industri? kali ini mimin akan membagikan beberapa tips seperti di bawah ini :

1. Kamu sudah harus mempersiapkan diri secara matang

Artinya tidak ada orang yang sukses tanpa persiapan, oleh karena itu setelah kamu lulus atau wisuda, maka segala persiapan sudah harus kamu lakukan, mulai dari membuat berkas lamaran, melengkapi seluruh syarat dokumen yang biasanya diperlukan untuk melamar pekerjaan seperti CV, SKCK, Kartu Kuning, dan sebagainya

2. Kamu harus melakukan listing atau pendaftaran mengenai sumber informasi tentang daftar perusahaan yang sesuai dengan kemampuanmu dan latar belakang pendidikan mu

Carilah berbagai perusahaan yang memang membutuhkan karyawan sesuai dengan disiplin ilmu yang kamu miliki. Kemudian cari email kontak HRD nya dan mulailah mengirim surat lamaran mu. Jangan menunggu ada lowongan kerja terlebih dahulu, karena kamu bisa mengirimnya secara cuma cuma bukan? karena ini lewat email tentunya

3. Lihatlah kebutuhan perusahaan yakni posisi yang akan kamu masuki. perusahaan akan mencari pelamar yang memiliki potensi paling cocok dengan posisi yang mereka butuhkan. atau dalam istilah asingnya adalah "right man in the right place"

Perusahaan juga tidak sembarangan dalam menentukan jumlah karyawan yang mereka rekrut. Mungkin tahun ini tidak ada lowongan, mungkin juga tahun depan ada banyak yang mereka butuhkan. Oleh karena itu, penting untuk mengetahui list seperti langkah kedua, sehingga kamu bisa mengambil plan B apabila perusahaan incaran mu tidak membuka loker di tahun ini.

4. Tempatkan potensimu sesuai dengan posisi yang ditawarkan, seperti perlunya wawasan mengenai pekerjaan yang akan kamu tangani, pengalamanmu mengenai pekerjaan tersebut, sumber referensi dari teman yang telah bekerja pada perusahaan tersebut, dan membuat program kerja terhadap posisi yang akan kamu tempati.

5. Kamu harus memiliki semangat psikologis yang mantap percaya diri tegas dan tidak ragu-ragu

Ini adalah salah satu nilai plus yang jarang sekali dimiliki oleh para fresh graduate. HRD akan meliaht kamu sebagai seorang yang ragu ragu dan tidak bisa megambil keputusan, sejak saat pertama kali wawancara. Oleh karena itu, kamu harus berlatih public speaking, menghapus seluruh kegelisahan dan ketidak percayaan dirimu ketika menghadapi para HRD di perusahaan.

6. Carilah pengetahuan yang relevan dengan posisi yang akan kamu tempati nantinya

Modal ijazah dan nilai cumlaude saja tidaklah cukup dalam menghadapi dunia kerja yang keras. Oleh karena itu sembari kamu melamar kerja dan menunggu pengumuman, kamu bisa mengikuti pelatihan untuk meningkatkan kompetesinya diberbagai bidang yang masih relevan dengan disiplin ilmu mu. Ini akan menajadikan mu memiliki nilai lebih di mata perusahaan.

Sumber informasi lowongan pekerjaan


Sumber lowongan pekerjaan sekarang ini sudah sangat banyak ditemukan di berbagai media. kamu dapat mencarinya melalui :

  • Kampus,
  • Media massa,
  • Media sosial atau internet

Ketiga sumber itu bisa kamu gali lagi untuk mendapatkan informasi teraktual mengenai lowongan pekerjaan. biasanya, untuk yang paling update dan sederhana kamu cukup mengikuti media sosial seperti grup facebook atau akun instagram yang khusus memberikan info loker terbaru setiap harinya di daerahmu.

Selain itu ada banyak sekali website di internet yang menyediakan informasi lowongan pekerjaan online. kamu cukup mengaksesnya menggunakan browser pada smartphone milikmu. bila perlu simpan dan bookmart web tersebut agar tidak ketinggalan informasinya.

Demikianlah pembahasan kita mengenai tips berburu pekerjaan bagi para fresh graduate. Semoga kamu yang sudah lulus segera mendapatkan pekerjaan yang sesuai dengan kemampuannya masing-masing. bila kamu merasa artikel ini bermanfaat silahkan bagikan ke teman-temanmu yang lain.
By

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel