Tips mencari kerja secara online dengan membangun jaringan

Tips mencari kerja secara online dengan membangun jaringan

tips mencari kerja online

Di zaman sekarang mencari kerja semakin berat dan persaingannya tinggi. Hanya lulusan yang bermutu dan berkualitas serta memiliki skill yang memadai dapat menembus dunia kerja. ternyata dengan modal sarjana saja saat ini tidaklah menjamin untuk dunia kerja karena ada banyak pengangguran intelektual yang semakin bertambah sampai menembus jenjang strata 2. Nah kali ini, kongosan akan membahas mengenai bagaimana cara membangun networking dan mencari pekerjaan melalui internet. simak terus pembahasannya di bawah ini.

Walaupun tidak semudah mencari pekerjaan dibandingkan dahulu, namun kita masih terbantukan dengan adanya fasilitas jaringan internet yang memungkinkan kita untuk selalu update mengenai setiap lowongan pekerjaan yang disajikan di portal penyedia loker.

Setelah lulus dari Perguruan Tinggi yang memutuskan memenuhi sasaran mutu yang telah ditetapkan oleh perguruan tinggi, ternyata tidak ada jaminan alumni dapat terserap oleh pasar dengan baik. faktanya banyak dari kita yang mengalami kesulitan untuk menembus kerja. untuk membantu alumni sarjana ini agar menembus pasar kerja maka paling tidak ada 3 Peran yang dapat membantu diantaranya adalah :

  • Pihak perguruan tinggi itu sendiri
  • Masih suatu alumni itu sendiri
  • Dan terakhir keluarga dari mahasiswa atau alumni itu sendiri


Lalu bagaimana cara nya supaya para pencari kerja ini bisa secara efektif mendapatkan pekerjaan melalui proses pencarian kerja dengan bantuan media online? Dengan memanfaatkan jaringan pertemanan, ternyata kamu bisa mempercepat proses pencarian kerja ini. Silahkan simak pembahasannya dibawah ini.

Membangun jaringan atau networking itu adalah suatu keniscayaan


membangun jaringan netrworking

Membangun jaringan merupakan suatu langkah yang sangat vital dan penting apabila dikelola dengan sadar, sistematik, komprehensif dan terencana dengan baik.

Teman adalah aset terpenting


Teman dan rekan kenalan merupakan aset yang berharga. jaringan perlu dibangun antara satu organisasi dengan yang lainnya. karena setiap organisasi dan individu memiliki karakteristik dan kebutuhan yang berbeda maka diperlukan Identifikasi dan dirumuskan dengan jelas, dengan pihak mana sajakah kita perlu membangun jaringan atau networking.

Mencari kerja lewat internet


Zaman dulu surat kabar menjadi media yang biasa dipakai bagi pencari kerja di Indonesia. media ingin banyak sekali menyediakan lowongan pekerjaan dan untuk melakukan lamaran, para pencari kerja harus mengirimkan lamaran dan kurikulum vitae melalui kantor pos. kemudian menunggu panggilan wawancara. ini merupakan persaingan yang cukup ketat antara lamaran.

Oleh karena itu media internet menjadi pilihan alternatif bagi pelamar yang menginginkan persaingan yang rendah akan tetapi dengan kualitas pekerjaan yang memadai. Selain itu melamar melalui internet dinilai lebih efektif dan hemat tanpa perlu mengeluarkan biaya kirim.

Jangan kaget bahwa ada banyak situs yang menyediakan lowongan kerja di internet mulai dari situs yang khusus lowongan kerja maupun situs perusahaan yang juga ikut menyajikan lowongan kerja yang ada pada perusahaan mereka.

Terdapat beberapa situs yang menyajikan lowongan kerja terkini dengan ruang lingkup seluruh Indonesia yaitu diantaranya : 

Jika kamu sedang mencari lowongan kerja melalui media internet, disarankan untuk membuka halaman website yang khusus menyajikan lowongan kerja di Indonesia dan menggunakan bahasa Indonesia. karena lowongan kerja berbahasa Inggris kebanyakan menyediakan lowongan kerja di luar negeri yang membutuhkan kriteria yang cukup sulit untuk di lengkapi.

Mencari pekerjaan juga memiliki trik dan rahasia. kamu dapat membayangkan beberapa posisi dengan tingkat persaingan yang tinggi yang kemungkinan besar pelamarnya 10 kali lipat dari jumlah posisi yang ditawarkan. Nah mungkin hanya 20% yang memenuhi persyaratan untuk diwawancara. sedangkan setelah dewan cara hanya ada 5% yang dianggap memenuhi kriteria untuk mengisi posisi yang ditawarkan tersebut.

Di perusahaan akan mempelajari terlebih dahulu berkas lamaran yang masuk seperti daftar riwayat hidup, pengalaman kerja dan kelengkapan lainnya sesuai yang dibutuhkan. 

Beberapa pertanyaan yang mungkin sering kamu lakukan sebagai seorang pencari kerja


Bolehkah mengirim surat lamaran kerja ke banyak website atau perusahaan?


Boleh saja kamu memasukkan beberapa lamaran kerja ke berbagai situs dan perusahaan yang berbeda. hanya saja pastikan bahwa pekerjaan dan perusahaan yang kamu lamar tersebut berbeda dan tidak saling terkait. Jika ternyata perusahaan atau penyedia lowongan kerja tersebut memiliki keterkaitan maka dikhawatirkan namamu akan muncul beberapa kali. hal ini bisa mengurangi profesionalitas dalam mencari kerja.

Bolehkah kreatif dalam menulis surat lamaran?


Menulis surat lamaran memiliki aturan baku atau format standar yang disediakan oleh situs penyedia lowongan kerja. namun bila untuk mengirim lewat email kamu bisa lebih bebas dan kreatif.

Bagaimana cara supaya dipertimbangkan oleh HRD perusahaan?


Jawabannya sebenarnya relatif. meskipun kamu hanya melampirkan scan berkas Untuk menyakinkan para HRD perusahaan, kamu juga harus menambahkan beberapa dokumen prestasi, pengalaman kerja serta Latar belakang pendidikan yang memadai dan bisa menarik perhatian mereka.


Bolehkah bertanya seputar pekerjaan lewat email ke perusahaan tujuan?


Sebenarnya hal ini cukup riskan. namun tidak dilarang sama sekali. tapi kamu juga harus siap bila ternyata Jawaban dari pertanyaan untuk kurang memuaskan. supaya lebih lengkap kamu biasa langsung bertanya ke perusahaan tersebut secara langsung ketika proses seleksi berlangsung. atau juga kamu bisa menelpon melalui nomor telepon HRD perusahaan.


Dengan mengirim lamaran menggunakan media internet seperti email, maka kamu telah memiliki nilai lebih dibandingkan mereka yang hanya menggunakan lamaran secara manual menggunakan kantor pos. ini berarti kamu akan diangkat sebagai pribadi yang melek teknologi. karena mencari pekerjaan di tanah air gampang-gampang sulit, maka silakan mencari kerja dimulai dari sekarang.

Demikianlah pembahasan kita mengenai panduan membangun networking dan cara untuk mencari kerja melalui internet. bila kamu merasa artikel ini bermanfaat silahkan share ke teman-temanmu serta jangan lupa untuk memberikan komentar di bawah ini. Terima kasih telah berkunjung di blog kosngosan.

Buka Komentar