Cara Membuat Memo Resmi dan Tidak Resmi dengan Baik dan Benar

Cara Membuat Memo Resmi dan Tidak Resmi dengan Baik dan Benar

cara membuat memo

Kamu pasti sering mendengar istilah memo. memo yang dimaksud disini bukanlah karakter dari animasi yang terkenal itu (itu mah nemo, deng). memo merupakan tulisan singkat yang berisi instruksi mengenai suatu hal yang bersifat urgent. dan kali ini kita akan membahas Bagaimana cara membuat memo yang baik dan benar. simak pembacaannya di bawah ini.

membuat memo atau memorandum tidak membutuhkan waktu yang panjang karena memo biasanya singkat padat dan tepat sasaran. ada dua jenis Memo yaitu memo formal dan memo non formal yang masing-masing memiliki tujuan penggunaan yang berbeda

Cara membuat memorandum perusahaan yang biasa disebut juga memo resmi sedikit berbeda dengan memo tidak resmi. Penggunaan yang ditujukan kepada rekan atau bawahan jelas menggunakan bahasa indonesia, bukan bahasa inggris.

Baca juga : Cara Menulis Laporan Praktikum yang Baik dan Benar

Dalam pembuatannya, kita lebih baik mengetik memo di microsoft word untuk tulisan yang lebih rapi dan mudah diatur jenis dan ukuran font nya. Karena contoh memo itu singkat, maka kamu bisa menulisnya dalam waktu yang relatif sebentar saja.

Cara Membuat Memo yang Baik dan Benar


cara membuat memo

Nah kita akan bahas satu persatu antara memo resmi dan memo tidak resmi dibawah ini :

Membuat Memo Resmi


Memo resmi bisa dikatakan adalah memo yang dikeluarkan untuk kepentingan lembaga formal seperti perusahaan, tujuan penggunaannya juga harus berkaitan langsung dengan kepentingan perusahaan atauu instansi.

Cara menulis memo resmi yang baik dan benar adalah :

1. Mengetahui bagian dasar memo yaitu Alamat yang dituju, Pengirim Memo, Perihal Memo, Tanggal pengiriman Memo serta Paraf dan nama pengirim.

2. Menulis memo bisa diketik dan bisa juga di tulis tangan. Yang penting adalah isinya singkat dan tidak bertele-tele.

Berikut ini adalah contoh memo resmi yang dikeluarkan oleh perusahaan kepada karyaawannya :




Memo


Kepada: Manajer Reza Harahap
Dari: Direktur Utama PT. KOSNGOSAN
Perihal: Penerimaan Staff Admin Baru

Segera lakukan seleksi penerimaan untuk posisi  staff admin penulis di Kosngosan.


Pekanbaru, 21 Juli 2019

(paraf)

Oppa Kim, S.pd



Membuat Memo Tidak Resmi


Seperti kebalikannya, memo tidak resmi ditujukan untuk hal yang bersifat personal, bukan untuk kepentingan lembaga formal tertentu. Artinya ditujukan untuk teman sejabat atas kepentingan personal saja. Biasanya memo ini ditujukan kepada saudara sendiri, rekan kerja, ataupun kepada sahabat atau pacar.

Dalam sistematika penulisan memo tidak resmi, tidak ada ketentuan yang mengikat. Karena memo ini adalah memo bebas, tidak bersifat formal. Sebagai contoh kamu bisa memilih contoh memo dibawah ini :



Kepada Mimis Bahar

Sory, hari ini saya tidak bisa datang main futsal. Saya harus menemani gebetan untuk belanja persiapan sidang skripsi. Untuk acara hari ini silahkan dimulai dulu, saya ikut besok lusa.


Dari,
Reza Harahap



Apa yang dilakukan bila sudah membaca memo?


Nah cukup jelas bila kamu sudah membaca memo dan merasa ditujukan kepada mu, maka segera lakukan instruksi yang tercantum didalamnya. Intinya memo harus cepat ditindak lanjuti secara cepat oleh penerima perintah, karena memo memang ditulis untuk tujuan seperti itu.

Namun untuk penggunaan memo tidak resmi mimin rasa sangat jarang sekali digunakan. Karena perkembangan teknologi informasi sekarang ini yang sudah bisa berkirim pesan lewat WhatsApp dan Line. Bila kamu ada pengalaman menggunakan memo kepada teman, seperti menempel di pintu kulkas kos, silahkan bgikan pengalaman tersebut di kolom komentar ya!

Demikianlah pembahasan kita mengenai bagaimana cara membuat memo yang baik dan benar. Semoga tulisan ini dapat membantumu untuk membuat memo yang sesuai dengan kaidah yang diterapkan. Terima kasih telah mengunjungi blog ini Jangan lupa untuk membagikan tulisan ini kepada teman-teman yang lain.

Buka Komentar