Contoh Laporan Praktikum yang Baik dan Benar

Contoh Laporan Praktikum yang Baik dan Benar

contoh laporan praktikum

Laporan praktikum memang menjadi tugas mingguan bagi para pelajar di sekolah maupun mahasiswa yang kuliah. Laporan praktikum adalah jenis laporan yang dibuat berdasarkan kegiatan praktikum baik di dalam laboratorium maupun diluar ruangan. Bisa diketik maupun di tulis tangan. Dan kali ini kosngosan akan membahas mengenai  Contoh Laporan Praktikum yang baik dan benar untuk membantumu dalam menyelesaikan tugas ini.

Kegiatan praktikum tidak hanya dilakukan oleh jurusan sains atau IPA saja, tetapi jurusan non sains seperti sosial, ekonomi, akuntansi juga biasanya melakukan praktikum yang mengharuskan adanya laporan ini.  Namun memang seringnya laporan praktikum dibuat untuk kegiatan penelitian yang berdasarkan sains seperti fisika, kimia dan biologi.

Dalam melakukan kegiatan praktikum, biasanya murid atau mahasiswa akan dibagi kedalam beberapa kelompok untuk kemudian melakukan pengamatan terhadap fenomena atau masalah yang terjadi.

Baca juga : Contoh dan Cara Penulisan Proposal yang Baik dan Benar

Nah didalam penulisan inilah lalu cara dan panduan penulisan laporan praktikum perlu dipelajari supaya memudahkan kamu dan pembaca dalam memahami informasi yang sesungguhnya didalam laporan tersebut. Untuk itu kamu perlu menyimak contoh laporan praktikum yang telah mimin berikan dibawah ini.

Contoh Laporan Praktikum yang Baik dan Benar


Format laporan praktikum memang fleksibel menyesuaikan kebutuhan dalam kegiatan praktikum itu sendiri. Tidak ada ketentuan atau standar yang mengikat baik dalam segi format maupun cara penulisannya.

Namun secara umum, format laporan praktikum hampir sama dengan makalah. Hanya saja laporan praktikum bab pembahasannya berisi hasil dan kegiatan dari praktikum itu sendiri.

Berikut adalah salah satu format contoh laporan praktikum :



Kamu bisa download format diatas dengan mengunjungi tautan download laporan praktikum disini.

Cara Menulis Laporan Praktikum yang Baik dan Benar


Menulis laporan praktikum tidak bisa juga sembarangan. Terdapat beberapa kaidah dan format yang berlaku yang harus disesuaikan, seperti pemilihan kata, penyajian data dan sumber sumber yang diambil haruslah dapat dipertanggung jawabkan.

Sehingga laporan praktikum tersebut bisa bernilai ilmiah dan menjadi rujukan bagi karya tulis lainnya apabila menjadikan nya sebagai sumber rujukan.

Untuk lebih lengkapnya, kamu bisa mengunjungi postingan sebelumnya mengenai cara menulis laporan praktikum secara baik dan benar disini.

Pada kesimpulannya, laporan praktikum adalah representasi pemikiran praktikan terhadap hasil dan kesimpulan yang dapat diambil dari kegiatan praktikum. Laporan praktikum bisa meningkatkan pemahaman kita terhadap praktikum yang sudah dilakukan, sehingga transfer ilmu bisa lebih efektif.

Demikianlah pembahasan mengenai Contoh Laporan Praktikum yang Baik dan Benar pada kali ini, semoga bisa membantumu dalam membuat laporan yang berkualitas dan menghasilkan nilai yang memuaskan.

Buka Komentar