Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Efek Kapur Barus Bagi Kulit Kepala Untuk Menghilangkan Kutu

Apakah kapur barus bisa menghilangkan kutu rambut? Pernah mendengar saran dari orang tua mengenai pemakaian kapur barus untuk menghilangkan kutu di rambut? Mungkin saja kamu juga sudah pernah menerapkannya langsung.

Namun ternyata memakai kapur barus untuk kulit kepala secara langsung memiliki efek negatif yang bisa saja merugikan dirimu sendiri. Apa efek kerugiannya? Mari kita simak pembahasannya dibawah ini.

Kita tentu sangatlah terganggu bila ruangan kita terutama kamar tidur tiba-tiba ada barisan semut. Mereka tidak hanya mengacaukan makanan dan minuman kita tetapi bisa jadi mengubah kulit kita jadi bentol-bentol bila digigitnya.

Selain semut, biasanya kita juga sering mengalami gangguan kutu rambut yang bersarang di rambut kita. Ada banyak faktor penyebab berkembang biaknya kutu di rambut manusia, diantaranya kebersihan dan kelembaban rambut itu sendiri.


Kapur Barus untuk Kutu Rambut

apakah kapur barus bisa menghilangkan kutu rambut

Bahaya dan efek samping dari penggunaan kapur barus sebenarnya berbanding lurus dengan manfaatnya. Ada cerita mengenai penggunaan kapur barus yang dipakai untuk menghilangkan kutu rambut. 


Lagi baca-baca dan nyari info tentang bagaimana cara ngilangin kutu di rambut kepala, nah di situ kita banyak menemukan solusi memakai kapur barus.

Yang pernah tertarik dengan salah satu komen yang bilang kalau kapur ajaib bisa menghilangkan kutu di rambut kepala. Cara menghilangkan kutu rambut dengan kapur barus memang cukup mudah, dioleskan saja ke kulit rambut.

Dan setelah di praktekin, mencuci rambut pake kapur yang udah dihaluskan, setelah itu dibilas sampe bersih. Dan pada awalnya sih masih belum terasa, tapi makin lama maka kulit kepala akan terasa panas seperti terbakar.

Kenapa hal ini bisa terjadi? Karena Kapur barus tentu sangat aktif. Bila kamu memiliki kulit kepala yang sensitif, maka mimin menyarankan untuk jangan sekali-kali menggunakan kapur barus ini.

Catatan Penting

Kapur barus dapat digunakan sebagai bahan alami untuk merawat rambut. Namun, jika digunakan dalam jumlah berlebihan atau dalam jangka waktu yang lama, kapur barus dapat menyebabkan iritasi kulit kepala dan kerusakan pada rambut. 

Beberapa efek samping yang mungkin terjadi meliputi rambut yang kering, rapuh, dan mudah patah, serta kulit kepala yang gatal dan iritasi. 

Sebaiknya mengikuti petunjuk penggunaan yang diberikan oleh produsen dan menghindari penggunaan yang berlebihan jika ingin menghindari efek samping negatif.

Solusi Selain Menggunakan Kapur Barus

kapur barus untuk kutu rambut

Kapur ajaib atau kapur semut memang memiliki efektifitas tinggi, kadar racun rendah dan aman dipakai. Ini jenis insektisida kontak

Jadi jika serangga menyentuh serbuk kapur maka sistem syarafnya akan kehilangan fungsi. Dalam 4 jam tubuh serangga tak bergerak lagi dan bisa berakhir dengan kematian.

Namun meski aman buat manusia dan hewan, akan tetapi bila pemakaian berlebihan dalam satu ruangan, misalnya kita buat banyak coretan di lantai dan dinding, maka beresiko pada udara ruangan kita.

Coretan kapur yang kita tebarkan bila terkena kipas angin atau AC maka serbuk tersebut akan beterbangan dan terhisap oleh kita yang bisa mengakibatkan lemas, mual, sesak nafas akibat kadar racunnya.

Untuk saat ini solusinya selain menjaga kebersihan, kalau sudah ada kutu yang menempel di kulit kepala, maka kamu harus memakai shampoo yang benar benar work untuk mematikan kutu sampai pada telur-telurnya.

Jangan dekat dan tidur bersama orang yang kutuan. Karena kutu juga bisa menular. Untuk kebersihan sehari - hari, gunakan handuk yang bersih untuk membilas rambut yang basah. 

Gunting pendek rambut bagi wanita, dan apa bila botak untuk laki-laki. Karena rambut yang panjang akan menjadi sarang empuk bagi kutu rambut.

Baca juga : Cara Menghilangkan Bruntusan di Wajah

Kesimpulan

Jadi intinya, buat kalian yg mau membasmi kutu di rambut kepala kalian, mimin saranin jangan pake kapur ajaib, terutama untuk kulit kalian yang sensitif. Pake saja obat penghilang kutu yang sudah jelas. 

Di sini mimin hanya menyarankan saja untuk menghindari adanya korban karena mengalami rasa terbakar yang amat perih di kulit kepala. Semoga bisa memberikan inspirasi bagi kalian semuanya.
Oleh harahap reza