Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Produk untuk Menghilangkan Bruntusan di Wajah

Hai sobat kosngosan! Kalian pasti pernah dong ngalamin yang namanya bruntusan. Kalau pernah, lalu produk apa sih yang paling cocok untuk menghilangkan bruntusan ini? Dan sebenarnya apa sih beruntusan itu? penasaran nggak? Kali ini kita akan bahas produk skincare apa saja yang bisa kamu gunakan untuk mengatasi bruntusan yang biasanya muncul di area wajah dan jidat. Kita akan berbagi Tips ampuh menghilangkan penyakit ini.

Kalau dengar kata bruntusan, apa yang kalian bayangin? kita menganggap bruntusan itu adalah kondisi ketika wajah memiliki tekstur seperti benjolan-benjolan kecil yang bisa saja terjadi pada pria dan wanita. tapi kalian tahu nggak sih penyebab bruntusan itu? kenapa bisa muncul di wajah kita?

Salah satu penyebab terjadinya bruntusan yaitu karena sebum bertemu dengan lapisan kulit mati. beruntusan ini biasa disebut dengan whitehead. Beda lagi dengan Blackhead, kalau ini terbentuk karena sebum di wajah kita terkena sinar matahari. Teroksidasi sehingga menjadi berwarna hitam

Whitehead sendiri terbentuk dari Sebum yang ada di dalam kulit dan tidak dapat keluar karena tertutupi oleh sel kulit mati adalah jerawat yang tidak meradang dan cenderung mudah diatasi.

Coba komen di kolom komentar dari penjelasan tadi, penyebab bruntusan kamu yang mana sih? untuk mengatasi bruntusan memang sedikit tricky dan tidak bisa dilakukan hanya dengan semalam kamu harus tahu terlebih dahulu penyebab dari bruntusan kamu, apakah penyebabnya adalah whitehead atau justru fungal acne. Kita akan bahas satu persatu cara mengatasinya


Cara Mengatasi Bruntusan WhiteHead di Wajah dan Jidat

Jika penyebab bruntusan kamu adalah whitehead, maka kamu dapat mengatasinya dengan menggunakan exfoliant yang bisa membantu mengangkat sel kulit mati, seperti AHA atau BHA.

Di malam hari, jangan lupa melakukan Double cleansing, pastikan kamu merawat kulit mu dengan bersih. namun tetap lakukan dengan lembut ya sobat kosngosan.

Setelah double cleansing, kamu dapat menggunakan toner yang mengandung AHA atau BHA. Toner yang mengandung AHA ini dapat membantu mengeksfoliasi permukaan kulit memberikan kelembaban serta resiko teriritasi cukup rendah karena AHA tidak meresap jauh ke dalam kulit. Sedangkan BHA dapat membersihkan dan mengeksfoliasi sampai ke pori-pori. 

pink aha bruntusan

Beberapa rekomendasi toner AHA/BHA seperti :

  • Nacific Pink AHA/BHA Toner
  • COSRX AHA/BHA Clarifying Treatment Toner
  • Some By Mi AHA/BHA/PHA 30 Days Miracle Toner
  • Mizon AHA/BHA Daily Clean Toner
  • COSRX AHA/BHA Vitamin C Daily Toner


Setelah sobat kosngósan menggunakan AHA atau BHA kamu harus menggunakan moisturizer untuk menenangkan dan melembabkan kulit.

Baca juga : Produk Menghilangkan Mata Panda


Cara Mengatasi Fungal Acne

Berbeda dengan whitehead yang disebabkan karena adanya sebum yang terperangkap di dalam kulit mati, fungal acne adalah jenis infeksi jamur yang terjadi pada folikel rambut di kulit. Penyakit ini disebut pula dengan jerawat jamur/Pityrosporum folikulitis/Malassezia folikulitis.

Ini merupakan salah satu masalah kulit yang sering dialami oleh semua orang. Pelaku utamanya adalah jamur Malassezia. Seperti bakteri, jamur ini sebenarnya bisa hidup normal di lapisan kulit kita. Apabila keseimbangan populasi jamur Malassezia pada kulit terganggu, maka mikroorganisme ini akan menginfeksi folikel rambut sampai menimbulkan gejala seperti jerawat, padahal bukan.

Terus kalo kalo fungal acne, gimana cara ngatasinnya? nah ini dia caranya. Seperti yang tadi udah gue jelasin fungal acne Bukankah jerawat maupun jamur. Inj treatment akan sedikit berbeda dari sebelumnya yg mungkin bisa membuat kulitmu menjadi lebih kering. untuk langkah pertama, gunakan micellar water untuk membersihkan wajahmu. ketika kamu miliki fungal acne, lebih baik kamu menghindari cleansing oil atau cleansing balm. Pakailah micellar water dan kapas dan bersihkan wajahmu dengan lembut. Pilihlah micellar water seperti Garnier cleansing water untuk kulit kering yang berwarna pink

garnier produk

Setelah mencuci wajah dengan facial wash kamu bisa menggunakan ketokonazole, ketokonazole merupakan suatu bahan yang dapat mengatasi fungal acne. Biasanya ketokonazole ada di shampo penghilang ketombe. tapi tidak semua shampoo untuk ketombe memiliki bahan ini. Sampo yang memiliki kandungan ketoconazole adalah Selsun atau Ketomed.

Gunakan bahan ini pada area yang memiliki fungal acne saja. tapi jika ternyata berada di hampir seluruh wajah, maka kamu bisa menggunakannya sebagai pengganti sabun muka. Tapi hati-hati ya jangan sampai terkena area mata setelah kamu memakainya ke wajahmu

Diamkan kurang lebih selama 5 menit lalu bilas. ini akan membuat kulitmu menjadi sangat kering karena Produk ini tidak seharusnya digunakan di wajah

Setelah kamu bilas, sobat kosngosan harus kembali menghidrasi kulit kita tapi jangan menggunakan bahan-bahan yang berat atau oklusif ya, gunakan toner yang mengandung aha bha yang gentle seperti aha bha seperti Clarifying treatment toner dari Cosrx. Toner ini akan membuat kulitmu menjadi lembut dan tidak akan membuat kulitmu tambah kering.

produk penghilang bruntusan

Setelah itu gunakan hydrating serum atau essence seperti The Ordinary hyaluronic acid 2% +B5 atau COSRX Snail Mucin Power Essence. Kalian bisa membelinya di e commerce atau bagi yang malas checkout, bisa beli kok di supermarket dan apotek besar di sekitaran rumah mu.

produk penghilang bruntusan

Ini agar kulitmu lebih lembab setelah menggunakan shampo ketombe atau belum serum yang kering kamu dapat menggunakan moisturizer, cari moisturizer yang dapat memperbaiki semua hidrasi yang sudah kita pakai namun jangan terlalu berat, gunakan Mousturizer yang memiliki tekstur gel seperti Aloe Vera dari Nature Republic atau Face Shop.


Cara menghilangkan bruntusan dengan Es batu

Walaupun tidak menjamin bruntusan mu hilang 100%, tapi kamu bisa kok mencoba bahan alami yaitu es batu yang bisa kamu gunakan dari air higienis. Pertama kamu bisa membasuh wajah dengan air hangat terlebih dahulu, baru kemudian keringkan. 

Ambil es batu yang sudah dibungkus dengan handuk bersih, kemudian kompres bagian wajah yang berjerawat selama sekitar 5 menit. Sobat kosngósan bisa mengulangi cara tersebut sampai es batu benar benar meleleh semuanya. Kompres wajah mu dengan cara tersebut secara rutin, hingga 3 kali seminggu untuk mendapatkan hasil yang lebih maksimal lagi.

Baca juga : Produk Penghilang Bekas Jerawat


Bagian penutup

Treathment ini bisa kalian lakukan di malam hari ya. jika fungal acne kalian tidak kunjung membaik, mimin sarankan kalian untuk ke dokter kulit agar kulit kalian bisa lekas sembuh. itu tadi penyebab bruntusan dan bagaimana cara mengatasinya. kalian pernah gak sih ngalamin bruntusan coba share pengalaman kalian di kolom komentar ya. jangan lupa untuk share atau bagikan artikel ini keteman teman mu ya. terimakasih

Reza Harahap
Reza Harahap Reza Harahap adalah owner kosngosan. Suka belajar bisnis, finansial, ekonomi, pendidikan dan pekerjaan. Sembari membagikan ide usaha untuk entrepreneur. Blog ini berisi rencana bisnis, strategi investasi, persiapan keuangan dan lainnya