Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Kumpulan Channel Telegram Pendidikan yang Bermanfaat

Apa saja channel dan grup telegram belajar yang bermanfaat untuk pendidikan? Telegram sudah menjadi aplikasi chatting yang sangat diminati oleh berbagai kalangan. aplikasi ini dinilai sangat sederhana tetapi sangat menjunjung tinggi privasi penggunaannya.

Selain itu telegram juga tidak disisipi oleh iklan. bagi kamu pengguna telegram kali ini kita akan membahas daftar channel dan grup telegram yang bermanfaat untuk kamu. silahkan simak pembahasannya di bawah ini.

Isu ditutupnya telegram pada beberapa waktu kemarin, ikut mempengaruhi pengguna telegram di Indonesia. pasalnya telegram disinyalir tidak tidak memiliki filter untuk konten yang dilarang oleh pemerintah. akibatnya situs telegram diblokir untuk sementara waktu.

Namun terlepas dari itu telegram semakin banyak penggunanya di Indonesia. selain tentunya aplikasi seperti Line dan WhatsApp yang juga memiliki segmen pengguna tertentu di di Indonesia.

Adalah Panel Durov, seorang pencipta aplikasi asal negeri Rusia itu menciptakan TG karena ketidaksukaannya terhadap whatsapp. Durov dan kakaknya, Nikolai Durov, mengembangkan aplikasi pengirim pesan yang mengutamakan privasi, yaitu Telegram. Mereka menggunakan enkripsi, di mana percakapan pengguna hampir tidak mungkin disadap.

Sepertinya memang telegram lebih meyakinkan penggunaannya terhadap proteksi data percakapan. telegram menjual produknya dengan mengedepankan fitur keamanan enkripsi yang Bahkan mereka 

Sekalipun tidak akan pernah mengetahui isi percakapan antara kedua belah pihak yang saling chatting. inilah yang membuat telegram begitu disukai oleh mereka yang mendambakan pentingnya privasi dan keamanan data.

Baca lainnya : Daftar Channel YouTube Pendidikan Terbaik


Channel Telegram Belajar yang Informatif


Channel Telegram Belajar


Seperti hal nya aplikasi chatting lain sebut saja BBM dan Line, Aplikasi chatting enkripsi Telegram juga menawarkan fitur adanya channel yang memungkinkan kamu menerima infomasi secara berkala lewat kiriman langsung ke akunmu.

Di Indonesia sudah banyak sekali channel telegram dengan ribuan subscribers berisi berbagai jenis informasi seperti berita terkini, dakwah, pemograman, blogging dan berbagai bidang passion yang seesuai dengan minat dan bakatmu.

Seperti beberapa channel telegram dibawah ini yang mungkin bisa membuat mu lebih kaya akan informasi :


Yufid TV (https://telegram.me/yufidtv)

Ini adalah channel resmi Yufid.TV di Telegram (@yufidtv). Silakan join dan ajak teman dan saudara kamu untuk bergabung untuk mendapatkan konten video dan audio dari Yufid.TV. Yufid tv adalah penyedia konten dakwah islami yang bermanfaat untuk kalian yang muslim.


INFO CPNS PPPK (https://t.me/s/infoasnid)

Channel ini berisi Ebook Soal CPNS, Tips, Artikel dan Informasi Penting tentamg CPNS dan CPPPK terbaru. Bila kamu ingin lulus CPNS, maka wajib subsribe channel ini. Disini akan banyak sekali informasi yang membantu mu supaya lulus cpns tahun ini. Tertarik?


ILMU SAHAM (https://t.me/ilmusahampro)

Dari namanya saja kita sudah tahu bahwa ini adalah channel yang berisi informasi buat kalian yang ingin fokus mendalami dunia SAHAM. Channel ini didirikan oleh Belvin VVIP adalah pendiri komunitas ini dan berbasis di kota Medan. Analisis fundamental dipadu dengan teknikal menjadi ciri khas komunitas ini.


PHP Indonesia (https://t.me/PHPIDforStudent)

Merupakan channel telegram yang berisi informasi seputar pemograman bahasa PHP, tidak hanya itu kamu bebas mendapatan informasi mengenai coding php dan permasalahan sehari hari yang kamu hadapi sebagai php programer di channel ini.


Adsense Indonesia (https://t.me/adsenseid)

Seperti namanya, channel ini akan membahas seputar google adsense untuk kalangan blogger atau publisher indonesia. Ilmu ilmu yang menarik akan tersaji setiap harinya lewat channel ini. Segera subscribe bagi yang tertarik.


Android Developer Nasional (https://t.me/androiddevelopernasional)

Bagi kamu yang khusus ingin berlajar pemograman android dan ingin segera menjadi pengembang aplikasi di salah satu platform terkenal ini, kamu bisa subscribe channel ini.


Parenting Care (https://t.me/ParentingCare)

Gabung di group Parenting Care untuk berdiskusi tentang anak dan pendidikan, kamu juga bisa tanya ke psikolog yang ada di group, berbagi file, ebook dan tips


Detik News (https://t.me/detiknews)

Seperti yang kita ketahui, channel ini berisi informasi terupdate seputar berita yang ditayangkan di portal detik.com. Dari namanya saja kita sudah tahu bahwa ini adalah channel milik detik, salah satu portal berita terbesar di tanah air


English Club (https://t.me/the_englishclub)

Kamu mau belajar bahasa inggris? channel ini adalah salah satu channel penyedia konten untuk belajar bahasa inggris paling keren. Segera subscribe kalau tertarik ingin belajar lebih dalam mengenai bahasa internasional ini


Forum Dosen Indonesia (https://t.me/dosenindonesia)

Adalah channel bagi dosen atau tenaga pengajar di perguruan tinggi di indonesia. Kamu bisa bertukar pikiran di channel ini, sambil mencari informasi mengenai event seputar dosen atau hal yang berkaitan dengan perguruan tinggi


9gag (https://t.me/its9gag)

Seperti yang kita kenal, 9gag adalah brand dengan konten meme nya yang lucu dan terkenal. Bila kamu ingin segera mendapatkan konten2 lucunya, kamu bisa segera subscribe channel ini.


Status Nasehat (https://t.me/statusnasehat)

Menyajikan konten nasehat islami yang dipadukan dengan kajian islam. Dari namanya saja kita sudah tahu bahwa ini akan memberikan quotes dan petuah bijak dibidang agama islam


Blogger ID (https://t.me/blogger_id)

Membahas dan menyajikan permasalahan dan konten terkait blogger di indonesia. Bila kamu seorang blogger dan ingin serius dalam menjadikan blogger sebagai profesi, maka wajib mengikuti channel TG yang satu ini


SEO Indonesia (https://t.me/seo_id)

Kalau ada channel khusus blogger, tentu ada juga channel yang membahas SEO (Search Engine Optimized) bukan? dan ini adalah salah satunya yang paling lengkap. Jika kamu punya uneg uneg dibdang per-SEO-an, maka tanyaakn disini, akan dijawab oleh para mastah SEO tanah air


ICD Channel (https://t.me/ICDChannel)

Merupakan channel yang memberikan informasi seputar bitcoin dan cryto currency di Indonesia. Ini juga menjadi pilihan yang tepat buat kamu yang ingin fokus di bidang cripty currency


Tips Bisnis Online (https://t.me/tips_bisnisonline)

Berbagi informasi, tips dan trik dari para mastah untuk semua yg ingin sukses di dunia Online Shop. Mengandung informasi seputar bisnis dan usaha yang bisa kamu jalankan di rumah. Ada banyak pembahasan menarik seputar bisnis di channel tg ini.


Berita asuransi (https://t.me/asuransi)

Kumpulan berita terkait dunia asuransi di Indonesia. Kamu bisa mendapatkan berbagai informasi seputar asuransi yang ada di channel ini.


Anime (https://t.me/anime)

Seperti namanya, ini adalah channel bagi pecinta anime, yaitu sejenis animasi yang berasal dari jepang. Bila kamu suka anime, jagan lupa untuk subscribe channel ini.


Rahasia Jualan (https://t.me/rahasiajualan)

Tidak ada rahasia yang tidak dapat dipecahkan dengan tekun, semangat, dan konsisten. Ini merupakan channel yang membahas seputar tips dan teknik berjualan yang bisa kamu pelajari secara gratis.


Cara Mencari Channel Telegram dengan Hasil Pencarian yang Lebih Banyak


Bila kamu mencari channel di aplikasi telegram langsung dan mengetik kata kunci seperti misalnya "blogger indonesia" maka yang ditampilkan hanya ada 3 channel. Bagaimana cara mencari channel lebih baik dan lebih lengkapnya?

Pertama ketikkan pencarian di google dengan cara "site:t.me kata kunci/ frase" di pencarian google. Maka akan banyak yang muncul link berisi channel di seluruh dunia terkait dengan kata kunci yang dimasukkan tersebut.


Group Telegram Belajar dan Pendidikan

Tidak hanya channel telegram saja yang memanfaat untuk kamu subscribe, namun juga ada beberapa grup telegram yang harus kamu ikuti untuk terus update mengenai hal-hal yang bermanfaat untuk mu dan sesuai dengan passionmu. beberapa di antaranya adalah sebagai berikut :

  • Diskusi bisnis dan UKM
  • Cinema Lovers
  • Sejarah
  • Konsultasi Pajak
  • Diskusi oil and Gas
  • Pertanian (Ilmu dan Teknologi)
  • Start Up and Digital grup
  • Dan channel bidang lainnya yang sesuai passionmu

channel telegram belajar pendidikan

Baca juga : Daftar Website Pendidikan untuk Belajar 


Kata Penutup

Demikian pembahasan kita mengenai daftar channel dan grup yang bermanfaat buat kamu pengguna telegram. silakan membagikan tulisan ini kepada teman-temanmu yang lain.

Apabila ada daftar grup atau channel telegram yang pantas untuk dimasukkan silakan hubungi Mimin melalui kotak komentar di bawah ini. Terima kasih telah mengunjungi kosngosan.

Note : Bila kalian ada daftar channel atau grup yang ingin dimasukkan, silahkan berikan komentar dibawah ini supaya mimin masukkan ke dalam postingan dengan senang hati
harahap reza
harahap reza Saya adalah seorang content creator pemula yang masih banyak harus belajar hal baru