10 Cara Menambah Uang Saku bagi Pelajar SMA/SMK

Selain bersekolah, anak SMA atau SMK juga bisa berbisnis untuk menambah uang saku-nya supaya tidak melulu meminta kepada orang tua. Hal ini merupakan langkah awal untuk belajar hidup mandiri. Walaupun bisnis yang kamu lakukan tidak seprofesional para pengusaha, namun ini dinilai perlu untuk memupuk jiwa enterpreneurship mu.

Ada banyak pertanyaan seputar bagaimana cara menambah uang saku bagi pelajar? Bisa menghasilkan uang saat liburan sekolah dan jenis jenis pekerjaan yang cocok untuk anak SMA serta SMP. Untungnya kali ini kosngosan akan membahas mengenai tips buat kamu untuk bisa segera mandiri dalam hal finansial.

Merantau ke kota untuk mencari ilmu memang bisa memerlukan biaya yang tidak sedikit. Mulai dari sewa tempat tinggal atau kos, biaya makan, sampai biaya sekolah seperti membeli buku dan fotocopy makalah. Untuk itu kamu dituntut untuk bisa mencari uang ala pelajar.

Misalnya saja bagi pelajar dari luar kota yang sekolah kebanyakan mengaku uang saku dari orang tua tidak pernah cukup. Hal ini memang tergantung dari gaya hidup dan pengelolaan uang dari masing kalian.

Untuk melepas penat di sela sela sekolah, sebenarnya kita juga butuh refreshing dan terkadang suka nongkrong di kafe hingga jalan-jalan ke mal di pusat kota. Dalam hal ini, jika hanya mengandalkan uang saku dari orang tua, maka yakinlah kamu tidak akan pernah merasa cukup.

Baca juga : Peluang Bisnis Anak SMA Jurusan IPA dan IPS


Tips Menambah Uang Saku Pelajar


menambah uang jajan sma

Untuk menyiasati kekurangan uang saku ini, pelajar seperti mu harus memutar otak untuk mencari tambahan uang saku. Misalnya saja kali ini mimin akan memberikan rekomendasi beberapa cara menghasilkan passive income untuk pelajar seperit kamu


1. Berbisnis Online


Salah satu pilihan yang paling mudah untuk menghasilkan passive income buat pelajar adalah dengan menjual segala sesuatu melalui internet, alias secara online atau daring. Karena sebagai pelajar, kalian pastinya sudah sangat akrab dengan media sosial, bukan?

Sobat kosngosan yang memilih untuk berjualan baju dan tas melalui sosial media untuk menambah uang saku. Bila kamu menggelutinya dengan serius, maka ini sudah cukup untuk membeli berbagai perlengkapan sekolah dan kehidupan sehari hari yang dibutuhkan oleh teman temanmu. Mulailah memasarkan jasamu lewat teman ke teman.


2. Berbisnis sesuai passion


Passion adalah sesuatu yang menjadi ketertarikanmu terhadap suatu hal atau bidang. Jadi bila kamu memang suka disuatu bidang, kenapa tidak mulai menghasilkan uang dari ketertarikanmu tersebut?

Kamu juga bisa menggunakan hobi dan kepiawaiannya dalam bermain piano atau musik untuk mencari tambahan uang saku. Kamu yang telah memiliki grup musik misalnya, bisa mengiringi acara-acara di kota besar. Misalnya saja pernikahan hingga ulang tahun. Tak hanya itu, kamu dan grup musik itu bisa  mengisi suara di cafe.


3. Jadi driver online


Kamu yang memiliki sepeda motor dan sim C juga bisa menambah penghasilan dengan menjadi driver ojek online. Selain punya waktu yang fleksibel, menjadi ojol juga kerjanya cukup ringan asal kamu sudah punya skill dan menguasai jalan di sekitar tempat tinggalmu.

Selain untuk menambah uang saku dan membeli tambahan kebutuhannya saat sekolah. Kamu juga bisa menggunakan uang tersebut untuk menujang gaya hidup di kota besar. Misalnya untuk menonton film, jalan-jalan ke mal, hingga nongkrong di beberapa tempat keramaian bersama teman teman.


4. Menjadi youtuber dan blogger


Apabila sobat kosngosan suka berinteraksi dengan komputer bisa membuat kamu menjadi seorang konten kreator sebagai salah satu profesi sampingan. Content Creator di sini bisa menjadi seorang blogger atau youtuber, yang memberikan konten artikel atau video seputar solusi untuk permasalahan pekerjaan karyawan kantor

Nantinya apabila brand dari blog milik kamu atau channel YouTube milikmu sudah besar, kamu bisa mendapatkan penghasilan tambahan dari media tersebut baik itu dari iklan atau endorsement. Jadi tinggal bekerja di balik layar dan didalam rumah pun sebenarnya kamu sudah bisa menghasilkan uang jajan tambahan


5. Jasa desain grafis dan photographer


Sekarang ini banyak anak muda yang menyukai dunia desain grafis atau photography. Bisinis ini bisa juga dikatakan sebagia bisnis yang prospektif, namun kamu harus punya skill dan pengalaman. Karena dapat dikatakan bisnis ini merupakan sebuah bisnis yang menggunakan keterampilan, pikiran, tenaga manusia, dan juga kreativitas.

Mungkin sebagai anak biasanya kalau minta orang tua terus pasti ada rasa malu kalau yang diminta tersebut hanya untuk nongkrong dan jalan-jalan. Jadi sebisa mungkin harus mandiri dan pintar pintar dalam mencari pemasukan, sepanjang itu tidak mengganggu sekolah.


6. Jasa install ulang laptop atau Flashing smarpthone


Apabila kamu menyukai dunia software dan suka oprek oprek laptop atau smartphone milikmu, kamu bisa membuka jasa ini. Di sini sobat kosngosan bisa memanfaatkan jasa perbaikan smartphone atau komputer dengan mempekerjakan ahli, atau berperan sebagai makelar atau penghubung antara klien dengan tukang service.


7. Mendirikan Koperasi Sekolah


Koperasi sekolah adalah salah satu cara untuk menghasilkan uang. Lembaga profit ini bisa menguntungkan bagi anggotanya lho. Sebagai pelajar SMA, sobat pasti punya salah satu kegiatan ekstrakurikuler yang disebut koperasi sekolah. Setiap anggota Koperas ini bisa menginvestasikan uangnya ke dalam kegiatan bisnis yang dilakukan oleh koperasi sekolah

Koperasi ini bisa bertindak sebagai tempat jualan, menjual alat tulis sekolah, makanan dan sebagainya. Dari mulai berbagai peralatan dan makanan untuk dijual kembali di sekolah. Keuntungannya akan dibagi Sesuai dengan kesepakatan

Baca juga : Peluang Bisnis Usaha Sampingan Guru Sekolah


8. Berjualan Makanan di Kantin


Makanan tetaplah peluang bisnis yang tidak ada matinya. Karena setiap orang butuh makanan untuk bertahan hidup. Hanya saja kamu bisa menyesuaikan dengan target mu yang pasti adalah kaum milenial. Bagi anak SMA tentu saja berjualan merupakan hal yang cukup sulit untuk dilakukan karena terbebani oleh gengsi.

Bila kamu melakukannya bersama dengan temanmu mungkin akan bisa menghilangkan sedikit gengsi tersebut, dan kamu bisa berjualan makanan kekinian dan bekerjasama dengan pemilik kantin sekolah. Selain itu kamu juga bisa jualan secara online dengan sistem pre order


9. Dagang Dropship dan Reseller


Mimin kosngosan yakin, sebagai pelajar kamu pastinya tidak punya modal untuk berbisnis. Jadi sangat tepat bila kamu memulai bisnis dengan skema dropship. Berjualan produk atau barang ala dropshipper atau reseller memang memberikan banyak keuntungan tersendiri terutama bagi kamu yang masih duduk di bangku sekolah menengah atas.

Jenis bisnis online ini tidak menyita waktu dan tenaga tetapi tetap mendapatkan keuntungan. Kamu bisa mencari supplier yang berkualitas, carilah barang yang populer dan disukai banyak orang. Coba saja dulu, supaya kamu bisa merasakan bagaimana berbisnis itu!


10. Berinvestasi


Terakhir sobat kosngosan bisa memilih memafaatkan uang berlebih untuk diinvestasikan kedalam berbagai instrumen investasi seperti reksa dana, saham atau trading forex. Untuk jenis investasi ada banyak yang bisa kamu pilih sesuai dengan profil risiko yang kamu miliki.

Karena seorang pelajar seperti kamu yang memiliki waktu belajar yang full, harus bisa menabung dan menyisihkan uang jajan mu untuk diinvestasikan kembali supaya dana tersebut berkembang dan tidak mengalami inflasi


Jangan Mengganggu Sekolah


menambah uang jajan sma

Bila ditanya apakah kegiatan bisnis kecil kecilan tersebut bisa mengganggu sekolahmu, jawabannya seharusnya adalah tidak. Karena pendidikan tetaplah harus menjadi prioritas utama bagi kehidupanmu saat ini. Sekalipun uang yang kamu dapatkan sudah melebihi ekspektasimu, kamu harus tetap menyelesaikan pendidikan SMA/SMK mu itu.

Karena kamu bisa memilih jenis bisnis atau usaha yang diselenggarakan saat malam hari juga pas weekend seperti Sabtu dan Minggu. Yang mana tidak bersamaan dengan jadwal sekolah. Jadi kamu hanya bekerja di sela-sela waktu saja.

Baca juga : Peluang Bisnis Internet Bagi Pelajar 


Kesimpulan


Mencari uang ketika mengenyam pendidikan di bangku sekolah memang menjadi hal yang positif yang bisa kamu lakukan. Karena belajar melek finansial akan lebih baik daripada tidak sama sekali. Kamu harus belajar mandiri dan bisa bebas dari tanggungan orang tua secepatnya, apalagi kamu adalah seorang lelaki.

Demikian artikel bisnis mengenai Cara Menambah Uang Jajan untuk Anak SMA dan SMP kali ini, semoga bisa membantumu dalam hidup mandiri tanpa harus melulu meminta uang jajan kepada orangtua di kampung.
By

head ads

inline ads

inline ads 2

bottom ads