Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

15 Cara Menambah Uang Jajan untuk Pelajar

Bagaimana cara mencari uang tambahan untuk anak sma, smk dan smp? sebagai pelajar, sebenarnya kalian bisa berbisnis untuk menambah uang saku. Penting sekali untuk belajar mencari uang sendiri dan tidak melulu minta jajan kepada orang tua. Hal ini merupakan langkah awal untuk kalian dalam belajar mandiri secara finansial. Walaupun bisnis yang kamu lakukan tidak seprofesional para pengusaha, namun sangat berdampak untuk memacu jiwa enterpreneurship mu dalam menghadapi dunia kerja dikemudian hari.

Ada banyak pertanyaan seputar bagaimana cara menambah uang saku bagi pelajar? Bisa menghasilkan uang saat liburan sekolah dan jenis jenis pekerjaan yang cocok untuk anak SMA dan SMP. Untungnya kali ini kosngosan akan membahas mengenai tips buat kamu untuk bisa segera mandiri dalam hal finansial.

Misalnya saja bagi kalian yang merantau ke luar kota, biaya sehari hari dan spp sekolah terkadang uang saku dari orang tua tidak pernah cukup. Hal ini memang tergantung dari gaya hidup dan pengelolaan uang dari kalian.

Untuk mencari pengalaman, mengasah softskill di sela-sela bersekolah, sebenarnya sobat kosngosan juga butuh mencari kegiatan lain daripada hanya nongkrong di kafe dan jalan-jalan ke mal yang justru menghabiskan uang. Dan kali ini, kalian bisa mendapatkan uang tanpa mengandalkan uang saku dari orang tua.


Cara Mencari Uang Tambahan untuk Anak SMA SMP

cara menambah uang jajan sma

Untuk menyiasati kekurangan uang saku ini, pelajar seperti mu harus memutar otak untuk mencari tambahan uang saku. 

Misalnya saja kali ini mimin akan memberikan rekomendasi beberapa cara menghasilkan passive income untuk pelajar seperit kamu

Baca juga : Contoh Usaha Jajanan Serba 1000


1. Membuka Bisnis Online

Salah satu pilihan yang paling mudah untuk menghasilkan passive income buat pelajar adalah dengan menjual segala sesuatu melalui internet, alias secara online atau daring. Karena sebagai pelajar, kalian pastinya sudah sangat akrab dengan media sosial, bukan?

Sobat kosngosan yang memilih untuk berjualan baju dan tas melalui sosial media untuk menambah uang saku. Bila kamu menggelutinya dengan serius, maka ini sudah cukup untuk membeli berbagai perlengkapan sekolah dan kehidupan sehari hari yang dibutuhkan oleh teman temanmu. Mulailah memasarkan jasamu lewat teman ke teman.


2. Berbisnis sesuai passion

Passion adalah sesuatu yang menjadi ketertarikanmu terhadap suatu hal atau bidang. Jadi bila kamu memang suka disuatu bidang, kenapa tidak mulai menghasilkan uang dari ketertarikanmu tersebut?

Kamu juga bisa menggunakan hobi dan kepiawaiannya dalam bermain piano atau musik untuk mencari tambahan uang saku. Kamu yang telah memiliki grup musik misalnya, bisa mengiringi acara-acara di kota besar. Misalnya saja pernikahan hingga ulang tahun. Tak hanya itu, kamu dan grup musik itu bisa  mengisi suara di cafe.


3. Jadi driver online atau Kurir

Kamu yang memiliki sepeda motor dan sim C juga bisa menambah penghasilan dengan menjadi driver ojek online. Selain punya waktu yang fleksibel, menjadi ojol juga kerjanya cukup ringan asal kamu sudah punya skill dan menguasai jalan di sekitar tempat tinggalmu.

Selain untuk menambah uang saku dan membeli tambahan kebutuhannya saat sekolah. Kamu juga bisa menggunakan uang tersebut untuk menujang gaya hidup di kota besar. 

Misalnya untuk menonton film, jalan-jalan ke mal, hingga nongkrong di beberapa tempat keramaian bersama teman teman.


4. Menjadi youtuber dan blogger

Apabila sobat kosngosan suka berinteraksi dengan komputer bisa membuat kamu menjadi seorang konten kreator sebagai salah satu profesi sampingan. Content Creator di sini bisa menjadi seorang blogger atau youtuber, yang memberikan konten artikel atau video seputar solusi untuk permasalahan pekerjaan karyawan kantor

Nantinya apabila brand dari blog milik kamu atau channel YouTube milikmu sudah besar, kamu bisa mendapatkan penghasilan tambahan dari media tersebut baik itu dari iklan atau endorsement. 

Jadi tinggal bekerja di balik layar dan didalam rumah pun sebenarnya kamu sudah bisa menghasilkan uang jajan tambahan


5. Jasa desain grafis dan photographer

Sekarang ini banyak anak muda yang menyukai dunia desain grafis atau photography. Bisinis ini bisa juga dikatakan sebagia bisnis yang prospektif, namun kamu harus punya skill dan pengalaman. Karena dapat dikatakan bisnis ini merupakan sebuah bisnis yang menggunakan keterampilan, pikiran, tenaga manusia, dan juga kreativitas.

Mungkin sebagai anak biasanya kalau minta orang tua terus pasti ada rasa malu kalau yang diminta tersebut hanya untuk nongkrong dan jalan-jalan. Jadi sebisa mungkin harus mandiri dan pintar pintar dalam mencari pemasukan, sepanjang itu tidak mengganggu sekolah.


6. Jasa install ulang laptop atau Flashing HP

Apabila kamu menyukai dunia software dan suka oprek oprek laptop atau smartphone milikmu, kamu bisa membuka jasa ini. 

Di sini sobat kosngosan bisa memanfaatkan jasa perbaikan smartphone atau komputer dengan mempekerjakan ahli, atau berperan sebagai makelar atau penghubung antara klien dengan tukang service.


7. Mendirikan Koperasi Sekolah

Koperasi sekolah adalah salah satu cara untuk menghasilkan uang. Lembaga profit ini bisa menguntungkan bagi anggotanya lho. 

Sebagai pelajar SMA, sobat pasti punya salah satu kegiatan ekstrakurikuler yang disebut koperasi sekolah. Setiap anggota Koperas ini bisa menginvestasikan uangnya ke dalam kegiatan bisnis yang dilakukan oleh koperasi sekolah

Koperasi ini bisa bertindak sebagai tempat jualan, menjual alat tulis sekolah, makanan dan sebagainya. Dari mulai berbagai peralatan dan makanan untuk dijual kembali di sekolah. Keuntungannya akan dibagi Sesuai dengan kesepakatan


8. Berjualan Makanan di Kantin

Makanan tetaplah peluang bisnis yang tidak ada matinya. Karena setiap orang butuh makanan untuk bertahan hidup. Hanya saja kamu bisa menyesuaikan dengan target mu yang pasti adalah kaum milenial. Bagi anak SMA tentu saja berjualan merupakan hal yang cukup sulit untuk dilakukan karena terbebani oleh gengsi.

Bila kamu melakukannya bersama dengan temanmu mungkin akan bisa menghilangkan sedikit gengsi tersebut, dan kamu bisa berjualan makanan kekinian dan bekerjasama dengan pemilik kantin sekolah. Selain itu kamu juga bisa jualan secara online dengan sistem pre order


9. Dagang Dropship dan Reseller

Mimin kosngosan yakin, sebagai pelajar kamu pastinya tidak punya modal untuk berbisnis. Jadi sangat tepat bila kamu memulai bisnis dengan skema dropship. Berjualan produk atau barang ala dropshipper atau reseller memang memberikan banyak keuntungan tersendiri terutama bagi kamu yang masih duduk di bangku sekolah menengah atas.

Jenis bisnis online ini tidak menyita waktu dan tenaga tetapi tetap mendapatkan keuntungan. Kamu bisa mencari supplier yang berkualitas, carilah barang yang populer dan disukai banyak orang. Coba saja dulu, supaya kamu bisa merasakan bagaimana berbisnis itu!


10. Berinvestasi di Berbagai Instrumen

cara menambah uang jajan sma

Terakhir sobat kosngosan bisa memilih memafaatkan uang berlebih untuk diinvestasikan kedalam berbagai instrumen investasi seperti reksa dana, saham atau trading forex. Untuk jenis investasi ada banyak yang bisa kamu pilih sesuai dengan profil risiko yang kamu miliki.

Karena seorang pelajar seperti kamu yang memiliki waktu belajar yang full, harus bisa menabung dan menyisihkan uang jajan mu untuk diinvestasikan kembali supaya dana tersebut berkembang dan tidak mengalami inflasi


11. Jadi Creator NFT

NFT saat ini memang sedang hype, bisa sobat kosngosan manfaatkan sebagai cara untuk menggeruk uang. Kamu bisa membuat suatu karya seni digital yang sudah dilabel dengan teknologi NFT.

Karya orisinal darimu seperti logo, animasi dan file lain tidak bisa diduplikasi lagi, harganya pun bisa melonjak naik, sehingga menjadi pemasukan baru bagi sang kreatornya. Potensi dari NGT ini secara umum masih menyimpan prospek yang sangat besar, karena masih belum tereksplorasi maksimal di negara kita.


12. Give Away atau Kuis Hunter

Sebenarnya profesi ini hampir sama. Disini kamu bisa fokus untuk mengikuti berbagai perlombaan atau give away online dari berbagai sponsor. Kalau sobat sering aktif di media sosial, pasti tidak asing lagi dengan istilah ‘Giveaway’ dan lomba online

Biasanya brand atau akun medsos tertentu pernah mengadakan kegiatan pembagian gratis untuk produk tertentu, dengan batas jumlah dan persyaratan khusus yang harus diikuti oleh peserta.

Nah kamu wajib mengikuti berbagai ketentuan yang telah ditetapkan oleh penyedia give away. Tips lain kamu jangan pakai akun fake ya, pakailah akun asli karena biasanya give away akan melarang peserta dari akun fake


13. Sewa Drone, Kamera atau iPhone

Ketiga alat elektronik ini sangat banyak diminati oleh pelajar. Drone misanya digunkana untuk menghasilkan video dari tinggi permukaan. 

Kamera profesional yang digunakan untuk mengabadikan momen penting seperti event dan liburan, dan iphone yang digunakan untuk pamer. Kamu bisa menyewakan alat ini ke teman teman mu lho.


14. Ikut Projek Guru

Apabila kamu dekat dengan guru diluar sekolah, bukan tidak mungkin kamu bisa ikut beberapa pekerjaan yang dikerjakan nya. Seperti misalnya guru yang mengerjakan projek konveksi seragam sekolah, maka kamu bisa membantu desain seragam tersebut.

Atau kerjaan seperti pengadaan lampu LED untuk sekolah, kamu bisa membantu guru untuk membeli lampu langsung dari grosiran. Intinya dekat dengan guru akan memberikan mu peluang untuk berbisnis lebih besar. jadi jalin lah hubungan yang positif bersama gurumu, apalagi wali kelas.


15. Menjual Token dan Pulsa

Bisnis yang satu ini sangat cocok dijalankan oleh kalian pelajar, karena jenis usaha ini sangat mudah dijalankan sehingga sangat cocok untuk pemula Untuk memulai bisnis ini, sobat kosngosan dapat bekerja dengan orang-orang agen pulsa yang menyediakan pulsa untuk dijual dan berbagi keuntungan, atau kamu dapat memulai sendiri dengan modal cukup tidak menguras kantong.

Selain penjualan pulsa elektrik untuk HP, sobat juga bisa menjual Token listrik untuk keperluan sehari hari. Manfaatkan aplikasi agregator untuk pembayaran semua seperti Paytren atau bebas bayar. Supaya kamu tidak lagi repot untuk membawa banyak perangkat di kantongmu.


Jangan Mengganggu Sekolah

Bila ditanya apakah kegiatan bisnis kecil kecilan tersebut bisa mengganggu sekolahmu, jawabannya seharusnya adalah tidak. Karena pendidikan tetaplah harus menjadi prioritas utama bagi kehidupanmu saat ini. 

Sekalipun uang yang kamu dapatkan sudah melebihi ekspektasimu, kamu harus tetap menyelesaikan pendidikan SMA/SMK mu itu.

Karena kamu bisa memilih jenis bisnis atau usaha yang diselenggarakan saat malam hari juga pas weekend seperti Sabtu dan Minggu. Yang mana tidak bersamaan dengan jadwal sekolah. Jadi kamu hanya bekerja di sela-sela waktu saja.

Baca juga : Ide Bisnis di Daerah Wisata


Kesimpulan

Mencari uang ketika mengenyam pendidikan di bangku sekolah memang menjadi hal yang positif yang bisa kamu lakukan. Karena belajar melek finansial akan lebih baik daripada tidak sama sekali. Kamu harus belajar mandiri dan bisa bebas dari tanggungan orang tua secepatnya, apalagi kamu adalah seorang lelaki.

Demikian artikel bisnis mengenai Cara Menambah Uang Jajan untuk Anak SMA dan SMP kali ini, semoga bisa membantumu dalam hidup mandiri tanpa harus melulu meminta uang jajan kepada orangtua di kampung.

harahap reza
harahap reza Saya adalah seorang content creator pemula yang masih banyak harus belajar hal baru