Menambah Uang Jajan untuk Anak SMA dan SMP

Menambah Uang Jajan untuk Anak SMA dan SMP

Baca juga :

menambah uang jajan sma smp

Selain bersekolah, anak SMA dan SMP juga bisa berbisnis untuk menambah uang saku-nya supaya tidak melulu meminta kepada orang tua. Hal ini merupakan langkah awal untuk belajar hidup mandiri. Walaupun bisnis yang kamu lakukan tidak seprofesional para pengusaha, namun ini dinilai perlu untuk memupuk jiwa enterpreneurship mu.

Ada banyak pertanyaan seputar bagaimana cara menambah uang saku bagi pelajar? Bisa menghasilkan uang saat liburan sekolah dan jenis jenis pekerjaan yang cocok untuk anak SMA serta SMP. Untungnya kali ini kosngosan akan membahas mengenai tips buat kamu untuk bisa segera mandiri dalam hal finansial.

Merantau ke kota untuk mencari ilmu memang bisa memerlukan biaya yang tidak sedikit. Mulai dari sewa tempat tinggal atau kos, biaya makan, sampai biaya sekolah seperti membeli buku dan fotocopy makalah. Untuk itu kamu dituntut untuk bisa mencari uang ala pelajar.

Misalnya saja bagi pelajar dari luar kota yang sekolah kebanyakan mengaku uang saku dari orang tua tidak pernah cukup. Hal ini memang tergantung dari gaya hidup dan pengelolaan uang dari masing kalian.

Baca juga : Contoh Peluang Investasi Mahasiswa dan Pelajar

Untuk melepas penat di sela sela sekolah, sebenarnya kita juga butuh refreshing dan terkadang suka nongkrong di kafe hingga jalan-jalan ke mal di pusat kota. Dalam hal ini, jika hanya mengandalkan uang saku dari orang tua, maka yakinlah kamu tidak akan pernah merasa cukup.

Kiat Menambah Uang Saku untuk Pelajar


Untuk menyiasati kekurangan uang saku ini, pelajar seperti mu harus memutar otak untuk mencari tambahan uang saku. Misalnya saja kamu yang memilih untuk berjualan baju dan tas melalui sosial media untuk menambah uang saku. Bila kamu menggelutinya dengan serius, maka ini sudah cukup untuk membeli berbagai perlengkapan sekolah dan kehidupan sehari hari.

Kamu juga bisa menggunakan hobi dan kepiawaiannya dalam bermain piano atau musik untuk mencari tambahan uang saku. Kamu yang telah memiliki grup musik misalnya, bisa mengiringi acara-acara di kota besar. Misalnya saja pernikahan hingga ulang tahun. Tak hanya itu, kamu dan grup musik itu bisa  mengisi suara di cafe.

Kamu yang memiliki sepeda motor dan sim C juga bisa menambah penghasilan dengan menjadi driver ojek online. Selain punya waktu yang fleksibel, menjadi ojol juga kerjanya cukup ringan asal kamu sudah punya skill dan menguasai jalan di sekitar tempat tinggalmu.

Selain untuk menambah uang saku dan membeli tambahan kebutuhannya saat sekolah. Kamu juga bisa menggunakan uang tersebut untuk menujang gaya hidup di kota besar. Misalnya untuk menonton film, jalan-jalan ke mal, hingga nongkrong di beberapa tempat keramaian bersama teman teman.

Mungkin sebagai anak biasanya kalau minta orang tua terus pasti ada rasa malu kalau yang diminta tersebut hanya untuk nongkrong dan jalan-jalan. Jadi sebisa mungkin harus mandiri dan pintar pintar dalam mencari pemasukan, sepanjang itu tidak mengganggu sekolah.

Jangan Mengganggu Kegiatan Sekolah


menambah uang jajan sma smp

Bila ditanya apakah kegiatan bisnis kecil kecilan tersebut bisa mengganggu sekolahmu, jawabannya seharusnya adalah tidak. Karena kamu bisa memilih jenis bisnis atau usaha yang diselenggarakan saat malam hari juga pas weekend seperti Sabtu dan Minggu. Yang mana tidak bersamaan dengan jadwal sekolah. Jadi kamu hanya bekerja di sela-sela waktu saja.

Baca juga : Melirik Peluang Bisnis Startup Untuk Mahasiswa dan Pelajar

Demikian artikel bisnis mengenai Cara Menambah Uang Jajan untuk Anak SMA dan SMP kali ini, semoga bisa membantumu dalam hidup mandiri tanpa harus melulu meminta uang jajan kepada orangtua di kampung.

Buka Komentar