Menghindari Cyber Crime Phising Akun Facebook

Menghindari Cyber Crime Phising Akun Facebook

menghindari phising facebook

Pengguna media sosial terbesar di dunia, Facebook masih saja harus mewaspadai resiko cyber crime atau kejahatan dunia maya yang bisa menyerang akun facebook masing masing. Diluar sana ada banyak aktifitas phising (pencurian dengan memancing korban) yang bisa meretas informasi berharga dari pemilik akun.

Bagaimana kejahatan ini terus eksis sampai sekarang? Menurut laporan, sebanyak 60 persen phishing menggunakan situs web Facebook palsu untuk menipu pengguna internet. Bayangkan bila pelaku tersebut berhasil meretas akun FB mu dan mempergunakannya kedalam hal hal yang illegal. Oleh karena itu kali ini kosngosan akan membahas bagaimana cara Menghindari Cyber Crime Phising Akun Facebook.

Kegiatan Phishing jaringan sosial adalah bentuk kejahatan siber dengan melakukan pencurian data pribadi dari akun jejaring sosial calon korban. Pengertian Phising secara umum adalah kegiatan penipuan untuk mendapatkan informasi pribadi demi memanfaatkan tautan situs palsu yang biasanya diberikan oleh pelaku kepada calon korban menggunakan cara cara yang tidak disangka sangka.

Pelaku membuat salinan situs web jejaring sosial, seperti Facebook palsu, kemudian mencoba memancing dan mendorong para korban untuk menyerahkan data pribadi mereka, termasuk nama, kata sandi, nomor kartu kredit serta kode PIN.

Baca juga : Cara Upload Foto dan Video Instagram Lewat Browser Laptop

Media sosial terbesar, Facebook sangat sering dipalsukan oleh pelaku untuk mencuri data pribadi melalui serangan phishing ini. Tindakan ini menjadi bagian dari tren jangka panjang. Karena memang penggunanya yang banyak,menjadikan situs ini lebih empuk menjadi sasaran kejahatan.

Alasan kenapa phising sering menyerang pengguna facebook


Layanan facebook punya lebih dari dua miliar pengguna aktif. User yang mengakses aplikasi dengan akun Facebook, mempermudah pejahat siber ini dalam menyadap akun personal. Hal ini membuat penguna Facebook yang lalai menjadi target menguntungkan bagi para pelaku phishing jaringan sosial.

Sayangnya, banyaknya kejahatan siber ini tidak membuat orang lantas jera dan mengambil langkah protektif. Masih banyak orang yang mengklik tautan tidak aman dan memberikan izin aplikasi tidak dikenal untuk mengakses data pribadinya.

Hal ini terjadi karena kurangnya kewaspadaan kita dalam mengklik tautan yang tidak jelas asal usulnya. Bila tidak diamankan, kegiatan ini akan terjadi secara massif dan bisa merusak keamanan siber juga menguntungkan bagi para pelakunya.

Cara Menghindari Cyber Crime Phising Akun Facebook


Mimin menyarankan kalian untuk mengambil beberapa langkah penting agar terhindar dari kejahatan phishing. Berikut cara caranya :

1. Menggunakan koneksi yang aman ketika mengunjungi media sosial Facebook. Sebagai langkah antisipatif, hindari menggunakan WiFi yang tidak dikenal atau publik tanpa perlindungan kata sandi.

2. Tidak ada salahnya menggunakan VPN yang mengenkripsi trafik internetmu. Logikanya jika menggunakan koneksi yang tidak aman, penjahat siber selalu bisa mengarahkan kamu ke halaman phishing secara diam-diam.

3. Cek kembali koneksi HTTPS dan domain website yang kamu buka. Jangan sekali kali masuk dan klik situs yang memiliki domain aneh.

4. Jangan pernah membagikan data penting seperti login, kata sandi dan data kartu bank kepada siapa pun itu, sekali pun itu pasangan mu. Ini menjadi dasar utama dalam keselamatan data mu.

5. Cek selalu alamat link dan email pengirim, sebelum mengklik apa pun. Bahkan lebih baik, jangan meng-klik link tersebut, tetapi ketik pada kolom alamat browser saja.

6. Sebelum meng-klik link, periksa apakah alamat link yang ditampilkan sama dengan tautan sebenarnya atau tidak. Hal ini dapat dilakukan dengan mengarahkan mouse ke link tersebut.

7. Gunakan aplikasi antivirus yang handal dan banyak dibagikan di internet. Cari antivirus yang legal dan work.

Bila memiliki duit lebih, beli saja yang premium karena terbukti lebih baik fitur dan kinerjanya. Hal ini berguna untuk mendeteksi dan memblokir serangan spam dan phishing di komputer atau smartphone mu.

Demikianlah pembahasan mengenai Menghindari Cyber Crime Phising Akun Facebook kali ini, semoga bisa membantu mu dan meningkat kehati hatian dalam beraktifitas di dunia maya.

Buka Komentar