Cara Mengirim Surat Lamaran Kerja Lewat Portal Website Perusahaan

Bagaimana tips mengirim surat lamaran via website? Pesatnya teknologi informasi dan internet membuat proses seleksi lowongan kerja oleh perusahaan semakin efektif dan efisien, menggunakan website portal karir milik perusahaan terkait. Sehingga HRD tidak repot lagi mengecek berkas dokumen fisik, tinggal scan dan kirim dalam bentuk softfile

cara melamar kerja website perusahaan

Kali ini kita akan membahas mengenai bagaimana cara mengirim surat lamaran kerja melalui portal karir perusahaan yang akan kamu tuju. karena sebagian perusahaan besar yang memiliki website sering menggumumkan berita pengumuman penerimaan karyawan baru langsung dari website mereka.

Lamaran pekerjaan merupakan suatu proses pencarian kerja melalui berbagai mulai mulai dari persiapan penulisan surat lamaran kerja, pengiriman surat lamaran dan juga seleksi oleh tim rekrutmen atau HRD.  Bagi kalangan yang sedang mencari pekerjaan, proses lamaran pekerjaan merupakan hal yang paling penting. karena merupakan tahapan untuk mendapatkan pekerjaan yang diimpikan sejak dulu.

Baca juga : Tips Berburu Pekerjaan Sesuai Minat dan Bakat

Biasanya untuk hal yang terkait dengan penerimaan karyawan baru itu masuk pada menu karir atau carier (dalam bahasa inggris). nah terdapat beberapa persyaratan apabila kamu hendak mengirim surat lamaran melalui website secara langsung.

Cara Melamar Pekerjaan Via Menu Karier


Menu Karier untuk perusahaan besar biasanya terpampang jelas pada bagian sub menu atau menu bawah website resminya. Hal ini membantu para pencari kerja dalam mengetahui jenis lowongan pekerjaan apa saja yang mereka butuhkan.

Lihat saja perusahaan statup lokal seperti traveloka, gojek, lazada dan lainnya yang membuat menu khusus karier dalam website resmi mereka. Tujuannya jelas, memudahkan proses perekrutan tanpa menggunakan pihak ketiga lagi.

Walaupun pada dasarnya kalian tetapi menjalani proses seleksi, namun yang berbeda adalah proses penerimaan nya yang semakin mudah lewat form pengajuan lamaran kerja yang biasanya sudah ditentukan oleh mereka.

Langkah langkah melamar kerja lewat menu karier perusahaan


Kita ambil contoh saja perusahaan startup traveloka yang menyajikan berbagai layanan tiket untuk hampir semua jenis transportasi di indonesia.

Langkah 1 :

Buka situs resminya. Carilah menu karir atau carier yang biasanya terpampang jelas pada halaman depannya. Klik.

Langkah 2 :

Kamu akan diarahkan ke halaman khusus yang menyajikan daftar pekerjaan yang sedang dibuka oleh perusahaan tersebut. Pada halaman karir traveloka contohnya, sobat kosngosan bisa melakukan filter pencarian pekerjaan yang sesuai dengan minat dan bakatmu.

lamaran kerja lewat portal website

Langkah 3 :

Setelah menemukan jenis pekerjaan yang cocok, kamu bisa pilih dan langsung mengaploat resume atau form yang sudah disediakan. Tergantung dari perusahaannya, untuk traveloka sangat lengkap menurut mimin, karena menyediakan 4 pilihan yaitu apload file resume langsung, melalui linkedIn, Indeed dan mengisi form manual.

Langkah 4 :

Setiap perusahaan pasti berbeda beda. Akan tetapi umumnya mereka menyediakan apload khusus untuk file seperti surat lamaran, cv atau resume mu. Bagi kamu yang penasaran apa itu resume, kamu bisa mengunjungi pembahasan "cara membuat resume lamaran pekerjaan yang baik dan benar".

lamaran kerja via portal karir situs

Atau biasanya juga ada perusahaan yang hanya menyediakan form manual. Tinggal kamu isi informasi yang diminta sebenar mungkin tanpa adanya rekayasa. karena nantinya setelah dinilai layak administrasi, kamu juga akan dipanggil untuk menjalani test selanjutnya.

Tips Melamar Kerja Via Website


1. Carilah pekerjaan yang sesuai


Tentu saja pertama kali yang harus kamu perhatikan adalah mencari posisi atau pekerjaan yang sesuai dengan bakat dan keterampilan yang kamu miliki. Akan ada beberapa opsi mengenai posisi kemudian tinggal pilih dan klik apply

2. Scan berkas yang dibutuhkan


Karena ini adalah pengiriman surat lamaran via online Oleh karena itu kamu harus mempersiapkan berkas seperti kurikulum vitae, scan ijazah transkrip nilai surat lamaran dan berkas-berkas lain dalam bentuk soft file bisa berbentuk pdf atau jpeg sesuai dengan permintaan

3.Isilah formulir yang diminta


Sebagian portal website perusahaan akan menyediakan yang bisa diisi seperti pengalaman kerja data diri dan informasi lain dari pencaker, Jangan lupa untuk mengisi dengan sebaik mungkin dan sesuai dengan keadaanmu saat ini

4. Perbaharui profil


Ini adalah salah satu yang sering disepelekan oleh pencari kerja. Apabila kamu memiliki pengalaman kerja baru atau keterampilan baru maka jangan lupa untuk memperbarui profilmu, hal ini sangat berguna supaya kamu update terus di mata HRD

5. Perhatikan waktu pengumuman


Terakhir adalah sobat kosngosan harus memperhatikan waktu pengumuman diterima atau tidaknya kamu. Pada umumnya perusahaan besar memberikan tenggat waktu untuk proses seleksi administrasi. Namun sebagian juga tidak mencantumkan, Oleh karena itu kamu harus mengetahui apabila sudah 2 bulan lebih tidak ada pemberitahuan maka dapat dipastikan kamu tidak diterima.

Baca juga : Cara Mengirim Surat Lamaran Kerja Via Email Secara Online

Demikian pembahasan kita mengenai bagaimana cara mengirim surat lamaran melalui portal karir di masing-masing website perusahaan yang kalian incar. Semoga dapat membantu bagi teman-teman yang sedang mencari pekerjaan saat ini.
By

0 Response to "Cara Mengirim Surat Lamaran Kerja Lewat Portal Website Perusahaan"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel