Cara Menggunakan OK Google Asisten di HP Android

Bagaimana cara mengaktifkan OK Google Bahasa Indonesia di Smartphone mu? Kamu pasti sering mengucapkan ok google di perangkat android milikmu bukan? Bagi kamu yang baru pertama memiliki smartphone, mungkin masih asing dengan fitur yang satu ini.

Semenjak google menguasai teknologi, kini kita bisa menikmati fitur voice regocnition atau perintah suara untuk mengatur beberapa aktifitas di smartphone kesayangan mu. Mari kita simak bagaimana cara fitur ini bekerja dan cara menikmatinya.

OK Goole atau biasa disebut Google Now merupakan salah satu personal assistant canggih buatan google yang memungkinkan kamu untuk melakukan akfitas di smartphone tanpa mengetuk, cukup memberikan perintah suara lewat loudspeaker langsung.

Personal assistant ini memang bukan satu satunya, sebut saja ada SIRI di perangkat iPhone milik apple, atau Cortana milik Windows. Dan bagi kalian pengguna Android yang notabene empu-nya adalah google, maka fitur ini akan diberikan secara default oleh pabrikan hp kalian.

Google now memang boleh berbangga, karena diantara ketiga personal assistant saat ini, milik google itu dinilai paling canggih dan akurat dalam mengerjakan perintah suara yang diberikan pengguna kepadanya. Hal ini berdasarkan survei yang dikerjakan oleh Lembaga konsultasi Stone Temple Consulting.

Google Now bisa membuat kegiatan ber-gadget kita menjadi serba otomatis dan lebih mudah. Google Now melakukannya dengan menyediakan sejumlah besar database informasi, yang terkait dengan perintah suara. Hanya dengan satu perintah suara.

Seperti misalnya fitur ini memberi tahu kamu mengenai cuaca hari ini sebelum berangkat kerja, kondisi lalu lintas di jalan raya, kapan kereta berikutnya akan tiba atau berapa skor klub sepakbola favorit mu saat mereka bermain. Semua dilakukan secara otomatis.

OK Google bisa melakukan fungsi seperti search keyword yang terhubung langsung dengan mesin pencari google. Selain itu kamu juga bisa menggunakannya untuk mengakses contact seperti menelepon mama menggunakan bahasa indonesia.

Baca lainnya : Mengatasi WiFi Speedy IndiHome Lemot


Cara menggunakan OK Google


menggunakan ok google


Ketika kamu mendownload dan membuka ok google, kamu bisa langsung memberikan perintah suara kepadanya. Ada beberapa langkah untuk menggunakan google now, berikut adalah diantaranya :

Langkah 1 :

Pastikan bahwa google now sudah diaktifkan di perangkat android mu. Bila belum, kamu bisa mengaktifkannya dengan mengikuti langkah 2 dibawah ini. Download juga aplikasi google search di playstore dengan mengunjungi tautan download google search ini

Selain itu pastikan juga bahwa kamu punya HP Android dengan versi OS Android 5.0 atau disebut juga Android Lollipop atau untuk versi iOS 9.1 untuk perangkat iPhone. Perlu diingat juga Google Penelusuran harus sudah kamu perbaharui ke versi paling update-nya

Langkah 2 :

Buka aplikasi Google berupa ikon "G" pelangi di layar android mu (atau cari di folder google ). Sebelum kamu  dapat memulai menggunakan perintah suara dengan Google Now, kamu harus mengaktifkannya di setelan android.

Kamu juga bisa memulainya dengan cara dengan menggesek ke arah ikon ‘Google’ atau dengan menahan agak lama tombol home sehingga muncul aplikasi google now.

Langkah 3 :

Jika kamu belum pernah memakai Google Now sebelumnya, kamu harus mengatur melalui pengaturan yang ada di tab bagian kanan paling bawah. Pilih settings kemudian tap voice. Ada beberapa pilihan untuk mengaktifkan google now ini.

aktifkan google now


menggunakan ok google


ok google search


Selain google now, kamu juga bisa mengaktifkan voice input yang nantinya bisa mengetik menggunakan gboard hanya dengan perintah suara. Pergi ke setting android. Dibagian "pengaturan tambahan" atau "additional settings" kemudian pilih "bahasa dan input" lalu aktifkan fitur voice type.

Langkah 4 :

Setelah fitur google now dan voice input aktif, maka kamu sudah bisa menggunakan ok google search ini di perangkat android mu. Kamu bisa memulai dengan mengucapkan "ok google" ketika membuka aplikasi google now.

Atau bisa menekan icon microphone yang ada pada google search atau di google board. Bila muncul perintah "listening" atau "mendengarkan" maka ucapkan kata yang kamu maksud. Secara otomatis google akan mengkonversi perintah suaramu menjadi tindakan atau teks.

Baca lainnya : Tips Membeli Laptop Bekas Untuk Mahasiswa


Kata Penutup


Google asisten seperti OK Google memang sangat memudahkan aktifitas kita pada perangkat android. Kalau di iOS ada SIRI dan di windows ada Cortana, maka masing masing virtual asisten ini memang sudah seharusnya kita manfaatkan dengan semaksimal mungkin

Demikianlah pembahasan mengenai Bagaimana cara menggunakan ok google search di android kali ini, semoga bermanfaat bagi kalian yang memang sedikit kebingunan untuk memanfaat kan fitur bawaan dari android ini. Silahkan bagikan tulisan ini bila kamu merasakan manfaatnya.
By