Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Mengatasi WiFi Speedy IndiHome Lemot dan Hilang Tiba Tiba

Bagaimana cara memperbaiki wifi indihome yang hilang timbul? Pengguna internet speedy mungkin pernah mengalami jaringan wifi yang jelek, susah terhubung dan tiba tiba hilang. Sebelum melapor ke customer service, ada baiknya sobat melakukan beberapa langkah sederhana seperti yang akan diberikan oleh kosngosan dibawah ini.

Sebagian masyarakat perkotaan memang sudah sering mendengar produk dari Telkomsel Indonesia yang bernama indihome atau kepanjangan dari Indonesia Digital home. Saat ini indihome sudah menggunakan teknologi fiber optik yang memungkinkan kecepatan internetnya stabil dan besar

Produk indihome memberikan beberapa layanan seperti telepon rumah internet menggunakan kabel optik dan juga layanan televisi interaktif, yang menjadi paket layanan khas, serta ditujukan untuk penggunaan rumah atau kantor kecil

Sejarah mencatat produk indihome pertama kali diluncurkan pada tahun 2015 yang merupakan salah satu project dari Telkom, yaitu yang bernama Indonesia Digital Network.

Salah satu kelebihan yang diberikan oleh produk indihome yang harus diketahui oleh sobat kosngósan, yakni paket yang komplit, dengan harga yang relatif terjangkau serta memiliki banyak jenis kecepatan data yang disesuaikan dengan kebutuhan.

Namun yang membuat produk indihome masih jarang dipakai oleh masyarakat di pedesaan karena memang penggunaannya terbatas untuk daerah yang hanya dilalui oleh kabel optik yang sudah dipasang.


Sehingga apabila sobat kosngosan ingin membuka jaringan baru maka harus mengajak setidaknya lima rumah tangga untuk membuka akses indihome ke daerah nya.

Baca juga : Cara Mengatasi Jaringan Telkomsel yang Lemot


Cara Memperbaiki Jaringan WiFi IndiHome

sinyal wifi indihome hilang timbul

Langsung saja kita akan ke poin utama pembahasan yaitu mengatasi Jaringan indihome yang jelek atau tidak bisa terhubung sama sekali, yang mungkin pernah sobat kosngosan alami. 

Coba terapkan beberapa tips yang sudah mimin rangkum di bawah ini


Batasi Jumlah Pengguna WiFi


Penyebab internet lemot bisa jadi karena ada banyak pengguna yang memakai Wifi secara bersamaan. Karena indihome bisa diakses oleh siapapun selama orang tersebut berada dalam jangkauan router.

Oleh karena itu, batasi penggunaan wifi dengan memasang password atau sandi, dan ubah sandi secara berkala untuk mengantisipasi bocornya sandi.


Memperbaiki Kabel LAN


Ada kalanya kabel lan yang menjadi penyebab kelemotan jaringan wifi mu. Cek kembali kabel ini yang tertancap di router atau pemancar sinyal wifi.

Sobat kósngosan bisa menyambungkan kembali kabel LAN tersebut atau menggantinya dengan yang baru, supaya lebih baik lagi kinerja nya. Cek apakah kabelnya ada yang putus atau tidak.


Meletakkan Router di Lokasi yang Strategis


Ini adalah salah satu masalah klasik dan paling sering dilupakan oleh pengguna wifi, termasuk indihome, yaitu sobat kosngosan meletakkan router di tempat yang tertutup dan jauh dari akses perangkat komputer atau smartphone.

Kemampuan jangkauan Router Wifi memiliki jarak yang bisa di toleransi, jadi sobat k0sngosan harus meletakkan router Wifi di tempat yang strategis

Dekat dengan perangkat dan jangan terlalu dihalangi dengan dinding atau penutup yang bisa menghalangi pancaran sinyal wifi.


Menggunakan software penguat sinyal WiFi


Sobat kosngosan bisa menggunakan WiFi Switcher dari Google Play Store yang dikelola oleh Cloudie Development. Buka aplikasi dan pilih menu yang ada agar koneksi wifi stabil kembali.

Selain itu sobat kosngósan juga bisa menggunakan aplikasi yang bernama Heatmapping yang bisa membantu untuk melihat efektifitas cakupan sinyal wifi. 

Dengan begitu kita bisa memaksimalkan posisi dari perangkat router yang efektif agar sinyal menyebar dengan maksimal. Kamu bisa cari aplikasinya di internet


Menggunakan Bantuan Perangkat Repeater


Perangkat repeater memiliki fungsi untuk memperkuat dan memperluas sebaran sinyal wifi yang dipancarkan oleh router.

Dengan begitu sobat kosngosan bisa mendapatkan koneksi wifi dari speedy indihome yang lebih baik daripada sebelumnya. 

Namun tentunya butuh modal untuk beli perangkat lagi, namun cukup ampuh apabila sobat kosngosan berada di tempat yang cukup jauh dari lokasi router.


Memperbaiki posisi antena router


Kamu pasti tidak menyangka bahwa kecepatan koneksi internet juga sangat dipengaruhi oleh posisi antena router. 

Posisi antena yang miring ke kanan atau ke kiri, secara teknis lebih sulit menangkap dan memancarkan jaringan wifi ke perangkat daripada antena dengan posisi yang tegak.


Setting Bandwidth


Mengatasi wifi indihome yang terkadang lemot bisa kamu lakukan adalah mengatur bandwidth. Pastikan modem yang kamu punya sudah menyala, kemudian tunggu sekitar 20 – 30 menit. 

Apabila masih lambat, lakukan setting bandwidth ke frekuensi yang lebih besar. Kamu juga dapat melakukan manajemen bandwidth dengan perangkat tambahan seperti mikrotik router.



Setting DNS


Domain Name Server adalah menu pencarian nama yang ada pada komputer dengan menggunakan TCP atau IP. Bisa jadi dns yang dipakai sudah banyak, menyebabkan sinyal lelet

Setting pengaturan DNS bisa memperbaiki koneksi internet pada wifi mu. Dengan mengbah DNS komputer melalui DNS Google bila masih lambat lakukan reset jaringan.
 

Lapor ke Customer Service Speedy IndiHome


Ini adalah cara terakhir untuk mengatasi permasalahan jaringan mu yang lelet atau bermasalah. Apabila tips diatas tidak work dan masih saja mengalami gangguan, maka kamu wajib melaporkannya ke pihak customer servicenya.

Adapun beberapa kontak yang bisa sobat kósngosan hubungi diantaranya :

Telepon langsung dari perangkat handphone tekan kode area + 147
Email ke : 147@telkom.co.id
Mengunjungi Plasa Telkom di Daerah mu Berada
Lewat inbox fanpage : facebook.com/indihome

Akun Twitter : twitter.com/indihome
Instagram : instagram.com/indihome
Atau Lewat Chat Live di halaman : indihome.co.id/pusat-bantuan

cara mengatasi wifi speedy indihome hilang timbul


Solusi Terakhir, Upgrade Paket Wifi


Apabila memang seluruh cara diatas sudah dilakukan, namun internet mu masih saja lemot, bisa saja ini akibat paket internet sobat kosngosan yang memang sudah tidak support lagi dengan kebutuhan di rumah atau kantor

Oleh karena itu, disarankan untuk melakukan upgrade paket wifi ke setingkat diatas nya. Misal kamu pakai paket 2 mbps, upgrade ke paket 5 mbps. 

Coba upgrade ke layanan paket dengan kecepatan download upload yang lebih tinggi dari paket sebelumnya. Tapi memang butuh budget tambahan tiap bulannya. Tentu ada harga ada kualitas, bukan?

Baca juga : Cara Mengatasi Wifi Hinet yang Bermasalah


Kata Penutup


Sekian yang bisa mimin sampaikan, semoga permasalahan mu terkait dengan jaringan indihome bisa segera terselesaikan, dan kamu bisa berinternetan lebih lancar dan mengakses blog kosngosan tanpa masalah lagi.

Jangan lupa untuk klik tombol share dan bagikan artikel ini ke sosial media kalian ya. Bookmart juga halaman nya supaya kalian bisa berkunjung kembali!
Oleh rezaharahap