Cara Mengatasi WiFi Hinet Lemot dan Hilang Tiba Tiba

Bagi kamu pengguna HiNet, apabila sering mengalami sinyal atau jaringan jelek, perangkat susah tersambung ke internet, dan permasalahan lainnya bisa membaca solusi bin tips dari kosngosan dibawah ini untuk penanganan dini sebelum melapor ke pihak cs-nya

mengatasi jaringan hinet

Hinet merupakan salah satu provider baru yang berbasis 4G LTE pemilik perusahaan PT Berca Hardayaperkasa, yang memiliki tagline 4G LTE yang beda. Perusahaan ini menyediakan berbagai jenis paket internet WiFi yang terjangkau dan sesuai dengan kebutuhan.

Hinet sebelumnya bernama Wigo, yaitu salah satu layanan internet berbasis WinMax yang bisa setara dengan kualitas jaringan 4G LTE (mungkin lebih tepatnya pengembangan jaringan 3.9G)

Baca juga : Begini Nih Caranya Internetan Ria Bebas Blokir

Layanan jangkauan internet dari produk hinet mencakup daerah di pulau Sumatera, Kalimantan, Sulawesi Selatan, kota Denpasar dan Daerah Nusa Tenggara. Walaupun masih belum mencover seluruh wilayah Indonesia namun pengembangan ke depannya mungkin akan lebih maju lagi

Produk hinet memiliki kelebihan menjangkau seluruh daerah daerah terpencil yang mungkin masih belum dipasangi kabel optik dari Telkomsel Speedy indihome, sehingga mereka sangat gencar memperkenalkan produk wireless yang siap pakai.

Seperti misalnya apabila sobat k0sngosan berada untuk daerah kota Pekanbaru Makasar dan Denpasar yang merupakan Fokus dari layanan Hinet.

infogratis hinet

Mengatasi Hinet yang Lelet dan Jaringan Bermasalah


Kembali ke pembahasan awal mengenai bagaimana cara mengatasi kualitas jaringan internet hinet yang tiba-tiba memburuk atau tidak bisa connect sama sekali, berikut yang bisa kamu lakukan

Pastikan Layanan HiNet sudah Support di Daerahmu


Untuk saat ini memang akses HiNet hanya fokus pada 3 daerah saja yaitu Denpasar, Pekanbaru dan Makassar. Ketiga ibukota provinsi ini adalah langkah pengembangan dari hinet. Jadi tidak menutup kemungkinan sobat kosngosan di daerah lain juga nanti akan bisa menikmati layanan ini.

Atur posisi router di tempat yang tepat


Maksudnya adalah jangan letakkan router atau pemancar wifi di tempat yang tertutup, atau jauh dari perangkat laptop atau smartphone.

Apabila sobat kosngosan meletakkannya pada posisi yang kurang tepat, maka router akan memacarkan sinyal tidak efektif. Tipsnya adalah posisikan router tersebut di tempat yang terbuka. Jangan bertemu dengan dinding yang dapat menyebabkan sinyal wifi menjadi terganggu dan tidak menyebar secara efektif.

Mengatur antena router


Apabila sobat kosngòsan menggunakan perangkat router hinet yang punya antena, maka mengatur nya adalah hal yang penting, untuk memaksimal pancaran sinyal supaya lebih efektif.

Bisa mencoba mengarahkan antena kearah yang berbeda dari biasanya, untuk mendapatkan pengalaman sinyal yang terbaik. Coba beberapa kombinasi supaya mendapatkan hasil yang lebih baik.

Jumlah pengguna wifi juga berpengaruh


Semakin banyak yang pakai jaringan wifi, maka semakin lelet jaringan tersebut. Oleh karena itu kamu bisa set password supaya orang tidak bebas mengakses wifi mu. Bila perlu ubah pasword secara berkala untuk menghindari bocornya sandi wifi mu.

Install aplikasi Heatmapping


Heatmapping bisa membantu sobat kosngòsan untuk melihat efektifitas cakupan sinyal wifi. Dengan begitu kamu dapat memaksimalkan posisi dari perangkat router yang efektif supaya jaringannya menyebar dengan maksimal. Kamu bisa cari aplikasinya di internet kok.

Faktor eksternal seperti cuaca dan mati lampu


Penyebab selanjutnya mungkin tidak bisa kita atasi, karena tergolong faktor eksternal seperti petir, hujan dan mati lampu. Jaringan hinet memang akan berpengaruh langsung apabila mengalami beberapa hal tersebut. Jadi tunggu saja sampai kondisi reda dan normal kembali, jaringannya juga akan kembali normal kok.

Menambahkan Repeater


Repeater disini bertujuan untuk memperkuat dan memperluas sebaran sinyal wifi yang ada. Dengan begitu sobat kosngosan bisa mendapatkan koneksi wifi dari hinet yang lebih baik daripada sebelumnya. Namun tentunya butuh modal untuk beli perangkat lagi.

Terakhir, hubungi customer service HiNet


Ini adalah cara terakhir apabila memang beberapa tips diatas belum berhasil memperbaiki permasalahan jaringan yang sobat kosngòsan alami. Kalian bisa menghubungi pihak hinet melalui beberapa kontak dibawah ini :

Masuk ke portal khusus pengguna hinet hinetku.hinet.co.id dan kirimkan permasalahanmu untuk diatasi oleh pihak hinet, atau hubungi kontak hinet sesuai daerah mu :

Denpasar

Pertokoan Sudirman Agung Blok C 26 Jl. PB. Sudirman Dauh Puri Kangin Denpasar Barat.
Nomor telepon : (0361) 4456600

Pekanbaru

Jalan Hasanuddin No. 1A Pekanbaru.
Nomor telepon : (0761) 851165

Makassar

Jalan Boulevard Komp. Ruko Jasper 2 No. 19 Makassar.
Nomor telepon : (0411) 457753

Baca juga : Cara Hemat Kuota 4G-Mu

Semoga dengan membaca artikel dan tips kosngosan di atas bisa memperbaiki masalah jaringan hinet yang tengah menimpamu. Sebagai bentuk apresiasi mu jangan lupa untuk tekan tombol share dibawah dan bagikan artikel ini di media sosial mu, trims
By

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel