Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Mengatasi WiFi Hinet Lemot dan Hilang Tiba Tiba

Apa saja kelebihan dan kekurangan mifi hinet? Bagi kamu pengguna hinet, pasti pernah mengalami jaringan jelek, perangkat susah tersambung ke internet, dan permasalahan lainnya yang bisa merugikan kita sebagai pengguna. Berikut tips dari kosngosan untuk penanganan dini sebelum melapor ke pihak customer service-nya.

Hinet merupakan salah satu provider yang berbasis 4G LTE pemilik perusahaan PT Berca Hardayaperkasa, yang memiliki tagline 4G LTE yang beda. Perusahaan ini menyediakan berbagai jenis paket internet WiFi yang terjangkau dan sesuai dengan kebutuhan.

Hinet sebelumnya bernama Wigo, yaitu salah satu layanan internet berbasis WinMax yang bisa setara dengan kualitas jaringan 4G LTE (mungkin lebih tepatnya pengembangan jaringan 3.9G)

Layanan jangkauan internet dari produk hinet mencakup daerah di pulau Sumatera, Kalimantan, Sulawesi Selatan, kota Denpasar dan Daerah Nusa Tenggara. Walaupun masih belum mencover seluruh wilayah Indonesia namun pengembangan ke depannya mungkin akan lebih maju lagi

Produk hinet memiliki kelebihan menjangkau seluruh daerah daerah terpencil yang mungkin masih belum dipasangi kabel optik dari Telkomsel Speedy indihome, sehingga mereka sangat gencar memperkenalkan produk wireless yang siap pakai.

Seperti misalnya apabila sobat kosngosan berada untuk daerah kota Pekanbaru, Makasar atau Denpasar yang merupakan fokus jangkauan dari layanan Hinet ini.


Baca juga : Cara Pasang WiFi di Rumah Sendiri


Cara Mengatasi Jaringan MiFi Hinet Lelet dan Bermasalah

kelebihan dan kekurangan mifi hinet

Kembali ke pembahasan awal mengenai bagaimana cara mengatasi kualitas jaringan internet hinet yang tiba-tiba memburuk atau tidak bisa connect sama sekali, berikut yang bisa kamu lakukan

Pastikan Layanan HiNet sudah Support di Daerahmu


Untuk saat ini memang akses HiNet hanya fokus pada 3 daerah saja yaitu Denpasar, Pekanbaru dan Makassar. 

Ketiga ibukota provinsi ini adalah langkah pengembangan dari hinet. Jadi tidak menutup kemungkinan sobat kosngosan di daerah lain juga nanti akan bisa menikmati layanan ini.


Atur posisi router MiFi di tempat yang tepat


Maksudnya adalah jangan letakkan router atau pemancar wifi di tempat yang tertutup, atau jauh dari perangkat laptop atau smartphone.

Apabila sobat kosngosan meletakkannya pada posisi yang kurang tepat, maka router akan memacarkan sinyal tidak efektif. 

Tipsnya adalah posisikan router tersebut di tempat yang terbuka. Jangan bertemu dengan dinding yang dapat menyebabkan sinyal wifi menjadi terganggu dan tidak menyebar secara efektif.


Mengatur antena router


Apabila sobat kosngòsan menggunakan perangkat router hinet yang punya antena, maka mengatur nya adalah hal yang penting, untuk memaksimal pancaran sinyal supaya lebih efektif.

Bisa mencoba mengarahkan antena kearah yang berbeda dari biasanya, untuk mendapatkan pengalaman sinyal yang terbaik. Coba beberapa kombinasi supaya mendapatkan hasil yang lebih baik.


Jumlah pengguna wifi juga berpengaruh


Semakin banyak yang pakai jaringan wifi, maka semakin lelet jaringan tersebut. Oleh karena itu kamu bisa set password supaya orang tidak bebas mengakses wifi mu. 

Apabila perlu ubah pasword secara berkala untuk menghindari bocornya sandi wifi mu ke orang yang tidak bertangggung jawab, seperti tetangga misalnya


Install aplikasi Heatmapping


Heatmapping bisa membantu sobat kosngòsan untuk melihat efektifitas cakupan sinyal wifi milik hinet, bagaimana jangkauannya di tempat sekitar

Dengan begitu kamu dapat memaksimalkan posisi dari perangkat router yang efektif supaya jaringannya menyebar dengan maksimal. Kamu bisa cari aplikasinya di internet kok.


Faktor eksternal seperti cuaca dan mati lampu


Penyebab selanjutnya mungkin tidak bisa kita atasi, karena tergolong faktor eksternal seperti petir, hujan dan mati lampu. 

Jaringan hinet memang akan berpengaruh langsung apabila mengalami beberapa hal tersebut. Jadi tunggu saja sampai kondisi reda dan normal kembali, jaringannya juga akan kembali normal kok.


Menambahkan Repeater


Repeater disini bertujuan untuk memperkuat dan memperluas sebaran sinyal wifi yang ada. Kamu bisa pakai merk apa saja, bebas kok

Dengan begitu sobat kosngosan bisa mendapatkan koneksi wifi dari hinet yang lebih baik daripada sebelumnya. Namun tentunya butuh modal untuk beli perangkat lagi.


Hubungi customer service HiNet


Ini adalah cara terakhir apabila memang beberapa tips diatas belum berhasil memperbaiki permasalahan jaringan yang sobat kosngòsan alami. Kalian bisa menghubungi pihak hinet melalui beberapa kontak dibawah ini :

Masuk ke portal khusus pengguna hinet hinetku.hinet.co.id dan kirimkan permasalahanmu untuk diatasi oleh pihak hinet, atau hubungi kontak hinet sesuai daerah mu :

Denpasar

Pertokoan Sudirman Agung Blok C 26 Jl. PB. Sudirman Dauh Puri Kangin Denpasar Barat.
Nomor telepon : (0361) 4456600

Pekanbaru

Jalan Hasanuddin No. 1A Pekanbaru.
Nomor telepon : (0761) 851165

Makassar

Jalan Boulevard Komp. Ruko Jasper 2 No. 19 Makassar.
Nomor telepon : (0411) 457753

Kelebihan dan Kekurangan MiFi Hinet


infogratis hinet kelebihan dan kekurangan

Tentu saja kelebihan dari mifi hinet ini adalah harga layanan yang relatif lebih murah ketimbang kompetitiornya, selain itu untuk kualitas jaringan lumayan bagus (walaupun ini relatif).

Beberapa kekurangan atau kelemahan dari layanan ini seperti seringnya jaringan mengalami down kalau cuaca sedang buruk, adanya limit kuota untuk paket tertentu dan juga layanan after sales yang masih terbilang kurang mumpuni

Baca juga : Cara Mengatasi Telkomsel Lelet


Kata Penutup


Semoga dengan membaca artikel dan tips kosngosan di atas bisa memperbaiki masalah jaringan hinet yang tengah menimpamu. 

Sebagai bentuk apresiasi mu jangan lupa untuk tekan tombol share dibawah dan bagikan artikel ini di media sosial mu, trims
Reza Harahap
Reza Harahap Reza Harahap adalah owner kosngosan. Suka belajar bisnis, finansial, ekonomi, pendidikan dan pekerjaan. Sembari membagikan ide usaha untuk entrepreneur. Blog ini berisi rencana bisnis, strategi investasi, persiapan keuangan dan lainnya