Cara Klaim, Produk dan Premi Asuransi Jasindo

Cara Klaim, Produk dan Premi Asuransi Jasindo


Asuransi Jasa Indonesia atau yang biasa disingkat Jasindo merupakan Badan Usaha Milik Negara (BUMN) yang berfokus pada jasa asuransi dengan banyak produk yang ditawarkan. Perusahaan ini merupakan hasil merger PT Asuransi Bendasraya dan PT Umum Internasional Underwriters (UIU) pada saat pemerintah ingin menasionalisasi perusahaan milik Belanda pada waktu itu. Kali ini kosngosan akan membahasa mengenai jenis Produk, cara Klaim dan jumlah Premi yang ditawarkan oleh asuransi nasional ini. Mari simak pembahasannya dibawah ini,

Pelayanan mumpuni dengan waktu pengalaman yang lama membuat jasindo menjadi pilihan banyak orang. Selain karena memang merupakan milik pemerintah, jadi terkesan lebih aman dan dapat dipercaya untuk klaim nantinya.

Baca juga : Panduan Mendaftar Surat Izin Usaha Online

Jasindo saat ini memiliki produk asuransi yang cukup lengkap untuk masyarakat indonesia. BUMN ini kini memiliki 74 kantor cabang di seluruh Indonesia dengan kantor pusat di Jakarta. Untuk jenis produk dan jumlah preminya bisa kamu lihat di bawah ini.


Produk dan Jumlah Premi Asuransi Jasindo



Produk asuransi jasindo dibagi menjadi dua yaitu asuransi ritel dan asuransi korporasi. Yang masing masing dibagi lagi menjadi

Jenis Asuransi Ritel Jasindo


produk ritel jasindo


Jasindo Mikro, khusus perlindungan risiko kecelakaan dan kebakaran yang mengakibatkan kematian dan cacat tetap berupa santunan kematian, biaya perawatan dan biaya pengobatan. Premi yang ditawarkan sebesar 50.000 rupiah.

Jasindo OTO dan Jasindo OTO Plus yang khusus perlindungan terhadap kendaraan bermotor dari risiko kerusakan dan kehilangan.

Jasindo Mudik, asuransi khusus ketika mudik Hari Besar Lainnya dari risiko meninggal dunia bukan karena kecelakaan, kebakaran dan pencurian rumah. Premi yang ditawarkan sebesar 10.000 rupiah per orang atau 35.000 ribu per keluarga

Jasindo Pelangi, asuransi khusus penerbangan dan pelayaran dari risiko kecelakaan yang menyebabkan kematian, cacat tetap total dan cacat tetap sebagian berupa santunan kematian, biaya perawatan dan pengobatan.

Jasindo Lintasan, khusus perlindungan selama perjalanan baik perjalanan itu melalui darat, laut dan udara asal sesuai dengan masa pertanggungan yang tertera dalam Kartu Peserta Lintasan.

Jasindo Kebakaran, khusus perlindungan harta benda dari risiko kebakaran, petir, ledakan, kejatuhan pesawat terbang, banjir, huru hara, gempa bumi, tanah longsor dan lain-lain. Jasindo Kebakaran memiliki beberapa produk yaitu Asuransi Gempa Bumi, Gangguan Bisnis, Karisma, Jasindo Graha dan Semua Risiko Properti

Jasindo Travel Insurance, khusus perlindungan untuk perjalanan lintas negeri maupun perjalanan lintas negara dari risiko kecelakaan yang mengakibatkan meninggal dunia.

Jasindo Agri, khusus perlindungan untuk petani, peternak dan nelayan atau profesi yang berkaitan dengan pertanian.

Jasindo Pengangkutan, khusus perlindungan barang angkutan yang dikirim melalui darat, laut dan udara dari berbagai risiko yang dapat mengancam. Keunggulan produk yang ditawarkan antara lain :

  • Transit Darat
  • Transit Udara
  • Marine Cargo (Laut)

Jasindo Sekolah, khusus melindungi pelajar dan mahasiswa dari risiko kecelakaan. Untuk nominal premi ada empat kelompok :

  • Kelompok I dengan premi Rp 6.750/tahun
  • Kelompok II dengan premi Rp 4.250/tahun
  • Kelompok A dengan premi Rp 10.000/tahun
  • Kelompok B dengan premi Rp 15.000/tahun

Jasindo Health, khusus perlindungan kesehatan dari risiko penyakit dan kecelakaan berupa biaya rawat inap, rawat jalan, rawat gigi, melahirkan, kacamata, Medical Check Up dan santunan kematian.

Jenis Asuransi Korporasi Jasindo


produk ritel jasindo


Jasindo Minyak dan Gas, khusus perlindungan dan ganti rugi terhadap kerusakan atau kerugian yang dikhususkan pada kegiatan industri minyak dan gas baik onshore maupun offshore.

Jasindo Tanggung Gugat, khusus perlindungan risiko bagi tertanggung terhadap tuntutan hukum dari pihak ketiga (third party).

Jasindo Rekayasa, khusus perlindungan terhadap pelaku industri teknik, misalnya meliputi asuransi Contractor's All Risks (CAR), Erection All Risks (EAR), Electrical Equipment Insurance (EEI), Contractor's Plan and Machinery (CPM), Machinery Breakdown (MB).

Jasindo Kebakaran, khusus perlindungan atas kerugian atau kerusakan harta benda, kepentingan yang dipertanggungkan, yang disebabkan oleh antara lain kebakaran, petir, ledakan, kejatuhan pesawat terbang dan asap.

Jasindo Bidang Kelautan, khusus melindungi dan menjamin kerugian atas kecelakaan maupun konsekuensi yang timbul dari aktivitas pelayaran dan kegiatan-kegiatan pendukungnya.

Jasindo Keuangan, khusus memberikan perlindungan yang diminta oleh pihak Obligee (pemilik proyek) kepada principal (pelaksana proyek) atau tertanggung dengan maksud untuk menyatakan kemampuan principal dalam melaksanakan pekerjaannya sesuai dengan kontrak.

Jasindo Aviation and Satelit, khusus perlindungan produk asuransi pesawat untuk memberikan jaminan perlindungan atas segala aktifitas penerbangan udara untuk risiko yang dijamin dalam kondisi polis.


Cara Klaim Asuransi Jasindo


Semua konsumen produk asuransi tentunya menginginkan klaim asuransinya cepat dan mudah cair. Dan jasindo selalu memberikan layanan serta proses klaim yang tidak berbelit belit asalkan pemegang polis mematuhi persyaratan yang telah disepakati.

Setiap resiko yang terjadi (kita tidak ingin terjadi) pasti berbeda pula jenis dan kondisi kerugiannya. Dan tergantung dari produk asuransi yang kita punya. Namun secara umum prosedur cara klaim di Jasindo bisa kamu simak dibawah ini:

Langkah Pertama :

Kamu sudah harus terdaftar sebagai salah satu pemegang produk dari jasindo. Kemudian mendatangi kantor cabang jasindo terdekat atau menghubungi agen asuransi Jasindo yang membantu kamu dalam mendaftar pertama kali.

Langkah Kedua :

Penuhi persyaratan klaim salah satunya masa aktif premi. Bila melakukan kredit premi maka lunasi terlebih dahulu cicilan premi. Pastikan bahwa polis itu tidak pada masa tenggang atau terdapat pengecualian tertentu yang membatalkan pencairan dana. Baca kembali TOS yang ada dan pastikan bahwa kerugian yang terjadi sudah masuk poin cover pada asuransi yang kamu ambil.

Langkah Ketiga :

Menyertakan dokumen pendukung seperti identitas diri berupa nama (sesuai dengan polis dan KTP), tanggal lahir, nomor telepon, nomor polis dan syarat lain sesuai produk asuransi yang kamu ambil.

Langkah Keempat :

Menunggu dan jangan menyerah. Tentu saja ada kemungkinan klaim kamu ditolak atau diterima. Apabila klaim ditolak, sebaiknya pelajari ulang dokumen atau alasan penolakan tersebut. Dan melakukan perundingan kembali dengan pihak Jasindo.

Catatan :

Mimin tidak pernah bekerja sama dengan pihak Jasindo dalam menulis artikel ini. Artikel ini ditulis hanya untuk membantu pihak yang mencari informasi seputar asuransi jasindo.

Demikianlah pembahasan kali ini mengenai Cara Klaim Produk dan Jumlah Premi Asuransi Jasindo. Kamu bisa membagikan tulisan ini melalui media sosial milikmu untuk menyebarkan kebaikan informasi seputar perlindungan resiko dari teman teman mu. Terimakasih telah mengunjungi kosngosan.

Buka Komentar