Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara membuat berita transfer pada struk atm non tunai

Bagaimana cara menulis berita transfer lewat m-banking atau ATM bank? Ada banyak bank seperti BCA, BRI, BNI, Mandiri, BSI dan lainnya yang pakai fitur berita transfer ini. Berita transfer adalah fasilitas keterangan transaksi uang yang diberikan perbankan kepada nasabahnya dalam memudahkan identifikasi dimana pun dan kapan  pun sobat kosngosan mau. 

Banyak juga bank yang melayani transaksi lewat mobile banking, internet banking dan sms banking. Terkait transaksi uang atau cek, transfer uang atau bahkan membeli pulsa telepon seluler. Oleh karena itu fasilitas ini dinilai sangat memudahkan manusia dalam melakukan transaksi dari perangkat kita.

ATM merupakan bagian dari revolusi perbankan yang terlihat pada zaman sekarang ini. Orang-orang mulai banyak memanfaatkan fasilitas dari bank ini untuk kepentingan masyarakat. ATM menunjukkan bahwa perbankan tidak perlu terikat dengan cabang atau bahkan customer service lagi, serta dapat melayani nasabah 24 jam sehari, tujuh hari seminggu di ponsel dan laptop.

Nah baru baru ini ada berita yang sedikit menghebohkan mengenai adanya keterangan tagar yang lagi viral didalam struk transfer bank BCA di salah satu milik netizen. Dan tentu saja, kita bisa memberikan berita atau keterangan berita sebelum melakukan transfer lewat ATM non tunai. Dan ternyata tidak semua nasabah mengetahui ini.


Cara Menulis Berita Transfer Berbagai Bank

cara menulis berita transfer lewat bca, bni, mandiri, bri, bsi

Berangkat dari cerita diatas, maka dari itu mimin akan share mengenai cara menuliskan keterangan berita transfer. Bisa saja ketika kamu dapat Kredit Tanpa Agunan dari bank, kamu mau cicil ke rekening bank, tapi tidak tahu cara mengisi berita transfer, kan sedih?

Kamu bisa menuliskan berbagai keterangan untuk mempermudah calon penerima dalam mengetahui pesan sebelum mengirim uang. 

Khusus untuk layanan transfer di m-banking dan mesin ATM Non Tunai BCA, BRI, Mandiri, BNI, BSI dan bank lain, nasabah memang dapat menambahkan keterangan di bagian berita.

Apa perbedaan ATM tunai dan non tunai ? ATM Non Tunai adalah jenis mesin ATM yang hanya dapat melakukan transaksi seluruh transaksi non tunai seperti inquiry saldo rekening, transfer, ganti PIN, pembelian dan pembayaran tagihan dan tidak dapat melakukan transaksi pengambilan tunai. 

Berbeda dengan ATM tunai yang sudah disediakan brankas di dalam mesin yang berisi uang tunai dan kita bisa sewaktu waktu mengambil uang dari mesin tersebut.


Cara Menulis Berita Transfer Lewat ATM

Berikut adalah cara transaksi dan menambahkan berita pada struk transfer atm non tunai bank BCA, BRI, BNI, Mandiri, BSI dan bank lainnya :

Langkah pertama

Masukkan kartu ATM BCA milikmu ke mesin ATM non tunai BCA kemudian masukan PIN ATM mu seperti biasanya

Langkah kedua 

Kemudian pilih menu transaksi lainnya, Pilih menu transfer dan pilih apakah kamu hendak transfer ke sesama bank BCA atau bank lainnya.

Langkah keempat

Kamu bisa memasukkan nomor rekening yang dituju. Lalu masukkan mominal atau jumlah aang yang akan di transfer

Langkah kelima

Lalu layar ATM akan menampilkan data transaksi yang sedang berlangsung. Kamu bisa menambahkan berita transfer pada kesempatan ini.

Langkah keeenam

Apabila data sudah benar pilih “YA” (OK). Selesai, struk akan keluar dari mesin ATM dengan menampilkan keterangan berita sesuai yang kamu ketikkan tadi sebelumnya.

Kamu bisa segera mengambil kartu ATM milikmu


Cara Menulis Berita Transfer lewat M-Banking

Kalau tidak ingin repot, kamu bisa memasukkan berita transfer di aplikasi mobile banking untuk beberapa bank lokal seperti BCA, Mandiri, BNI, BRI, BSI dan bank lainnya, berikut panduannya :

Langkah pertama

Tahap ini kamu sudah punya akun di mobile banking bank terkait, misalnya Mandiri Mobile, BRIMo, BCA Mobile, BNI Mobile, BSI Mobile dan layanan m-banking lainnya. 

Langkah kedua 

Kemudian masuk ke aplikasi, kamu login pakai password atau sidik jari, kemudian akan muncul dashboard utama dari aplikasi mbanking

Langkah keempat

Kamu bisa pilih menu transaksi atau transfer, Pilih menu transfer dan pilih apakah kamu hendak transfer ke sesama bank yang sama atau beda bank lainnya.

Langkah kelima

Kamu bisa memasukkan nomor rekening yang dituju. Lalu masukkan mominal atau jumlah aang yang akan di transfer

Langkah keenam

Lalu layar mobile banking akan menampilkan data transaksi yang akan berlangsung. Nah disinilah kamu bisa menambahkan berita transfer pada tahap ini

Langkah keeenam

Apabila data sudah benar isinya, pilih OK. Selesai, bukti transfer akan muncul dari aplikasi setelah transaksi dengan menampilkan keterangan berita sesuai yang kamu ketikkan tadi sebelumnya.

Baca juga : Lama Transfer Uang  dari Amerika ke Indonesia


Kata Penutup

Demikianlah pembahasan mengenai Cara membuat berita transfer di mesin atm semua bank kali ini, semoga bermanfaat bagi kamu. 

Silahkan share post ini melalui media sosial milikmu agar teman mu yang lain juga bisa membaca informasinya. Terimakasih telah berkunjung di blog kosngosan

Oleh rezaharahap