Cara membuat biografi profil yang menarik beserta contohnya

Cara membuat biografi profil yang menarik beserta contohnya

Biografi yang baik ditulis untuk kepentingan mulia, yaitu menceritakan kehidupan tokoh terkenal demi memberikan inspirasi bagi banyak orang, terutama yang membacanya. Secara umum biografi ini bertujuan untuk menginformasikan, memikat, menciptakan sensasi dan menginspirasi. Karya tulis ini menawarkan kepada pembaca wawasan luas ke dalam kehidupan orang orang yang luar biasa. Karya tulis ini  adalah karya Non-Fiksi yang seharusnya kamu baca.

Biografi yang buruk justru ditulis tanpa alasan dan sama sekali tidak ada alasan mengapa tokoh tersebut layak untuk diceritakan kisah hidupnya. Pada akhirnya biografi ini gagal menangkap imajinasi dan sering ditinggal baca, dibiarkan di rak berdebu dan sama sekali tidak diminati oleh banyak orang.


Cara membuat biografi profil yang menarik



Bagaimana cara menulis biografi seperti biografi pribadi atau diri sendiri, siswa, orang tua, teman dan juga biografi tokoh terkenal? Semua itu harus dimulai dari tahapan demi tahapan seperti yang ada di bawah ini :

1. Awal membuat biografi adalah dengan ide


Salah satu biografi pertama yang tercatat adalah mengenai kehidupan Plutarch. Ditulis pada abad ke-1 oleh Charles Dickens dari Yunani kuno. Buku yang merupakan kompilasi dari kehidupan dan masa orang terkenal seperti Julius Caesar, Alexander Agung dan Coriolanus. Ide penulisan biografi ini adalah tidak hanya menulis sejarah orang diatas, tetapi juga merefleksikan karakter mereka dan bagaimana itu sangat penting untuk kesuksesan mereka.

Baca juga : Contoh Membuat Memo Resmi dan Non Formal

Oleh karena itu penting untuk memulai menulis biografi memikirkan ide seperti apa yang akan kamu tulis nantinya. Setelah menentukan profil tokoh mana yang akan kamu gali cerita hidupnya, ide untuk mengembangkannya dan menjadikannya terasa seperti narasi yang mengalir dengan indah.

2. Jangan menulis dengan kaku, kembangkan kreatifitas


Menulis biografi bukan berarti terpaku pada gaya atau aturan penulisan yang statis. Kamu harus mengembangkan sendiri gaya tulisanmu agar menjadi ciri khas dan menjadi identitas karya tulismu nantinya.

Bagaimana ini berhubungan dengan kualitas biografi ? Pikirkan mengapa kamu ingin menulis tentang tokoh. Pikirkan dalam hal apa yang membuat profil tersebut menarik? Apa tentang profil yang ingin diketahui pembaca (yang belum mereka tahu dari kebanyakan sumber)? Bagaimana kamu bisa membuat cerita menjadi hidup? Ini yang menjadi tantangan terbesar dalam menulis biografi profil.

3. Lakukan penelitian


Tergantung pada apakah profil dalam biografi mu itu masih hidup, hidup dan tidak mau membantu mu, atau baru saja meninggal juga sudah lama meninggal? Ini akan mempengaruhi proses penelitian kamu nantinya ketika sedang mengembangkan jalan cerita dalam karya tulismu itu.


contoh biografi profil lengkap

Jika profil tersebut masih hidup, maka ini adalah kesempatan terbaik mu, dan alat penelitian utama, adalah me-wawancarai tokoh tersebut, keluarga, teman dan siapa saja yang mungkin memiliki perspektif unik tentang tokoh tersebut.

Setidaknya ada 3 teknik melakukan wawancara dalam penelitian biografi, yaitu :

Metode jurnalistik keras, yakni menggunakan pertanyaan spesifik yang disiapkan secara khusus pada subjek tertentu untuk mengungkapkan jawaban spesifik.

Metode jurnalistik lembut yaitu menggunakan pertanyaan yang sudah dipersiapkan tetapi bersifat terbuka, memungkinkan orang yang diwawancarai untuk bergerak ke arah yang mereka inginkan.

Metode percakapan yaitu membuka bolak-balik, membiarkan tokoh yang diwawancara memimpin diskusi dengan harapan mengungkapkan sesuatu yang sedikit istimewa atau tidak terduga.

Setiap metode memiliki kekurangan dan kelebihan, jadi terserah kamu untuk memutuskan cara terbaik untuk mendapatkan informasi dari orang yang akan kamu wawancarai. Seperti contoh bila kamu akan mengumpulkan informasi mengenai latarbelakang, maka metode jurnalistik atau percakapan yang lembut mungkin akan lebih baik. Sebaliknya jika kamu mencoba untuk mengekstrapolasi kutipan ringkas atau informasi tepat, metode jurnalistik keras adalah cara terbaik.

Jika kamu tidak dapat melakukan wawancara (karena sumber sudah meninggal atau faktor lain) maka kamu perlu mengumpulkan banyak sumber atau referensi primer maupun sekunder. Hal ini penting bila kamu ingin biografi karya mu memiliki legitimasi. Jadi mulai membuka buku, akses internet, dan bicaralah dengan yang lebih untuk mendapatkan informasi.

Lakukan penelitian keliling juga. Jika tokoh biografi mu sudah lama meninggal, maka pelajarilah kehidupannya dulu. Apa yang terjadi secara sosial, ekonomi dan politik. Apa sikap dan pendapat orang-orang di sekitar mengenai tokoh tersebut? Bagaimana pendapat ini bisa menginformasikan kehidupan mereka.

Meskipun kamu memulai dengan ide yang sepenuhnya sudah terbentuk, ingatlah untuk tetap berpikiran terbuka. Kamu tidak pernah tahu apa yang mungkin akan ditemukan selama masa penelitian tersebut.

Penelitian adalah melihat apa yang dilihat orang lain, dan berpikir apa yang orang lain pikirkan. Pastikan untuk memprioritaskan penelitian saat menulis biografi Anda.

4. Mulailah menulis



menulis biografi profil


Kamu sudah harus mengumpulkan data yang akurat, baik dalam bentuk tulisan atau foto dan video. Kemudian mulailah menulis dengan bahan-bahan yang sudah tersedia. Setelah selesai, temui tokoh atau pihak yang terlibat dalam otoritas atau yang memiliki hak untuk memberikan persetujuan dengan membaca draft naskah sebelum diterbitkan agar tidak terjadi kesalahpahaman. Setelah itu, biografi tulisan mu sudah siap untuk diterbitkan.


Contoh biografi profil yang menarik



Ada banyak contoh buku biografi tokoh terkenal yang bisa kamu beli untuk dijadikan sebagai sumber inspirasi. Namun kali ini mimin tidak akan memberikan ebook atau dokumen tersebut, akan tetapi akan memberikan beberapa contoh biografi diri sendiri, biografi orangtua, biografi pahlawan, biografi guru, biografi siswa, biografi teman dan juga biografi  penulis. Yang kesemuanya akan digabung dalam file dokumen dibawah ini.

Untuk membaca selengkapnya, kamu cukup scrool saja kebawah.



Baca juga : Contoh surat lamaran kerja Perusahaan untuk Karyawan

Demikian artikel dan pembahasan seputar Contoh dan cara membuat biografi profil yang menarik kali ini, semoga bisa membantu kamu dalam menghasilkan biografi tokoh yang disukai oleh pembaca. Sekian dan terimakasih telah berkunjung di kosngosan.

Buka Komentar