Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Contoh Biografi Profil Sederhana dan Cara Membuatnya

Bagaimana cara membuat atau menulis artikel biografi profil seseorang yang baik dan benar? Biografi yang baik ditulis untuk kepentingan mulia, yaitu menceritakan kehidupan tokoh terkenal demi memberikan inspirasi bagi banyak orang, terutama yang membacanya.

Secara umum, teks artikel biografi ini bertujuan untuk menginformasikan, memikat, menciptakan sensasi dan menginspirasi orang lain.

Kali ini kosngosan akan membahasnya untuk pembaca sekalian. Karya tulis ini menawarkan kepada pembaca wawasan luas ke dalam kehidupan orang orang yang luar biasa. Karya tulis ini adalah karya Non-Fiksi yang seharusnya kamu baca.

Biografi yang buruk justru ditulis tanpa alasan dan sama sekali tidak ada alasan mengapa tokoh tersebut layak untuk diceritakan kisah hidupnya.

Kamu harus bisa menulis biografi yang bisa menangkap imajinasi dan menarik untuk dibaca, sehingga orang yang membaca buku tersebut bisa terinspirasi oleh banyak orang.

Baca juga : Rekomendasi Buku yang Meningkatkan Wawasanmu

Cara Membuat Biografi Profil Seseorang

contoh biografi profil seseorang

Bagaimana cara menulis biografi seperti biografi pribadi atau diri sendiri, siswa, orang tua, teman dan juga biografi tokoh terkenal? Semua itu harus dimulai dari tahapan demi tahapan seperti yang ada di bawah ini :

Awal membuat biografi adalah dengan ide

Salah satu biografi pertama yang tercatat adalah mengenai kehidupan Plutarch. Ditulis pada abad ke-1 oleh Charles Dickens dari Yunani kuno. Buku yang merupakan kompilasi dari kehidupan dan masa orang terkenal seperti Julius Caesar, Alexander Agung dan Coriolanus.

Ide penulisan biografi ini adalah tidak hanya menulis sejarah orang diatas, tetapi juga merefleksikan karakter mereka dan bagaimana itu sangat penting untuk kesuksesan mereka.

Oleh karena itu penting untuk memulai menulis biografi memikirkan ide seperti apa yang akan kamu tulis nantinya. Setelah menentukan profil tokoh mana yang akan kamu gali cerita hidupnya, ide untuk mengembangkannya dan menjadikannya terasa seperti narasi yang mengalir dengan indah.

Jangan menulis dengan kaku, kembangkan kreatifitas

Menulis biografi bukan berarti terpaku pada gaya atau aturan penulisan yang statis. Kamu harus mengembangkan sendiri gaya tulisanmu agar menjadi ciri khas dan menjadi identitas karya tulismu nantinya.

Bagaimana ini berhubungan dengan kualitas biografi ? Pikirkan mengapa kamu ingin menulis tentang tokoh. Pikirkan dalam hal apa yang membuat profil tersebut menarik?

Apa tentang profil yang ingin diketahui pembaca (yang belum mereka tahu dari kebanyakan sumber)? Bagaimana kamu bisa membuat cerita menjadi hidup? Ini yang menjadi tantangan terbesar dalam menulis biografi profil.

Lakukan penelitian

Tergantung pada apakah profil dalam biografi mu itu masih hidup, hidup dan tidak mau membantu mu, atau baru saja meninggal juga sudah lama meninggal? Ini akan mempengaruhi proses penelitian kamu nantinya ketika sedang mengembangkan jalan cerita dalam karya tulismu itu.

cara menulis biografi profil seseorang

Jika profil tersebut masih hidup, maka ini adalah kesempatan terbaik mu, dan alat penelitian utama, adalah me-wawancarai tokoh tersebut, keluarga, teman dan siapa saja yang mungkin memiliki perspektif unik tentang tokoh tersebut.

Setidaknya ada 3 teknik melakukan wawancara dalam penelitian biografi, yaitu :

Metode jurnalistik keras

yakni menggunakan pertanyaan spesifik yang disiapkan secara khusus pada subjek tertentu untuk mengungkapkan jawaban spesifik.

Metode jurnalistik lembut

yaitu menggunakan pertanyaan yang sudah dipersiapkan tetapi bersifat terbuka, memungkinkan orang yang diwawancarai untuk bergerak ke arah yang mereka inginkan.

Metode percakapan

yaitu membuka bolak-balik, membiarkan tokoh yang diwawancara memimpin diskusi dengan harapan mengungkapkan sesuatu yang sedikit istimewa atau tidak terduga.

Setiap metode memiliki kekurangan dan kelebihan, jadi terserah kamu untuk memutuskan cara terbaik untuk mendapatkan informasi dari orang yang akan kamu wawancarai.

Seperti contoh bila kamu akan mengumpulkan informasi mengenai latarbelakang, maka metode jurnalistik atau percakapan yang lembut mungkin akan lebih baik. Sebaliknya jika kamu mencoba untuk mengekstrapolasi kutipan ringkas atau informasi tepat, metode jurnalistik keras adalah cara terbaik.

Jika kamu tidak dapat melakukan wawancara (karena sumber sudah meninggal atau faktor lain) maka kamu perlu mengumpulkan banyak sumber atau referensi primer maupun sekunder.

Hal ini penting bila kamu ingin biografi karya mu memiliki legitimasi. Jadi mulai membuka buku, akses internet, dan bicaralah dengan yang lebih untuk mendapatkan informasi.

Lakukan penelitian keliling juga. Jika tokoh biografi mu sudah lama meninggal, maka pelajarilah kehidupannya dulu. Apa yang terjadi secara sosial, ekonomi dan politik. Apa sikap dan pendapat orang-orang di sekitar mengenai tokoh tersebut? Bagaimana pendapat ini bisa menginformasikan kehidupan mereka.

Meskipun kamu memulai dengan ide yang sepenuhnya sudah terbentuk, ingatlah untuk tetap berpikiran terbuka. Kamu tidak pernah tahu apa yang mungkin akan ditemukan selama masa penelitian tersebut.

Penelitian adalah melihat apa yang dilihat orang lain, dan berpikir apa yang orang lain pikirkan. Pastikan untuk memprioritaskan penelitian saat menulis biografi Anda.

Mulailah menulis 

Kamu sudah harus mengumpulkan data yang akurat, baik dalam bentuk tulisan atau foto dan video. Kemudian mulailah menulis dengan bahan-bahan yang sudah tersedia.

Setelah selesai, temui tokoh atau pihak yang terlibat dalam otoritas atau yang memiliki hak untuk memberikan persetujuan dengan membaca draft naskah sebelum diterbitkan agar tidak terjadi kesalahpahaman. Setelah itu, biografi tulisan mu sudah siap untuk diterbitkan.

Contoh biografi profil Seseorang

Ada banyak contoh buku biografi tokoh terkenal yang bisa kamu beli untuk dijadikan sebagai sumber inspirasi. Namun kali ini mimin tidak akan memberikan ebook atau dokumen tersebut, akan tetapi akan memberikan beberapa contoh biografi diri sendiri.

Selain itu ada juga jenis biografi orangtua, biografi pahlawan, biografi guru, biografi siswa, biografi teman dan juga biografi  penulis. Yang kesemuanya akan digabung dalam file dokumen dibawah ini.

Untuk membaca selengkapnya, kamu cukup scrool saja kebawah.



Contoh Teks Biografi Pribadi Sederhana


Nama saya John Doe. Saya lahir dan dibesarkan di kota XYZ, dan sekarang tinggal di kota ABC. Saya seorang ahli keuangan dengan pengalaman 10 tahun di bidang ini. 

Saya menyelesaikan pendidikan sarjana di Universitas XYZ pada tahun 20xx dan mendapatkan gelar MBA di Universitas ABC pada tahun 20xx. 

Saat ini, saya bekerja sebagai manajer keuangan di perusahaan ABC. Selain bekerja, saya juga aktif dalam kegiatan sosial dan menyukai olahraga.


Contoh Biografi Tokoh Terkenal


Nama saya Albert Einstein, lahir pada tanggal 14 Maret 1879 di Ulm, Württemberg, Jerman. Saya adalah seorang fisikawan teoretis yang dikenal karena kontribusi besar dalam fisika teoretis, terutama dalam pengembangan teori relativitas umum. Saya juga dikenal karena kerja saya dalam kuantum mekanika dan penemuan saya tentang efek fotolistrik.

Saya menyelesaikan pendidikan sarjana di Polytechnic School di Zurich, Swiss pada tahun 1900, dan mendapatkan gelar doktor pada tahun 1905. Saya kemudian bekerja di berbagai universitas di Jerman dan Swiss, termasuk di Universitas Berlin. Saya memenangkan Hadiah Nobel Fisika pada tahun 1921.

Selain kontribusi besar dalam ilmu pengetahuan, saya juga aktif dalam kegiatan politik dan sosial, dan menjadi pengemban pacifisme dan hak asasi manusia. Saya meninggal pada tanggal 18 April 1955 di Princeton, New Jersey, Amerika Serikat.

Baca juga : Contoh Bio TikTok Keren


Kesimpulan


Demikian artikel dan pembahasan seputar Contoh dan cara membuat biografi profil yang menarik kali ini, semoga bisa membantu kamu dalam menghasilkan biografi tokoh yang disukai oleh pembaca. Sekian dan terimakasih telah berkunjung di kosngosan.
Reza Harahap
Reza Harahap Reza Harahap adalah owner kosngosan. Suka belajar bisnis, finansial, ekonomi, pendidikan dan pekerjaan. Sembari membagikan ide usaha untuk entrepreneur. Blog ini berisi rencana bisnis, strategi investasi, persiapan keuangan dan lainnya