Contoh pembuatan surat undangan aqiqah doc bisa diedit

Contoh pembuatan surat undangan aqiqah doc bisa diedit

Kelahiran buah hati adalah momen yang paling dinantikan dalam sebuah keluarga. Ketika bayi sudah berada di alam dunia, maka agama islam mengajarkan pengadaan acara yang dinamakan aqiqah atau dalam istilah indonesianya adalah acara syukuran lahiran dengan mengundang kerabat dan anak yatim untuk makan makan. Selain mengadakan syukuran kelahiran bayi, aqiqah juga sebagai bentuk amalan dalam ajaran islam.

Kali ini kosngosan akan memberikan Contoh undangan aqiqah atau lahiran dalam format doc yang bisa kamu edit sepuasnya. Selain contohnya, tidak ada salahnya kamu belajar membuat surat undangan seperti ini untuk menambah kreatifitasmu dalam hal kesusastraan.

Bagaimana acara lahiran ini begitu akrab dengan masyarakat kita? Syukuran akan kelahiran anak merupakan salah satu ajaran dalam islam yang disebut sebagai aqiqah. Namun aqiqah pada mulanya juga berasal dari arab jahiliyah. Berbeda dengan tradisi arab jahiliyah pada waktu itu, aqiqah versi islam disempurnakan dan dicontohkan oleh nabi ketika pelaksanaan aqiqah untuk kedua cucunya, yakni Hasan dan Husain. Selanjutnya aqiqah diikuti oleh umat muslim hingga masa sekarang.

Baca lainnya : Contoh pembuatan undangan halal bihalal format word

Hukum pelaksanaan aqiqah itu sendiri dalam islam masih diperdebatkan oleh ulama. Sebagian ada yang berpendapat wajib dan yang lain berkeyakinan bahwa aqiqah adalah sunah sebagaimana pendapat Imam Syafi dan Hanafi. Namun yang pasti, aqiqah adalah bentuk rasa syukur bagi mereka yang mampu, seperti halnya dalam ber haji dan ber sedekah.

Cara pembuatan undangan aqiqah


contoh undangan aqiqah syukuran bayi

Untuk membuat undangan aqiqah ini terbilang tidak sulit, sama seperti penulisan pada surat undangan lainnya yang bersifat informal. Karena undangan dikirim kepada sanak saudara dan tetangga, maka format yang dipergunakan juga bebas.

Tulis bagian cover surat


Bagian ini merupakan bagian depan undangan yang menjadi penjelasan awal dari undangan yang berisi informasi perihal undangan, nama dan alamat undangan. Bagi surat undangan yang biasanya di lipat 3, bagian ini ditampilkan paling depan berupa sampul.

Isi surat undangan


Bagian isi terdiri dari ucapan salam, paragraf pembuka, detail alamat dan waktu acara aqiqah atau syukuran kelahiran dan diakhiri dengan paragraf penutup seperti mengharapkan kedatangan saudara dan lainnya.

Penutup surat


Bagian penutup berisi ucapan salam kembali diakhiri dengan hormat kami dan catatan yang perlu di beritahukan.

Untuk mempercantik tampilan surat undangan, kamu bisa memberikan garis bingkai sesuai selera. Jarak margin disesuaikan (karena tidak ada aturan baku) begitu juga dengan jenis dan ukuran font sesuai selera dan kreatifitas mu.


Contoh undangan aqiqah


format undangan aqiqah

Untuk lebih lengkapnya, kamu bisa segera melihat contoh form undangan aqiqah an seperti yang ada di bawah ini. Scroll kebawah untuk melihat contohnya, bila kamu merasa tertarik, silahkan download dengan mengklik tautan dibawah nya.




Download contoh form surat undangan aqiqah format doc disini

Petunjuk sebelum mendownload :

Setelah mengklik tautan diatas, kamu akan diarahkan ke halaman safelink, tunggu 5 detik hingga muncul tombol download file. Klik dan kamu akan diarahkan ke halaman doc online. Kamu bisa download filenya dengan memilih "File" kemudian "Download file as" dan pilih format yang akan kamu download.

Baca juga : Contoh pembuatan undangan tahlilan lengkap

Sekian artikel dan pembahasan kita seputar Contoh pembuatan undangan aqiqah atau lahiran format word kali ini, semoga bisa membantu mu dalam mempersiapkan cara lahiran buah hati tercinta. Mohon membagikan post ini di beranda media sosial milikmu, agar bisa bermanfaat juga bagi orang lainnya.
Buka Komentar