Kumpulan contoh e-commerce di Indonesia serta websitenya

Kumpulan contoh e-commerce di Indonesia serta websitenya

Perusahaan electronic commerce atau yang disingkat dengan e-commerce merupakan salah satu jenis pasar yang menawarkan wadah bagi pembeli dan penjual secara online. tingginya penggunaan internet belakangan ini turut meningkatkan penggunaan e-commerce. dan di Indonesia seperti yang kita ketahui ada banyak perusahaan e-commerce yang menawarkan berbagai fitur yang menarik untuk belanja di dunia maya. ini kita akan membahas beberapa contoh kumpulan e-commerce di Indonesia beserta alamat webnya.

Apa itu e-commerce? Dan bagaimana model bisnisnya. Sebenarnya ada banyak contoh kategori dari electronic commerce yang ada di Indonesia. Secara sederhananya, E-Commerce atau perdagangan elektronik adalah aktivitas yang berkaitan transaksi pembelian, penjualan, pemasaran barang ataupun jasa dengan memanfaatkan sistim elektronik seperti internet ataupun jaringan komputer.

Adapun kategori dari e commerce antara lain adalah Business-to-Business (B2B), Business-to-Consumer (B2C), Consumer-to-Consumer (C2C), Consumer-to-Business (C2B), Business-to-Administration (B2A), Consumer-to-Administration (C2A) dan Online-to-Offline (O2O). Masing masing akan dijelaskan satu persatu dibawah ini.

E-commerce menjadi salah satu industri yang sangat pesat pertumbuhannya belakangan ini. Hal ini dikarenakan pertumbuhan jaringan internet dan penggunaan smartphone yang sudah semakin merajalela.

Hal ini memang dipengaruhi oleh efektivitas dan efisiensi belanja. Karena seperti yang kita ketahui, berbelanja di e-commerce tentunya lebih sederhana dan tidak merepotkan. kita cukup membuka smartphone dan memilih barang yang diinginkan sehingga penjual akan mengirimkan produk yang kita ingin beli.

Baca lainnya : Kumpulan Situs Humor Anak Muda yang Populer

Selain itu industri e-commerce juga mendukung pertumbuhan jasa ekspedisi pengiriman barang. karena sudah tentu transaksi online selalu membutuhkan pengiriman barang baik melalui kantor pos maupun jasa ekspedisi swasta lainnya.


Contoh e-commerce dan alamat website yang ada di indonesia



contoh e-commerce indonesia


Saat ini industri e commerce sudah merajalela bahkan menjadi salah satu pangsa pasar terbesar di Indonesia. Mari kita lihat ada beberapa penguasa atau raksasa e commerce terbaik yang ada di Indonesia dan bisa dibilang sebagai pioner dimulainya era belanja online :

Lazada


Siapa yang tidak kenal lazada? Sejak diluncurkan pada bulan Maret 2012 ecommerce ini menjadi salah satu yang terbesar di kawasan asia tenggara. Lazada cabang indonesia ini merupakan salah satu dari jaringan retail online Lazada Group yang beroperasi di enam negara di Asia Tenggara, yang terdiri dari Lazada Indonesia, Lazada Malaysia, Lazada Thailand, Lazada Vietnam, lazada Singapore dan Lazada Filipina dengan total jutaan pengguna setiap harinya.

Kamu dapat mengunjungi ecommerce ini di www.lazada.co.id

Tokopedia


Tokopedia adalah salah satu startup e commerce buatan anak negeri yang kini menjadi raja di negeri sendiri. Didirikan dengan versi beta pada tanggal 17 Agustus 2009 bertepatan dengan perayaan Hari Kemerdekaan Indonesia didirikan oleh Leontinus Alpha Edisondan, William Tanuwijaya beserta dua orang sahabat mereka. Pada awal bulan berdirinya Tokopedia berhasil menggandeng 509 merchants dengan 4560 member. Hingga kini terus bertambah seiring perkembangan internet juga.

Kamu dapat mengunjungi ecommerce ini dengan alamat www.tokopedia.com

Bukalapak


Keren dan gokil. Setiap kali bukalapak membuat iklan baru pasti bikin kamu tertawa. Ecommerce ini didirikan oleh Achmad Zaky pada tahun 2010 sebagai divisi agensi digital bernama Suitmedia yang berlokasi di Jakarta. Bukalapak sendiri baru berstatus sebagai Perseroan Terbatas (PT) pada September 2011 dan dikelola oleh manajemen yang dipimpin oleh Achmad Zaky sebagai CEO (Chief Executive Office) dan Nugroho Herucahyono sebagai CTO (Chief Technology Officer). Hingga kini startup buatan anak bangsa ini menjadi salah satu ecommerce terbesar yang ada di Indonesia.

Kamu dapat mengunjungi ecommerce ini dengan alamat www.bukalapak.com

BliBli


Konsep belanja online ala mall yang diusung blibli menjadikannya favorit untuk pengguna online di indonesia. Blibli merupaan besutan dari PT Global Digital Niaga yang merupakan anak perusahaan Djarum dibidang digital yang didirikan pada tahun 2010. Blibli bekerja sama dengan teknologi provider kelas dunia, mitra logistik, banking partner serta merchant partner dengan standar tertentu untuk menciptakan sistem back-end yang bisa memenuhi kebutuhan pengguna. Hingga kini terus bersaing di industri ecommerce tanah air.

Kamu dapat mengunjungi ecommerce ini dengan alamat www.blibli.com

Shopee


Bagi yang belum tahu mengenai detail ecommerce yang banyak menawarkan cashback ini, merupakan perusahaan e-commerce yang berada di bawah naungan Garena (SEA Group), perusahaan internet di Asia Tenggara. Menjalankan bisnis C2C mobile marketplace, Shopee diperkenalkan di Singapura pada tahun 2015 yang diikuti dengan negara Malaysia, Filipina, Taiwan, Thailand, Vietnam, dan Indonesia. Shopee jaringan indonesia memberikan konsep konsumen ke konsumen (C2C). Artinya, setiap orang dapat mencari, berbelanja dan berjualan.

Kamu dapat mengunjungi ecommerce ini dengan alamat www.shopee.co.id

Blanja


Salah satu ecommerce nuansa lokal milik eBay. Blanja merupakan perusahaan ecommerce hasil joint venture antara induk usaha Telkomsel, Telkom Indonesia dengan eBay, yang bernaung di bawah payung PT. MetraPlasa. Komposisi kepemilikan adalah 60 persen Telkom, sisanya eBay dengan opsi bisa meningkatkan kepemilikan saham nantinya. Blanja hadir untuk meramaikan industri pasar online di indonesia.

Kamu dapat mengunjungi ecommerce ini dengan alamat www.blanja.com

JD ID


Ecommerce berlambang kuda ini merupakan salah satu toko B2C (business to consumen) online terbesar di China secara jumlah transaksi, dimana JD.com adalah rival terbesar Alibaba, sang pemimpin pasar China. JD ID merupakan cabang dari JD COM yang mulai beroperasi di Indonesia pada November 2015 dan saat ini memiliki 12 kategori pilihan produk untuk dijual yang akan terus bertambah seiring dengan perkembangan usahanya di Indonesia. Banyak kategori produknya bervariasi mulai dari Ibu dan anak, smartphones, perangkat elektronik, hingga luxury.

Kamu dapat mengunjungi ecommerce ini dengan alamat www.jd.id

Elevenia


Ecommerce ini menjadi perusahaan yang cukup sering beriklan. Memiliki konsep open marketplace dan resmi dirilis pada tanggal 1 Maret 2014. Beroperasi dibawah naungan PT XL Planet yang merupakan sebuah perusahaan joint venture antara PT XL Axiata, Tbk., dan SK Planet dari Korea Selatan.[3] PT XL Axiata merupakan perusahaan operator terbesar kedua di Indonesia dan SK Planet adalah anak perusahaan dari SK Telecom Korea Selatan, perusahaan operator terbesar di Korea Selatan. Hingga kini terus memberikan layanan belanja online dan meramaikan persaingan ecommerce di indonesia.

Kamu dapat mengunjungi ecommerce ini dengan alamat www.elevenia.co.id

Jualo


Ini adalah salah satu ecommerce khusus yang berkonsep C2C yaitu Customer to Customer. Yang membedakan adalah Jualo mempunyai fitur tukar barang dan tawar menawar. Pertama kali dirilis pada tahun 2014 atas inspirasi dari Chaim Fetter bersama rekannya. Saat itu tim yang aa miliki hanya terdiri dari 15 orang termasuk tim pengembang teknologi. Pada mulanya jualo hanya memberikan fitur seperti Escrow (Rekening Bersama), Geo Search dan Home Delivery. Hingga kini jualo fokus memberikan wadah jual beli barang.

Kamu dapat mengunjungi ecommerce ini dengan alamat www.jualo.com

OLX


Siapa yang tidak kenal OLX? Ecommerce hasil bauran dari tokobagus dan berniaga ini merupakan situs web iklan baris di Indonesia yang difokuskan untuk membeli dan menjual produk serta jasa secara online. Dirilis pada tahun 2005 dengan nama tokobagus.com dan dibeli oleh Arnold Sebastian Egg dan Remco Lupker. Kemudian pada 20 Mei 2014, Tokobagus ini berubah nama menjadi OLX Indonesia yang kemudian disusul oleh Berniaga.

Kamu dapat mengunjungi ecommerce ini dengan alamat ww.olx.co.id

Baca lainnya : Contoh Website yang Menyediakan Materi Kuliah dan Sekolah

Demikianlah pembahasan mengenai beberapa kumpulan contoh e-commerce terbaik di Indonesia beserta alamat websitenya. semoga artikel ini bermanfaat untuk menambah wawasanmu mengenai industri marketing online Indonesia. silakan membagikan tulisan ini Apabila kamu merasa bermanfaat. Terima kasih telah mengunjungi kosngosan.

Buka Komentar