Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Contoh Kutipan dari Buku Ensiklopedia Umum

Pernahkah kamu mendengar ensiklopedia? Pasti pernah dan bahkan sering kita jumpai di berbagai lembaga pendidikan. Namun secara teori kita masih samar mengetahui tentang pengertiannya.

Ensiklopedia merupakan publikasi tunggal atau multi - volume yang isinya pengetahuan yang terkumpul dan otoritatif pada satu subjek (seperti ensiklopedia kesehatan atau musik), beberapa subjek terkait (seperti ensiklopedia seni atau teknik), atau berbagai macam subyek yang disusun menurut abjad (seperti ensiklopedia Indonesia).

Kita fokus pada ensiklopedia umum, yang artinya membahas seputar ilmu pengetahuan secara umum tanpa adanya pembatasan. Ada jutaan kutipan dan contoh ensiklopedia di internet dan saat ini dengan mudahnya diakses oleh pengguna. Seperti yang biasa kita tahu, ada wikipedia yang merupakan gudang dari ensiklopedia online.

Ensiklopedia juga sering kita temui pada buku buku pelajaran zaman dahulu seperti RPUL dan RPAL yang khusus memberikan materi mengenai pelajaran IPS dan IPA. Namun seiring perkembangan zaman, buku seperti itu tidak lagi diminati dan orang lebih cenderung membuka gadget nya untuk mengakses informasi.

Ensiklopedia merupakan sumber referensi artikel yang singkat, informatif, dan berwibawa tentang berbagai topik. Ensiklopedia ini biasanya diatur dalam urutan abjad. Ensiklopedi bisa bersifat umu yang mencakup berbagai topik atau berfokus pada disiplin ilmu tertentu.

Ensiklopedi sangat bermanfaat dalam memberikan pengetahuan secara luas kepada anak dan pelajar juga ilmu pengetahuan spesifik untuk orang dewasa sebelum memulai suatu penelitian. Pendekatan sistematis menggunakan studi literatur ini akan membantu dalam pencarian informasi secara terarah.

Baca juga : Contoh Laporan Hasil Observasi Praktikum Sekolah


Contoh kutipan ensiklopedia umum


Ensiklopedia seperti yang mengandung bahasa inggris atau bahasa indonesia memang selalu menarik untuk dibaca. Sekarang saja dengan hashtag #FYI atau yang kepanjangannya For Your Information, orang orang bisa memosting informasi di media sosial mereka.


contoh kutipan ensiklopedia


Berikut adalah contoh kutipan ensiklopedia yang akan menambah wawasan mu mengenai dunia :

Tahukah kamu bahwa jalan terpanjang di dunia adalah jalan Yonge di Toronto, Negara Kanada yang panjangnya sampai 1.896 km (1.178 mil)

Faktanya, bahwa apabila semua durasi kedipan mata bila dikumpulkan dalam satu hari berarti sama saja dengan kamu menutup mata selama setengah jam!

Bila kamu bandingkan area permukaan matahari yang dengan ukuran prangko saja, maka itu akan bersinar dengan kecerahan lebih dari 1.500.000 lilin. Waw!

Tahukah kamu bahwa bahasa yang paling banyak digunakan orang di dunia ini ada 3 bahasa, yaitu bahasa bahasa Mandarin, bahasa Spanyol dan bahasa Inggris

Ternyata, katak tidak biasanya menelan dan meminum air, mereka lebih suka menyerap sebagian besar kelembaban yang mereka butuhkan melalui kulit mereka.

Faktanya, hanya ada 4 kata dalam bahasa Inggris yang berakhir dengan 'dous' yaitu hazardous, horrendous, stupendous and tremendous.

Tahukah kamu bahwa hasil dari perkalian 111,111,111 x 111,111,111 akan menghasilkan angka 12,345,678,987,654,321

Sebagaian orang mungkin tidak percaya bahwa ice skating rinks selalu berlawanan dengan arah jarum jam (untuk sebagian besar orang yang menggunakan tangan kanan harus bergantung pada rel)

Air di laut mati sangat asin sehingga benda lebih mudah mengambang daripada tenggelam

Ternyata oksigen, karbon, hidrogen dan nitrogen adalah unsur pembangun utama dari sekitar 90% dari tubuh manusia.

Menurut penelitian rata-rata orang akan menghabiskan 100 ton makanan dan 45.424 liter (12.000 galon) air dalam hidup mereka

Bahayanya headphone, memakai headphone hanya selama satu jam saja akan meningkatkan kadar bakteri di telinga mu sebanyak 700 kali

Anehnya, kelapa lebih banyak membunuh manusia 150 jiwa setiap tahunnya. Angka ini lebih banyak ketimbang kematian akibat serangan ikan hiu.

Tahukah kamu, ternyata berat bumi kurang lebih adalah 6.588.000.000.000.000000 ton

Kamu bisa menentukan jenis kelamin kuda dengan hanya menghitung jumlah giginya (sebagian besar jantan memiliki 40 sedankan betina berjumlah 36)

Berdasarkan penelitian statistik, angka kelahiran paling tinggi terjadi pada bulan Agustus (mungkin ini penyebab banyak nama Agus di Indonesia)

Hampir 85% jenis tanaman hidup ditemukan di laut samudera

Tahukah kamu bahwa hewan Armadillo memiliki 4 bayi armadillo yang lucu pada saat bersamaan dan semuanya memiliki jenis kelamin yang sama

Baca juga : Pengertian Emotional Intelligence


Kata Penutup


Demikianlah pembahasan mengenai Kumpulan contoh kutipan ensiklopedia umum kali ini, semoga bisa membantu dan menginspirasi kalian yang sedang mencari kutipan2 dari ensiklopedia umum ini. Silahkan membagikan artikel ini untuk membantu yang lain dalam menambah ilmu pengetahuannya juga.
Reza Harahap
Reza Harahap Reza Harahap adalah owner kosngosan. Suka belajar bisnis, finansial, ekonomi, pendidikan dan pekerjaan. Sembari membagikan ide usaha untuk entrepreneur. Blog ini berisi rencana bisnis, strategi investasi, persiapan keuangan dan lainnya