10 Teks Laporan Hasil Observasi Praktikum Sekolah Lengkap

Apakah kamu sedang mencari berbagai contoh laporan hasil observasi atau penelitian untuk tugas praktikum sekolah? Berbagai kegiatan percobaan di bidang pelajaran tertentu mengharuskan kamu untuk menulis laporan tekstual sebagai bentuk pencatatan dan bukti bahwa kamu sudah pernah melakukan kegiatan tersebut. Nantinya laporan observasi ini juga menjadi bahan penilaian guru sejauh mana pemahamanmu terhadap materi yang telah diajarkan.

Kali ini mimin kosngosan akan memberikan beberapa contohnya untuk kalian. Akan tetapi sebelumnya kita membahas terlebih dahulu Apa itu yang namanya teks laporan hasil observasi. Ini merupakan jenis teks yang berisi klasifikasi mengenai hasil pengamatan terhadap suatu objek yang telah kita lakukan sebelumnya

Jenis teks ini bisa juga disamakan dengan teks deskripsi atau klasifikasi karena pada dasarnya jenis penulisan teks nya juga meliputi deskripsi dan klasifikasi terhadap objek yang sedang kita teliti.

Perlu diperhatikan untuk menulis teks hasil observasi ini adalah informasi yang harus jelas berisi penjabaran, penjelasan dan deskripsi sedetail mungkin terhadap objek yang sedang kita teliti. objek di sini bisa berarti makhluk hidup seperti hewan, tumbuhan, aspek sosial, tempat, bangunan, kebijakan, atau benda mati yang sesuai dengan tujuan pelajaran semula.

Perhatikan beberapa apa metode penulisan yang digunakan dalam laporan hasil observasi yaitu sebagai berikut :

1. Pergunakan bahasa yang baku, baik, jelas, formal, sesuai dengan EYD dan mudah dipahami. Karena teks laporan ini sebenarnya berkaitan dengan karya tulis ilmiah

2. Menyesuaikan penggunaan kata sesuai dengan peraturan instansi terkait, misalnya lebih baik menggunakan kata Aku atau Saya daripada Penulis atau Kami.

Adapun tujuan dari penulisan teks laporan hasil observasi adalah untuk memberikan informasi terupdate dan paling lengkap dengan sudut pandang dari peneliti atau orang yang melakukan percobaan secara langsung sehingga bisa dijadikan sebagai suatu pengetahuan baru atau setidaknya bisa dijadikan sebagai referensi dan pembaharuan dari penelitian sebelumnya.

Struktur Penulisan Teks Hasil Observasi terdiri dari bagian pembuka, isi dan penutup. Hampir sama dengan struktur penulisan makalah atau karya tulis ilmiah pada umumnya. Namun terkadang ada juga struktur penulisan yang dibagi menjadi "Pernyataan umum dan "Aspek"

Baca juga : Laporan Hasil Percobaan Membuat Slime dan Clay


Contoh Teks Laporan Hasil Observasi


contoh observasi sekolah

1. Contoh Laporan Hasil Observasi Lingkungan Sekolah


SD Negeri 7 Kosngosan adalah sekolah dasar yang berada di Jl. Garuda Sakti, KM. 1 Pekanbaru. Dalam area SD Negeri 7 Kosngosan ini ada dari 2 jenis, yakni area hidup atau benda hidup (biotik) dan area tidak hidup atau benda mati (abiotik).

Area benda hidup yaitu seperti tanaman hias dan pohon besar. Sedangkan area benda mati terdiri dari peralatan belajar, gedung sekolah, dan segala fasilitas fisik milik sekolah

Area benda hidup seperti halaman depan sekolah dan taman kecil di depan masing masing kelas yang ditumbuhi rumput hijau dan  tanaman hias yang dirawat oleh para murid. Tanaman hias terdapat juga di ruang guru, kepala sekolah, dan ruang kelas lainnya.

Tanaman hias ini sangat beragam jenisnya, seperti yakni bunga mawar, anggrek, lily, Bougenville, Asoka, Kembang sepatu,  kemuning,  kenanga, Alamanda, dan Amarilis.

Jenis pepohonan yang ada di area SD Negeri 7 Kosngosan seperti pohon mangga, bambu jepang berukuran kecil, bambu kuning, beringin, beringin karet, beringin putih, cemara, asam jawa, dan pohon jati.

Untuk halaman belakang ruang kelas ada sisa pekarangan yang dimanfaatkan menanam tumbuhan kebun misalnya singkong dan jagung. Hasilnya dari tanaman ini juga dapat dikonsumsi bersama ketika kegiatan eskul seperti pramuka dan OSIS.

Area benda mati seperti gedung sekolah yang terdiri dari ruang guru, ruang  ruang kelas siswa, perpustakaan, mushala, UKS, koperasi, Gedung serba guna, gudang, serta kamar mardi. yang lain seperti peralatan sekolah meja, kusi, papan tulis, lemari, penggaris, globe, LCD proyektor, dan lainnya.

Di sekolah juga ada peralatan olahraga seperti bola basket, bola tenis, bola voli, jaring voli, jaring bulu tangkis, tenis meja, dan tenis bola. Lapangan plahraga nya juga cukup lengkap ada lapangan upacara sekaligus lapangan voli dan lapangan basket. Ada lapangan tenis, badminton dan futsal


2. Contoh Laporan Hasil Observasi Tentang Tumbuhan


Ros atau mawar merupakan bunga yang dikategorikan dalam keluarga Rose. Nama botani dari bunga ros merupakan Rosa. Bunga ini merupakan spesies bunga abadi yang populer di seluruh dunia dan bisatumbuh di kebun rumah. Banyak sekali jenis bunga ini yang diperbanyak dan dikembangbiakan untuk menghasilkan warna yang bervariasi


Bunga indah ini punya kecenderung mudah untuk dihibridisasi. Pertumbuhan bunga ros berbentuk seperti semakbunga yang tumbuh tegak, yang apabila tumbuh dalam jumlah banyak, akan terlihat cantik dan indah bagi pekarangan sekitar rumah. Apa yang melatarbelakangi kepopuleran bunga Ros ini? Latar belakangnya merupakan karena bunga Ros umumnya ditanam sebagai tumbuhan hias murni. Bunga Ros sebagai tumbuhan hias ini sangat menarik pecinta tumbuhan.


Salah satu penanaman bunga Ros yang ditanam untuk keperluan komersial adalah bunga Ros yang ditanam untuk menjadi bibit parfum. Kebanyakan bunga Ros mekar dengan tampilan berwarna indah, seperti merah tua, pink, atau putih. Tumbuhan ini merupakan varietas bunga yang banyak menjadi penarik yang hebat untuk kupu kupu, lebah dan burung. Bagi kamu yang ingin punya kebun dengan banyak kupu kupu, lebah, dan burung maka tanamlah bunga Ros di pekarangan rumah mu.


Varietas bunga Ros yang populer seperti Knock Out, Kordana Series, Iceberg, Mister Lincoln dan Double Knock Out. Bunga ini cenderung membutuhkan perawatan yang normal dan sedang, sehingga orang awam pun pasti bisa merawatnya. Intinya perhatikan kualitas tanah, matahari, pH, dan air yang cukup untuk tumbuhan ini


3. Contoh Laporan Hasil Observasi Keindahan Alam


Taman Nasional merupakan kawasan pelestarian alam yang mempunyai ekosistem asli, dikelola menggunakan sistem zonasi untuk tujuan penelitian, ilmu pengetahuan, pendidikan, pembudidaya, melindungi hewan langka dan juga pariwisata

Salah satu yang terbaik di Indonesia adalah Taman Nasional Baluran yang merupakan perwakilan ekosistem hutan spesifik kering di Pulau Jawa. Taman ini terdiri dari tipe vegetasi savana, mangrove, hutan musim, hutan pantai, hutan pegunungan bawah, hutan rawa dan hutan yang selalu hijau sepanjang tahun

Koleksi tanaman didalam nya sekitar 444 spesies, seperti tanaman asli yang khas dan menarik bernama widoro bukol (Ziziphus rotundifolia), mimba (Azadirachta indica), dan pilang (Acacia leucophloea). Ketiga tanaman ini bisa beradaptasi dengan kondisi yang kering (masih kelihatan hijau), walaupun tanaman lainnya layu dan mengering

Tanaman seperti asam (Tamarindus indica), gadung (Dioscorea hispida), kemiri (Aleurites moluccana), gebang (Corypha utan), api-api (Avicennia sp), kendal (Cordia obliqua), manting (Syzygium polyanthum), dan kepuh (Sterculia foetida)

Terdapat dua puluh enam spesies mamalia seperti banteng (Bos javanicus javanicus), kerbau liar (Bubalus bubalis), ajag (Cuon alpinus javanicus), kijang (Muntiacus muntjak muntjak), rusa (Cervus timorensis russa), macan tutul (Panthera pardus melas), kancil (Tragulus javanicus pelandoc), dan kucing bakau (Prionailurus viverrinus)

Terdapat seratus lima puluh lima spesies burung seperti Layang-layang api (Hirundo rustica), tuwuk asia (Eudynamys scolopacea), burung merak (Pavo muticus), ayam hutan merah (Gallus gallus), kangkareng (Anthracoceros convecus), rangkong (Buceros rhinoceros) serta bangau tong tong (Leptoptilos javanicus)


4. Contoh Laporan Hasil Observasi Tentang Hewan


Kupu kupu termasuk dalam kingdom Animalia yang berarti anggotanya terdiri dari berbagai jenis binatang. Hewan ini masuk kedalam filum Arthropoda, yaitu filum yang anggotanya binatang berkaki beruas-ruas Kemudian dimasukkan ke dalam kelas Insecta yang bersayap (Pterygota).

Sayap kupu kupu sangat indah, ada berbagai jenis motif. Sayap nya termasuk sayap yang bersisik (Lepidoptera). Banyak orang yang terpesona dengan keunikan dari sayap ini, sehingga sering mengoleksi dan mengawetkannya untuk dijadikan hobi. Sayap kupu kupu bisa menjadi faktor pembeda varietasnya.

Kupu kupu mengalami metamorfosis. Untuk kelas Pterygota bisa dibedakan menjadi dua yakni Hemimetabola yakni serangga yang mengalami metamorfosis tidak sempurna. Sedangkan Holometabola yakni serangga yang mengalami metamorfisis sempurna.

Hewan ini masuk dalam kategori Holometabola karena mengalami metamorfosis sempurna dari ulat menjadi kupu kupu dengan tahapan yakni telur, larva (ulat), pupa dan imago.

Kupu kupu mempunyai fungsi di dalam ekosistem, seperti membantu tumbuhan melakukan penyerbukan. dan ada juga yang menghasilkan benang sutra, yakni Bombix Mori


5. Contoh Laporan Hasil Observasi Tentang Hewan Langka


Harimau Sumatra a(Panthera tigris sumatrae) adalah salah satu binatang yang dikategorikan hampir punah hingga saat ini. Binatang ini adalah predator penting yang bisa menjaga keseimbangan mata rantai makanan  dalam hutan di pulau Sumatra. Akibat berkurangnya jumlah hewan ini, berdampak terhadap peningkatan populasi Babi Hutan  yang bisa menjadi hama bagi masyarakat.


Harimau Sumatra mempunyai warna gelap diantara semua subspesies harimau lainnya di dunia. Pola hitamnya lebar dan jaraknya rapat dan dempet. Belang harimau jenis ini lebih tipis dibanding subspesies harimau lain. Mereka memiliki lebih banyak janggut dan bulu, terutama jenis kelamin jantan.  Selaput di sela jarinya menjadikan mereka mampu berenang. Harimau sumatra bisa beraktifitas dimalam hari.


Harimau Sumatra adalah jenis satwa soliter, yaitu mereka sebagian besar hidup menyendiri, kecuali selama musim kawin dan memelihara anak nya. Ukuran tubuh Harimau yang jantan bisa mencapai 2,2 – 2,8 meter, sedangkan betina sampai 2,15 – 2,3 meter. Tinggi diukur dari kaki ke tengkuk sekitar 75 cm, ada juga yang mencapai 80 – 95 cm, dan berat 130 – 255 kilogram


6. Contoh Laporan Hasil Observasi Sampah


Sampah merupakan sekumpulan material yang sudah tidak terpakai lagi (tidak berguna) dibuang oleh pemiliknya karena tidak memiliki manfaat. Sampah dianggap sebagai material yang tidak bernilai, tetapi sebenarnya masih bisa dimanfaatkan dan memiliki nilai ekonomis kalau dikelola dengan cara yang baik dan tepat.

Pengolahan sampah harus dimulai dari kesadaran masyarakat dalam memilah sampah. Sampah yang dibuang harus dipilah, sehingga tiap bagian dapat dikelompokkan secara optimal, daripada dibuang ke Tempat Pembuangan Sampah (TPS) yang tercampur seperti yang ada saat ini.

Sampah anorganik lebih sulit dan beragam dalam hal pengolahannya dibandingkan dengan sampah organik, karena umumnya bahan bahan yang terkandung didalamnya sangat bervariasi, umumnya didomunasi oleh plastik, kaleng, besi, kain, alumunium, cat, dan zat zat kimia olahan pabrik lainnya. Dan masing masing butuh pengolahan yang berbeda pula

Pengolahan sampah organik umumnya lebih mudah dibandingkan dengan pengolahan sampah anorganik. Karena memang bahan dan waktu penguraiannya relatif lebih mudah untuk bahan organik.

Penanganan sampah organik menjadi hal paling penting dari sistem penanganan sampah selama ini. Sampah organik bisa dijadikan sebagai pupuk kompos, vermi-kompos (pengomposan dengan cacing) dan dijadikan sebagai makanan ternak untuk mengembalikan nutirisi yang ada ke tanah

Kamu bisa baca : Laporan Hasil Observasi Tentang Sampah dan Pengolahannya Selengkapnya DISINI


7.Contoh Laporan Hasil Observasi Kesenian Wayang


Wayang Orang Ngesti Pandowo adalah ikon kebudayaan Kota Semarang. Kelompok kesenian ini mengalami kejayaan di pertengahan 1950-an hingga dekade 1980-an, ketika masih menempati Gedung GRIS di Jl Pemuda. Sekarang, Ngesti Pandowo menggelar pementasan berkala di Gedung Ki Narto Sabdho, kompleks Taman Budaya Raden Saleh, Semarang, setiap sabtu malam

Selain melakukan Pagelaran Wayang orang, mereka juga menjalankan visinya mengenalkan seni budaya kepada masyarakat khususnya milenial dengan mengadakan acara seperti musikalisasi puisi, pentas teater, motivator khususnya anak muda mengenai semangat hidup

Ngesti Pandowo turut memberikan sempatan bagi setiap orang yang ingin bergabung dalam kelompok ini karena para senior juga sudah tidak memiliki usia yang produktif lagi. Ini juga perlu untuk melakukan regenerasi, karena warisan budaya Wayang Orang akan hilang apabila tidak adanya para penerus.

Anggota Ngesti Pandowo mencakup karyawan, mahasiswa, pelajar dan ada para juga pejabat seperti walikota. Mereka sering menyempatkan waktu untuk bermain bersama anggota Ngesti Pandowo yang lain


8. Contoh Laporan Hasil Observasi Wakaf


Di desa Aek Tuhul terdapat dua masjid yang pertama masjid Al Jannah dan masjid Al Kautsar, tiga mushola yaitu mushola Baiturrahman, Al Jannah dan Nurul Huda. Semua tempat ibadah itu didirikan diatas tanah wakaf. Kedua masjid ini sudah didaftarkan ke KUA kecamatan Padangsidimpuan.

Untuk mushola, hampir semuanya sudah didaftarkan, mushola yang sudah didaftarkan hanya mushola Baiturrahman. Selain wakaf yang difungsikan untuk bangunan di desa Aek Tuhul juga ada wakaf yang digunakan untuk kepentingan tanah produktif.

Jadi tanah wakaf di desa Aek Tuhul didominasi oleh wakaf konsumtif yaitu untuk pembangunan masjid dan mushola serta demi pembangunan Taman Pendidikan Qur’an sebanyak 12 tempat dan wakaf tanah produktif hanya ada di 2 tempat


9. Contoh Laporan Hasil Observasi Kebudayaan


Upacara Naik Dango Suku Dayak Kalimantan Barat merupakan kegiatan ritual Suku Dayak yang merupakan aktifitas panen padi sebagai ungkapan rasa syukur masyarakat Dayak kepada Nek Jubata (Sang Pencipta) terhadap hasil yang sudah diperoleh mereka dari alam.

Upacara ritual pesta padi ini dilakukan secara rutin setiap tahun dan bergiliran di Kabupaten dan Kota sekitar Kalimantan Barat. Melalui kegiatan ini diharapkan dapat melestarikan seni budaya Dayak yang memang punya beranekaragam pesona dalam bingkai kekayaan Nusantara

Naik Dango merupakan satu-satunya budaya Dayak Kendayan yang dilakukan rutin setiap tahun. Ada acara inti yang dinamakan “nyangahathn” yang hanya berlangsung satu hari saja tetapi karena juga menampilkan berbagai budaya tradisional seperti upacara adat, permainan tradisional dan bentuk kerajinan tangan, menjadikan acara ini berlangsung selama satu minggu

Upacara ini adalah bentuk perkembangan lebih lanjut dari pergelaran kesenian Dayak yang diselenggarakan oleh Sekretariat Bersama Kesenian Dayak (SEKBERKESDA). Hal ini dipengaruhi oleh semangat ucapan syukur kepada Jubata yang dilaksanakan Masyarakat Dayak Kendayan di Menyuke setiap tahun seusai panen padi selesai.


10. Contoh Laporan Hasil Observasi Minuman


Minuman instan merupakan segala jenis cairan yang bisa konsumsi dan menghilangkan rasa haus, berbentuk cair dan dapat dibedakan berdasarkan khasiatnya sebagai obat atau tidak, pewarna, dan produksi yang menghasilkan minuman tersebut.

Minuman instan terdapat yang berkhasiat dan ada juga hanya sebagai penghilang haus. yang berkhasiat bagi tubuh dapat dibuat sendiri, dibuat dari sayur, buah, rimpang rimpangan dan bahan herbal lain yang di blender dan menghasilkan jus.

Jus inilah yang banyak mengandung vitamin dan serat yang baik untuk tubuh. Minuman ini bermanfaat bagi daya tahan

Kembali ke jenis minuman instan yang hanya menghilangkan rasa haus, bisa dikategorikan yaitu air putih dalam kemasan, minuman bersoda, minuman teh, minuman berwarna dan berperasa lainnya yang diminum dalam keadaan haus dan tidak mengandung vitamin dan serat.

Pewarna buatan sering diberikan untuk menghasilkan warna minuman yang menarik. Pewarna yang terbuat dari bahan kimia dan bahan alami yang diproses secara kimiawi, seperti pewarna tartrazin yang menghasilkan warna kuning. Digunakan untuk minuman yang diproduksi massal di pabrik

Minuman instan produksi pabrik apabila dilihat dari kemasan tentunya lebih menarik. Ada nama pabrik dan kode produksinya, juga tanggal kadaluarsa, dan bar kode untuk penjualan. Sedangkan minuman instan produksi rumahan, kemasannya sederhana, tidak ada bar kode dan jarang menampilkan tanggal kadaluarsa pada kemasan

Baca juga : Laporan Hasil Membuat Tape Singkong dan Tape Ketan


Kata Penutup


Adanya tugas untuk menulis teks hasil laporan observasi dari setiap Kegiatan praktikum di kelas menjadikan siswa lebih memahami materi pembelajaran ketimbang selalu berkutat dengan teori dan buku pelajaran. Ini juga bisa meningkatkan daya analisis dan pemikiran kritis yang akan berguna ketika memasuki dunia kerja nantinya.

Semoga materi dari beberapa contoh teks laporan hasil observasi di atas bisa bermanfaat untuk teman-teman para pengunjung kosngosan setia. Apabila kalian merasa pembahasan kali ini bermanfaat silahkan tekan tombol share dan bagikan ke teman-teman media sosial lainnya, terimakasih!
By

0 Response to "10 Teks Laporan Hasil Observasi Praktikum Sekolah Lengkap"

Post a Comment

head ads

inline ads

inline ads 2

bottom ads