Bocoran Pertanyaan & Jawaban Interview Kerja Perusahaan Bagi Pemula

Bagaimana cara terbaik untuk menjawab setiap pertanyaan HRD pada saat interview seleksi kerja berlangsung? Salah satunya adalah dengan mempelajari berbagai pertanyaan yang umum diajukan oleh mereka. Kamu bisa temukan daftar pertanyaan tersebut di postingan kosngosan kali ini. Penasaran? yuk simak pembahasannya dibawah

pertanyaan wawancara kerja

Interview kerja di pt atau perusahaan merupakan salah satu tahapan krusial yang harus kamu lalui apabila ingin diterima sebagai karyawan. Ada begitu banyak cara yang bisa kamu terapkan dalam menjawab dan menghadapi setiap pertanyaan dalam wawancara ini.

Dan tentunya dibutuhkan kepercayaan tinggi untuk menghadapinya. Untuk meyakinkan seorang HRD atau pemilik perusahan mengenai kemampuanmu, sobat kosngosan harus mempersiapkan jawaban yang tepat atas Pertanyaan wawancara umum yang terkadang bisa menjadi bagian tersulit karena cenderung tidak spesifik dan bersifat terbuka.

Baca juga : Tips Berburu Pekerjaan Sesuai Minat dan Bakat

Persiapan wawancara terbaik tidak dimulai sehari sebelum wawancara, namun yang terbaik adalah mempersiapkan diri sesaat setelah kamu sudah menjatuhkan lamaran pada perusahaan tersebut. Apa yang harus kamu persiapkan sehari sebelum wawancara dimulai? Berikut adalah beberapa tahapan nya :

Mempelajari perihal pekerjaan, resume dan surat lamaran yang kamu kirim untuk posisi ini. Buat dua salinan masing-masing - satu untuk referensi mu sendiri dan cadangan jika diperlukan.

Mempelajari profil dari situs web perusahaan. Tujuan mu kali ini adalah terutama jika kamu merasa tidak siap. Kamu bisa fokus pada bagaimana dirimu akan menjawab pertanyaan tentang mengapa kamu ingin bekerja untuk perusahaan ini, dan mengapa sobat kósngosan harus dipekerjakan.

Memastikan kamu membuat 3-5 pertanyaan umum yang sering dipertanyakan yang ingin kamu jawab dan memasukkannya kedalam catatan. Idealnya, ini adalah pertanyaan yang kamu kuasai selama persiapan.

Oke, berikutnya bila ternyata kamu adalah seorang fresh graduate dan baru menghadapi interview untuk pertama kalinya, maka hal yang pertama kamu persiapkan adalah mental dan penampilan.

Bagi pemula seperti sobat kosngosan, harus memiliki mental yang kuat dalam menghadapi dan bertatap wajah dengan pewawancara. Selain itu pakailah pakaian formal yang rapi dan mengesankan bahwa sobat kosngosan benar benar serius untuk menginginkan pekerjaan ini.

daftar pertanyaan interview kerja

Daftar pertanyaan wawancara dan jawaban yang tepat


1. Coba kamu perkenalkan dirimu secara singkat


Ini adalah pertanyaan pertama yang biasanya diajukan oleh pihak HRP perusahaan kepada para calon karyawannya. Nantinya ini bisa dijadikan dasar seberapa bagus kepercayaan diri seseorang.

Pada kesempatan ini sobat kosngósan bisa menceritakan apa yang sudah dan belum kamu tulis dalam CV, seperti misalnya prestasi, pencapaian terbaik dan keunggulan dalam berbagai hal lain yang dapat memberikan kesan positif dan tentunya berhububungan dengan pengalaman atau keahlian kerja yang gemilang.

2. Berikan alasan mengapa kami harus memperkerjakan kamu di sini


Pada kesempatna kali ini kamu harus menjelaskan keunggulan mu yang bisa sangat berkontribusi kepada pekerjaan mu nantinya. Jelaskan hal yang benar – benar ada dalam diri mu dan jangan pernah membual. Karena hal ini akan merugikan kamu nantinya apabila diterima di posisi tersebut.

Jangan juga memberikan jawaban yang muluk dan terkesan bertela-tele karena akan memberikan gambaran bahwa sobat kosngosan adalah seorang yang angkuh, tidak jujur, dan berlebihan. Berikan alasan logis yang memang enak didengar dan terkesan alamiah.

3. Bagaimana visi dan tujuan kamu dalam beberapa tahun ke depan


Kesempatan ini adalah saat yang tepat untuk berbagi tujuan dan cita cita yang selama ini kamu ingin raih bersama perusahaan tersebut. Jawaban yang membuat pihak perusahaan yakin memilih kamu adalah pernyataan yang visioner dan luar biasa tetapi dalam konteks yang realistis.

Ini akan memberikan poin lebih disaat kamu mengemukakanya dengan lugas dan penuh percaya diri. Sebagai contoh kamu ingin berkarier dan bekerja untuk meraih omset penjualan 100% lebih tinggi untuk tahun kedua kamu bekerja dan sebagainya.

4. Apa kelebihan dan kelemahan yang kamu punya


Kesempatan kali ini sebenarnya untuk menguji seberapa jujur kamu, seberapa besar persentase kamu bisa mengetahui kemampuan dirimu sendiri dan seberapa yakin sobat kosngosan dengan kemampuan yang kamu punya. Intinya berikan point kelebihan kamu yang akan membangun perusahaan nantinya. Dan juga berikan point kelemahan kamu yang diikuti sikap upaya untuk memperbaikinya.

Jangan memberikan jawaban kelemahan dalam bentuk yang detail dan teknis seperti saya seorang pemalas, atau saya seorang pelupa, tapi berikan dalam konteks yang bisa dijadikan sebagai pemicu kepada hal yang lebih positif seperti saya seorang yang selalu gelisah bila tidak mengerjakan tugas tepat waktu, saya seorang yang tidak suka pekerjaan yang tidak terstruktur dan lainnya kemudian ikuti dengan pernyataan bahwa kamu akan berjanji untuk memperbaiki kelemahan tersebut.

5. Apa alasan kamu berhenti dari pekerjaan sebelumnya


Kesempatan ini adalah untuk membuktikan bahwa kamu tidak ada masalah serius dengan perusahaan sebelumnya. Jangan pernah menyalahkan pihak perusahaan sebelumnya, misal kondisi kantor, pimpinan yang tidak becus atau teman kerja yang membosankan.

Berikan jawaban yang HRD inginkan seperti saya berhenti dari perusahaan lama untuk mengembangkan karir saya. Karena perusahaan lama tidak secara maksimal menggali potensi yang saya punya. Saya ingin memulai sesuatu yang baru, menantang dan sesuai dengan kemampuan yang saya punya dan saya rasa atau saya pikir perusahaan ini bisa mewujudkan itu.

Bagi kamu yang seorang fresh graduate, mungkin pertanyaan ini adalah beban. Katakan saja meskipun belum memiliki pengalaman, setidaknya saya akan bersikap loyal kepada perusahaan dan menikmati pekerjaan saya.

6. Berapa gaji yang kamu harapkan


Ini adalah pertanyaan yang mengukur seberapa besar kualitas dan harga mu bagi perusahaan yang baru. Tentunya sobat kosngosan harus bisa menyesuaikan seberapa tinggi keterampilan dan keahlian yang kamu miliki dengan gaji yang sobat kosngòsan minta

Jangan nanti kamu adalah seorang fresh graduate namun meminta gaji yang tinggi. Untuk fresh graduate Mungkin kamu bisa minta gaji UMR. Dan untuk kamu yang berpengalaman bisa meminta gaji lebih tinggi dibandingkan dengan gaji di perusahaan lama

7. Apakah kamu suka bekerja dalam tim atau individual


Umumnya perusahaan lebih menyukai dia yang mampu bekerja dalam tim dan solid. Walaupun Terkadang ada pekerjaan yang membutuhkan penyelesaian secara Individual. Berikanlah jawaban yang plexibel bahwa kamu bisa bekerja dalam individu dan tim serta memberikan yang terbaik untuk keduanya

8. Bagaimana kamu menghadapi masalah dan kritikan


Untuk menghadapi masalah sangat berbeda dengan menghadapi kritik. Kamu bisa menjawab apabila untuk menghadapi masalah dan menyelesaikannya Kamu akan selalu memberikan yang terbaik untuk menyelesaikan masalah yang kamu hadapi

Sementara untuk menghadapi kritik kamu bisa lebih bijak dan memfilter atau memilih kritik mana yang membangun dan kritik yang tidak membangun. Persamaannya adalah kamu harus sama-sama bersikap fleksibel dan memberikan all out

9. Apakah kamu bersedia lembur


Tentu saja setiap perusahaan sangat menginginkan karyawannya untuk bekerja lembur dan memberikan all out untuk pekerjaannya. Di sini kamu harus menjawab sebijaksana mungkin untuk bersedia bekerja lembur asalkan diberikan honor sesuai dengan output yang kamu sudah hasilkan

10. Apakah kamu siap ditempatkan di berbagai cabang perusahaan


Pertanyaan terakhir yang bisa kamu hadapi adalah apakah sobat kosngosan bersedia untuk ditempatkan di berbagai daerah di kantor cabang perusahaan tersebut. Tentu saja Ini Membutuhkan loyalitas, apabila kamu mendapatkan penempatan di daerah yang terpencil, kamu bisa saja menolak Tawaran kerja tersebut

Namun untuk lebih amannya kamu bisa menjawab untuk bersedia ditempatkan dimana saja, dan selama kamu mendapatkan tempat yang sesuai maka kamu tidak ada masalah. Namun apabila tempat tersebut terlalu terpencil kamu bisa mengundurkan diri dan mencari pekerjaan lain

Baca juga : Tips mencari kerja online dan membangun jaringan

Demikian postingan mengenai Pertanyaan interview pt perusahaan dan jawabanyang tepat kali ini, semoga bisa bermanfaat bagi kamu yang akan menghadapi test interview. Semoga berhasil dan diterima kerja sesuai dengan keinginan kamu. Bagikan tulisan ini ke teman2 mu yang lain.
By

0 Response to "Bocoran Pertanyaan & Jawaban Interview Kerja Perusahaan Bagi Pemula"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel