Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

15 Outfit Pakaian Interview Kerja yang Disukai HRD

Apa saja rekomendasi outfit yang bisa dikenakan ketika mengikuti proses wawancara kerja untuk pria atau wanita? Mendapatkan undangan interview kerja memang menjadi dambaan bagi kebanyakan orang, terutama bagi fresh graduate. Oleh karena itu, jika kamu termasuk salah satu orang yang beruntung dalam hal ini, jangan menyia – nyiakan kesempatan dan kenakanlah pakaian yang terbaik dalam segi penampilan.

Selain harus menjawab berbagai pertanyaan yang diajukan, tentu kamu juga harus mempersiapkan look-mu dengan sebaik mungkin. Pakaian saat melamar kerja tidak harus mahal, tetapi harus terlihat serasi dan tidak norak. Jangan sampai sobat kosngosan salah kostum dan malah membuat citra dirimu rusak pada pertemuan pertama.

Untuk membuat para HRD atau pewawancara menjadi terkesan dan memberikan penilaian yang baik atau penampilan kamu, maka usahakan mengenakan outfit yang maksimal. Kamu bisa menyesuaikan pakaian dengan jenis perusahan, baik itu perusahaan formal (seperti bank, pabrik, dll) maupun non-formal.


Outfit Pakaian Interview Kerja

contoh outfit pakaian interview kerja

Sebab seperti yang kita ketahui, penampilan merupakan pencerminan atas diri kamu sendiri. Look juga bisa meningkatkan motivasi kerja saat interview, lho! Jadi, usahakan memberikan yang terbaik pada first impression, ya!

Khusus buat wanita yang berhijab, kenakanlah pakaian yang sopan dan tidak nge-press. Kamu bisa baca beberapa saran outfit atau pakaian interview kerja yang bisa dipadukan dengan hijab atau jilbab dibawah ini.

Berikut beberapa rekomendasi outfit interview kerja dari kosngosan.com yang bisa jadi inspirasi bagi pria dan wanita :


1. Pakaian Kemeja

Sebenarnya datang ke tempat interview kerja dengan menggunakan kemeja yang simple dan rapi saja sudah cukup.

Kita pun sudah bisa menjumpai banyak sekali calon karyawan yang menggunakan outfit jenis ini. Yang perlu dipastikan adalah, kondisi kemeja harus rapi, setrikalah terlebih dahulu supaya tidak kusut. Sobat kosngosɑn juga bisa menambahkan aksesoris penunjang supaya lebih stylish.


2. Pakaian Batik

Kalau kamu bingung mau memakai baju jenis apa lagi, mungkin pakaian batik bisa menjadi alternatif yang baik. Gunakan bawahan celana panjang bagi pria atau rok span bagi wanita. Jangan lupa juga untuk menyisir rambut agar terlihat lebih rapi dan percaya diri.

Hindari memilih pakaian batik dengan warna yang terlalu mencolok. Kamu bisa minta saran atau pendapat dari teman – temanmu agar lebih yakin dan menemukan pilihan yang terbaik.


3. Pakaian Jas Dengan Dasi

Gunakan jas yang sudah dilengkapi dengan atribut dasi supaya terlihat lebih rapi dan terkesan professional. Untuk bagian dalam jas, kamu bisa menggunakan kemeja dengan warna netral.

Usahakan mengenakan jas dengan ukuran yang pas, yakni tidak kecil dan tidak juga kebesaran, jadi lebih nyaman ketika dilihat. Untuk bawahan, kamu bisa menggunakan celana dengan warna senada. Hindari mengenakan celana denim atau jeans saat interview kerja karena menimbulkan kesan yang kurang sopan.


4. Bawahan Rok Atau Celana Panjang

Untuk wanita, kamu bisa menggunakan bawahan dengan jenis rok atau celana panjang. Jangan mengenakan bawahan yang terlalu ketat supaya etika dan nilai – nilai kesopanan dapat tetap terjaga dengan baik.

Gunakan bahan celana atau rok yang nyaman dan mampu menyerap keringat supaya ketika dipakai dapat mencegah gerah atau kepanasan. Pastikan juga ukuran bawahan pas, tidak terlalu sempit ataupun kebesaran.


5. Atasan Blouse

Blouse juga menjadi ide outfit yang cukup baik digunakan sebagai atasan saat interview kerja. Padukan blouse yang bermotif polos atau simple dengan bawahan rok.

Sobat kosngosan juga bisa menggunakan celana panjang supaya lebih leluasa. Kombinasi keduanya juga sama – sama bagus untuk dikenakan karena masih menghadirkan kesan yang santai, kalem dan formal.


6. Blazer Berwarna Gelap

Blazer sangat cocok dipilih untuk kamu yang ingin terlihat anggun namun tetap modis dalam waktu yang bersamaan. Model blazer ada banyak sekali namun sebaiknya pilihlah yang warna gelap agar lebih aman.

Kamu bisa memadukan blazer warna gelap dengan celana panjang, dengan bagian dalam blazer diberi blouse atau kemeja. Jangan memakai blazer dengan motif yang terlalu banyak dan warna yang mencolok. Tambahkan juga beberapa aksesori sederhana agar terlihat makin cantik.


7. Dress Terusan Formal

Tidak ada salahnya untuk mengenakan dress saat wawancara kerja. Namun jangan memilih dress yang terlalu ketat dan membentuk lekuk tubuh agar tetap dinilai sopan.

Sebaiknya pilihlah jenis dress yang berlengan panjang dengan warna yang soft atau kalem. Padukan dengan sepatu dan tas dengan warna yang senada juga.


8. Atasan Kemeja Asimetris

Jika kamu ingin tampil sopan dan bergaya maka gunakan jenis kemeja asimetris dengan warna yang netral dan tidak terlalu mencolok. Untuk bawahannya, kamu bisa menggunakan celana panjang.

Kalau sobat kosngosɑn mengenakan pakaian tertutup dan berhijab, gunakan kerudung dengan warna yang menyesuaikan juga agar tetap terlihat anggun dan tidak kaku.


9. Bawahan Hitam Dengan Kemeja Putih

Banyak sekali jenis perusahaan yang mensyaratkan calon karyawannya untuk menggunakan setelan hitam putih di hari interview kerja mereka.

Hal tersebut karena pakaian ini dinilai terlihat lebih rapi dan professional. Kamu bisa menambahkan jam tangan atau tas dengan model simple untuk menghadirkan kesan stylish dan elegan.


10. Blouse Atau Kemeja Simple Dengan Bawahan Kulot

Celana kulot dengan motif polos juga menjadi pilihan outfit yang cukup baik dipakai saat rekrutmen kerja. Tapi sebelum itu, pastikan bahwa bahan kulot yang kamu kenakan tidak terbuat dari jeans atau memiliki warna yang terlalu mencolok ya.

Untuk bagian atasan, kamu bisa menggunakan blouse dengan motif simple dan berkerah supaya terkesan sederhana namun modis.


11. Kemeja Simple Dengan Rok Plisket

Bagi kamu yang berhijab, menggunakan rok plisket sebagai bawahan juga merupakan ide yang bagus. Padukan dengan kemeja polos atau corak yang simple dengan warna – warna yang soft.

Gunakan hijab dengan warna yang senada pula. Namun, untuk jenis outfit ini sepertinya lebih cocok digunakan di lingkungan kerja atau perusahan yang santai.


12. Gunakan Cardigan

Selain jas, cardigan juga bisa menjadi pelengkap yang baik untuk outfit apapun termasuk saat interview kerja. Pakaian ini menimbulkan kesan yang professional dan rapi ketika seseorang mengenakannya.

Untuk warna cardigan sendiri, pilihlah warna – warna yang netral atau kalem. Misalnya seperti abu – abu, hitam, navy atau putih.


13. Tie Neck Blouse dan Straight Leg Pants

Kalau kamu memiliki atasan blouse dengan tipe tie neck maka kamu bisa memadukannya dengan straight leg pants yakni jenis celana dengan potongan pinggang yang tinggi sehingga mampu memberikan kesan yang jenjang dan slim saat dipakai.

Kombinasi outfit ini juga cukup bagus dipilih karena menghadirkan aura yang formal dan stylish di waktu yang bersamaan. kamu juga bisa menambahkan flat shoes berwarna netral supaya dapat tampil lebih percaya diri.


14. Straight Wide Pants Dengan Atasan Ruffle Blouse

Kalau kamu bosan jika melulu menggunakan kemeja putih yang itu – itu terus, maka cobalah mengenakan blouse dengan model ruffle dengan detail vintage yang menawan.

Untuk bawahannya kamu bisa menggunakan straight wide pants atau kulot polos berwarna hitam. Padukan aksesoris berupa tas simple, anting dan kalung supaya lebih stylish. Untuk sepatu, kamu bisa memilih ankle boots berwarna putih supaya terlihat lebih anggun dan tinggi.


15. Shirt Warna Netral Dengan Pencil Skirt

Ide outfit yang terakhir adalah dengan menggunakan atasan shirt warna netral, seperti hitam dan putih dengan pencil skirt dengan warna yang senada.

Jika kamu mampu menyatukan setelan busana tersebut dengan tepat, maka outfit ini akan terlihat seperti dress yang simple dan modis. Untuk pelengkap, gunakan high heels berwarna hitam dan perhiasan yang secukupnya agar tidak terlihat berlebihan.

Baca juga : Larangan Saat Wawancara Kerja yang Harus Dihindari


Bagian Konklusi

Interview atau wawancara kerja adalah hal yang krusial, dan menjadi momen penting penentuan diterima atau tidaknya kamu dalam suatu proses perekrutan. Jadi sobat kosngosan bukan hanya sekadar datang, lalu menjawab pertanyaan pewawancara.

Penting sekali untuk memperhatikan outfit dan penampilanmu supaya menjadi salah satu dari nilai tambah. Jadi pastikan kamu sudah membaca beberapa rekomendasi outfit dari kami ya.

Supaya kamu bisa mengikuti interview dengan baik dan benar. Jangan lupa untuk klik tombol share dan bagikan artikel ini ke sosial media kalian masing masing

Oleh rezaharahap