Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Contoh surat keterangan pernah mengajar guru format doc

Kamu sedang mencari contoh surat keterangan pernah mengajar di sekolah? Mengajar merupakan salah satu kegiatan yang memberikan dan mentransfer ilmu pengetahuan kepada anak didik.

Pengertian mengajar secara sederhana ini kemudian dikembangkan lagi menjadi lebih detail menurut para ahli. Mengajar adalah proses menyampaikan pengetahuan, keterampilan, atau nilai kepada seseorang atau sekelompok orang dengan tujuan untuk membantu mereka belajar dan meningkatkan keterampilan mereka.

Ini dapat dilakukan melalui berbagai metode, seperti percakapan, demonstrasi, atau latihan. Mengajar dapat dilakukan dalam berbagai setting, seperti sekolah, universitas, atau lingkungan kerja. Adapun tujuan mengajar yang sebenarnya adalah untuk memajukan pendidikan dan kesejahteraaan.

Mengajar secara formal dilakukan oleh profesi yang kita sebut sebagai guru. Untuk melamar menjadi guru di institusi pendidikan formal seperti sekolah atau perguruan tinggi, maka biasanya pelamar diharuskan untuk membuat surat keterangan berupa pernah mengajar sebagai salah satu bukti pengalaman mengajar.

Kamu bisa mendapatkan contoh surat keterangan pernah mengajar dalam format doc atau word dibawah ini. Download dan edit dokumen yang mimin berikan, kemudian print dan jadikan sebagai pelengkap lamaran mu di lembaha formal seperti sekolah misalnya.

Selain berguna untuk melamar pekerjaan guru di sekolah, surat keterangan ini juga menegaskan bahwa kamu sudah pernah dan memiliki pengalaman mengajar, sehingga bisa meyakinkan pihak sekolah baru untuk menerima mu mengajar di sekolah mereka.

Baca juga : Contoh Surat Keterangan Kerja untuk Kuliah


Contoh Surat Keterangan Pernah Mengajar

contoh surat keterangan pernah mengajar

Bagaimana pengalaman mu ketika pertama kali mengajar? Pada awal mula mengajar, tentunya akan terasa sangat kikuk dan malu bukan? mungkin kamu juga masih ragu dengan kemampuan dirimu sendiri dalam menerangkan materi pelajaran.

Namun seiring bertambahnya waktu dan bertambah pula jam mengajar, kamu sudah pasti menikmati setiap proses yang ada di dalam kelas mulai dari memberikan penerangan materi hingga memberikan tugas kepada murid murid.

Contoh surat keterangan mengajar di sekolah


Kepada yang terhormat, [Tujuan surat]

Saya yang bertanda tangan di bawah ini, [Nama Lengkap], dengan ini memberikan keterangan bahwa saya pernah mengajar di [Nama Sekolah], sebagai [Jabatan/Guru Matapelajaran], pada periode [Tanggal Mulai] hingga [Tanggal Selesai].

Selama mengajar di sekolah tersebut, saya telah memberikan kontribusi yang signifikan dalam meningkatkan prestasi siswa dan mengembangkan kurikulum sekolah. Saya juga aktif dalam kegiatan ekstrakurikuler dan kerja sama dengan orang tua siswa.

Saya memberikan keterangan ini dengan sebenarnya dan tanpa adanya paksaan.

Hormat saya,
[Nama Lengkap]


Contoh surat keterangan pernah mengajar dibuat oleh kepala sekolah


SURAT KETERANGAN

Nomor: 09.xx/SKet.425/SAB/VI/20xx

Yang bertanda  tangan di bawah ini :

  • Nama : Butet Siregar, S.E.
  • Jabatan : Kepala Sekolah
  • Alamat : Perum. Gading Fajar 2 blok B1 – B3 Sidoarjo

Menerangkan dengan sebenarnya bahwa :

  • Nama : Ucok Marpaung, S.Pd.
  • Jabatan : Guru
  • Alamat : Dusun Jambe Desa Banjarkemantren, RT 04, RW 02, No. 21, Amplas, Medan

Adalah benar-benar telah bekerja sebagai guru di SD Islam Kosngosan terhitung  1 Januari 20xx s.d. 1 Juni 20xx

Selama bekerja yang bersangkutan mempunyai prestasi yang baik, dan tidak  pernah terlibat dengan perbuatan yang melanggar hokum.

Demikian surat keterangan ini dibuat untuk dipergunakan sebagaimana mestinya.


Medan, 1 Juni 20xx


Butet Siregar, S.E.

Kepala Sekolah


Baca juga : Contoh Surat Izin Sekolah 


Download surat keterangan pernah mengajar di sekolah format docx word


Nah kalau sobat kosngosan ingin mengedit surat keterangan pernah mengajar di sekolah dengan format word atau docx yang bisa diedit, Berikut adalah contoh surat keterangan pernah mengajar yang mimin berikan :




Untuk mendownload atau mengunduh file diatas, kamu bisa mengklik tautan download contoh surat keterangan pernah mengajar format doc disini.

Format diatas memang terlihat berantakan karena diembed atau disematkan dari google docs, untuk tampilan sebenarnya tetap terlihat rapi. Silahkan lihat preview surat keterangannya nya dengan klik tautan download diatas. Format doc ini dibuat versi terbaru, support untuk word 2010, 2013 dan 2016.

Penting :

Sebelum kamu download file nya, kamu akan diarahkan pada halaman safelink. Tunggu 5 detik hingga tombol download muncul. Kemudian kamu akan diarahkan ke halaman download google drive.


Kesimpulan


Menjadi guru memang tidak mudah, namun juga tidak sulit. Diperlukan pendekatan emosional terhadap anak didik agar materi yang disampaikan bisa diterima dengan baik. 

Bila guru mendapatkan feel mengajar, maka mereka akan menikmati suasana belajar. Sehingga dapat direspon positif oleh para orang tua yang mempercayakan pendidikan anaknya kepada guru dan sekolah.

Demikian pembahasan mengenai contoh surat keterangan pernah mengajar format doc kali ini, semoga file diatas bisa bermanfaat buat kamu yang sedang mencari contoh surat tersebut. Selamat mengajar dan jangan lupa untuk menikmati proses transfer ilmu tersebut!
Reza Harahap
Reza Harahap Reza Harahap adalah owner kosngosan. Suka belajar bisnis, finansial, ekonomi, pendidikan dan pekerjaan. Sembari membagikan ide usaha untuk entrepreneur. Blog ini berisi rencana bisnis, strategi investasi, persiapan keuangan dan lainnya