Contoh Surat Dinas Sekolah untuk SD, SMP, SMA dan Cara Membuatnya

Kamu butuh surat dinas untuk keperluan sekolah? jenis surat resmi ini adalah salah satu syarat untuk bepergian atas nama institusi pendidikan, termasuk untuk sekolah tingkat dasar, pertama dan menengah. Ketika ada kegiatan yang mengharuskan perwakilan dari sekolah untuk bepergian jauh, maka legalitas atau izin ini sangat diperlukan.

contoh surat dinas sekolah

Kamu perlu tahu mengenai definisi dari surat dinas. Apa itu surat dinas? Surat dinas adalah salah satu jenis surat resmi yang dikeluarkan oleh institusi tertentu untuk keperluan formal seperti perjalanan suatu perwakilan yang mewakili institusi terkait

Dalam hal ini kita membicarakan mengenai surat dinas sekolah, maka surat resmi yang dikeluarkan oleh sekolah sebagai salah satu institusi pendidikan resmi. Surat ini tidak bisa dikeluarkan sembarangan, karena membutuhkan nomor surat.

Baca juga : Contoh Surat Pindah Sekolah dan Cara Membuatnya

Karena termasuk salah satu jenis surat resmi maka penulisan surat dinas haruslah mengedepankan format dan tata cara penulisan dari surat resmi yaitu menggunakan kop surat, serta sobat kosngosan harus menggunakan kata yang sesuai dengan kata formal dan EYD.

Apa fungsi surat dinas? Ketika kita berbicara mengenai surat pindah sekolah maka fungsinya bisa jadi sebagai bukti legalitas terhadap aktivitas resmi seorang guru, kepala sekolah atau pihak lain seperti mengadakan perjalanan, izin proyek dan sebagainya

Fungsi lain surat dinas sekolah juga sebagai alat pengingat baik kepada pihak tujuan penerima surat atau pemberi surat, karena memang surat ini harus diarsipkan, setelah kegiatan selesai dilakukan.

Sobat kosngosan perlu mengetahui mengenai ciri dari surat dinas yang membedakannya dengan surat formal lain seperti memiliki stempel atau cap dari instansi yang terkait (dalam hal ini sekolah), memiliki kop surat, nomor surat dan menggunakan bahasa baku.

surat

Cara Membuat Surat Dinas Sekolah


1. Membuat lembar kerja baru


Seperti biasa saat membuat surat dinas baru, membuka ms word kemudian mengatur tata letak dengan margin 3-3-3-4, font times new roman atau arial dengan ukuran font standar sebesar 12. Berikan nilai 0 pada after dan before spacing-nya. Kasih space 1.5 atau 1 saja.

2. Bagian kepala surat dinas


Bagian ini berada paling atas pada surat resmi. Dalam kepala surat terdapat logo, nama, alamat dan kontak dari lembaga pendidikan sekolah yang bersangkutan.

3. Tanggal Surat


Pada bagian tanggal surat terdiri atas nama tempat dan tanggal dimana surat tersebut dibuat. Hal ini penting untuk membantu penerima surat mengetahui kapan surat tersebut dibuat, dan kapan kadaluarsanya

4. Nomor Surat


Nomor surat adalah ciri dari surat resmi, salah satunya surat dinas. Nomor ini terdiri dari kombinasi kode surat yang dikeluarkan, identitas lembaga pendidikan, serta tahun pembuatan surat.

5. Lampiran


Lampiran merupakan berkas pendukung yang akan disampaikan, bisa berupa dokumen penting lain yang mendukung aktifitas perjalanan atau kegiatan resmi yang sudah disebutkan dalam surat.

6. Perihal


Bagian ini dituliskan isi pokok surat dinas, seperi ditujukan untuk siapa dan untuk apa surat tersebut dibuat. Dalam hal ini, perihal surat berarti menjelaskan kegiatan tujuan yang mendasari kenapa surat tersebut dibuat.

7. Alamat


Pada bagian ini, penulisan alamat pada surat dinas dijelaskan dengan memberikan keterangan jalan, nomor, kecamatan, kabupaten atau kota dan provinsi untuk lembaga sekolah terkait

8. Salam Pembuka


Salam pembuka ini adalah bagian ucapan yang membuka dan mengawali surat, dan biasanya untuk agama islam diucapkan Assalmualaikum Wr. Wb untuk menunjukan rasa hormat atau sopan santun.

9. Isi Surat


Isi surat harus sesuai dengan perihal yang ingin disampaikan dan dibuat dengan singkat, padat, dan jelas. Dalam isi , akan dijelaskan secara terperinci mengenai waktu, tempat atau lokasi dan kapan kegiatan berlangsung.

10. Salam Penutup


Sama halnya dengan salam pembuka, salam penutup merupakan bentuk rasa hormat atau sopan santu serta menunjukkan akhir dari surat. Dalam islam, bisa dipakai kalimat "Assalmualaikum Wr. Wb"

11. Nama Penanggung Jawab


Bagian ini diisi dengan nama lengkap pihak yang memiliki posisi atau jabatan dan biasanya bertanggung jawab dalam kegiatan yang dijelaskan pada bagian isi surat.

12. Tembusan


Pihak lain yang perlu mengetahui tentang surat tersebut harus diberikan tembusan atau copy dari surat yang asli. Ini bersifat opsional, tidak wajib.

Contoh Surat Dinas Sekolah


Males buat surat dinas baru? untungnya kosngosan berikan contoh surat dinas sekolah format doc dibawah ini, yang bisa sobat edit dan sesuaikan dengan kebutuhan masing masing. Tinggal download, buka, edit dan cetak.



Kamu bisa unduh contoh format surat dinas sekolah diatas dengan klik tombol download DISINI

Surat Izin Perjalanan Dinas Sekolah
Nomor : 800 / /2020/DPAD

Saya yang bertanda tangan di bawah ini :
Nama : H. Muhammad Reza Harahap., M.M.
NIP : 19590813 198612 1 001
Pangkat, Gol. : Pembina Utama Muda, IV/c
Jabatan : Kepala Dinas Perpustakaan dan Arsip Daerah

Dengan ini menerangkan bahwa :
Nama : Suci Bella Lestari, S.Sos.
NIP : 19731231 200312 2 028
Pangkat, Gol. : Penata, III/c
Jabatan : Kepala Seksi Bahan Pustaka

Bermaksud melaksanakan perjalanan keluar daerah dalam rangka menjadi pendamping untuk murid yang berlomba pada Olimpiade Sekolah Nasional Matematika

Sehubungan dengan maksud tersebut yang bersangkutan diberikan izin selama 2 hari terhitung mulai tanggal 04 sampai 05 Desember 2020. Demikian surat izin ini dibuat untuk digunakan sebagaimana mestinya

Pekanbaru, 30 Nopember 2020

Kepala Dinas

H. Muhammad Reza Harahap S.Pd., M.M.
Pangkat : Pembina Utama Muda NIP : 19590813 198612 1 001


Tembusan : disampaian kepada :
1. Inspektur Inspektorat Kab. Mamuju Utara di Pasangkayu;
2. Kepala BKPP Kab. Mamuju Utara di Pasangkayu


Baca juga : Contoh Undangan Reuni Sekolah dan Cara Membuatnya

Demikian artikel dari kosngosan, seputar cara pembuatan dan contoh surat dinas sekolah semoga bermanfaat untuk kalian yang membutuhkannya. Jangan lupa untuk membagikan artikel ini di sosial media milik kalian, Terima kasih
By

0 Response to "Contoh Surat Dinas Sekolah untuk SD, SMP, SMA dan Cara Membuatnya"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel