Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Contoh Surat Izin Sekolah Resmi untuk SD, SMP, SMA

Apakah kamu sedang mencari surat dinas untuk keperluan sekolah? Jenis surat ini bisa berarti surat resmi atau surat untuk bepergian (perjalanan dinas) atas nama institusi pendidikan, termasuk sekolah dasar, menengah pertama dan menengah atas. Ketika ada kegiatan yang mengharuskan perwakilan dari sekolah untuk bepergian jauh, maka legalitas atau izin ini sangat diperlukan.

Kamu perlu tahu mengenai definisi dari surat dinas. Apa itu surat dinas? Surat dinas adalah salah satu jenis surat resmi yang dikeluarkan oleh institusi tertentu (baik perusahaan, lembaga, sekolah, kampus dll) untuk keperluan formal seperti perjalanan seseorang yang mewakili institusi tersebut.

Dalam hal ini, kita membicarakan mengenai surat dinas sekolah, maka surat resmi yang dikeluarkan oleh sekolah sebagai salah satu institusi pendidikan resmi. Surat ini tidak bisa dikeluarkan sembarangan, karena membutuhkan nomor dan KOP surat.

Karena termasuk salah satu jenis surat resmi maka penulisan surat dinas haruslah mengedepankan format dan tata cara penulisan dari surat resmi yaitu menggunakan kop surat, serta sobat kosngosan harus menggunakan kata yang sesuai dengan kata formal dan EYD.

Baca juga : Contoh Surat Pindah Sekolah dan Cara Membuatnya


Contoh Surat Dinas Sekolah



Apa fungsi surat dinas? Ketika kita berbicara mengenai surat pindah sekolah maka fungsinya bisa jadi sebagai bukti legalitas terhadap aktivitas resmi seorang guru, kepala sekolah atau pihak lain seperti mengadakan perjalanan, izin proyek dan sebagainya

Fungsi lain surat dinas sekolah juga sebagai alat pengingat baik kepada pihak tujuan penerima surat atau pemberi surat, karena memang surat ini harus diarsipkan, setelah kegiatan selesai dilakukan.

Sobat kosngosan perlu mengetahui mengenai ciri dari surat dinas yang membedakannya dengan surat formal lain seperti memiliki stempel atau cap dari instansi yang terkait (dalam hal ini sekolah), memiliki kop surat, nomor surat dan menggunakan bahasa baku. Berikut beberapa contoh surat dinas sekolah yang bisa kamu jadikan referensi :


Surat Dinas SD


contoh surat dinas sekolah
Surat Izin Perjalanan Dinas Sekolah
Nomor : 800 / /2020/DPAD

Saya yang bertanda tangan di bawah ini :
Nama : H. Muhammad Reza Harahap., M.M.
NIP : 19590813 198612 1 001
Pangkat, Gol. : Pembina Utama Muda, IV/c
Jabatan : Kepala Dinas Perpustakaan dan Arsip Daerah

Dengan ini menerangkan bahwa :
Nama : Suci Bella Lestari, S.Sos
NIP : 19731231 200312 2 028
Pangkat, Gol. : Penata, III/c
Jabatan : Kepala Seksi Bahan Pustaka SD Muhammadiyah 2

Bermaksud melaksanakan perjalanan keluar daerah dalam rangka menjadi pendamping untuk murid yang berlomba pada Olimpiade Sekolah Nasional Matematika

Sehubungan dengan maksud tersebut yang bersangkutan diberikan izin selama 2 hari terhitung mulai tanggal 04 sampai 05 Desember 2020. Demikian surat izin ini dibuat untuk digunakan sebagaimana mestinya

Pekanbaru, 30 Nopember 2020

Kepala Dinas

H. Muhammad Reza Harahap S.Pd., M.M.
Pangkat : Pembina Utama Muda NIP : 19590813 198612 1 001


Tembusan : disampaian kepada :
1. Inspektur Inspektorat Kota Padangsidimpuan di Pasangkayu
2. Kepala BKPP Kota Padangsidimpuan Pasangkayu


Surat Dinas SMP


DINAS PENDIDIKAN DAN KEBUDAYAAN
SMP NEGERI 1 KOTA PADANGSIDIMPUAN

Jl. Ir. H. Juanda No. 93 Pasid, Sumatera Utara
Telp. (0634) 2503948
Nomor : 005/PK/60/X/2016
Perihal : Dinas Study Tour Kepada Seluruh Kelas VIII SMP Negeri 1 Kota Padangsidimpuan

Assalamu’alaikum Wr. Wb.
Dengan hormat,Berdasarkan Surat Keputusan Kepala Sekolah mengenai adanya sistem baru untuk semester sekolah untuk kelas XIII demi tercapainya pembelajaran yang efektif, maka bersama dengan surat ini, kami bermaksud mengundang Bapak/ Ibu Guru untuk menghadiri rapat membahas perjalanan dinas tersebut, yang akan dilaksanakan pada :

Hari : Sabtu
Tanggal : 15 Oktober 2021
Waktu : 15.30 Selesai
Tempat : Aula SMP Negeri 1 Kota Padangsidimpuan

Untuk demikian, mengingat pentingnya agenda kegiatan ini, kami mohonkepada seluruh undangan rapat, agar dapat hadir mengikuti acara tersebutdi atas tepat waktu.

Demikian surat undangan ini kami buat dan sampaikan, atas perhatiandan kerjasama Bapak/ Ibu kami ucapkan terimakasih.

Wassalamu’alaikum Wr. Wb

Padangsidimpuan, 10 Oktober 2021

Kepala SMP Negeri 1

Drs. H. Muhammad Reza Harahap, M.Pd


Contoh Surat Dinas Resmi Sekolah

contoh surat dinas resmi sekolah


Kop Surat SMA Doc


Males buat surat dinas baru? untungnya kosngosan berikan contoh surat dinas sekolah format doc dibawah ini, yang bisa sobat edit dan sesuaikan dengan kebutuhan masing masing. Tinggal download, buka, edit dan cetak.



Kamu bisa unduh contoh format surat dinas sekolah diatas dengan klik tombol download DISINI

Noted : Nantinya kamu akan diarahkan ke tab baru, berupa halaman safelink. Tunggu beberapa detik supaya tombol donloat muncul. Setelah itu kamu bisa dapatkan filenya dari google drive. Jadi pastikan kamu sudah log in menggunakan akun gmail mu sebelum mengunduh file diatas.


Cara Bikin Surat Sekolah


Dalam membuat surat dinas sekolah, sebenarnya hampir sama dengan membuat surat dinas atau surat formal lainnya. Kamu perlu membuat beberapa bagian seperti yang sudah dijelaskan dibawah ini :

surat


1. Membuat lembar kerja baru


Seperti biasa saat membuat surat dinas baru, membuka ms word kemudian mengatur tata letak dengan margin 3-3-3-4, font times new roman atau arial dengan ukuran font standar sebesar 12. Berikan nilai 0 pada after dan before spacing-nya. Kasih space 1.5 atau 1 saja.



2. Bagian kepala surat dinas


Bagian ini berada paling atas pada surat resmi. Dalam kepala surat terdapat logo, nama, alamat dan kontak dari lembaga pendidikan sekolah yang bersangkutan.



3. Tanggal Surat


Pada bagian tanggal surat terdiri atas nama tempat dan tanggal dimana surat tersebut dibuat. Hal ini penting untuk membantu penerima surat mengetahui kapan surat tersebut dibuat, dan kapan kadaluarsanya



4. Nomor Surat


Nomor surat adalah ciri dari surat resmi, salah satunya surat dinas. Nomor ini terdiri dari kombinasi kode surat yang dikeluarkan, identitas lembaga pendidikan, serta tahun pembuatan surat.



5. Lampiran


Lampiran merupakan berkas pendukung yang akan disampaikan, bisa berupa dokumen penting lain yang mendukung aktifitas perjalanan atau kegiatan resmi yang sudah disebutkan dalam surat.



6. Perihal


Bagian ini dituliskan isi pokok surat dinas, seperi ditujukan untuk siapa dan untuk apa surat tersebut dibuat. Dalam hal ini, perihal surat berarti menjelaskan kegiatan tujuan yang mendasari kenapa surat tersebut dibuat.



7. Alamat


Pada bagian ini, penulisan alamat pada surat dinas dijelaskan dengan memberikan keterangan jalan, nomor, kecamatan, kabupaten atau kota dan provinsi untuk lembaga sekolah terkait



8. Salam Pembuka


Salam pembuka ini adalah bagian ucapan yang membuka dan mengawali surat, dan biasanya untuk agama islam diucapkan Assalmualaikum Wr. Wb untuk menunjukan rasa hormat atau sopan santun.



9. Isi Surat


Isi surat harus sesuai dengan perihal yang ingin disampaikan dan dibuat dengan singkat, padat, dan jelas. Dalam isi , akan dijelaskan secara terperinci mengenai waktu, tempat atau lokasi dan kapan kegiatan berlangsung. Baca juga : Contoh Surat Pengalaman Kerja



10. Salam Penutup


Sama halnya dengan salam pembuka, salam penutup merupakan bentuk rasa hormat atau sopan santu serta menunjukkan akhir dari surat. Dalam islam, bisa dipakai kalimat "Assalmualaikum Wr. Wb"



11. Nama Penanggung Jawab


Bagian ini diisi dengan nama lengkap pihak yang memiliki posisi atau jabatan dan biasanya bertanggung jawab dalam kegiatan yang dijelaskan pada bagian isi surat.



12. Tembusan


Pihak lain yang perlu mengetahui tentang surat tersebut harus diberikan tembusan atau copy dari surat yang asli. Ini bersifat opsional, tidak wajib.

Baca juga : Contoh Undangan Reuni Sekolah


Kata Penutup


Surat dinas bisa dikategorikan sebagai surat formal dan juga surat yang meminta izin untuk perjalanan resmi yang mewakili suatu instansi. Kamu perlu mengetahui bagaimana tips membuat surat jenis ini dengan melihat beberapa contoh yang sudah diberikan oleh mimin kosngosan diatas. Semoga bermanfaat dan jadi sumber referensi buat kalian ya.

Demikian artikel dari kosngosan, seputar cara pembuatan dan contoh surat dinas sekolah semoga bermanfaat untuk kalian yang membutuhkannya. Jangan lupa untuk membagikan artikel ini di sosial media milik kalian, Terima kasih
Reza Harahap
Reza Harahap Reza Harahap adalah owner kosngosan. Suka belajar bisnis, finansial, ekonomi, pendidikan dan pekerjaan. Sembari membagikan ide usaha untuk entrepreneur. Blog ini berisi rencana bisnis, strategi investasi, persiapan keuangan dan lainnya