Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Contoh Undangan Reuni SD, SMP, SMA dan Cara Membuatnya

Kalian berencana mengadakan reuni sekolah? Maka kalian butuh yang namanya surat undangan reuni sekolah untuk mengumpulkan teman teman alumni yang sudah tersebar di berbagai daerah dengan status dan pekerjaan yang berbeda. 

Untungnya kali ini, kosngosan akan memberikan contoh surat undangan reuni akbar sekolah yang dibuat untuk guru dan alumni, dalam bentuk docx (word) kepada kalian dilengkapi cara membuat surat undangan yang baik dan benar

Setelah kita lulus dari sekolah ah dan saat ini sudah kuliah atau bahkan bekerja dan menikah, maka kita perlu mengadakan suatu acara rutin yang mengumpulkan kembali anggota kelas untuk menjaga silaturahmi.

Reuni kelas merupakan acara pertemuan mantan teman kelas yang diadakan di sekolah, dekat sekolah atau bisa jadi jauh dari sekolah. Mantan guru juga bisa diundang

Lalu apa saja cara yang bisa dilakukan ketika mengadakan reuni kelas? Kalian bisa mengadakan acara cara musik, bernostalgia tentang hari-hari sekolah dulu dan mengingat teman-teman yang suka usil dan bercerita tentang guru killer dan favorit.

Adapun sisi positif dari reuni kelas ini adalah meningkatkan silaturahmi dan juga bisa saling membantu terkait pekerjaan, apabila memang posisi dan pekerjaan masing-masing saling membutuhkan

Satu hal yang tidak boleh dilakukan dalam ruang kelas adalah suka membanding-bandingkan dan berlaku sombong, menyepelekan profesi dan pekerjaan serta melakukan bully.

Acara reuni bisa diakhiri dengan pemberian bingkisan kepada mantan guru dan pihak sekolah. Reuni sekolah ini biasanya juga sering dilakukan ketika bulan Ramadhan tiba yaitu ketika acara buka bersama.

Baca juga : Contoh Proposal Buka Puasa Alumni Terbaru


Contoh Undangan Reuni Akbar Sekolah

contoh undangan reuni untuk guru

Nah untungnya kali ini kosngosan ini akan memberikan contoh surat undangan dalam bentuk jadi format doc (bisa diedit di ms word), untuk memudahkan kamu supaya tidak mengetik dari awal lagi



Download contoh surat seperti diatas dengan klik Surat Undangan Reuni Sekolah


Contoh 2

SURAT UNDANGAN REUNI

SMA NEGERI 7 PADANGSIDIMPUAN

Padangsidimpuan, 22 Juli 20xx

Kepada Yth.
Bapak/Ibu Guru
SMA Negeri 7 Padangsidimpuan
Di tempat.

Hal : Undangan pelaksanaan buka bersama akbar di SMA Negeri 7 Padangsidimpuan

Assalamualaikum Wr. Wb.
Dengan hormat,
Untuk mempererat tali silaturahim antara keluarga besar SMA Negeri 7 Padangsidimpuan, sekaligus menyambut bulan suci Ramadhan, kami panitia pelaksana bermaksud akan mengadakan buka bersama alumni dan Guru SMA Negeri 7 Padangsidimpuan, yang akan diselenggarakan pada :

Hari, tanggal : Sabtu, 26 Juli 20xx
Pukul : 16.00 WIB s/d Selesai
Tempat : SMA Negeri 7 Padangsidimpuan
Acara : Buka bersama keluarga besar SMA Negeri 7 Padangsidimpuan

Sehubungan dengan acara tersebut, kami mohon kepada Bapak/Ibu Guru agar berkenan hadir pada waktu dan tempat yang telah ditentukan. Demikian surat undangan ini kami buat, atas perhatian dan kesempatannya kami ucapkan terimakasih.
Wassalamualaikum Wr. Wb.

Ketua Panitia

Yuzwar Baginda Harahap
Alumnus angkatan 20xx


Cara Bikin Undangan Reuni Sekolah


Membuat surat undangan reuni arus dalam format formal karena melibatkan pihak sekolah dan mantan guru. Secara umum kamu bisa membuat surat undangan Reuni Akbar dengan memperhatikan detail seperti dibawah ini :

langkah pertama

Sobat buka lembar kerja word, lalu mengatur margin standar seperti 3-3-3-3, menggunakan font times new roman atau arial dengan ukuran 12 dan spasi 1.5 (menyesuaikan dan terlihat rapi) kemudian mulailah menulis kop surat.

langkah kedua

Buatlah kepala surat, sebagai salah satu identitas dari surat formal, dalam hal ini undangan reuni dari pengurus. Kop berisi nama lembaga reuni, kontak dan alamat, serta logo di samping kiri bila ada.

langkah ketiga

Kemudian mulai menulis paragraf pembuka, tujuan surat, tanggal, tempat dibuatnya surat, ucapan salam dan kata pembuka dan menjelaskan detail dan tujuan acara reuni. Tulislah detail mengenai tanggal, waktu dan tempat acara.

langkah keempat

Buat paragraf penutup seperti ucapan salam yang diakhiri dengan pernyataan terimakasih terhadap undangan yang berkenan hadir, tambahkan juga catatan tambahan, bila perlu.

langkah kelima

Terakhir yaitu memberikan tanda tangan penanggung jawab acara reuni, bisa dibuat juga dua posisi, sebelah kiri ketua panitia dan kanan sekretaris atau bendahara. Bisa juga buat bagian tembusan di akhir surat.

Baca juga : Contoh Surat Izin Sekolah untuk Reuni

Kata Penutup


Reuni memang menjadi momen yang tidak terlupakan. Karena ini salah satu cara kita menjalin silaturahim dengan teman teman sekolah dulu. 

Oleh Semoga contoh surat undangan reuni di atas bisa menjadi referensi dan membantu kamu untuk mensukseskan acara tersebut. Terima kasih sudah berkunjung di blog kosngosan, Jangan lupa untuk tekan tombol share dan bagikan artikel ini
Reza Harahap
Reza Harahap Reza Harahap adalah owner kosngosan. Suka belajar bisnis, finansial, ekonomi, pendidikan dan pekerjaan. Sembari membagikan ide usaha untuk entrepreneur. Blog ini berisi rencana bisnis, strategi investasi, persiapan keuangan dan lainnya