Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Kelebihan dan Kekurangan Asuransi Jiwa Allisya Syariah

Apa saja Kelebihan dan Kekurangan Asuransi Jiwa Allisya Syariah? Di zaman sekarang manajemen resiko sudah menjadi kebutuhan kaum milenial. Penanganan atas potensi kecelakaan dan kerugian dirasa penting untuk hidup yang lebih berkualitas. 

Kalau ada orang hari ini berpendapat bahwa asuransi jiwa itu hanyalah pemborosan anggaran, maka sungguh mereka termasuk orang yang merugi karena telah berpikiran dangkal, juga selangkah berjalan mundur ke belakang.

Apa saja Kelebihan dan Kekurangan Asuransi Jiwa Allisya Syariah? Faktanya memang orang-orang tersebut masih eksis. Memiliki pola pikir primitif seperti bertanya “Buat apa sih asuransi?” atau “Asuransi hanya membuang uang saja”. 

Sampai pada akhirnya mereka akan dibuat berpikir dua kali bila diperkenalkan dengan Asuransi jiwa berbasis syariah. Dan kali ini kosngosan akan khusus membahas alasan kenapa kamu harus memiliki produk ini sebagai salah satu investasi di masa depan.

Kita pada hakikatnya hidup penuh resiko. Lihatlah angka kecelakaan tinggi terjadi dimana-mana, ajal yang tiba-tiba menyapa atau kebangkrutan bisnis yang merusak kondisi ekonomi kamu. Maka dibutuhkan suatu perlindungan legal dan syar’i atas resiko kerugian hidup yang berpotensi datang dari segala penjuru.

Menjadi umat terbaik bukan hanya tawakal dengan resiko yang bisa datang, tetapi juga harus ada upaya untuk meminimalisir resiko tersebut dengan cara-cara yang memang dilegalkan oleh agama. Bukankah sudah tertera dalam Qur’an yang familiar ditelinga bahwa “Allah tidak mengubah keadaan suatu kaum sampai mereka mengubah keadaan diri mereka sendiri.” ?

Adalah suatu kedzaliman menurut Islam apabila umat tidak berusaha memperbaiki kondisinya sendiri, untuk kemudian malah memilih berserah diri tanpa upaya mencegahnya. Dan Islam mengajarkan adanya ikhtiar dalam berkehidupan. Begitu juga dalam menangani potensi resiko yang ada.

Asuransi jiwa syariah merupakan salah satu Asuransi yang ada di Indonesia saat ini. Produk ini menjadi angin segar bagi umat islam yang selama ini khawatir akan keabsahan berbagai produk polis yang ada. Kamu juga bisa cek Daftar Asuransi Kesehatan Anak Terbaik Disini


Review Allisya Protection Plus Syariah


Kelebihan dan Kekurangan Asuransi Jiwa Allisya Syariah

Berawal dari minimnya penggunaan asuransi oleh umat muslim di Indonesia diakibatkan oleh sentimen negatif terhadap produk asuransi konvensional membuat raksasa Asuransi tergerak menawarkan asuransi yang lebih aman untuk umat dengan mengeluarkan produk Asuransi jiwa syariah. Belum pernah mendengar produk ini? Kita akan mengupas sedikit tentangnya.

Asuransi jiwa syariah merupakan model dari pengembangan Asuransi Jiwa dan Investasi berbasis syariah yang menjawab berbagai persoalan hidup yang akan dihadapi oleh umat milenial kini. 

Bayangkan saja betapa banyak manfaat yang bisa kamu ambil dari asuransi ini seperti yang akan saya jelaskan melalui gambar fitur dibawah ini.

Lihat juga : Rekomendasi Auransi Kesehatan untuk Anak Terbaik



1. Accidental Death and Dissablement Benefit (ADDB) Syariah


Perlindungan terhadap resiko Meninggal Dunia, Cacat tetap total dan Cacat tetap sebagian akibat kecelakaan. Allisya memberikan perlindungan terhadap resiko yang diakibatkan oleh kecelakaan dan kecacatan yang diakibatkan oleh kecelakaan yang tidak disengaja



2. Critical Illness (CI Syariah and CI Plus Syariah)


Proteksi terhadap 49 jenis penyakit kritis. Terdapat 2 pilihan sesuai kebutuhan kamu. Manfaat dibayarkan tanpa atau akan mengurangi maslahat asuransi polis dasar. Ini menjadi proteksi terbesar yang bisa dicover oleh asuransi jiwa syariah yang ada di Indonesia. Dan kamu bisa mendapatkan manfaatnya disini



3. Critical Illness 100 Syariah


Proteksi terhadap 100 jenis penyakit kritis yang komprehensif sampai usia 100 tahun dari kondisi awal (Early Critical Illness) sampai kondisi paling parah (Catastropic CI). Lagi lagi Allisya juga memberikan perlindungan terhadap klien atau nasabah yang memiliki resiko penyakit kritis seperti yang dijelaskan sebelumnya



4. Total Permanent Disability (TPD) Syariah


Proteksi terhadap cacat tetap total akibat penyakit atau kecelakaan. Ada 2 pilihan sesuai dengan kebutuhan kamu. Manfaat dapat dibayarkan tanpa atau akan mengurangi maslahat asuransi polis dasar

Baca juga : Cara Klaim Produk Premi Asuransi Jasindo



5. Payor Protection/Spouse Payor Protection Syariah


Manfaat yang menawarkan pembebasan kontribusi, jika pemegang polis/pasangan pemegang polis meninggal dunia. Tentu saja ini sangat bermanfaat dan berguna bagi klien yang tidak ingin terbebani oleh pembayaran karena yang bertanggung jawab sudah meninggal dunia, dan asuransi ini menawarkan fitur seperti ini



6. Payor Benefit/Spouse Payor Benefit Syariah


Manfaat yang menawarkan pembebasan kontribusi, jika pemegang polis/pasangan pemegang polis meninggal dunia. 

Hampir sama dengan fitur Payor Protection/Spouse Payor Protection Syariah, dimana nasabah akan diberikan keringanan untuk pembebesan kontribusi sesuai kesepakatan dan persyaratan yang terpenuhi



7. Flexicare Benefit Syariah


Proteksi resiko kesehatan individu dan keluarga apabila harus menjalani rawat inap rumah sakit. Maksimal jumlah unit yang diambil adalah 15 unit per jiwa atau setara dengan 100 ribu rupiah.



8. Hospital and Surgical Care+


Proteksi kesehatan secara komprehensif yakni manfaat rawat inap dan manfaat tambahan lain dalam bentuk reimbursement dan cashless

Disaat kamu terlindungi dari resiko yang bisa merugikan keluarga kamu, disaat itu pula kamu bisa meningkatkan aset kamu melalui manfaat investasi berbasis syariah yang diberikan oleh Asuransi jiwa syariah. Setidaknya ada 3 jenis investasi yang bisa kamu dapatkan, yang akan dijelaskan dibawah ini



9. Equity Fund (Dana Equitas)


Memberikan pendapatan jangka panjang melalui penempatan dana dalam bentuk mata uang Rupiah, diinvestasikan dalam instrumen investasi jangka pendek seperti Deposito, Sukuk atau Saham (melalui reksadana). Cocok bagi kamu yang suka resiko dan return yang tinggi.



10. Fixed Income Fund (Dana Pendapatan Tetap)


Memberikan pendapatan lebih stabil melalui penjagaan modal jangka panjang dengan menempatkan dana kamu dalam bentuk mata uang Rupiah, lalu diinvestasikan dalam instrumen investasi jangka pendek seperti Sukuk dan Deposito syariah. Ini adalah investasi bagi umat yang suka dengan resiko dan return rendah.



11. Balanced Fund (Dana Campuran)


Bagi kamu yang memilih jalan tengah, suka resiko dan return yang sedang, maka memilih jenis investasi ini adalah yang terbaik. Sama dengan dua jenis sebelumnya, penempatan dana dalam bentuk Rupiah kemudian diinvestasikan kepada Deposito, Sukuk atau reksadana.

Kata “Plus” memang benar-benar ditujukan untuk memberikan nilai lebih dari sebuah asuransi biasa. Jadi selama kamu terlindungi jiwanya, ternyata kamu juga dilindungi ekonominya melalui manfaat investasi diatas.

Baca juga : Aplikasi Pinjam Uang tanpa Bunga


Kata Penutup


Kenapa berpikir dua kali untuk menjatuhkan pilihan kamu kepada Asuransi jiwa syariah? Segera hubungi agen asuransi atau kantor Asuransi terdekat dari rumah kamu. Atau apabila tidak ingin repot, opsi terbaik yang bisa kamu ambil adalah menghubungi Asuransi untuk mendatangi rumah kamu.

Semoga artikel ini bisa mencerahkan pemikiran kita dalam memilih produk asuransi yang benar-benar memberi manfaat yang sebesar-besarnya untuk orang yang kita sayangi.
Reza Harahap
Reza Harahap Reza Harahap adalah owner kosngosan. Suka belajar bisnis, finansial, ekonomi, pendidikan dan pekerjaan. Sembari membagikan ide usaha untuk entrepreneur. Blog ini berisi rencana bisnis, strategi investasi, persiapan keuangan dan lainnya