Apa yang seharusnya menjadi motivasi dalam bekerja keras

Apa yang seharusnya menjadi motivasi dalam bekerja keras

Baca juga :

Bisakah kamu menjelaskan tentang alasan bahwa kita harus bekerja keras? Setiap orang didunia ini membutuhkan usaha untuk mencapai apa yang dia mau. Bahkan untuk orang kaya sekalipun, dia tetap akan memiliki "sedikit" usaha agar impiannya tercapai. Nah kali ini kosngosan akan membahas sedikit hal mengenai motivasi dalam bekerja. Mari simak, semoga setelah membaca ini kamu semakin bersemangat dalam meraih tujuan hidupmu.

Pertanyaan awalnya adalah bolehkah kita hanya mengejar urusan duniawi dan melupakan urusan ukhrawi? Dalam agama jelas itu dilarang. Artinya agama ada untuk mengingatkan manusia agar urusan hidup tidak hanya sekedar materi dan duniawi saja, tetapi juga ada unsur ukhrawi yang berhubungan dengan akhirat.

Seseorang mungkin sering sibuk bekerja sehingga lalai mengerjakan shalat jumat, atau kebaktian di hari minggu. Orang orang liberal seperti ini memang menilai agama hanya untuk penenang saja. Mereka tidak mengentahui urusan agama ternyata seyogyanya juga untuk kepentingan dunia juga.

Lihat juga : Menambah pinjaman hutang di bank untuk modal usaha

Apapun itu bekerja memang harus dilakukan terlepas dari hasil yang didapat seperti apa. Bekerja untuk hidup sama artinya mensyukuri kehidupan yang tuhan berikan. Itulah mengapa kita diharuskan bekerja secara seimbang antara dunia dan akhirat.

Jadi, apa motivasi seseorang dalam bekerja?


Bila dilihat, masing masing orang punya motif yang berbeda beda dalam bekerja dan berkarir. Mengapa justru ada orang pintar dengan penghasilan pas pasan dan ada lulusan sd menjadi milyarder, adalah dipengaruhi akan motivasinya dalam bekerja.

alasan bekerja keras

Setidaknya ada beberapa jenis motif yang membuat orang bekerja diantaranya :

1. Materi

Inti dari bekerja adalah untuk mendapatkan gaji atau uang, yang dipergunakan untuk hidup sehari hari. Tak peduli kamu sebagai pegawai negeri sipil, karyawan tetap, atau karyawan kontrak, penghasilan bulanan adalah satu hal yang kamu cari untuk menghidupi diri sendiri atau keluarga. Jadi ini adalah inti dari motif bekerja manusia pada dasarnya.

2. Karier

Tidak jarang seseorang bekerja keras dan bertahan di pekerjaan lamanya hanya untuk mengejar karier dan jabatan yang mumpuni. Kamu akan memperhatikan dan meningkatkan kemampuan yang mendukung karier mu diperusahaan, seperti keterampilan berkomunikasi, mengelola waktu, mengelola anggaran, dan memimpin. Karier yang tinggi akan menghasilkan gaji yang besar pula

3. Keluarga

Salah satu alasan terbesar seseorang untuk bekerja adalah demi keluarga, istri, anak, ibu, ayah dan saudara lainnya. Bekerja untuk oranglain demi menghidupi orang yang disayang adalah salah satu motivasi kerja yang dianjurkan agar bersemangat dalam kerja.

4. Prestise

Kita hidup di zaman milenial yang menuntut adanya pekerjaan dengan gaji mumpuni. Hal ini terkait juga dengan prestise atau harga diri seseorang. Seseorang yang bekerja keras dianggap sebagai manusia ideal dan bagi yang pengangguran tentunya akan memiliki derajat yang rendah dan dianggap sebagai pemalas.

5. Sosial

Selain keempat hal diatas, seseorang bekerja juga bisa berdasarkan tuntutan sosial dari masyarakat atau pergaulan sehari hari. Karena seorang pengangguran biasanya dipandang sebelah mata dan negatif oleh masyarakat, maka dari itu bekerja adalah salah satu cara untuk mengubah pandangan masyarakat terhadap diri kita.

6. Pengalaman

Mencari pengalaman menjadi motivasi kerja yang dimiliki oleh kamu yang baru lulus atau yang biasa disebut fresh graduate. Baik kamu yang bekerja sebagai karyawan kontraktor, karyawan honorer, atau karyawan magang. Dengan pengalaman yang akan kamu miliki, kamu akan mempunyai nilai tambah untuk mencari pekerjaan yang lebih baik nantinya.

7. Agama

Didalam agama islam sendiri, bekerja menghidupi keluarga adalah wajib hukumnya. Sebagai seorang kepala keluarga, kamu tidak bole h hidup bermalas malasan atau hanya mengandalkan gaji dari istri atau bahkan pemberian dari orangtua. Begitu juga dengan agama lain yang mengharuskan kita untuk bekerja dan beraktifitas di dunia.

Dalam islam, sangat dianjurkan untuk bekerja menafkahi keluarga (bagi ayah)


Mengapa umat islam harus bekerja keras? Bekerja keras dalam mencari urusan duniawi dan bekerja keras dalam beribadah. Hal ini dikarenakan adanya perintah langsung dari Allah untuk manusia agar bekerja dengan maksimal tanpa setengah setengah.

Ada banyak dalil dalam al-quran untuk menyuruh manusia agar bekerja keras, salah satunya adalah dibawah ini :

"Kami telah menjadikan untukmu semua didalam bumi itu sebagai lapangan mengusahakan kehidupan (bekerja), Tetapi sedikit sekali diantaramu yang bersyukur." (QS. A’raf : 10)

Lihat lainnya : Lowongan Job Freelance Bagi Pengangguran yang Harus Dicoba

Sekianlah artikel singkat mengenai bagaimana kita seharusnya bekerja. Semoga kamu yang saat ini bekerja bisa selalu bersyukur dan terus berkarya. Bagi kalian yang sedang mencari kerja mimin doakan agar mendapatkan pekerjaan yang layak secepatnya.
Buka Komentar