Cara Melakukan Teknik Start Jongkok dalam Olahraga Lari

Cara Melakukan Teknik Start Jongkok dalam Olahraga Lari

Ketika kamu belajar pendidikan jasmani dan olahraga maka kamu pasti akan mempelajari mengenai teknik dasar start jongkok dan cara melakukannya dengan baik dan benar. Dan kali ini juga kosngosan akan memberikan beberapa tips dalam memulai start jongkok yang sesuai. Mari simak pembahasannya dibawah ini.

Pengertian start jongkok adalah suatu jenis teknik start atau memulai suatu jenis permainan olahraga dimana yang persiapan awalnya kamu harus malakukan permulaan dari posisi jongkok atau sering disebut sebagai crouch start.

Start jongkok sering digunakan pada pertandingan lomba lari jarak pendek (sprint 100 meter). Sementara itu untuk lomba lari jarak menengah dan lomba lari jarak jauh harus menggunakan teknik start berdiri atau biasa disebut dengan standing start.

Seperti start pada umumnya ada beberapa teknik yang harus perhatikan agar nantinya cara start atau memulai sesuatu dalam pertandingan tidak salah. Apabila salah dalam melakukan permulaan start maka kemungkinanya adalah kamu harus tertinggal karena tidak bisa memanfaatkan start dengan baik.

Baca juga : Cara Melakukan Gerakan Meliukkan Badan dalam Latihan Olahraga

Start dalam memulai pertandingan olahraga sangat penting terutama dalam cabang olahraga atletik yang banyak dipertandingkan pada even olahraga seperti olimpiade. Dan mengetahui mengenai 3 jenis start pada olahraga cukup penting sebelum bisa melanjutkan teknik lain dalam suatu bidang atletik.

Teknik melakukan crouch start yang harus kamu ketahui


Start sendiri merupakan suatu sikap serta gerakan awal untuk memulai lari. Start dalam lari sendiri ada 3 macam yaitu :

Start berdiri atau standing start yaitu teknik start yang digunakan untuk nomor lari jarak menengah dan nomor lari jarak jauh atau marathon. Aba-aba dalam start berdiri ada dua tahapan yaitu "bersedia" dan "yak atau bunyi tembakan pistol"

Start melayang atau Flying start merupakan teknik start yang digunakan pada lomba lari estafet yang dilaukan pada pelari nomor kedua, ketiga, dan keempat. Cara melakukan start melayang adalah ketika pelari akan lari terlebih dahulu sbelum menerima tongkat estafet dari pelari sebelumnya yang masih berada di wissel zone atau daerah serah terima tongkat.

Start jongkok atau Cruching start merupakan teknik permulaan pada lari jarak pendek, jarak menengah, lari sprint 100 meter, lari estafet (pelari pertama) dan juga lari gawang. Cara melakukan start jongkok lari jarak pendek dimulai dengan Aba-aba pertama untuk melakukan sikap awal dalam kegiatan start jongkok ada tiga tahapan yaitu "bersedia", "siap", dan "yak atau bunyi tembakan pistol"

Berikut adalah beberapa langkah dalam melakuan start jongkok pada lari jarak pendek :

Melakukan pemanasan terlebih dahulu mengikuti pedoman warming up yang ada. Pergilah menuju garis lintasan lari dan bersiap memulai start.

Ada tiga jenis start jongkok yang bisa kamu lakukan yaitu :

Start pendek, dimana posisi kedua kaki berdekatan, kemudian membuka kaki selebar bahu, kaki depan menginjak papan start depan dan kaki belakang menginjak papan start belakang. Lutut kaki belakang sejajar dengan jari kaki depan atau lebih depan kurang lebih satu jengkal dari telapak kaki depan.

Start menengah, dimana letak lutut kaki belakang berada sejajar dengan tungkai kaki depan atau sedikit lebih kebelakang kaki depan. Posisi ini hampir dapat menghasilkan kecepatan yang tinggi dan bisa menjadi pilihan bagi atlet amatir maupun profesional

Start panjang, dimana posisi lutut kaki belakang berada sekitar 30 cm dari kaki depan (bisa menyesuaikan). Posisi lutut kaki belakang selalu berada dibelakang kaki depan.

Setelah memilih salah satu jenis start jongkokk diatas, maka langkah selanjutnya adalah mendengarkan aba aba. Untuk aba aba bersedia, kamu sudah harus berada pada salah satu posisi start jongkok diatas.

Setelah itu aba aba siap, maka lutut dan pantat diangkat naik sampai sama tinggi degan bahu. Kemudian kepala menunduk supaya tidak kehilangan keseimbangan. Penting untuk mengatur pernafasan agar tetap nyaman. Selanjutnya adalah fokus mendengar aba aba terakhir berupa Yak atau suara letusan pistol.

Pada aba aba terakhir ini kamu sudah mulai menolakkan kaki dengan total dan seketika berlari dengan kecepatan penuh sampai menuju garis finish. Posisi tubuh di aba aba terakhir adalah condong ke depan, tangan menekuk membentuk sudut 90 derajat serta berayun seirama bersama gerakan tubuh.

Adapun ayunan lengan ke belakang jangan terlalu melebihi pinggul belakang dan ayunan ke depan jangan terlalu tinggi. Untuk kepalan tangan hanya sebatas tinggi bahu saja.

Gambar start jongkok


gambar start jongkok

Baca lainnya : Cara melakukan gerakan memutar badan dalam olahraga

Demikianlah pembahasan seputar Cara Melakukan Teknik Start Jongkok dalam Olahraga kali ini, semoga bisa membantu mu dalam mengerjakan materi atau melakukan praktek langsung start jongkok ini. Share bila kamu rasa bermanfaat!

Buka Komentar