Cara membuat ringkasan teks beserta contohnya yang baik dan benar

Cara membuat ringkasan teks beserta contohnya yang baik dan benar

membuat ringkasan teks

Ringkasan atau rangkuman adalah bagian inti dari teks yang diambil inti dan pokok pembahasannya saja untuk mempermudah pembaca dalam memahami materi yang dijelaskan dalam sebuah teks atau artikel. Banyak dari kalian kebingungan hendak membuat ringkasan teks beserta contohnya yang baik dan benar. Kali ini kosngosan akan membahasnya, mari simak dibawah ini.

Jika kita membuat sebuah ringkasan sebaiknya dimulai dari memperhatikan dan membaca naskah teks secara keseluruhan supaya mudah untuk dipahami isinya. Cara tersebut adalah langkah awal dalam membuat ringkasan berita atau teks lisan.

Hampir semua karya tulis baik yang bersifat ilmiah maupun fiksi dibuatkan ringkasannya, supaya memudahkan pembaca dalam memahami isi secara keseluruhan. Baik skripsi dan novel atau buku bila kamu perhatikan pasti ada ringkasan yang akan menjabarkan materi dari karya tulis tersebut.

Lihat juga :

Pembuatan ringkasan diharapkan kamu mampu mempelajari cara seseorang menyusun pikirannya dalam gagasan yang diatur dari gagasan yang besar menuju gagasan pendukung, Melalui ringkasan kamu juga dapat menangkap pokok pikiran dan tujuan penulis seperti apa.

Panduan membuat ringkasan teks yang baik dan benar


Cara penulisan ringkasan sebenarnya cukup mudah apabila benar benar diperhatikan teknik dan cara pembuatannya. Hanya membutuhkan pemahaman dan analisis yang mendalam terhadap setiap poin yang terdapat pada paragraf per paragraf dari artikel.

Beberapa langkah diantaranya :

1. Membaca seksama seluruh teks secara berulang

Membaca dan memperhatikan seluruh teks secara berulang ulang diperlukan agar nantinya kamu bisa mengetahui kesan umum tentang artikel atau teks tersebut secara menyeluruh. Perhatikan hubungan antar paragraf dan tandai pokok pembahasan yang ada di paragraf tersebut.

2. Menentukan pokok pembahasan setiap paragraf

Baca dan tandailah kembali artikel atau teks tersebut bagian demi bagian, paragraf demi paragraf sambil mencatat semua ide pokok yang penting dalam bagian tersebut. Pokok pembahasan yang telah dicatat kemudian akan digunakan untuk menyusun ringkasan.

3. Mulai menulis ringkasan berdasarkan catatan ide pokok sebelumnya

Mulailah menulis ringkasan berdasarkan poin poin yang sudah ditandai pada tahap kedua. Kamu harus bisa menghubungkan antara ide pokok satu dengan ide pokok lainnya. Kamu juga harus menggunakan bahasa yang baik dan runtut serta memperhatikan penggunaan tanda baca yang sesuai dengan EYD

4. Perhatikan persyaratan tambahan dari ringkasan dibawah ini

Ringkasan seharusnya disusun dalam kalimat tunggal dan kamu juga harus menghindari kalimat majemuk. Kamu bisa membuang semua keterangan (jika memungkinkan) serta mempertahankan susunan gagasan asli yang sudah dibuat.

Bagaimana, kamu sudah bisa memahami teknik penulisan ringkasan bukan? Bila memang masih kebingungan, kamu bisa bertanya melalui kotak komentar dibawah ini. Mimin dengan senang hati akan membantu mu dalam meringkas berbagai teks.

Contoh ringkasan yang baik dan benar


contoh ringkasan teks

Berikut adalah salah satu contoh ringkasan dari teks, silahkan simak dibawah ini :

Jumlah pemudik pada liburan natal tahun ini diperkirakan sama dengan tahun-tahun sebelumnya. Meski demikian, lonjakan arus penumpang natal dan tahun baru 2018 diantisipasi naik 10-15% agar jangan sampai kekurangan sarana angkutan.

Diharapkan arus pulang mudik natal dan tahun baru sudah mulai berlangsung jauh sebelum puncak liburan tiba. Kalau semua ramai-ramai pulang menjelang lebaran, bisa-bisa pemudik akan menumpuk di terminal. Meskipun akhirnya terangkat juga, hal itu memberi kesan seolah-olah kekurangan sarana. Padahal, sebetulnya cukup memadai.

Sarana angkutan dari jauh-jauh hari sudah dipersiapkan. Angkutan bus benar benar menjadi tulang punggung di saat-saat seperti ini karenalebih dari separuh calon pemudik diperkirakan akan terangkut oleh bus. Sementara hanya sepertiga dari seluruh pemudik dari Surabaya dan sekitarnya diperkirakan menggunakan jasa KA Angkutan bus jarak jauh tidak ada masalah.

Perusahan angkutan bus telah mampu mempersiapkan armada dalam jumlah besar. Mesti begitu pemerintah tetap mempersiapkan tambahannya. Tinggal masalah lancar dan tidaknya saja di perjalanan. Masalah yang satu ini jelas sangat ditentukan oleh disiplin bersama. Baik disiplin aparat, penyelenggara, maupun pemakai jalan meski fasilitasnya cukup, kalau lalu lintas macet, tentu tidak akan maksimal perjalanan pulang kampungnya.

Setelah membaca teks singkat diatas, maka kamu bisa memberikan ringkasan seperti dibawah ini :

Jumlah pemudik natal dan tahun baru diperkirakan sama dengan tahun sebelumnya meskipun diantisipasi akan naik 10–15%. Proses mudik diharapkan berlangsung jauh sebelum natal dan tahun baru agar tidak terjadi penumpukan penumpang di terminal.

Setengah calon pemudik akan menggunakan bus. Sepertiga dari pemudik Surabaya dan sekitarnya diperkirakan menggunakan kereta api. Perusahaan bus sudah mempersiapkan seluruh armadanya. Demikan pula dengan pemerintah. Untuk kelancaran akan diitentukan oleh kedisiplinan berbagai pihak.

Lihat juga :

Sekianlah pembahasan mengenai Cara membuat ringkasan teks beserta contohnya yang baik dan benar kali ini, semoga bisa membantu kamu dalam menulis ringkasan yang berkualitas. Jangan lupa bagikan tulisan ini ke media sosial milikmu untuk membantu teman mu yang lain juga.

Buka Komentar