Contoh Teks Pidato Tentang Mencari Ilmu dalam Perspektif Agama

Pidato adalah aktifitas berbicara dan berorasi di depan umum, terkait menyatakan pendapat atau opini mengenai suatu hal yang krusial. Kali ini, kosngosan akan memberikan contoh teks pidato singkat yang bertemakan pentingnya mencari ilmu dalam agama islam.

Sebelum kita membahas contoh teks terlebih dahulu kita akan mengulas seputar pidato untuk menambah pengetahuan sobat kosngosan terhadap salah satu bentuk penyampaian pendapat di muka umum ini.

Pidato juga sering diidentikkan dengan orasi pemimpin untuk mengemukakan program dan pemikirannya kepada khalayak ramai atau anak buahnya. Namun pada saat sekarang ini pidato juga sering diperlombakan, juga diadakan di sekolah atau perguruan tinggi

Baca juga : Contoh kata sambutan ketua panitia acara

Pidato adalah salah satu cara untuk dapat mengemukakan pendapat serta memberikan ajakan atau persuasi kepada para audiens. Kemampuan dalam berbicara sangat diperlukan untuk pidato sebagai wujud dalam kegiatan berbahasa lisan.

Berpidato juga membutuhkan yang namanya ekspresi dan mimik serta aspek non bahasa lainnya seperti pelafalan, kontak mata, gaya tubuh, penguasaan panggung dan intonasi suara yang menyesuaikan.

Lalu seperti apa pidato yang berkualitas?

contoh teks pidato

Pidato yang berkualitas tentunya memiliki kriteria sebagai berikut :


  1. Kesesuaian dengan kegiatan atau acara yang sedang berlangsung saat itu.
  2. Selain itu, isi dari pidatonya juga dapat menggugah pendengar untuk senantiasa mendengarkan isi pidatonya
  3. Isi pidato tidak menimbulkan konflik, tidak hoax, objektid dan dapat dipertanggungjawabkan isinya.
  4. Serta penggunaan bahasa yang mudah dipahami, santun, bersahabat dan tidak menyinggung isu isu sensitif.

Berpidato juga harus menjunjung tinggi etika yang menjadi pegangan bagi orang yang akan melakukan orasi. Ketika akan menyampaikan pendapat dan materinya tidak boleh menyinggung perasaan orang lain dan menghargai serta membangun optimisme bagi audiens

Contoh Teks Pidato Pentingnya Mencari Ilmu


Oke langsung saja mimin kosngosan akan memberikan teks mengenai contoh pidato yang menjelaskan pentingnya menuntut ilmu dalam agama Islam.


Alhamdulillah, marilah kita panjatkan sebagai salah satu bentuk syukur kita kehadirat Allah yang telah memberikan nikmat dan karunia-Nya sehingga kita bisa berkumpul dan bertatap muka ditempat dan kesempatan yang berkah ini.

Shalawat dan salam marilah kita curahkan kepada Rasul Muhammad, yang telah membawa kita dari zaman kegelapan menuju zaman terang dipenuhi cahaya ilmu dan hidayah, dari zaman Jahiliah menuju zaman islamiah yang bisa kita nikmati seperti sekarang ini

Selanjutnya rasa hormat tersampaikan kepada kepala sekolah, para wakil kepala sekolah, beserta staf dewan guru dan jajarannya yang saya cintai dan hormati.

Tidak lupa pula kepada para hadirin dan teman teman seperjuanngan yang saya banggakan. Terima kasih kepada hadirin yang telah menyempatkan waktunya untuk menghadiri acara spesial ini.

Saya disini akan menyampaikan sedikit pemikiran saya secara singkat mengenai pentingnya mencari dan menuntut ilmu, sebagai salah satu kewajiban yang diperintahkan oleh Allah dan Rasulnya. Pidato singkat ini akan saya sampaikan terkhusus untuk diri saya sendiri dan juga teman teman sekalian

Hadirin yang dirahmati Allah,

Ilmu merupakan suatu pengetahuan yang ada didalam pikiran manusia dan untuk mendapatkannya adalah dengan melalui proses belajar dari awal mula, sampai bisa menguasai dan memberikan inovasi baru untuk kemaslahatan lingkungan.

Kita seperti tamu yang melakukan perjalanan dibumi hanya untuk mencari bekal dan amal ibadah untuk kembali ke alam akhirat. Dan mencari ilmu itu memiliki hukum yang wajib untuk masa depan, supaya nantinya kita tidak menjadi umat yang gampang dibodoh-bodohi

Nabi kita pernah bersabda dalam hadist yang mahsyur, yang artinya sebagai berikut "mencari ilmu itu diwajibkan bagi setiap muslim laki laki dan muslim perempuan"

Maka dari itu kita harus rajin mencari ilmu untuk masa depan kita, supaya masa depan kita tidak sengsara dan mengalami kegagalan. Saya jadi ingat tentang pepatah yang mengatakan "mencari ilmu di waktu dini bagaikan nulis di atas batu dan apabila mencari ilmu di waktu dewasa bagaikan menulis di atas air"

Hal ini memang benar sekali. Walaupun menuntut ilmu tidak ada kata terlambat, namun belajar di waktu muda sangat efektif, materi masuk dengan mudah.

Oleh karena itu, mari kawan kawan semuanya kita belajar dan menuntut ilmu semaksimal mungkin, selagi kita muda.

Kesimpulan dari pidago ini yaitu kita harus rajin untuk mencari ilmu agar kita semakin mendapatkan tempat yang mulia di sisi Allah. Cukup sekian dari saya mohon maaf bila ada salah kata karena saya masih dalam taraf belajar.


Baca juga : Tips Sukses Berbicara Lancar di Depan Umum, Anti Gagu

Demikianlah contoh teks pidato singkat diatas, semoga bisa membantu kamu dalam mempersiapkan materi pidato mu nantinya. Jangan lupa share URL nya di linimasi media sosial mu ya, terimakasih sudah berkunjung di blog kosngoasn.
By

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel