Cara mengumpulkan uang untuk study tour sekolah luar negeri

Cara mengumpulkan uang untuk study tour sekolah luar negeri

Kamu sebentar lagi akan berangkat study tour atau studi banding sekolah? Sebutkan tujuan destinasi plesiran yang paling kamu inginkan? Apakah ke bali, jogjakarta, bandung atau luar negeri? Ya tentu saja semua orang juga ingin study tour ke luar negeri. Belajar sambil mengunjungi tempat tempat yang penuh history dan sarat akan nilai pendidikan bisa menjadi tujuan kamu untuk study tour kali ini. Dan kosngosan akan memberikan beberapa tips untuk memulai study tour mu dimulai dari sekarang.

Study tour atau belajar sambil berkunjung ke tempat wisata merupakan salah satu aktivitas pembelajaran yang sangat mengasyikkan. akan tetapi biaya yang kamu keluarkan saat study tour tidaklah sedikit. mungkin lagi kamu yang saat ini berada pada posisi finansial yang baik, tentunya tidak mengalami kesulitan untuk mengikuti study tour sekolah.

Berbeda halnya dengan kamu yang memiliki kondisi ekonomi yang pas-pasan. untuk bisa ikut study tour kamu harus ekstra mengumpulkan duit tabungan untuk ikut dalam kegiatan study tour sekolah. Oleh karena itu kamu perlu menerapkan beberapa tips mempersiapkan study tour jauh hari sebelumnya.

Apa lagi study tour yang akan kamu lakukan berada di luar negeri. tentunya kegiatan ini akan membutuhkan biaya yang cukup besar mulai dari biaya konsumsi, transportasi dan biaya teknis lainnya. Sebenarnya ada banyak Spot atau tempat studi banding di dalam negeri yang tidak kalah kerennya. namun tetap saja luar negeri menjadi pilihan yang menarik.

Lihat juga : Trik mengumpulkan uang dengan cepat bagi pelajar sekolah

Ingat study tour dilakukan bukan untuk bermain Semata, tapi juga ada unsur tanggung jawab pembelajaran mengenai apa saja yang ditawarkan oleh tempat tersebut. Seperti apa Bila kalian study tour ke Australia atau selandia baru dan mempelajari Bagaimana sistem pertanian dan peternakan di sana.

Tips mengumpulkan uang untuk study tour sekolah


Nah bila sekolah dan pihak keluarga mu sudah memberikan izin untuk mengadakan study tour ke luar negeri maka ada beberapa hal yang harus kamu persiapkan seperti misalnya mengurus paspor dan visa, mempelajari budaya dan masyarakat di sana serta mempersiapkan barang dan perlengkapan yang akan kamu butuhkan nantinya selama beberapa hari study tour ke luar negeri.

study tour luar negeri

Berikut adalah beberapa tips untuk menabung dan mengumpulkan duit demi persiapan study tour ke luar negeri.

1. Setel niat dan motivasi jauh hari sebelum keberangkatan


Modal awal untuk menabung adalah dengan cara memiliki niat dan motivasi yang kuat. Cara ini kamu akan lebih mudah dalam menyisihkan sebagian uang jajan. Oleh karena itu kamu harus niatkan terlebih dahulu menabung untuk pergi jalan jalan study tour ke luar negeri bareng teman teman mu. Maka kamu harus berniat dengan sungguh-sungguh.

Dengan memiliki niat dan tekad yang kuat, maka menabung akan menjadi hal yang mudah dan tidaklah sulit. Karena dengan niat akan menghasilkan cara menabung dengan cepat yang sangat penting untuk kedepannya.

2. Buatlah daftar pengeluaran dan pemasukanmu sehari hari


Cara ini kamu gunakan untuk mengantisipasi keinginan yang tidak diperlukan yang dapat menghabiskan uang simpanan kamu. Setidaknya kamu memiliki sisa uang yang bisa disimpan untuk ditabung. Cara ini bisa digunakan untuk mengatasi kehilangan duit secara percuma.

Adanya laporan kebutuhan dan pengeluaran, kamu akan bisa melihat sesuatu yang telah kamu beli dan uang yang dikeluarkan. Jika mengeluarkan uang dengan berlebihan dan kita melihat hasil daftar catatan pengeluaran, kamu bisa menyadari dengan cepat dan bisa menangani pengeluaran yang tidak perlu. semua itu demi study tour ke luar negeri lho!

3. Tentukan target atau jumlah uang yang akan kamu pakai untuk study tour nanti


Jangan menabung bila kamu merasa terpaksa melakukannya. Menabung hanya bagi kamu yang ikhlas menyisihkan uang. Jadi tentukan total biaya yang akan kamu butuhkan saat study tour nantinya. Kemudian targetkan berapa jumlah tabungan yanga akan kamu kumpulkan dan dalam watu berapa bulan.

Kamu bisa menargetkan jumlah uang yang ingin ditabung dan setelah berhasil maka kamu bisa ambil nominal yang bisa diambil tanpa menutup buku rekening tersebut. Sehingga apabila kamu masih inign menabung untuk keperluan lain misalnya setelah study tour berakhir, kamu bisa tetap melanjutkan tabungan mu yang ada di rekening tersebut.

4. Sembuyikan tabunganmu ke tempat yang tidak bisa kamu jangkau


Cara paling mudah agar kamu dapat menabung dengan cepat adalah jangan membiarkan uang mu terlihat dan terjangkau oleh kamu sendiri. Oleh karena itu penting untuk memilih media tabungan yang paling efektif dan efisien. ingat bahwa kamu akan berangkat study banding menggunakan duit tersebut.

Pastikan rekening khusus tabungan ini tidak memiliki kartu debit atau ATM. Anggap saja ini uang lupa walau bukan berarti benar-benar melupakannya. Dengan begitu, kamu akan sulit tergoda untuk mengambil tabungan ini untuk keperluan yang tidak jelas.

Pilihan yang paling bijak adalah membuka tabungan khusus pelajar yang memiliki biaya bulanan yang rendah. atau selain itu kamu juga bisa mempercayakan orangtuamu untuk menyimpan tabungan yang kamu punya dan kasih tahu tentang komitmen mu untuk tidak akan menggunakan uang tersebu demi kepentingan lain selain study tour.

5. Mencari penghasilan tambahan di waktu luang mu


Menabung juga bukan sekedar soal menahan untuk membeli sesuatu. Melainkan cara untuk menambah penghasilan juga bisa menjadi solisinya. Meskipun sulit untuk menahan keinginan untuk melakukan pengeluaran yang berlebihan, kita bisa mencoba menambah pemasukan dengan melakukan berbagai bisnis kecil kecilan sampingan selagi memiliki waktu kosong setelah sekolah.

Kamu bisa mencoba Bisnis atau Usaha Dropship atau Reseller, Usaha dibidang Pendidikan, Usaha dari Hobi dan Keahlian, Usaha dari Proyek Guru dan Sekolah, menjadi freelancer, membuka jualan kuliner di sekolah dan bisnis kecil kreatif lainnya yang tidak mengganggu jadwal sekolahmu. Apa pun itu selama baik dan halal bisa kamu kerjakan. Kesampingkan rasa gengsi mu apabila kamu ingin segera berangkat study tour.

6. Kamu bisa pakai teknik menabung the power of ...


Teknik menabung the power of adalah cara menabung yang harus konsisten. Artinya tetapkan nominal uang yang harus kamu setor setiap hari atau minggunya dengan nominal yang sama. Tentunya semakin besar nominalnya akan semakin cepat target tabunganmu tercapai.

Dengan cara kamu mengumpulkan duit seperti 20 ribu setiap hari, 50 ribu setiap hari atau 200 ribu setiap minggu maka kamu akan mampu menabung dan mengumpulkan uang sebanyak-banyaknya secara konsisten. Setiap uang yang kamu setorkan secara konsisten  dilarang keras untuk digunakan. Jadi jangan dirusak rencana awal menabungnya.

7. Meminta tambahan uang dari orangtua dan keluarga


Jalan terakhir untuk menambah uang tabungan mu adalah dengan meminta tambahan kepada orangtua dan keluarga. Hal ini tidak dilarang bahkan bisa jadi mereka memberikan uang lebih karena melihat usaha mu selama ini yang menabung untuk memperoleh apa yang kamu inginkan.

Jangan lupa untuk membelikan mereka oleh oleh bila nanti pulang dari study tour ya. Karena mereka juga mengharapkannya. Tidak perlu beli yang mahal, akan tetapi yang berkesan dan punya manfaat sehari hari saja mereka sudah senang kok.

Baca juga : Prospek usaha sampingan untuk menambah tabunganmu

Demikianlah pembahasan mengenai Cara mengumpulkan uang untuk study tour sekolah luar negeri kali ini, semoga bisa membantu mu dalam mewujudkan impian ke luar negeri bersama teman teman sekelas mu ya!

Buka Komentar