2 Cara Menonaktifkan Copy Paste, Ctrl+U, Klik Kanan pada Blog

Bagaimana cara disable copas pada blog? Maraknya aksi copy paste oleh sebagian oknum blogger amatiran membuat para blogger profesional mengantisipasi pelanggaran tersebut dengan memberikan beberapa perlakuan pada blog mereka. Mengembangkan blog berarti harus siap menulis konten artikel secara orisinal atau buatan sendiri. dan kali ini kosngosan akan memberikan beberapa tips bagi kalian untuk menghindari plagiat artikel di blog kalian masing-masing.

Mengapa Google sangat membenci artikel yang di-copy Paste? selain melanggar hak cipta dan merugikan pembuat konten yang asli, sebenarnya aksi copy paste pada blog yang kamu kelola dapat menurunkan pagerank dan kualitas blog mu di mata pencarian google dan mesin pencari lainnya.

Coba saja kalau tidak percaya kamu melakukan penelitian dengan membangun 2 Blog secara bersamaan, yang satu diberikan konten original yang banyak dicari oleh orang dan satunya lagi di berikan artikel copy paste.

Setelah beberapa bulan pasti blog yang memiliki konten original akan naik secara perlahan dan meninggalkan blog yang mengandung konten duplikat dan tidak asli.

Untuk jangka pendek efek ini memang belum terasa. akan tetapi bila kamu ingin mengembangkan satu blok yang benar-benar berkualitas, bertahan dari berbagai badai de-index dan update algoritma, maka konsistenlah Menulis artikel yang benar-benar original dan berbeda dengan konten yang ada di dalam blok yang lainnya.

Permasalahannya adalah adanya kecenderungan berkurangnya pengunjung apabila kita memasang script anti copy paste pada seluruh blog atau website milik kita.

Akan tetapi apabila kita ingin memilih beberapa postingan yang berkualitas saja untuk di disable copy paste nya, maka cara itu merupakan cara terbaik dan paling efektif. artinya adalah kamu harus memasang script anti copy paste pada setiap postingan yang ingin kamu lindungi

Baca dulu : Kelebihan Gambar WebP Untuk Optimasi Blog


Cara pasang script anti copas


nonaktifkan copas

Ini dia yang kamu cari cari selama ini. Karena ada beberapa postingan yang sangat berharga, sudah bersusah payah untuk kamu tulis dan hasilkan dari pemikiran sendiri, panjangnya juga 1000 kata lebih dan mengandungn keyword yang lagi trend, maka sayang sekali rasanya bila orang lain dengan seenak jidat mengopas tulisan kita


Pasang Script Per Artikel


Sakit hatinya lagi apabila hasil copas tersebut ternyata lebih tinggi pencariannya ketimbang tulisan asli yang kita punya. Selain melaporkan ke DMCA, kamu juga sebaiknya memberikan script anti copas pada artikel tersebut secara terpisah.

Maksudnya secara terpisah adalah, hanya postingan atau artikel yang dipasang script anti copas saja lah yang pengunjung tidak bisa melakukan copas, selain itu tetap seperti biasanya. Kira kira begini caranya :

Langkah 1

Pergi ke postingan yang sudah selesai dan hendak di publish.

Langkah 2

Kemudian edit postingan dalam mode HTML dan terlihat kode nya. Masukkan script anti copas dibawah ini :

<body oncontextmenu='return false;' onkeydown='return false;' onmousedown='return false;'/>

Langkah 3

Copy code diatas dan pastekan ke bagian bawah postingan yang akan di publish dalam mode HTML

script anti copas

Kemudian publish, maka lihat hasilnya.

Kamu bisa coba klik kanan atau ctrl + U. Maka itu akan sia sia saja. Jadi intinya script diatas berfungsi untuk mematikan blok dan klik kanan mouse pada postingan tersebut.

Pasang Script Pada Template


Selain memasang script pada tiap artikel yang cukup merepotkan (karena harus memasang setiap kali publish artikel), kamu juga bisa memasang script anti copas pada theme blogspot mu, sehingga secara keseluruhan, setiap artikel yang ada di blog mu tidak akan bisa di copy paste dan crtl u lagi. Caranya adalah sebagai berikt :


  • Masuklah ke akun blogspot milik sobat dan klik pada menu HTML
  • Kemudia klik pada tombol "Edit HTML"
  • Lalu lakukan pencarian dengan menekan tombol CTRL + F bersamaan pada keyboard untuk melakukan pencarian
  • Sobat kosngosan bisa mencaril kode CSS dari BODY
  • Kalau di dalamnya sudah ada kode CSS, sobat bisa menambahkan deretan kode berikut ke dalam CSS dari BODY nya dan hasil akhirnya kurang lebih jadi seperti dibawah ini :


BODY {
 user-select:none;
 -moz-user-select:none;
 -ms-user-select:none;
 -khtml-user-select:none;
 -webkit-user-select:none
}


Jangan lupa tekan tombol "Save theme".

Selesai, kini blog teman teman sudah tidak bisa dilakukan seleksi untuk klik kanan dan melakukan aktifitas copy paste. Script ini tidak berat dan hanya untuk css saja, jadi tidak mengandung javascript dan tidak berpengaruh pada loading blog.


Tonton Panduannya


Kamu juga bisa menonton video yang sudah mimin apload di channel kosngosan mengenai Cara Menonaktifkan CTRL+U, Copy Paste dan Klik Kanan Postingan Blog, silahkan tekan tombol play dan video akan tayang otomatis. Terimakasih, jangan lupa like, share dan subscribe channel kosngosan untuk mendukung mimin mengembangkan video tutorial lainnya.



Baca juga : Membuat SubDomain TLD BlogSpot untuk SafeLink Pribadi


Kesimpulan


Jadilah blogger yang elegan dan profesional. Kamu mungkin bisa saja melakukan copy paste sesukanya di artikel orang lain secara mentah mentah. Tetapi ingat segala penghasilan yang akan kamu terima tentunya tidak akan berkah.

Selain itu menghidupi blog dengan konten plagiat dalam jangka panjang akan berdampak negatif terhadap traffic dan penilain mesin pencari. Sekali lagi, kamu tidak akan melihat efeknya dalam jangka pendek, namun yakinlah blog mu akan berdampak negatif dalam jangka panjang.

Sekianlah artikel blog yang membahas cara mengantisipasi aksi copy paste pada salah satu postingan yang ada di dalam blog. Semoga kamu bisa terlindungi dari aksi nakal ini. dan bagi kalian yang masih suka melakukan copy paste segera bertaubat lah dan menyadari kesalahan yang kalian buat.
By

head ads

inline ads

inline ads 2

bottom ads