Kelebihan WebP Untuk Artikel Blog | Cara Convert Gambar ke Format WebP

Bagaimana cara mengubah format gambar Webp ke Jpg atau PNG begitu juga sebaliknya? Apa itu webp? Apa kelebihan dari format gambar ini untuk konten website kita? Nah kali ini postingan kosngosan kali ini akan spesial membahas mengenai format gambar digital yang dibuat oleh Google ini. Let's check these out

format gambar webp

Webp merupakan salah satu format gambar digital terbaru selain jpg, png dan gif yang memiliki fitur kompresi gambar maksimal sehingga memberikan loading ringan kepada postingan blog yang menggunakan ekstensi gambar ini.

Webp sebenarnya sudah dikembangkan pada tahun 2010 namun baru luas penggunaannya saat ini karena memang memiliki kelebihan dan dikhususkan untuk penggunaan digital dan gambar pelengkap untuk situs atau website

Baca juga : Begini Cara Mendapatkan JV (Joint Venture) Adsense Terpercaya untuk Blogger Pemula

Setelah sekian lama format gambar Ini akhirnya banyak didukung oleh berbagai perangkat dan aplikasi. Perlu kamu tahu sebelumnya format gambar ini sangat sedikit didukung oleh peramban, dan kini sudah banyak yang mendukung format gambar ini.

Namun tidak semua peramban atau Browser yang support dengan format ini seperti misalnya Internet Explorer dan Firefox versi lama yang tidak akan bisa membaca format ini, atau otomatis mengubahnya ke format jpg atau png



Gambar WebP


Kelebihan WebP


Apabila sobat kosngosan sebagai seorang blogger atau Webmaster menggunakan gambar Webp, tak akan bisa mengkompres sampai 25% dengan kualitas gambar yang sama dibanding format gambar jpg atau png.

Saat ini media sosial seperti Facebook juga kepincut menggunakan format gambar webp. Jadi apabila kamu hendak menyimpan gambar dari Facebook dengan melakukan save as image, maka kamu akan mendapatkan gambar dengan format webp.

Bagaimana format webp bisa mengkompresi gambar dengan maksimal? Seperti yang dikutip dari situs Google Developer, Kompresi WebP lossless menggunakan fragmen gambar yang sudah terlihat untuk merekonstruksi piksel baru secara tepat. WebP terdiri dari data gambar VP8 atau VP8L, dan RIFF.

Apabila sobat kosngosan ingin membuat gambar yang punya transparansi seperti format png, maka webp juga bisa melakukannya. WebP mendukung transparansi dengan hanya 22% tambahan byte. Biasanya memberikan ukuran file tiga kali lebih kecil dibandingkan dengan PNG

sejarah webp

Cara mengubah JPG, JPEG, GIF atau PNG kedalam format WebP


Lalu pembahasan selanjutnya adalah bagaimana cara mengubah format gambar umum menjadi format gambar webp? Tentu saja kamu bisa menggunakan yang namanya aplikasi converter offline dan online.

Selain itu apabila kamu pengguna wordpress, kamu bisa menggunakan plug in yang otomatis akan mengubah format gambar ke dalam webp. Dan bagi pengguna platform blogspot tentu kamu harus convert secara manual menggunakan tool.

Untuk mengetahui cara convert-nya, kamu bisa menonton video panduan yang sudah mimin upload ke channel youtube milik kosngosan dibawah ini, tinggal klik tombol play. Jangan lupa juga untuk like subscribe dan komen video kosngosan di bawah ini



Baca juga : Cara Membuat SafeLink Converter BlogSpot dengan SubDomain


Kesimpulan


Jadi penggunaan format gambar webp, dinilai lebih efektif dan efisien dalam menjaga loading blog lebih cepat, terlebih apabila blog sobat memiliki media visual yang banyak. Jangan ragu untuk menggunakan format gambar ini, karena sudah merupakan rekomendasi langsung dari google.

Terima kasih sudah berkunjung di blog kosngosan, semoga artikel di atas mengenai format gambar webp dan cara convert-nya, bisa menambah pengetahuan dan referensi kalian untuk meningkatkan loading blog dengan memanfaatkan format gambar webp.

Mohon juga untuk melakukan share atau membagikan artikel ini di media sosial milik kalian, supaya teman-teman blogger lain juga mengetahui mengenai kelebihan dari format gambar webp ini.
By

0 Response to "Kelebihan WebP Untuk Artikel Blog | Cara Convert Gambar ke Format WebP"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel