Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Audio Adalah: Pengertian, Media dan Contoh Audio Visual

Apa pengertian audio? Audio, Suara atau Bunyi adalah sesuatu yang diterima oleh indera pendengar yang merupakan getaran yang dihasilkan oleh suatu benda akibat dari gerakan atau gesekan yang mana akan diterima oleh mahluk hidup, sebagai suatu gelombang suara oleh sistem indera pendengarannya

Apabila kita tinjau dari definisi yang diungkapkan oleh para ahli mengenai apa arti audio yang sebenarnya, maka akan terdapat perbedaan yang masing-masing akan mendefinisikannya sesuai dengan pemahamannya sendiri

Dalam defenisi yang lebih teknis, kosngosan dapatkan dari laman luar negeri, pengertian audio adalah sebagai bunyi yang terdengar dalam rentang akustik yang terdengar bagi manusia (jadi patokannya adalah manusia) dan perlu diketahui, frekuensi audio (AF) yang terdengar oleh manusia ada pada kisaran zntara 20 hingga 20.000 Hertz (siklus per detik)

Menurut Wikipedia, Audio adalah istilah yang mengacu pada suara, karena ditransmisikan dalam bentuk sinyal. Audio menurut Dictionary.com adalahbentuk gabungan yang digunakan dalam pembentukan kata majemuk, dengan arti: “bunyi dalam jangkauan pendengaran manusia” (audiometer); "pendengaran" (audiologi); “reproduksi suara” (audiophile).


Audio dalam Ruang Lingkup Digital Adalah

audio adalah

Apabila kita merujuk kepada audio digital yang dimainkan di komputer, defenisi audio menjadi berubah lagi, yaitu merupakan sound system yang diciptakan dengan atau ditambahkan ke komputer itu sendiri.

Dengan menambahkan perangkat keras khusus audio berisi built-in prosesor khusus dan memori untuk memproses file audio dan mengirimkannya ke speaker di komputer. File audio adalah rekaman suara yang diambil yang dapat diputar kembali secara berulang-ulang.

Audio digital yang kita temui di perangkat elektronik adalah urutan sinyal analog alami yang dikonversi ke sinyal digital oleh kartu audio, menggunakan microchip yang disebut Analog to Digital Converter (ADC).

Jadi saat kamu memainkan audio di laptop misalnya, sinyal digital akan dikirim ke speaker di mana dikonversi kembali ke sinyal analog yang menghasilkan suara yang bervariasi

Menurut ahli, audio dapat didefinisikan sebagai:

  • Technological definition: Audio adalah teknologi yang memungkinkan kami untuk merekam, memproses, memancarkan, dan menerima suara atau suara digital.
  • Acoustic definition: Audio adalah cabang dari ilmu akustik yang mempelajari produksi, pengiriman, dan penerimaan suara.
  • Electronic definition: Audio adalah sinyal elektronik yang merepresentasikan suara dan dapat diterima oleh alat seperti speaker dan headphone.

Secara umum, audio dapat didefinisikan sebagai teknologi yang memungkinkan kita untuk merekam, memproses, memancarkan, dan menerima suara. 

Ini memainkan peran penting dalam banyak aplikasi, seperti pemutaran musik, perekaman suara, dan produksi film.

Baca juga : Cara Menjadikan Sound TikTok jadi Nada Dering


Media Audio Adalah

pengertian audio adalah

Pengertian media audio atau media dengar adalah suatu alat atau sarana yang digunakan untuk mentransmisikan atau menyebarluaskan audio, didalamnya berisi pesan yang diterima oleh indra pendengaran.

Adapun isi pesan yang disampaikan melalui media audio bisa berupa lambang auditif seperti rangkaian kata, musik, dan juga sound effect.

Media audio dapat merangsang pikiran perhatian serta kemauan manusia dalam mempelajari suatu hal. Apalagi ditambahkan dengan media visual maka tujuan yang diperoleh akan semakin efektif dan efisien

Adapun kelebihan dari media audio akan dijelaskan mimin kosngosan seperti di bawah ini :

  • Memiliki variasi program yang lebih banyak
  • Dapat diulang atau diputar kembali
  • Mudah dipindahkan (portable)
  • Merangsang partisipasi aktif pendengaran
  • Mengembangkan daya imajinasi menulis dan menggambar
  • Memusatkan perhatian dalam aspek sastra, menggambar, musik dan bahasa
  • Menggantikan guru dengan lebih baik
  • Menyajikan laporan seketika yang memberikan kesegaran topik
  • Adapun kelemahan dari media audio diantaranya sebagai berikut :
  • Sulit menemukan lokasi suatu pesan atau informasi
  • Kecepatan serta pengaturan trek rekaman menyulitkan untuk dimainkan kembali
  • Memerlukan pemusatan pada pengalaman yang tetap dan tertentu
  • Media Audio terkadang bersifat abstrak, sehingga membutuhkan bantuan visual
  • Membutuhkan pembendaharaan kata atau bahasa
  • Hanya akan mampu melayani audiens yang mempunyai kemampuan dalam berfikir abstrak


Contoh Media Audio

Kemudian kita akan membahas mengenai beberapa contoh dari media audio yang bisa digunakan untuk menyebar luaskan audio, seperti diantaranya adalah sebagai berikut :


Radio

Radio merupakan salah satu peralatan elektronik yang menjadi media untuk menyebarluaskan audio, karena memang tujuan dari penemuan alat ini adalah untuk menyiarkan berita dalam bentuk suara.


Audio Recorder

Ada banyak sekali jenis audio recorder saat ini karena perkembangan teknologi yang semakin canggih membuat alat untuk merekam suara juga semakin bervariasi.

Bahkan saat ini sobat kosngósan juga bisa merekam suara menggunakan perangkat smartphone milik kita.


MP3 Player

Zaman dahulu sebelum perkembangan smartphone seagresif seperti sekarang ini, ada yang namanya MP3 player atau biasa disebut sebagai walkman. Biasanya ini digunakan untuk mendengarkan lagu yang berformat MP3


CD dan DVD

Salah satu teknologi media penyimpanan file saat ini yang masih digunakan adalah kepingan CD atau DVD, yang mana selain bisa menyimpan file berbentuk dokumen, gambar atau video, juga bisa menyimpan audio


iPod

Kalau kamu seorang penggemar Apple atau biasa disebut Apple FanBoy, maka kamu tidak asing lagi dengan yang namanya produk iPod ini. Ini adalah versi MP3 player-nya milik Apple yang digunakan untuk memainkan musik


Smartphone

Walaupun sebenarnya fungsi utama dari smartphone atau ponsel pintar bukanlah untuk media audio, akan tetapi alat ini juga bisa digunakan untuk media yang menghasilkan audio dari speaker internal, begitu juga dengan visual yang tampil lewat touchscreen nya.


Contoh Audio Visual

Lalu apa yang dimaksud dengan audio visual? Pengertian audio visual adalah dua unsur yaitu suara dan gambaran yang dipadukan dalam satu media, dimanfaatkan sebagai alat bantu untuk berbagai hal keperluan.

Seperti yang sobat kosngosan ketahui, audio adalah sesuatu yang yang bisa didengar, sementara visual adalah sesuatu yang bisa dilihat.

Sehingga media audio visual adalah media yang menyajikan elemen tampilan dan suara yang bisa dilihat sekaligus didengar.

Ada banyak sekali contoh dari audio visual yang bisa kita buat seperti misalnya video yang kita upload di YouTube, itu adalah contoh audio visual di mana setiap gerakan yang kita rekam dan tampilkan secara visual disertai dengan audio untuk penjelasan lebih lengkapnya.

Contoh audio visual lainnya antara lain sebagai berikut :


Video Musik

Ini merupakan media audio visual yang menampilkan gerakan yang merekam setiap kejadian yang tertangkap oleh lensa kamera dan juga microphone

Kemudian disimpan dalam bentuk file untuk seterusnya bisa diputar berulang-ulang. Saat ini kita sudah banyak menemui video musik atau video suara seperti di YouTube, Vimeo, Dailymotion dan berbagai platform media sosial penyaji konten audio visual lainnya


Film Bersuara

Zaman dahulu orang membuat film masih belum memiliki suara (film bisu) karena keterbatasan teknologi pada saat tersebut.

Sekarang kita bisa menikmati film bersuara cara yang semakin canggih dengan teknologi CGI-nya. Bahkan dengan berbagai teknologi yang dikemas apik ketika kita menonton film bersuara di bioskop


Televisi

Kita bisa mengkategorikan perangkat elektronik ini sebagai jenis media audio visual yang tentunya menjadi salah satu benda wajib yang ada di rumah.

Televisi akan menyajikan informasi berupa pesan dalam bentuk visual dan audio yang memiliki unsur gerakan di dalamnya. Saat ini sudah ada smart tv yang berbasis sistem operasi yang bisa terhubung ke jaringan internet juga


Slide Sound

Selanjutnya contoh dari audio visual dalam kategori tidak murni yaitu media yang hanya menampilkan audio dan gambar statis, misalnya ketika kamu membuat presentasi yang isinya gambar dan diberikan suara sebagai penjelasan informasi didalamnya.


Animasi

Animasi 2D adalah kumpulan gambar yang dipadukan sehingga terlihat bergerak, sementara untuk animasi 3D, memiliki teknologi tertentu untuk bisa menghasilkan karakter yang memiliki dimensi.

Animasi juga bisa dikategorikan sebagai media audio visual karena selain menampilkan visual juga memberikan audio berupa percakapan

Baca juga : Cara Membuat Musik 8D di PC dan HP


Kata Penutup

Sering sekali kita bingung mengenai definisi apa itu audio. Dan melalui materi pembahasan yang telah mimin kośngosan sampaikan seperti diatas

Semoga saja teman-teman bisa menambah wawasan dan referensi mengenai audio yang menjadi salah satu unsur paling penting dalam konten yang ada di internet

Nah sebagai pembaca yang baik kamu juga bisa berkontribusi untuk membagikan artikel ini ke sosial media masing-masing dengan cara klik tombol share di bawah, untuk memberikan ilmu gratis ini juga ke teman mu yang lainnya, terimakasih banyak ya!

Reza Harahap
Reza Harahap Reza Harahap adalah owner kosngosan. Suka belajar bisnis, finansial, ekonomi, pendidikan dan pekerjaan. Sembari membagikan ide usaha untuk entrepreneur. Blog ini berisi rencana bisnis, strategi investasi, persiapan keuangan dan lainnya