11 Mata Kuliah Jurusan Perhotelan yang Wajib Kamu Ambil

Apa saja mata kuliah yang wajib kamu ambil ketika kuliah D3/S1 Perhotelan? Program studi Perhotelan merupakan salah satu yang banyak diserap oleh industri pariwisata saat ini. Ada banyak peminat kuliah perhotelan dan rata-rata lulusannya memang bekerja untuk kepentingan industri kreatif di bidang pariwisata. Mayoritas bekerja di hotel dan fasilitas wisata lainnya. Tapi tahukah sobat kosngosan, bahwa kuliah dijurusan ini memiliki beberapa mata kuliah yang wajib untuk diambil?

Mungkin ada yang masih asing mendengar jurusan perhotelan. Mulаi dаri tеmаn, sаudаrа dan оrаng tuа ada jugа yang bersifat skeptis atau tidak percaya mengenai peluang kerja dan prospek karier jruusan perhotelan. Sереrtinyа mеrеkа khаwаtir dеngаn mаsа dераnmu ketika mengambil jurusan ini.

Padahal jurusan ini cukup banyak diperlukan oleh industri kreatif dan pariwisata saat ini. Jurusan реrhоtеlаn tidak hanya diajari untuk melayani, tetapi juga bеlаjаr susаh tеntаng рsikоlоgi реlаyаnаn, kоmunikаsi, sаmраi bаhаsа untuk bisа mеmbеrikаn реlаyаnаn tеrbаik dаn itu mеnggunаkаn оtаk dаn hаti.

Banyak juga yang berpikiran miring atau negatif mendengar kata pelayan hotel. Pеmikirаn yаng tеrаmаt sаngаt sеmрit ini mеngаnggар реrhоtеlаn аdаlаh sеsuаtu yаng bеrhubungаn tamu tamu hidung belang dan semacamnya. Jelas itu adalah pemikiran yang salah kaprah.

Baca dulu : Tata Krama Mengirim SMS dan Chat ke Dosen yang Sopan


Mata Kuliah Jurusan Perhotelan


mata kuliah jurusan perhotelan

Kuliah jurusan perhotelan harus mеmilih kоnsеntrаsi sеsuаi minаt seperti Frоnt Оfficе, Hоusе Kеерing, F&B Рrоduct, F&B Sеrvicе, Mаrkеting, Аcоunting, HRD hingga dераrtmеn lоundry. Dengan adanya konsentrasi ini nantinya kamu lebih kompeten untuk bekerja dibidang masing masing.

Kuliah D3 perhotelan merupakan jurusan yang memiliki peluang yang sangat bagus di dunia kerja saat ini. Dengan lama studi yang relatif singkat kamu bisa segera memasuki dunia kerja. Namun setelah menyelesaikan 10 mata kuliah wajib dibawah ini tentunya :

1. Mata kuliah bahasa Indonesia


Mata kuliah bahasa indonesia memang wajib. Walaupun terbilang sudah dasar, namun bahasa indonesia tetap harus dipelajari terlebih bagi kamu yang akan banyak melayani tamu dan berkomunikasi dengan banyak orang nantinya.

Selain itu ada banyak teori dalam bahasa indonesia yang nantinya akan berguna di dunia kerja. Jadi jangan sepelekan mata kuliah dasar ini ya bila tidak ingin mendapatkan IPK yang rendah maka belajarlah bahasa indonesia yang baik dan benar.


2. Mata kuliah bahasa Inggris terapan


Bahasa inggris adalah bahasa internasional yang wajib untuk kamu kuasai bila ingin lulus jurusan perhotelan. Mengapa bahasa dunia ini menjadi wajib? Karena akan ada banyak turis atau bule yang nantinya akan kamu ajak berkomunikasi.

Bahasa inggris tentunya tidak asing lagi bagi kamu yang sudah duduk dibangku sekolah baik di SMP dan di SMA. Bedanya belajar bahasa inggris terapan kamu harus bisa langsung mempraktekkannya atau memiliki kemampuan speaking yang bagus.


3. Mata kuliah bahasa asing pilihan


Selain bahasa indonesia dan bahasa inggris, ada juga bahasa asing pilihan yang menjadi mata kuliah wajib pada jurusan perhotelan. Kamu tinggal pilih bahasa apa yang saat ini paling banyak digunakan di dunia ini seperti bahasa jepang, china, arab dan sebagainya.

Mempelajari dan menguasai salah satu bahasa asing ini akan membuat kamu memiliki nilai lebih yang nantinya akan mudah diterima kerja pada salah satu industri pariwisata. Jadi jangan malas belajar mata kuliah bahasa asing ini ya.


4. Mata kuliah pengolahan makanan


Pengolahan makanan yang dipelajari berbeda dengan jurusan pertanian yang mengolah makanan secara kimiawi. Di jurusan perhotelan mata kuliah pengolahan makanan artinya mempelajari bagaiamana menciptakan makanan yang diminati oleh industri pariwisata.

Ini penting untuk mengetahui tentang bagaimana cara mengolah dan mengembangkan makanan pada level yang maksimal. Termasuk memperkenalkan makanan khas nusantara kepada para tamu asing yang menginap di hotel nantinya. Kamu juga akan belajar cara pengolahannya secara komersial.


5. Mata kuliah komputer terapan


Jurusan perhotelan tidak mellulu mempelajari tentang hotel dan makanan. Tetapi juga harus bisa menguasai mengenai komputer terapan.

Komputer terapan merupakan pelajaran yang berisi program serta penggunaan perangkat komputer dengan tujuan komersial dalam hal ini untuk kepentingan pariwisata. Karena lulusan perhotelan tidak melulu tentang melayani tamu hotel, akan tetapi kalian harus punya kompetensi dibidang teknologi, salah satunya adalah dengan bidang komputer.


6. Mata kuliah statistik pariwisata


Mata kuliah ini meliputi konsep dasar Statistika Deskriptif tentang Ukuran Gejala Pusat, Simpangan, Dispersi dan Variasi, Bentuk Distribusi Peluang, Teknik dan Distribusi Sampling, Metode Menaksir Parameter, Pengujian Hipotesis Statistik, Menguji Perbedaan Harga Dua Buah Parameter, Uji Kecocokan dan Normalitas Data dan Analisis Variance.


7. Mata kuliah ilmu manajemen


Dimana mana ilmu manajemen menjadi hal dasar yang harus dikuasai terlebih untuk mahasiswa jurusan perhotelan. Mata kuliah ini mempelajari tentang fondasi manajemen, pengelolaan lingkungan kerja, lingkungan dan budaya organisasi, pengelolaan lingkungan global.

Ditambah mengenai perencanaan organisasi, penentuan tujuan dan penyusunan strategi, pengambilan keputusan manajerial, dasar pengorganisasian, manajemen sumber daya manusia, landasan perilaku dan motivasi dalam organisasi dan fungsi pengendalian dalam organisasi dan aspek lain yang dipelajari.


8. Mata kuliah pemasaran hotel


Mata kuliah Pemasaran Hotel membahas dan mempelajari tentang strategi dan taktik, yang direncanakan sedemikian rupa untuk menyampaikan cerita tentang pelayanan yang dapat diberikan oleh suatu hotel

Pada mata kuliah ini kalian akan mempelajari bagaimana cara memberikan pelayanan yang maksimal pada tamu hotel, untuk mau memilih pesan yang disampaikan hotel untuk dibandingkan dengan pilihan lain dari hotel pesaing.


9. Mata kuliah tata hidangan


Mata kuliah ini akan mempelajari mengenai ketrampilan dalam pelayanan makanan dan minuman. Selain itu belajar mengenai konsep dan ruang lingkup tata hidang, personalia food and beverage service, perlengkapan tata hidang dan penyiapan area restoran

Selain itu kalian juga akan belajar mengenai bagaimana metode penerapan pengetahuan menu hidangan dan etika dalam perjamuan makan dan penerapan pelayanan makanan dan minuman yang ada di restoran tempat hotel berada.


10. Mata kuliah akuntansi hotel


Mata kuliah ini mempelajari mengenai bentuk pengaplikasian praktik akuntansi di lingkungan hotel yaitu memahami pemrosesan akuntansi di manajemen hotel, perhitungan biaya hotel, laporan keuangan hotel, dan analisis kinerja keuangan hotel.

Lulusan perhotelan nantinya juga akan bisa menguasai teknis pelaporan akuntansi milik hotel, sehingga akan sangat diperlukan kemampuan mu dalam menggunakan aplikasi akuntansi seperti MYOB, Zahir dan sebagainya


11. Mata kuliah Higienitas dan Sanitasi Hotel


Penting sekali mempelajari bagaimana mengelola hotel, termasuk bagian kebersihan dan sanitasinya. Karena ini sangat berpengaruh terhadap kualitas pelayanan hotel yang dirasakan oleh tamu.

Aspek kebersihan dan kesehatan hotel sangat mempengaruhi minat para tamu untuk berlama-lama di hotel tersebut. Kebersihan sangat berpengaruh dalam meningkatkan kepariwisataan di Indonesia. Sebagai yang akan bekerja pada industri ini, mata kuliah ini akan wajib kamu pelajari nantinya ketika kuliah

Baca juga : Daftar Jurusan Kuliah yang Cocok untuk Anak SMK


Kata Penutup


Kuliah memang menjadi salah satu tujuan bagi para siswa kelas 3 SMA atau SMK untuk melanjutkan pendidikan mereka dan bekerja sesuai dengan karir yang mereka pilih. Dengan beberapa informasi diatas semoga kamu bisa terbantu mengenai beberapa mata kuliah yang harus kamu ambil ketika memutuskan untuk memilih jurusan perhotelan

Demikianlah pembahan mengenai beberapa Mata kuliah wajib jurusan perhotelan pariwisata yang harus kamu ambil kali ini, semoga bisa membantu kalian yang saat ini ingin melanjutkan pendidikannya dijurusan perhotelan dan pariwisata. Semoga sukses!
By