-->

15 Cara Menggali Peluang Usaha Bagi Pemula

Bagaimana cara menciptakan peluang usaha baru berdasarkan informasi dari lingkungan? Tentu saja bisnis yang baik adalah bisnis yang dimulai saat ini juga. Artinya apabila kamu sudah memiliki ide hendak membuat bisnis seperti apa, maka segeralah bertindak dan belajarlah teknik untuk mewujudkannya. Namun masih banyak yang bingung bagaimana tips menghasilkan ide bisnis yang brillian itu? kali ini kosngosan akan membahasnya spesial untuk kalian.

Peluang bisnis dapat dijelaskan sebagai suatu peluang yang mengantarkan seseorang menuju kepada kegiatan perekonomian untuk menghasilkan pendapatan. ada berbagai macam peluang bisnis yang bisa kamu ambil berasal dari permasalahan di sekitarmu.

Peluang usaha yang dapat diciptakan akibat dari permasalahan yang ada di sekitar kita akan memberikan bisnis yang berpeluang tinggi untuk dicari oleh banyak orang. Sobat kosngosan harus melakukan riset Hal apa yang dibutuhkan masyarakat saat ini dan masih sedikit solusi untuk menangani nya.

Pentingnya kreativitas dalam peluang usaha memberikan manfaat kepada industri ekonomi kecil dan menengah. Perkembangan ekonomi mikro dalam skala nasional tentunya akan memberikan Efek positif kepada pertumbuhan ekonomi.

Ide dan peluang usaha kewirausahaan ini sejatinya harus diperkenalkan sejak di bangku sekolah. adanya penambahan kurikulum mengenai mata pelajaran kewirausahaan dinilai sangat diperlukan untuk menghadapi tantangan era industri lainnya seperti sekarang ini.

Baca dulu : Ini Dia Contoh Perilaku Hemat Buat Pengusaha Sukses


Cara Menghasilkan Ide Bisnis


cara menggali peluang bisnis

Pada setiap kegiatan usaha tentunya memiliki kelebihan dan kelemahan (weakness). Yang penting adalah bagaimana tujuan sobat kosngosan untuk mengembangkan ide dan peluang usaha tersebut menjadi lebih dominan dan dikenal banyak orang.

Ada beberapa tips bagi kamu dalam mencari peluang bisnis lain, yaitu :

cara mencari ide usaha bisnis

1. Carilah potensi usaha yang paling dibutuhkan orang banyak


Amati dan perhatikan lingkungan dimana kamu tinggal. Apa yang saat ini dibutuhkan oleh banyak orang yang tidak ada atau minim solusinya. Sobat kosngosan bisa melakukan riset konsumen dan rangkumlah masalah apa yang paling sering muncul dan berikan solusinya

Cara ini memang terbilang sederhana, namun sangat sulit dalam pelaksanannya. Karena membutuhkan metode dan pemahaman yang mendalam terhadap suatu permasalahan yang sedang terjadi, dan juga butuh pola pikir yang inovatif sehingga menghasilkan solusi jitu


2. Riset keperluan yang banyak dicari masyarakat berdasarkan lokasi


Keperluan dan kebutuhan orang memang berbeda. Maka perlu dilakukan studi seperti apa barang atau layanan yang dibutuhkan orang banyak. Seperti kamu berada di lingkungan sekolah, maka yang paling dibutuhkan adalah fotocopy, alat tulis kantor dan perlengkapan buku lainnya.

Salah satu sumber peluang usaha yang berasal dari diri sendiri adalah sobat kosngosan harus mampu mengamati dan melakukan riset mengenai permasalahan apa saja yang kamu dan masyarakat disekitarmu alami. apakah permalasahan ini bisa dibuat solusinya sebagai salah satu peluang bisnis.


3. Bekerjasama dan mencari partner bisnis


Mencari peluang usaha yang ada di sekitar sobat kosngosan juga bisa dengan menjalin kerja sama dengan usaha yang telah berjalan.

Artinya sobat kosngosan harus bisa mencari suplier atau memasarkan produk hasil olahan partner bisnis mu itu. Seperti misalnya bila ada warung yang ramai, kamu bisa menjalin hubungan bisnis dengan menciptakan produk kuliner kepada warung tersebut dengan sistem barang habis baru keuntungan dibagi.


4. Aktif di grup dan forum bisnis online


Saat ini hampir penggunaan internet tidak bisa dibatasi. Sebagai calon pengusaha, sobat kosngosan harus aktif mencari ide bisnis dari media forum atau grup online seperti grup facebook, grup whatsapp, telegram dan sebagainya.

Peluang usaha juga dapat diciptakan akibat dari tingkat tekanan pekerjaan yang semakin tinggi. Seperti misalnya pekerjaan dengan tekanan tinggi membuat banyak para milenial untuk lebih memilih resign dan berkarier dibidang pekerjaan freelance.


5. Jangan malu belajar kepada ahlinya langsung


Kalau kamu berinteraksi secara daring melalui media sosial dengan para pengusaha yang sudah sukses, kali ini sobat kosngosan harus belajar dan mengobrol langsung ke pengusahanya.

Karena ada banyak kelebihan apabila kita bertemu langsung dengan mereka, diantaranya kamu bisa lebih akrab, bisa bertanya sepuaasnya dan praktek langsung dari ahlinya.


6. Banyak membaca buku dan referensi bisnis lain


Sobat kosngosan bisa memanfaatkan ]buku, majalah, pamflet, buklet dan koran bisnis yang dapat dijadikan sebagai sumber informasi yang dapat membantu kalian untuk menciptakan ide bisnis yang bagus.

Seperti misalnya permasalahan malasnya orang keluar rumah ketika ingin membeli makan di malam hari. Hal sederhana yang berasal dari diri sendiri ini kemudian membuat perusahaan startup go jek misalnya menciptakan layanan Go Food, dan sebagainya.

Baca juga : Cara Mengetahui Isi Sebuah Buku, Tanpa Membaca Keseluruhan


7. Mengikuti seminar, workshop dan pelatihan di daerahmu


Sobat juga bisa mencoba sesekali seminar, pelatihan atau workshop mengenai bisnis dan kewirausahaan. Kegiatan tersebut akan menambah ilmu dan kamu akan mendapatkan mentor yang berpengalaman dalam membangun usaha. Mungkin dengan seminar tersebut, akan memperoleh inspirasi dan teman teman yang baik.


8. Prinsip ATM


Kamu bisa menerapkan prinsip Amati Tiru dan Modifikasi pada suatu bisnis dan menerapkannya dalam bisnis baru yang akan kamu lakukan.

Ini bukan berarti kamu menduplikasi secara persis bisnis tersebut tetapi mencari konsepnya kemudian mengembangkannya menjadi versi kamu. Tentu saja dalam pasar bebas ini bisa dilakukan dan kamu akan menjadi orang yang fleksibel dalam berbisnis


9. Mendengarkan Keluhan Masyarakat


Terkadang kita bisa mendapatkan ide bisnis dari banyak keluhan masyarakat yang dilontarkan di berbagai forum termasuk kegiatan penyuluhan atau acara Balai Desa

Kamu juga bisa mengadakan focus group discussion atau diskusi yang melibatkan berbagai pihak untuk berbicara mengenai persoalan-persoalan yang sering mereka hadapi sehingga mendapatkan solusi alternatif yang terbaik untuk diaplikasikan


10. Dari Acara Televisi, YouTube dan Media Lain


Perkembangan teknologi saat ini memang sangat canggih sehingga kamu bisa mendapatkan informasi bisnis dari acara televisi dan juga channel channel di YouTube

Dari sana Kamu bisa membaca dan menonton informasi penting termasuk permasalahan bisnis yang sering dihadapi oleh pemula dan solusi alternatif nya yang akan kamu pelajari serta terapkan dalam jam perjalanan bisnis saat ini


11. Aktif di Media Sosial


Dengan aktif di beberapa akun media sosial seperti Instagram Facebook atau YouTube, maka kamu harus bisa memanfaatkan waktu tersebut untuk menggali informasi lebih dalam lagi mengenai bisnis yang ada yang sedang trend saat ini.

Kamu bisa melihat dari hashtag, atau trending di twitter mengenai apa saja yang banyak diperbicangkan oleh netizen di negara ini. Bisa juga kamu melihat dari google trending, mengenai kata kunci apa yang sedang trend dicari orang menggunakan mesin pencari google, dan sebagainya.


12. Mengikuti Pameran Enterpreneur


Salah satu tempat yang efektif untuk membangkitkan ide-ide bisnis adalah datang langsung ke tempat pameran. Mereka sering menunjukan bisnis dan job baru mengenai kewirausahaan. Biasanya penyelenggara acara adalah lembaga pemerintahan di bidang sosial, ekonomi atau instansi swasta.

Terkadang Kamu harus mengeluarkan beberapa rupiah untuk mendapatkan tiketnya. Namun, pengeluaran uang tidak sebanding dengan apa yang akan diperoleh. Sesekali cobalah untuk datang ke tempat ini untuk mendapatkan pengalaman bisnis secara nyata.


13. Mengunjungi Pusat Bisnis


Apabila sobat kosngosan ternyata masih bingung mau menjalankan bisnis seperti apa, maka cobalah untuk mengunjungi tempat tempat bisnis. Dari sana kamu bisa mengamati hal apa saja yang dibutuhkan masyarakat. Atau yang sedang ngetren di daerah tersebut.

Apalagi sekarang orang selalu mengikuti apa saja yang lagi viral. Tentu saja mungkin kamu harus membayar uang masuk terlebih dahulu, namun tidak masalah bukan? karena ini adalah investasi bisnis yang cukup penting.


14. Jalan Jalan ke Pasar


Apabila sudah berurusan dengan pasar, maka disana banyak sekali pelaku wirausaha, yang merupakan penentu jalan atau tidaknya suatu usaha. Di tempat inilah orang melakukan transaksi jual beli. Baik itu pasar tradisional, modern dan hingga pasar online seperti market place

Kamu bisa belajar peluang bisnis apa yang bisa dijalankan, barang atau jasa apa saja yang belum ada di sana, dan bagaimana kebutuhan orang orang terhadap barang yang akan dijual. Serta mencermati seberapa besar potensi permintaan pasar terhadap produk atau usaha yang sobat akan jalani.


15. Berdasarkan Pengalaman Pribadi


Terakhir namun bukan penutup, orang orang lebih yakin dengan ide bisnis yang didapatkan dari pengalaman pribadi. Baik itu yang sudah kamu pernah lakukan namun ternyata gagal, atau pengalaman dari orang terdekat yang diceritakan kepada mu.

Pertimbangkan dengan matang, karena pengalaman bisnis memang menjadi aset yang berharga, namun tidak selalu baik untuk diaplikasikan pada saat ini, karena memang memiliki momen yang berbeda. Kamu juga tentunya ingin membuka bisnis yang baru, bukan?


Contoh Ide Bisnis Baru


Berikut adalah beberapa peluang bisnis yang berasal dari ide disekitar kita

1. Bisnis online menjadi peluang usaha yang paling dominan
2. Bisnis dropship dan reseller barang yang sedang trend
3. Bisnis layanan cuci pakaian dan kendaraan
4. Bisnis layanan konsultasi pembuatan website dan seo
5. Bisnis kuliner kaki lima
6. Jualan oleh oleh khas daerah setempat
7. Bisnis konveksi dan jahit pakaian

Beberapa peluang bisnis diatas memang terlihat sederhana namun apabila dikerjakan dengan fokus maka bukan tidak mungkin mendatangkan omset yang lumayan.

Baca juga : Kumpulan Caption Instagram untuk Promosi Jualan


Kesimpulan


Dengan menerapkan beberapa tips diatas, diharapkan kamu bisa menemukan ide dan inspirasi yang inovatif dan kreatif dan menerapkannya ke dalam bisnis yang akan sobat kosngosan mulai nantinya. Ingat dibutuhkan keberanian, konsistensi dan pantang menyerah untuk menjadi pengusaha yang besar dan sukses.

Demikianlah pembahasan mengenai Peluang bisnis sebagai suatu kesempatan menghasilkan ide dan manfaat usaha kali ini, semoga kamu yang ingin menjadi entrepeneurs bisa terwujud impian mu membangun bisnis mu dari awal.
By