Perbedaan Jurusan Pendidikan Matematika dan Matematika Murni Terapan

Perbedaan Jurusan Pendidikan Matematika dan Matematika Murni Terapan

Banyak yang masih bingung mengenai perbedaan antara jurusan pendidikan dan murni pada perguruan tinggi. Sebenarnya prospek kerja baik itu yang bersifat pendidikan maupun yang murni sama saja asalkan kamu memiliki kompetensi yang diperlukan oleh dunia kerja saat ini. Dan kali ini kosngosan akan membahas mengenai jurusan pendidikan matematika yang masuk pada FKIP serta jurusan matematika murni atau terapan yang masuk pada FMIPA. Mari simak pembahasannya dibawah ini.

Walaupun berasal dari satu ilmu yang sama yaitu matematika, kedua jurusan ini pada dasarnya memang berbeda, baik dalam mata kuliah yang dipelajari dan juga prospek kerjanya. Mungkin sebagain dari kamu akan mengetahuinya langsung bila sudah menjadi mahasiswa di salah satu jurusan ini.

Jelas pada jurusan pendidikan matematika, akan ada mata kuliah jurusan matematika yang bersifat pendidikan seperti mempelajari juga pendidikan lain seperti bahasa, fisika, kimia biologi dan mata kuliah dasar yang lain nya sebagai dasar pengetahuan bagi lulusannya nanti yang akan ditujukan untuk bekerja sebagai seorang guru.

Sementara ilmu matematika murni atau terapan sudah pasti berkutat full dengan angka angka dan rumus. Mempelajari mata kuliah dasar seperti matematika dasar, matematika diskrit, aljabar linier, statistika elementer, dan perkuliahan umum.

Lihat juga : Daftar program studi yang diambil untuk menjadi tenaga pendidik

Walaupun jurusan ini juga mempelajari bidang lain, namun secara umum jurusan matematika murni akan ditujukan untuk berkarier bagi industri yang membutuhkan pengolahan data di divisinya seperti lembaga survei, lembaga statistik dan sebagainya.

Perbedaan mendasar jurusan pendidikan matematika dan matematika murni


Ada banyak perbedaan di kedua jurusan ini. Seperti misalnya yang akan kita bahas selanjutnya adalah setiap jurusan. Dengan memahami kedua jurusan ini maka kamu akan dengan mudah membedakannya dan memilih mana yang terbaik untuk mu nantinya.

Matematika murni banyak mempelajari \teori matematika secara khusus dan fokus. Jurusan ini memang harus berkutat dengan berbagai ilmu matematika murni yang rumit. Buat kamu yang memang menyukai angka dan rumus maka memilih jurusan ini adalah surga bagimu. Bagi mimin pribadi mahasiswa yang mengambil jurusan ini sangat hebat dan telaten.

jurusan pendidikan matematika murni

Mata kuliah jurusan matematika murni juga cukup banyak. seperti

  • kalkulus dasar dan lanjutan
  • aljabar dasar dan linier elementer
  • analisis real
  • program linier
  • riset operasi
  • program bilangan bulat
  • program non linier
  • logika matematika
  • matematika diskrit
  • kombinatorik
  • persamaan dan teori diferensial
  • pemodelan matematika
  • matematika keuangan
  • kontrol optimum
  • sistem dinamik
  • aktuaria 
  • geometri dan segudang sub bidang keilmuan matematika lainnya.

Sementara itu jurusna pendidikan matematika adalah program studi yang bukan hanya belajar ilmu matematika saja namun juga belajar bagaiman menyampaikan ilmu matematika tersebut kepada peserta didik agar mudah dipahami dan dimengerti di lembaga pendidikan seperti sekolah.

Pada jurusan ini kamu akan diberikan ilmu pendidikan seperti mata kuliah strategi pembelajaran, teori belajar matematika dan lainya dengan tujuan agar lulusannya dapat menciptakan susana pembelajaran yang asyik dan mengubah pola pikir peserta didik mengenai matematika yang susah dan rumit menjadi matematika yang mudah dipahami.

Berbicara mengenai peluang kerjanya, masing masing dari kedua lulusan ini memiliki prospek kerja yang cukup luas. Untuk jurusan pendidikan matematika akan lebih diarahkan untuk menjadi tenaga pendidik seperti guru sekolah atau tentor belajar. Sedangkan untuk jurusan matematika murni akan lebih ditekankan untuk menjadi seorang peneliti atau analis pada lembaga yang berkutat dengan angka.

Namun jurusan matematika murni juga tidak menutup kemungkinan untuk menjadi tenaga pendidik seperti guru. Akan tetapi untuk menjadi guru maka kamu yang lulusan matematika murni ini harus kembali mengambil profesi guru selama 1 tahun untuk mendapatkan sertifikat keguruan yang akan kamu gunakan untuk melamar kerja menjadi guru nantinya.

Pada intinya jurusan matematika murni lebih luas jangkauannya dan lebih fleksibel. Lulusan ini bisa bekerja di dalam ruang lingkup matematika seperti perusahaan, perbankan, peneliti, maupun ke dalam ruang lingkup pendidikan seperti dosen dan guru.

Jadi bagaimana apakah kamu sudah menentukan pilihan mu untuk melanjut ke jurusan yang mana? Semua terserah pada mu. Ingatlah kamu tidak akan bisa sukses hanya dengan memilih jurusan saja. Kamu akan sukses dengan tekad dan konsistensi untuk terus belajar. Jadi selamat menempuh pendidikan baru mu di perguruan tinggi ya!

Lihat lainnya : Mata kuliah wajib jurusan perhotelan yang kamu pelajari di perguruan tinggi

Sekianlah materi kita yang membahas seputar Perbedaan Jurusan Pendidikan Matematika dengan Matematika Murni atau Terapan kali ini, semoga bisa membantu mu dalam menentukan pilihan mana yang akan kamu ambil nantinya ketika kuliah nanti.

Buka Komentar