Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Scan Ijazah Lewat HP format PDF

Bagaimana cara scan ijazah, transkrip nilai atau dokumen lamaran kerja lainnya pakai format PDF lewat HP? Scan adalah kegiatan pemindaian berkas dokumen menjadi bentuk digital atau softfile seperti format pdf atau jpeg. Ada banyak kegunaan scan salah satunya adalah sebagai syarat untuk mengajukan lamaran pekerjaan dan juga sebagai salah satu metode untuk memudahkan arsip dokumen online.

Pada kesempatan kali ini, kosngosan akan membahas cara scan dokumen lamaran kerja, baik menggunakan mesin printer berbagai merek seperti Cannon, Epson dan HP juga memanfaatkan kamera HP dengan aplikasi gratis yang tersedia di google play store atau apple store.

Scan dokumen seperti ijazah, transkrip nilai atau KTP lebih baik menggunakan perangkat printer yang memang dilengkapi dengan teknologi scan. namun bila kamu tidak memiliki printer, kamu bisa menggunakan kamera HP dengan resolusi yang tinggi.

Adapun format akhir yang dihasilkan adalah file berformat JPEG atau PDF. kamu bisa melakukan setting pada perangkat agar menghasilkan Kedua jenis format tersebut

Scan dokumen merupakan salah satu kegiatan yang sering dilakukan oleh orang-orang kantor. Namun tidak hanya orang-orang kantor saja akan tetapi masyarakat umum sering melakukan scan dokumen demi melengkapi persyaratan tertentu

Seperti misalnya untuk pengiriman file secara online, sebagai sarana penyimpanan arsip online, untuk membuat file digital.

Selain menggunakan printer, kamu juga bisa menggunakan smartphone manfaatkan kamera bawahnya. Pilihlah HP memiliki resolusi cukup tinggi 

Agar nantinya dokumen ijazah, transkrip nilai, dll yang di foto tidak pecah dan rusak ketika diubah menjadi format file lain. kita akan membahas kedua cara scan menggunakan dua perangkat ini. Supaya Lamaran Kerja Email-mu bisa cepat diterima


Cara Scan Ijazah dan Transkrip Nilai PDF Lewat HP

cara scan ijazah dan transkrip nilai

Adapun perintah yang sering kita pakai kebanyakan sudah support dengan alat scanner yang berfungsi untuk melakukan scan pada dokumen terkait. 

 Namun ada juga beberapa printer yang tidak support dengan scan namun saya yakin kebanyakan printer yang dipakai baik di sekolah maupun di kantor itu sudah support dengan scanner

Berikut adalah beberapa langkah untuk memulai scan di printer :

  • Connect kan kabel printer dengan komputer (Kabel USB)
  • Hidupkan printer dengan menekan tombol ON
  • Hidupkan komputer atau laptopmu.
  • Sebelumnya pastikan bahwa driver printer sudah terinstal di laptop atau komputermu
  • Ambil dokumen yang akan kamu scan, seperti misalnya ijazah atau KTP
  • Buka penutup scaner pada printer dan taruh dokumen yang kamu punya menghadap kebawah
  • Lalu kamu tutup penutup scaner dan buka aplikasi driver printer yang sudah diinstal sesuai dengan merek printer mu. 
  • Kamu bisa membuka di all program dan melakukan pencarian. Pilih menu scanner.
  • Sebelum men-scan dokumen, biasanya akan ada pilihan format penyimpanan jpeg, png atau pdf tergantung kebutuhan.

Selesai, setelah itu kamu bisa menyimpan file yang sudah di scan tersebut. Kirimkan file tersebut bersama dokumen lain semisal surat lamaran dan pasfoto baik melalui email atau bisa mengarsipkan nya di media penyimpanan.


Cara Scan Ijazah Format PDF lewat HP


Cara Scan Ijazah Format PDF lewat HP

Selain scanner printer, kamu juga bisa melakukan scan dokumen ijazah menggunakan kamera HP android atau iphone milikmu. Berikut adalah beberapa caranya :


Langkah pertama 

Hal pertama yang harus kamu lakukan terlebih dahulu adalah mendownload aplikasi scanner di google play atau apple store.

Download Aplikasi Scanner Android
Download Aplikasi Scanner iOS

Setelah aplikasi tersebut terinstall, buka kemudian izinkan aplikasi tersebut untuk mengakses camera hp. 

Cari lokasi dengan pencahayaan terang ketika memfoto dokumen di luar ruangan pada saat siang hari, agar teks dan gambar yang ada di dalam dokumen terlihat jelas dan tidak blur


Langkah kedua

cara scan ijazah transkrip nilai hp

Setelah itu ambillah berkas Ijazah yang dibutuhkan untuk segera di foto menggunakan kamera hp mu. Atur tata letaknya sedemikian sehingga objek dokumen bisa terlihat presisi atau sama rata. Kemudian Convert file gambar tersebut menjadi pdf atau jpeg

Pada tahap ini kamu sudah bisa segera mengirimkan softfile ijazah tersebut untuk perlengkapan administrasi lamaran kerja mu.


Video Cara Scan Ijazah pakai HP


Apabila sobat kosngosan masih bingung, bisa menonton video dari youtube dibawah ini, tinggal tekan tombol play dan kalian bisa menonton panduan cara scan dokumen pakai HP :



Scan Ijazah/Transkrip Nilai dengan Google Drive


Selain memakai aplikasi scan pihak ketiga, ternyata google drive juga memiliki fitur scan dan mengubah jpeg menjadi pdf. Caranya adalah sebagai berikut :

Update google drive milikmu. Kemudian buka aplikasi google drive. Masuk menggunakan akun gmail milikmu. Setelah masuk kemudian pilih opsi tombol add yang ada pada bawah kanan.

Kemudian pilih "scan" dan izinkan aplikasi google drive mengakses kamera hp mu.

Setelah itu jepret dokumen berkas yang akan discan. Selesai, klik ceklis. Maka foto tersebut akan di convert menjadi pdf.

Dokumen tersimpan secara otomatis ke media penyimpanan google drive milikmu secara online.


Tips scan HP supaya Hasil Maksimal


Dalam beberapa kasus, kamu pasti kesulitan dalam menjepret berkas lamaran kerja mu bukan? Tapi jangan khawatir, sobat kosngosan bisa menerapkan beberapa tips dibawah ini :

1. Atur kamera di smartphone mu dengan resolusi terbaiknya, misalnya maksimalnya adalah 13 megepixel, maka pilih pada resolusi segitu, supaya hasilnya maksimal

2, Matikan flash dan foto lah berkas kamera di ruangan yang memiliki pencahayaan maksimal. Karena kalau pakai flash, hasilnya pasti tidak akan merata pencahayaannya.

3, Aktifkan fitur HDR, kemudian sebelum jepret, fokuskan kamera dengan melakukan pengetukan pada layar beberapa kali.

4. Kamu bisa menggunakan bantuan tripod atau alat sederhana yang membuat hp memoto dalam keadaan fokus, tidak goyang. Sehingga hasil scan yang didapatkan bisa maksimal


Baca juga : Cara mengurangi ukuran file PDF secara online atau offline


Kesimpulan


Pada dasarnya scan menggunakan printer hasilnya tentu lebih baik daripada scan menggunakan kamera HP. oleh karena itu, apabila kamu ingin hasil yang lebih baik lagi, maka gunakan saja printer yang sudah diberikan tool scan didalamnya. 

Kamu bisa pinjam printer punya teman mu untuk melakukan scan dan simpan hasil scan tersebut di komputer mu untuk digunakan apabila lamaran kerja nantinya.

Sekianlah pembahasan mengenai cara scan dokumen menggunakan printer dan kamera HP. Semoga dapat bermanfaat untuk kamu. silahkan bagikan tulisan ini ke media sosial milikmu agar teman yang lain dapat membacanya.

harahap reza
harahap reza Saya adalah seorang content creator pemula yang masih banyak harus belajar hal baru