Tips Scan Berkas Dokumen Menggunakan Scanner Printer dan Kamera HP

Tips Scan Berkas Dokumen Menggunakan Scanner Printer dan Kamera HP

Scan merupakan pemindaian berkas atau dokumen menjadi bentuk jenis digital atau softfile seperti format pdf atau jpeg. Ada banyak kegunaan scan salah satunya adalah sebagai syarat untuk mengajukan lamaran pekerjaan dan juga sebagai salah satu metode untuk memudahkan arsip dokumen online. kali ini kosngosan akan membahas Bagaimana cara scan dokumen baik menggunakan mesin printer berbagai merek seperti cannon, epson dan HP maupun memanfaatkan kamera HP smartphone.
cara scan berkas dokumen

scan dokumen seperti ijazah, transkrip nilai atau KTP lebih baik menggunakan perangkat printer yang memang dilengkapi dengan teknologi scan. namun bila kamu tidak memiliki printer, kamu bisa menggunakan kamera HP dengan resolusi yang tinggi.

Adapun format akhir yang dihasilkan adalah file berformat JPEG atau PDF. kamu bisa melakukan setting pada perangkat agar menghasilkan Kedua jenis format tersebut.

Scan dokumen merupakan salah satu kegiatan yang sering dilakukan oleh orang-orang kantor. Namun tidak hanya orang-orang kantor saja akan tetapi masyarakat umum sering melakukan scan dokumen demi melengkapi persyaratan tertentu, seperti misalnya untuk pengiriman file secara online, sebagai sarana penyimpanan arsip online, untuk membuat file digital.

Baca lainnya : 10 Berkas yang harus discan untuk melamar kerja

Selain menggunakan printer, kamu juga bisa menggunakan smartphone manfaatkan kamera bawahnya. Pilihlah HP memiliki resolusi cukup tinggi agar nantinya dokumen yang di foto tidak pecah dan rusak ketika diubah menjadi format file lain. kita akan membahas kedua cara scan menggunakan dua perangkat ini. Mari simak pembahasannya di bawah ini.

Cara scan dokumen pakai scanner printer


Adapun perintah yang sering kita pakai kebanyakan sudah support dengan alat scanner yang berfungsi untuk melakukan scan pada dokumen terkait. Namun ada juga beberapa printer yang tidak support dengan scan namun saya yakin kebanyakan printer yang dipakai baik di sekolah maupun di kantor itu sudah support dengan scanner.

Berikut adalah beberapa langkah untuk memulai scan di printer :

  • Connect kan kabel printer dengan komputer (Kabel USB)
  • Hidupkan printer dengan menekan tombol ON
  • Hidupkan komputer atau laptopmu.
  • Sebelumnya pastikan bahwa driver printer sudah terinstal di laptop atau komputermu
  • Ambil dokumen yang akan kamu scan, seperti misalnya ijazah atau KTP
  • Buka penutup scaner pada printer dan taruh dokumen yang kamu punya menghadap kebawah
  • Lalu kamu tutup penutup scaner dan buka aplikasi driver printer yang sudah diinstal sesuai dengan merek printer mu. 
  • Kamu bisa membuka di all program dan melakukan pencarian. Pilih menu scanner.
  • Sebelum men-scan dokumen, biasanya akan ada pilihan format penyimpanan jpeg, png atau pdf tergantung kebutuhan.

Selesai, setelah itu kamu bisa menyimpan file yang sudah di scan tersebut. Kirimkan file tersebut bersama dokumen lain semisal surat lamaran dan pasfoto baik melalui email atau bisa mengarsipkan nya di media penyimpanan.

Cara scan dokumen lewat kamera hp smartphone


scan dokumen kamera hp

Selain scanner printer, kamu juga bisa melakukan scan dokumen berkas menggunakan kamera HP android atau iphone. Langkah pertama yang harus kamu lakukan terlebih dahulu adalah mendownload aplikasi scanner di google play atau apple store.

Setelah aplikasi tersebut terinstall, buka kemudian izinkan aplikasi tersebut untuk mengakses camera hp. Setelah itu ambillah berkas yang dibutuhkan untuk segera di foto menggunakan kamera hp mu.

Cari lokasi dengan pencahayaan terang ketika memfoto dokumen di luar ruangan pada saat siang hari, agar teks dan gambar yang ada di dalam dokumen terlihat jelas dan tidak blur. Kemudian Convert file gambar tersebut menjadi pdf atau jpeg.

Pada tahap ini kamu sudah bisa segera mengirimkan dokumen tersebut untuk perlengkapan administrasi lamaran kerja mu.

Cara scan dokumen berkas memanfaatkan fitur Google Drive


Selain memakai aplikasi scan pihak ketiga, ternyata google drive juga memiliki fitur scan dan mengubah jpeg menjadi pdf. Caranya adalah sebagai berikut :

Update google drive milikmu. Kemudian buka aplikasi google drive. Masuk menggunakan akun gmail milikmu. Setelah masuk kemudian pilih opsi tombol add yang ada pada bawah kanan.

Kemudian pilih "scan" dan izinkan aplikasi google drive mengakses kamera hp mu.

Setelah itu jepret dokumen berkas yang akan discan. Selesai, klik ceklis. Maka foto tersebut akan di convert menjadi pdf.

Dokumen tersimpan secara otomatis ke media penyimpanan google drive milikmu secara online.

Baca juga : Ini cara mengurangi ukuran file pdf secara online dan offline

Sekianlah pembahasan mengenai cara scan dokumen menggunakan printer dan kamera HP. Semoga dapat bermanfaat untuk kamu. silahkan bagikan tulisan ini ke media sosial milikmu agar teman yang lain dapat membacanya.

Buka Komentar